Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Ayam Serama per Ekor dan Pasang (Anakan, Dewasa)

Harga Ayam Serama per Ekor dan Pasang (Anakan, Dewasa)

Ada banyak jenis ayam hias mungil yang sedang naik daun dan salah satunya adalah serama. Harga ayam serama dewasa dan anakan bervariasi, tergantung dari usianya.

Sebelum membahas nilai jual ayam serama, mungkin Anda penasaran dengan faktor yang mempengaruhi harganya. Berikut ulasannya.

Faktor Penentu Harga Ayam Serama

Permintaan Pasar Ayam Serama

Ada banyak hal yang membuat ayam serama harga jualnya naik dan turun. Salah satunya adalah permintaan pasar.

Baca Juga: Harga Ayam Kapas per Ekor dan Pasang (Anakan, Dewasa, DOC)

Semakin banyak orang yang membeli ayam serama, tetapi sedikit yang jual ayam tersebut, maka nilai jualnya akan tinggi. Jika ini stabil tinggi, maka bisa dipastikan harganya naik.

Sebaliknya, jika banyak orang yang jual ayam serama, tetapi permintaan pasar sedikit, maka harganya bisa murah. Mungkin, Anda bisa menunggu momen ini jika ingin mendapatkan harga terjangkau.

Usia Ayam Serama

Seperti jenis unggas lainnya, nilai jual ayam serama ditentukan dari umur atau usianya. Harga ayam serama anakan misalnya, lebih murah daripada yang indukan.

Namun, harga anak ayam serama akan kalah murah jika dibandingkan dengan harga telur ayam serama. Tak hanya itu, harga DOC ayam serama lebih terjangkau dibanding yang dewasa.

Memang, harga bibit ayam serama terbilang cukup terjangkau. Ini juga yang membuat orang menawar harga anak ayam serama umur 1 bulan lebih murah daripada yang dewasa.

Keaslian Ayam Serama

Paling penting sebelum Anda membeli ayam serama adalah mengetahui indukannya. Karena, harga ayam serama asli lebih mahal daripada peranakan.

Biasanya, untuk menurunkan nilai jualnya, banyak peternak yang mengawinkan ayam serama dengan kate. Peranakan ayam serama dan kate ini dibanderol agak miring daripada ayam serama asli.

Namun, tetap saja, harga ayam kate serama seperti ini tergantung kebijakan yang jual ayam kate serama. Sehingga, Anda harus mengecek harganya dulu sebelum mengadopsinya.

Jumlah Ayam Serama

Hal lain yang paling mempengaruhi nilai jual ayam serama adalah jumlahnya. Tentunya, akan lebih murah per ekor daripada harga ayam serama sepasang.

Apalagi, jika Anda menawar harga 3 ekor ayam serama, tentunya tidak bisa murah. Bisa dibilang, harga ayam serama di pasaran memang tidak murah, apalagi jika banyak.

Sebagai saran, Anda bisa membeli bibit ayam serama sepasang jika ingin ternak. Itu tips khusus untuk pemula, sehingga Anda bisa menghindari kegagalan dalam ternak ayam serama.

Prestasi Ayam Serama

Buka ayam hias biasa, ayam serama sudah kerap ikut acara kontes unggas hias. Tentunya harga ayam serama kontes lebih mahal dibandingkan harga ayam serama biasa.

Untuk harga ayam serama termahal jenis kontes, bisa ditawar hingga jutaan rupiah per ekor. Namun, ada juga yang menawarnya hingga belasan juta seekor.

Semakin sering ayam serama ikut kontes maka semakin mahal harganya. Apalagi, jika ayam sering memenangkan kontes tersebut.

Daerah Penjual Ayam Serama

Kepopuleran ayam serama tidak hanya di Indonesia, tetapi juga luar negeri. Sehingga, Anda perlu mengetahui asal ayam sebelum membelinya.

Sebagai contoh, harga ayam serama Malaysia akan lebih mahal dibandingkan ayam serama lokal. Karena, Anda harus membayar biaya shipping.

Selain itu, harga ayam serama di Bandung akan berbeda dengan harga ayam serama di Makassar. Untuk itu, Anda perlu mengunjungi peternak ayam serama terdekat.

Dengan mengetahui faktor yang mempengaruhi nilai jual ayam serama, Anda bisa menimbang apakah ingin membelinya atau tidak. Sementara itu, berikut jenis-jenis ayam serama.


Harga Ayam Serama per Ekor dan Pasang (Anakan, Dewasa)


Jenis-Jenis Ayam Serama

Ayam Serama Ideal

Salah satu jenis ayam serama yang paling umum di pasaran adalah ayam serama ideal. Ini juga termasuk jenis ayam serama yang kerap ikut kontes.

Seperti namanya, ayam serama ideal memiliki tubuh yang paling ideal di antara jenis lainnya. Unggas hias ini memiliki ukuran yang kecil dan berbadan tegap.

Kepala dan ekor ayam serama ideal membentuk garis lurus. Selain itu, bulu ayam serama ideal cenderung mengembang dengan ekor berbentuk kipas.

Ayam Serama Slim

Termasuk jenis ayam serama yang cukup populer dan hampir mirip dengan ayam kate. Namun, tubuh ayam serama slim lebih kecil dibandingkan ayam kate.

Para peneliti percaya, ayam serama slim merupakan nenek moyang jenis serama lainnya. Bisa dibilang, ini adalah ayam serama yang pertama kali muncul.

Diperkirakan, ayam serama tipe slim mempunyai badan dengan bobot 600 gr. Badannya tegap dan memiliki bulu ekor seperti kipas. 

Ayam Serama Apple

Berbeda dengan jenis ayam serama lainnya, ayam serama apple bertubuh gembul dan cenderung pendek. Ini membuat badannya terlihat mirip buah apel.

Baca Juga: Harga Ayam Onagadori Anakan dan Dewasa (per Ekor & Pasang)

Termasuk ayam serama yang mengalami perkembangan, ayam serama apel baru muncul di antara tahun 2003-2004. Hingga kini, ayam serama tersebut sangat populer di pasaran.

Untuk bulu ayam serama apple cenderung beragam, ada yang cokelat, jingga, hitam, dan putih. Ekor ayam serama jenis ini juga berbentuk seperti kipas.

Dengan mengetahui jenis-jenis atau varian ayam serama, Anda bisa memilih yang mana yang ingin Anda pelihara. Itu juga yang membuat daftar harga ayam serama cukup beragam.

Selain itu, pastikan Anda mengetahui cara memelihara ayam serama. Supaya lebih mudah, berikut tipsnya.

Tips Memelihara Ayam Serama

  • Pilih lokasi pemeliharaan yang jauh dari polusi.
  • Buat kandang ayam yang cukup luas.
  • Supaya tidak stres, jangan terlalu sering memegang ayam serama.
  • Pastikan kandang dilengkapi tempat makan dan minum.
  • Ganti air minum ayam setiap pagi dan sore.
  • Berikan pakan yang berprotein dan berlemak seimbang.
  • Anda bisa memberikan voer atau biji-bijian sebagai pakan.
  • Bersihkan kandang ayam setiap hari, minimal sekali.
  • Mandikan ayam seperti ketika Anda memandikan burung, menggunakan air dan spray.
  • Ayam serama juga butuh berjemur, setidaknya 10 menit setiap pagi.
  • Untuk ayam yang sakit, berikan vitamin dan obat sesuai dosis.
  • Jangan campur ayam yang sakit dengan yang sehat.

Lakukan tips di atas supaya ayam serama Anda selalu sehat dan lincah. Khusus untuk ayam kontes, berikan vitamin khusus untuk menjaga keindahan bulunya.

Perbedaan Ayam Serama Jantan dan Betina

Selain itu, jika Anda ingin mencoba ternak atau budidaya ayam serama, pastikan memilih indukan yang unggul. Namun, Anda juga perlu mengetahui harga ayam serama jantan dan betina.

Sebelumnya, Anda juga perlu tahu perbedaan ayam serama jantan dan betina. Secara fisik, Anda bisa mengetahuinya dari bentuk ekornya.

Ayam serama jantan memiliki ekor yang cenderung panjang dan lebih lebar. Sementara itu, ayam serama betina cenderung berekor pendek.

Baca Juga: Harga Ayam Pheasant Anakan dan Dewasa (Semua Jenis)

Dengan mengetahui perbedaannya, Anda tidak akan salah menilai kualitas indukan ayam serama. Sementara itu, berapa harga ayam serama tahun 2022 ini? Berikut rinciannya.


Harga Ayam Serama per Ekor dan Pasang (Anakan, Dewasa)


Harga Ayam Serama

  • Anakan Ayam Serama Umur 1 bulan: Rp125.000 - Rp200.000 per ekor.
  • Bibit Ayam Serama Usia 4-5 bulan: Rp250.000 - Rp400.000 per ekor.
  • Ayam Serama Dewasa Jantan atau Betina: Rp450.000 - Rp500.000 per ekor.
  • Indukan Ayam Serama Jantan dan Betina: Rp850.000 - Rp1.200.000 per pasang.

Sebagai informasi, harga ayam serama di atas telah kami rangkum dari forum jual beli unggas hias. Tentunya, banderol ayam serama bisa berubah sewaktu-waktu.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Ayam Serama per Ekor dan Pasang (Anakan, Dewasa)"