Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Ayam Brahma Dewasa dan Anakan (per Ekor & Pasang) Terbaru


Harga Ayam Brahma Dewasa dan Anakan (per Ekor & Pasang) Terbaru


Ayam hias tampaknya menjadi salah satu hewan peliharaan yang mewah, dan salah satu yang populer adalah ayam brahma. Harga ayam brahma dewasa maupun anakan sendiri cukup bervariasi dan berbeda dengan harga ayam poland.

Ada banyak hal yang membuat ayam brahma asli memiliki nilai jual beragam. Namun, ayam brahma harga jualnya tidak murah dibandingkan ayam kapas.

Baca Juga:  Harga Bawang Merah per Kg di Berbagai Daerah dan Cara Menanamnya untuk Pemula

Nah, sebelum Anda mengetahui jenis ayam brahma dan harganya, pastikan Anda mengetahui penentu nilai jualnya. Berikut ulasannya.

Penentu Harga Ayam Brahma

Usia Ayam Brahma

Sebagai ayam hias brahma, beberapa owner berpendapat, nilai jual ayam brahma ditentukan usianya. Anakan ayam brahma misalnya, lebih murah daripada yang dewasa.

Namun, harga ayam brahma anakan masih kalah murah dengan telur ayam brahma. Berdasarkan penelusuran, harga telur ayam brahma berkisar belasan ribu rupiah hingga puluhan ribu rupiah.

Tentunya, itu terbilang terjangkau dibandingkan bibit ayam brahma. Untuk DOC ayam brahma saja, bisa dibanderol ratusan ribu rupiah per ekor.

Keaslian Ayam Brahma

Faktor lain yang menentukan nilai jual bibit ayam brahma dan indukan adalah keasliannya. Tentunya, harga ayam brahma asli lebih mahal dibandingkan mix breed.

Saking mahalnya harga ayam hias brahma, beberapa penjual ayam brahma mengawinkan indukan brahma dengan ayam ras lain. Biasanya, itu dikawinkan dengan ayam kampung atau petelur.

Biasanya, peternak ayam brahma akan memilih indukan ayam ras lain yang cocok untuk dikawinkan dengan ras brahma asli. Anakannya inilah yang nilai jualnya lebih terjangkau.

Jumlah Ayam Brahma

Seperti unggas lainnya, semakin banyak Anda membeli ayam brahma, maka semakin mahal harganya. Sebagai contoh, harga ayam brahma sepasang lebih mahal dibandingkan per ekor.

Jika Anda beli ayam brahma untuk diternak, sebaiknya membeli DOC atau anakan sepasang. Ini lebih terjangkau daripada harga ayam brahma indukan sepasang.

Anda bisa langsung pergi ke tempat jual ayam brahma terdekat untuk membelinya. Sebelumnya, ada juga yang menyarankan Anda membeli telur ayam brahma jika Anda ingin yang lebih murah.

Gender Ayam Brahma

Sebagai unggas, biasanya pejantan lebih disukai karena bentuk fisiknya. Ini yang membuat harga ayam brahma jantan bisa lebih mahal dibanding yang betina.

Bisa dibilang, harga indukan ayam brahma cukup bervariasi, tergantung gendernya. Beberapa owner menyebutkan, harga ayam brahma termahal biasanya adalah jantan.

Dari sekian faktor yang ada, yang paling mempengaruhi nilai jual ayam brahma adalah jenisnya. Berikut jenis-jenis ayam brahma.


Harga Ayam Brahma Dewasa dan Anakan (per Ekor & Pasang) Terbaru


Jenis-Jenis Ayam Brahma

Ayam Brahma Asli

Ciri khas ayam brahma asli adalah bulunya yang berwarna putih dengan pola bintik hitam. Umumnya, bintik hitam ini berada di belakang lehernya.

Sementara itu, bulu ekornya berwarna putih dengan semburat hitam. Bagian kakinya juga dibungkus bulu tipis berwarna putih.

Baca Juga: Harga Kelapa Muda Semua Jenis (per Gelas, Daging Saja, dan Buah) di Pasaran

Terbilang cukup populer, ukuran tubuh ayam brahma asli paling besar di antara jenis lainnya. Harga ayam brahma besar tersebut juga tergolong mahal.

Ayam Brahma Buff

Jika dibandingkan ayam brahma asli, ayam brahma buff bertubuh lebih kecil. Ciri khas unggas ini adalah bulunya yang berwarna kuning kecokelatan.

Sekilas, mungkin Anda akan mengiranya sebagai ayam cochin. Memang, postur tubuh ayam ini mirip cochin, hanya saja lebih besar.

Tak hanya itu, ada bulu tipis berwarna kecoklatan di bagian kakinya. Lalu, ekor ayam brahma buff berwarna kecoklatan dengan semburat hitam.

Ayam Brahma Light

Secara fisik, ayam brahma light memiliki tubuh agak tambun. Bagian tengkuknya dilapisi bulu berwarna putih dengan ujung hitam.

Bulu tubuhnya berwarna putih kusam atau putih keabu-abuan. Sementara itu, ekornya pendek berwarna putih kusam dengan ujung hitam.

Sama seperti ayam brahma pada umumnya, kaki ayam ini ditumbuhi bulu. Hanya saja, bulunya berwarna putih kusam.

Ayam Brahma Columbian Light

Berbeda dengan ayam brahma light, bulu ayam ini lebih putih dan bersih. Selain itu, ketika terkena sinar matahari, warna bulunya akan mengilap.

Dari ujung kepala hingga ekor, brahma columbian light berwarna putih kapas. Meskipun begitu, tengkuknya terdapat bulu kecil berwarna hitam.

Ekor ayam ini juga putih bersih dan membentuk kipas kecil. Sementara itu, kakinya dilapisi bulu yang agak lebat.

Ayam Brahma Blue

Ciri fisik ayam brahma blue adalah warna bulunya yang kebiruan. Namun, ada juga yang berwarna abu-abu gelap.

Bagian kepala hingga lehernya memiliki warna lebih gelap dibandingkan tubuhnya. Pada bagian kakinya, juga terdapat bulu biru muda yang tebal.

Termasuk jenis ayam yang unik, harga ayam brahma blue bisa lebih dari ratusan ribu rupiah per ekor. Bahkan, ada yang menawarnya hingga jutaan rupiah seekor.

Ayam Brahma Black

Cukup populer di kalangan kolektor ayam hias, ayam brahma black memiliki bulu berwarna hitam gelap. Dari ujung kepala hingga ekor berwarna hitam, tak seperti jenis lainnya.

Selain itu, ayam ini memiliki jengger lebih besar dibandingkan jenis ayam brahma lainnya. Bulu di kakinya juga cenderung tebal dan lebat.

Untuk postur tubuh ayam brahma hitam cenderung tegap. Tak hanya itu, ukuran tubuhnya cenderung lebih besar dibandingkan jenis blue.

Baca Juga: Harga Cabai Rawit per Kg di Berbagai Daerah dan Cara Menanamnya untuk Pemula

Sebelum mengetahui harga pasaran ayam brahma, Anda juga perlu mengetahui cara memelihara ayam brahma. Supaya lebih mudah, berikut tipsnya.

Tips Memelihara Ayam Brahma

  • Pilih lokasi yang dekat dengan sumber air dan tidak lembap.
  • Buat kandang ayam terbagi menjadi dua bagian, yakni tempat berteduh dan bermain ayam.
  • Bagian kandang untuk berteduh harus dilengkapi dengan sistem pembuangan yang baik.
  • Tempat makan dan minum harus terpisah.
  • Berikan pakan yang sehat dan mengandung lemak serta protein seimbang.
  • Voer dan pakan mentah harus diberikan secara berselang-seling.
  • Mandikan ayam menggunakan spray setiap dua hari sekali.
  • Jemur ayam saat pagi supaya terhindar dari parasit.
  • Untuk menjaga keindahan bulu ayam, Anda bisa memberikan vitamin khusus.
  • Isolasi ayam yang sakit dan berikan perawatan intensif.
  • Bagi ayam yang akan diternak harus divaksin sesuai dosis dan kebutuhan.
  • Sediakan kandang pembesaran, bibit, dan DOC jika ingin ternak ayam brahma.
  • Kandang juga harus dilengkapi lampu supaya ayam tidak kedinginan.
  • Usahakan kandang untuk berteduh berada di atas tanah.

Lakukan tips memelihara ayam brahma di atas supaya ayam Anda tetap sehat. Lalu, berapa harga ayam brahma tahun 2022 ini? Tentunya berbeda dengan harga ayam kapas.

Harga Ayam Brahma Dewasa dan Anakan (per Ekor & Pasang) Terbaru


Harga Ayam Brahma per Ekor

  • Telur Ayam Brahma Light Columbian: Rp55.000 - Rp65.000 per butir.
  • Bibit Ayam Brahma BSO: Rp150.000 per ekor.
  • Ayam Brahma Gold Laced Betina Dewasa Siap Bertelur: Rp2.000.000 per ekor.
  • Brahma Silver Laced Betina Siap Produksi: Rp2.000.000 per ekor.
  • Anakan Ayam Brahma Blue: Rp800.000 per ekor.
  • Limited Edition Ayam Brahma Blue Dewasa: Rp15.000.000 per ekor.

Harga Ayam Brahma per Pasang

  • Anakan Ayam Brahma Betina & Jantan 1 bulan: Rp3.200.000 per pasang.
  • 4 bulan Ayam Brahma Jantan & Betina: Rp5.200.000 - Rp6.500.000 per pasang.
  • Dewasa Ayam Brahma Jantan & Betina: Rp16.000.000 per pasang.

Sebagai informasi, harga ayam brahma per ekor dan pasang telah kami rangkum dari forum jual beli online. Tentunya, nilai jual ayam brahma bisa berubah sewaktu-waktu. Sama seperti harga ayam serama.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Ayam Brahma Dewasa dan Anakan (per Ekor & Pasang) Terbaru"