Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Ikan Louhan Anakan dan Dewasa (Lokal dan Impor)

Update Harga Ikan Louhan Anakan dan Dewasa (Lokal dan Impor)

Siapa sih yang tak kenal dengan si cantik ikan louhan? Ikan hias ini kerap menjadi incaran para penggila aquascape. Meskipun harga ikan louhan dewasa dan anakan tidak murah, tetapi sebanding dengan tampilannya.

Umumnya, para hobies memilih anakan ikan louhan. Karena, harga ikan louhan anakan lokal maupun impor lebih terjangkau daripada indukan.

Baca Juga: Harga Kucing Persia Medium Bulu Kapas per Ekor (Kitten & Dewasa)

Khusus untuk indukan, ada beberapa jenis yang masuk dalam list harga ikan louhan termahal. Namun, ada juga varian yang termasuk dalam daftar harga ikan louhan termurah. 

Sebelum membahas harga pasaran ikan louhan, pastikan Anda mengetahui seluk-beluknya. Berikut asal-usul ikan louhan.

Asal Usul Ikan Louhan

Lou han atau yang lebih dikenal dengan nama flowerhorn ini termasuk salah satu ikan hias termahal di dunia. Umumnya, hewan air tawar ini dipelihara di dalam akuarium.

Disebut sebagai flowerhorn fish, louhan memiliki ciri khas benjolan di kepalanya. Tak hanya itu, warna sisik ikan lou han sangat indah dengan warna beragam.

Sebenarnya, ikan louhan termasuk jenis ikan lokal dan habitatnya memang di Indonesia. Selain itu, ikan lou han banyak dijumpai di Malaysia.

Mulai dikembangbiakkan pada tahun 1993, ikan louhan digemari banyak orang dari Taiwan. Hal ini karena ikan lou han dipercaya sebagai tanda pembawa keberuntungan.

Kepopuleran ikan lou han membuat banyak orang yang mengimpornya ke berbagai negara. Hingga akhirnya, ikan louhan diimpor ke Amerika Serikat.

Pada awalnya, ada dua jenis ikan louhan yang diimpor ke Amerika, yakni flowerhorn dan golden base. Seiring berjalannya waktu, ada banyak ikan louhan yang ada di pasaran Amerika Serikat.

Sementara itu, ada lebih banyak varian ikan louhan yang dipasarkan di Indonesia. Berikut adalah harga dan jenis ikan louhan.

Jenis-Jenis Ikan Louhan

Ikan Louhan Cencu Lokal

Salah satu varian ikan louhan yang cukup populer adalah cencu lokal. Ikan ini memiliki ciri khas pola bintik berwarna merah muda pada tubuhnya.

Juga dijuluki sebagai ikan mutiara, beberapa ikan berwarna merah dan emas. Umumnya, kepala ikan dan bagian tengah tubuh louhan cencu berwarna merah.

Uniknya, ada warna kuning keemasan di bagian tengah tubuh hingga ekor ikan louhan cencu. Warna ikan yang indah membuat nilai jualnya tidak murah.

Harga ikan louhan cencu anakan berkisar Rp250.000 - Rp300.000 per ekor. Sementara itu, harga ikan louhan cencu dewasa bisa mencapai Rp700.000 - Rp850.000 per ekor.

Ikan Louhan Bonsai

Berbeda dengan varian ikan lou han lainnya, ikan louhan bonsai memiliki tubuh yang sangat kecil. Seperti namanya, ikan ini juga tidak bisa tumbuh besar meskipun sudah dewasa.

Terhambatnya pertumbuhan ikan louhan bonsai disebabkan faktor genetik dan ini termasuk cukup langka. Tak heran jika nilai jualnya tinggi.

Secara morfologi, ikan louhan bonsai memiliki benjolan besar di kepalanya. Ada beragam warna benjolan ikan lohan bonsai, mulai dari merah, silver, kuning, hijau, hingga putih.

Harga ikan louhan bonsai anakan terbilang mahal dan bisa mencapai Rp400.000 per ekor. Sementara itu, untuk ikan louhan bonsai indukan bisa ditawarkan dengan harga hingga Rp1.000.000 per ekor.

Update Harga Ikan Louhan Anakan dan Dewasa (Lokal dan Impor)


Ikan Louhan Super Red Dragon

Lebih umum dikenal dengan sebutan louhan SRD, ikan louhan super red dragon menjadi primadona aquascapers.

Yang membuat ikan louhan SRD menjadi incaran banyak kolektor ikan hias adalah warnanya yang merah merona. Bagian kepala hingga ekor ikan louhan ini berwarna merah terang.

Namun, ada juga yang berwarna seperti red wine. Selain itu, terdapat corak berbintik seperti mutiara di bagian tubuh hingga ekornya.

Baca Juga: Harga Burung Kacer Anakan dan Dewasa (Jawa, Bali, Kalimantan, dll)

Harga ikan louhan SRD tidak bisa dibilang murah, yakni Rp500.00 - Rp700.000 untuk anakan. Sementara itu, indukan ikan louhan SRD bisa ditawarkan dengan harga mulai Rp2.750.000 - Rp3.250.000 per ekor.

Ikan Louhan Kemalau

Semua ikan louhan, termasuk jenis kemalau memiliki jenong sebagai ciri khasnya. Perbedaan benjolan kepala ikan louhan kemalau dengan lainnya adalah warnanya yang putih keperakan.

Secara fisik, ikan louhan kemalau mempunyai warna kepala kemerahan. Sementara bagian tengah tubuhnya hingga ekor berwarna merah kekuningan.

Tak hanya itu, yang membuat lou han kemalau menarik adalah corak bintik yang ada di kepala hingga ujung ekor. Sekilas, itu seperti mutiara yang tersemat di sisiknya.

Harga ikan louhan kemalau anakan berkisar Rp200.000 - Rp350.000 per ekor. Sementara itu, ikan louhan kemalau dewasa bisa ditawarkan dengan harga mulai Rp500.000 - Rp780.000 per ekor.

Ikan Louhan Kamfa

Termasuk ikan louhan yang paling sering dijumpai, ikan louhan kamfa sudah sejak lama dibudidayakan di Indonesia. Tak hanya itu, persebarannya sudah hampir mencapai seluruh Asia Tenggara.

Ciri khas ikan louhan kamfa terletak pada jenongnya yang cukup besar saat dewasa. Selain itu, hewan air tawar ini memiliki corak garis hitam di bagian tengah tubuhnya.

Dari kepala hingga ekor ikan louhan kamfa berwarna merah. Namun, terdapat warna semburat kuning di bagian ekornya.

Meskipun tergolong ikan lokal, harga ikan louhan kamfa anakan tidak murah dan bisa mencapai Rp1 juta per ekor. Sementara itu, ikan louhan kamfa dewasa dapat ditawarkan dengan harga mulai Rp3.000.000 - Rp4.110.000 per ekor.

Ikan Louhan Super Red Synspilum

Termasuk jenis yang langka di Indonesia, ikan louhan super red synspillum diincar banyak orang. Secara fisik, ikan ini memiliki jenong yang berukuran besar jika dibandingkan louhan lainnya. 

Dari ujung kepala hingga ekor, ikan louhan super red synspillum berwarna merah terang dan sangat mencolok. Tak ada corak atau warna lain yang ada di sisiknya dan ini yang membuatnya menarik.

Sementara itu, bagian sirip perutnya terdapat semburat warna kuning. Ini akan semakin jelas saat ikan beranjak dewasa.

Harga ikan louhan red synspilum anakan berkisar Rp500.000 - Rp720.000 per ekor. Sementara itu, ikan louhan red synspilum dewasa bisa dibanderol mulai Rp1.000.000 - Rp3.000.000 per ekor.


Update Harga Ikan Louhan Anakan dan Dewasa (Lokal dan Impor)


Ikan Louhan King Kamfa

Sebenarnya ikan louhan king kamfa asli tidak berasal dari Indonesia. Induk ikan memang berasal dari Indonesia, tetapi sebagian besar breeder berasal dari Thailand.

Merupakan hasil persilangan dari beberapa jenis ikan louhan, ikan louhan asal Thailand ini diklaim sebagai produk unggul. 

Dibandingkan dengan ikan louhan kamfa biasa, ikan ini memiliki jenong lebih besar. Tak hanya itu, warna merah pada ikan louhan king kamfa lebih sedikit dibandingkan kamfa biasa.

Baca Juga: Harga Burung Kakatua Dewasa dan Anakan (Raja, Jambul Kuning, Dll)

Harga ikan louhan king kamfa anakan berkisar Rp1,5 juta hingga Rp2 juta, lebih mahal daripada kamfa biasa. Sementara itu, ikan louhan king kamfa dewasa bisa dibanderol mulai Rp3,5 juta hingga Rp4,7 juta per ekor. Untuk lebih detail, berikut daftar harganya.

Daftar Harga Ikan Louhan

Jenis Ikan Louhan

Harga per Ekor

Ikan Louhan Kemalau Anakan

Rp200.000 - Rp350.000

Ikan Louhan Cencu Lokal Anakan

Rp250.000 - Rp300.000

Ikan Louhan Bonsai Anakan

Rp400.000

Ikan Louhan Super Red Dragon

Rp500.000 - Rp700.000

Ikan Louhan Super Red Synspilum Anakan

Rp500.000 - Rp720.000

Ikan Louhan Kemalau Dewasa

Rp500.000 - Rp780.000

Ikan Louhan Cencu Lokal

Rp700.000 - Rp850.000

Ikan Louhan Bonsai Dewasa

Rp1.000.000

Ikan Louhan Kamfa Anakan

Rp1.000.000

Ikan Louhan Super Red Synspilum Dewasa

Rp1.000.000 - Rp3.000.000

Ikan Louhan King Kamfa Anakan

Rp1.500.000 - Rp2.000.000

Ikan Louhan Super Red Dragon

Rp2.750.000 - Rp3.250.000

Ikan Louhan Kamfa Dewasa

Rp3.000.000 - Rp4.110.000

Ikan Louhan King Kamfa Dewasa

Rp3.500.000 - Rp4.700.000

Sebagai informasi, harga ikan louhan di atas kami rangkum dari berbagai macam sumber di internet. Tentunya, harga ikan louhan bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Ikan Louhan Anakan dan Dewasa (Lokal dan Impor)"