Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Ikan Oscar Tiger (Anakan dan Dewasa) per Ekor Semua Ukuran

Update Harga Ikan Oscar Tiger (Anakan dan Dewasa) per Ekor Semua Ukuran

Selain oscar batik, gold, dan veil tail, banyak juga yang menyukai oscar tiger. Harga ikan oscar tiger bibit atau anakan dan dewasa atau indukan cukup bervariasi tergantung ukurannya. Itu sama seperti harga burung murai.

Harga ikan oscar tiger besar tentunya lebih mahal dibandingkan harga ikan oscar tiger kecil. Tak hanya itu, harga ikan oscar tiger dewasa juga terbilang lebih mahal daripada harga ikan oscar tiger anakan atau bibit.

Namun, oscar tiger biasa atau ikan oscar black tiger dinilai lebih murah dibandingkan harga ikan oscar albino dewasa. Ini juga yang menyebabkan beberapa orang lebih suka memelihara oscar tiger biasa.

Baca Juga: Harga Burung Kepodang (Emas, Kuning, Batu, Jawa, Sumatera, Dll)

Sebelum membahas harga ikan oscar tiger lebih rinci, Anda juga perlu mengetahui seluk beluknya. Berikut adalah asal ikan oscar tiger.

Asal Usul Ikan Oscar Tiger

Termasuk jenis ikan predator, oscar tiger sudah dipelihara banyak orang dan tergolong jenis ikan hias. Ikan air tawar ini berasal dari sungai Amazon, Brasil.

Meskipun berasal dari daerah yang sama dengan piranha, ikan oscar tiger tidak terlalu agresif. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir atau takut saat memeliharanya.

Memiliki nama Astronotus ocellatus, oscar tiger dikenalkan pada awal tahun 1969 ke berbagai negara. Persebarannya mulai dari Polandia, Filipina, Italy, Guam, Jerman, dan Australia.

Selain itu, ikan ini diimpor ke Kanada, China, dan Singapura. Hingga pada 1970-an, oscar tiger mulai masuk ke Indonesia. Sebelumnya, mungkin Anda berminat melihat harga burung gagak.

Sebagai ikan hias, oscar tiger dipelihara di dalam akuarium dengan air yang jernih. Ini bertujuan untuk memperlihatkan keindahan warna sisiknya.

Padahal, di alam liar, oscar tiger hidup di sungai yang cukup dalam dengan air yang tidak terlalu jernih. Sebagian air sungai Amazon juga dipenuhi dengan tumbuhan sungai dan lumpur.

Namun, ikan oscar tiger bisa beradaptasi dengan baik di berbagai media air tawar. Hal ini yang membuat persebaran ikan oscar tiger bisa tersebar dengan mudah di Indonesia.

Bagi Anda yang tertarik memelihara ikan oscar tiger, pastikan juga Anda mengetahui morfologinya. Ini sangat penting selain harus mengetahui harga ikan oscar tiger dewasa dan anakan.

Ciri Fisik Ikan Oscar Tiger

Kepala Ikan Oscar Tiger

Bentuk kepala ikan oscar tiger cenderung pipih dan segitiga. Mulutnya cenderung agak lebar dengan gigi-gigi yang runcing.

Mata ikan ini cenderung besar dan berbentuk bulat. Sementara itu, warna bola mata ikan oscar tiger berwarna merah dan oranye.

Tidak ada sisik di bagian kepala atas ikan oscar tiger. Namun, bagian bawah dan area insangnya dipenuhi sisik-sisik kecil.

Ukuran Ikan Oscar Tiger

Termasuk predator air tawar besar, ikan oscar tiger mampu tumbuh sepanjang 50 cm dengan berat 3 kg. Itu jika ikan dipelihara di alam liar dan berada di habitat aslinya. Mungkin Anda juga tertarik dengan harga burung gelatik.

Sementara untuk ikan oscar tiger yang dipelihara di akuarium, umumnya hanya mampu tumbuh sekitar 30 cm. Namun, rata-rata tidak lebih dari 25 cam.

Sebenarnya, ukuran tubuh ikan juga disebabkan ukuran media pemeliharaannya. Semakin luas dan besar medianya, maka pertumbuhan ikan akan semakin baik.

Umumnya, semakin besar ukuran ikan maka semakin mahal harganya. Harga ikan oscar tiger 5 jari misalnya, lebih mahal dibandingkan harga ikan oscar tiger 4 jari.

Lalu, harga ikan oscar tiger 3 jari lebih murah dibandingkan ikan oscar ukuran empat jari. Selain itu, harga anakan ikan oscar tiger atau bibit juga lebih murah daripada ukuran lima jari.

Warna Ikan Oscar Tiger

Kerap dibilang mirip dengan oscar batik, oscar tiger memiliki ciri khas pada coraknya. Seperti namanya, ikan hias ini memiliki corak mirip dengan harimau.

Meskipun warnanya agak mirip dengan oscar batik, sebagian besar oscar batik berwarna gelap dan terang. Ada ikan dengan warna hitam dan kuning atau hitam dan oranye.

Baca Juga: Harga Burung Puyuh Petelur Dewasa & Anakan (DOQ) di Pasaran

Bagian sirip dan ekor ikan oscar tiger berwarna hitam dan tubuhnya bercorak loreng. Sisik ikan ini juga tidak terlalu besar dan cenderung halus.

Dengan bentuk fisik yang menarik, tak heran jika harga ikan oscar tiger tidak bisa dibilang murah. Selain itu, hewan air tawar ini memiliki karakteristik yang unik seperti berikut.


Update Harga Ikan Oscar Tiger (Anakan dan Dewasa) per Ekor Semua Ukuran


Karakteristik Ikan Oscar Tiger

Seperti yang sudah disebutkan, ikan oscar tiger tidak seagresif ikan piranha. Meskipun begitu, Anda perlu hati-hati ketika mencelupkan tangan Anda ke media pemeliharaan.

Ikan ini memiliki gigi yang runcing dengan gigitan yang kuat. Bahkan, di habitat asalnya, ikan ini sangat suka memangsa kepiting yang cangkangnya sangat keras.

Bukan termasuk ikan jinak yang bersahabat, oscar tiger tidak bisa dipelihara bersama dengan ikan lainnya. Tidak dianjurkan memasukkan oscar tiger ke dalam akuarium dengan ikan koi atau mas kumpay.

Tidak hanya akan menjahili ikan yang lemah, oscar tiger bisa memangsa mereka. Namun, Anda bisa memasukkan ikan oscar tiger ke dalam aquarium yang berisi ikan oscar jenis lainnya.

Selain itu, tidak disarankan memelihara ikan oscar tiger dengan ikan predator lain yang tubuhnya lebih besar atau bersifat lebih dominan. Ini bisa membuat ikan oscar tiger stres atau dimangsa predator lainnya.

Baca Juga: Harga Ayam Brahma Dewasa dan Anakan (per Ekor & Pasang)

Penting sekali untuk mengetahui karakteristik atau sifat oscar tiger sebelum memeliharanya. Nah, sebelum mengetahui harga ikan oscar tiger, Anda juga perlu mengetahui cara memeliharanya.

Cara Memelihara Ikan Oscar Tiger

  • Siapkan akuarium berukuran besar untuk memelihara 2-3 ekor oscar tiger.
  • Lengkapi akuarium dengan filter dan aerasi yang tepat.
  • Pakan harus diberikan secara rutin karena oscar tiger bersifat kanibal jika kelaparan.
  • Berikan pakan hidup secara berselang-seling dengan pelet khusus ikan predator.
  • Ada juga bisa memberikan cacing, ulat, udang, dan kepiting kecil.
  • Ganti air akuarium dengan yang bersih setiap 2-3 minggu sekali.
  • Pisahkan ikan yang sakit atau terlihat lemah supaya tidak diserang ikan lainnya. 

Selain memelihara untuk dibesarkan, beberapa orang juga mencoba membudidayakannya. Meskipun cara budidaya ikan oscar tiger tidak mudah, beberapa orang tidak mudah putus asa.

Sulitnya membudidayakan ikan ini, harga ikan oscar tiger di pasaran kian melambung. Berikut adalah cara budidaya ikan oscar tiger. Tentunya, berbeda dengan hewan yang ada dalam harga ayam serama.

Cara Budidaya Ikan Oscar Tiger

  • Siapkan akuarium khusus sebagai media pemijahan.
  • Pilih indukan ikan oscar tiger yang unggul dan tidak cacat.
  • Masukkan 5 pasang indukan oscar tiger ke dalam media pemijahan dan biarkan selama 3 hari.
  • Setelah 3 hari, telur ikan akan muncul di permukaan air.
  • Masukkan telur ke dalam media penetasan dan pemeliharaan.
  • Bibit ikan oscar tiger baru bisa diberi makan saat usianya 4 hari.
  • Anakan ikan oscar tiger bisa diberi makan ulat atau cacing sutra.
  • Lakukan pemeliharaan hingga ikan berusia 2 minggu dan pindahkan ke akuarium pembesaran.

Bagi Anda yang ingin memelihara oscar tiger untuk budidaya, Anda bisa membelinya di toko ikan hias terdekat. Lalu, berapa harga ikan oscar tiger saat ini?


Update Harga Ikan Oscar Tiger (Anakan dan Dewasa) per Ekor Semua Ukuran


Harga Ikan Oscar Tiger

Kategori Ikan Oscar Tiger

Harga

Ikan Oscar Tiger Anakan atau Bibit

Rp50.000 - Rp70.000 per ekor

Ikan Oscar Tiger Dewasa Jantan atau Betina

Rp100.000 - Rp250.000 per ekor

Ikan Oscar Tiger Dewasa Jantan dan Betina

Rp175.000 – Rp500.000 per pasang

Sebagai informasi, harga ikan oscar tiger di atas kami rangkum dari situs jual beli online. Tentunya, harga ikan oscar tiger tersebut tidak terikat dan bisa berbeda di tiap daerah. Itu sama seperti harga ayam kapas.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Ikan Oscar Tiger (Anakan dan Dewasa) per Ekor Semua Ukuran"