Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Kucing Serval (Anakan & Dewasa) Terbaru, Mirip Punya Rachel Vennya

Harga Kucing Serval (Anakan & Dewasa) Terbaru, Mirip Punya Rachel Vennya

Selain caracal, beberapa breeder ada yang jual kucing serval seperti milik selebriti tanah air, Rachel Vennya. Harga kucing serval anakan maupun dewasa memang tidak murah. Namun, sebanding dengan sifat kucing serval.

Standar Harga Kucing Serval

Dari penampilan fisiknya, beberapa orang menganggap kucing serval bahaya, apalagi untuk anak-anak. Namun, ada jenis kucing serval yang terbilang jinak.

Fakta kucing serval menjadi hewan peliharaan masa kini memang sudah terbukti. Ini dapat dilihat dari jumlah owner serval yang semakin meningkat.

Meskipun begitu, cara beli kucing serval tidak mudah. Hal ini juga yang membuat belum ada breeder yang berani jual kucing serval murah.

Baca Juga: Aqiqah Pakai Sapi? Ketahui Harga, Jenis, Hukum, dan Syaratnya

Untuk harga kucing serval kecil atau anakan saja bisa mencapai puluhan juta. Bisa dibilang, harga kucing serval tak kalah saing dengan kucing caracal harga.

Kucing serval harga standarnya tergantung dari breeder dan shipping atau pengiriman. Kucing serval Afrika harga standarnya bisa dilihat dari kemurnian rasnya.

Diketahui, harga kucing serval Afrika trah murni bisa mencapai ratusan juta rupiah. Itu lebih mahal jika dibandingkan dengan harga kucing lynx dan harga kucing bengal.

Sebelum mengetahui nilai jual kucing serval di Indonesia, pastikan Anda mengetahui seluk beluknya. Berikut asal kucing serval.

Asal Kucing Serval

Kucing Serval Ras Murni

Sering disandingkan dengan savannah, perbedaan kucing serval dan savannah adalah asal-usulnya. Kucing savannah atau sabana adalah kucing hibrida dari perkawinan serval dan beberapa ras domestik.

Disebutkan bahwa kucing savannah termasuk mix breed antara serval, siam, bengal, dan mau mesir. Inilah kenapa harga anak kucing savannah lebih murah dibandingkan serval.

Tak hanya itu, menurut salah satu review owner serval, harga anak kucing savannah F1 masih lebih murah dibanding kitten serval. F1 menandakan bahwa kucing adalah keturunan unggul.

Kucing Serval Liar

Serval adalah ras asli kucing liar asal Afrika. Memiliki nama ilmiah Leptailurus serval, anabul tersebut sangat erat hubungannya dengan kucing emas Afrika dan karakal.

Umumnya, serval sangat banyak ditemukan di Afrika Selatan. Namun, persebarannya menjadi sangat luas dan bisa dijumpai di Maroko, Tunisia, dan Aljazair.

Beberapa sejarawan menyebutkan, keberadaan kucing serval sempat menghilang di Aljazair. Sehingga, persebarannya saat ini diperkirakan hanya sampai di Tunisia.

Habitat Asli Kucing Serval

Habitat asli serval adalah savana, tetapi banyak juga yang hidup di wilayah pegunungan. Umumnya, serval bisa hidup di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 3.000 m.

Meskipun termasuk hewan yang hidup di daerah panas, serval sangat membutuhkan sumber air di wilayahnya. Sehingga, sangat jarang ditemukan serval yang hidup di stepa kering dan gurun.

Dengan mengetahui asal-usul kucing serval, Anda bisa membedakan ras asli dan mix breed. Sebelum mengulas lebih rinci mengenai harga kucing serval, berikut adalah morfologinya.


Harga Kucing Serval (Anakan & Dewasa) Terbaru, Mirip Punya Rachel Vennya


Ciri Fisik Kucing Serval

Bentuk Wajah Kucing Serval

Termasuk dalam list atau daftar kucing termahal di dunia, kucing serval memiliki bentuk wajah yang unik. Tak seperti kucing jenis lainnya, serval memiliki wajah yang mungil.

Pipi kucing serval tirus dengan bagian bawah cenderung membulat. Hidung kucing ini juga mungil dan berwarna gelap.

Sementara itu, sorot mata kucing serval sangat tajam seperti hewan pemburu. Ini membuatnya memiliki bentuk wajah yang garang, tetapi imut.

Bagian mata kucing serval juga tak kalah cantik dengan kucing savannah lainnya. Anabul ini mempunyai mata berwarna keemasan dan mengilap.

Bentuk Telinga Kucing Serval

Salah satu ciri khas kucing serval adalah bentuk telinganya. Tak seperti kucing umumnya, serval mempunyai telinga amat panjang.

Ujung telinga serval sangat runcing dan menghadap ke atas. Sekilas, itu seperti tanduk yang berbulu.

Kuping kucing serval sangat sensitif dan bisa bergerak memutar 180 derajat seperti antena. Selain itu, terdapat bulu-bulu halus menutupi bagian bawah telinganya.

Bulu Kucing Serval

Sekilas, mungkin Anda akan berpikir bahwa kucing serval adalah keturunan citah (cheetah). Hal ini karena pola warna bulu serval sangat mirip dengan sitah.

Perbedaan yang paling mencolok antara citah dan serval adalah, serval tidak memiliki garis air mata. Sementara itu, cheetah mempunyai garis hitam di bawah matanya seperti garis air mata.

Baca Juga: Jual Kambing Aqiqah? Ini Tips Supaya Untung Banyak dan Balik Modal

Hampir semua tubuh serval dipenuhi bulu dengan bintik hitam. Namun, ada juga yang berwarna coklat.

Sementara itu, warna dasar bulu serval adalah cokelat kekuningan dan kuning keemasan. Ada juga yang berwarna oranye dan putih keabu-abuan.

Postur Tubuh Kucing Serval

Jika diperhatikan lebih detail, kucing serval memiliki postur tegap dan berukuran lebih besar daripada kucing domestik. Memang, anabul ini tergolong dalam kucing berukuran sedang.

Serval dewasa bisa tumbuh dengan panjang kaki sekitar 59-92 cm. Itu jika serval berada di alam liar, sedangkan kucing yang dipelihara di rumah, rata-rata mampu mencapai ketinggian 50 cm.

Untuk berat badan serval betina mampu mencapai 7-12 kg. Sementara itu, serval jantan lebih besar dengan bobot maksimal 9-18 kg.

Memiliki bentuk fisik yang tak biasa membuat sebagian orang ingin mengadopsinya. Sebelum mengetahui harga kucing serval, berikut karakteristiknya.

Karakteristik Kucing Serval

Termasuk predator, serval adalah hewan yang aktif di malam hari atau biasa disebut nocturnal. Ini karena mereka harus berburu hewan yang hanya aktif di pagi hingga sore hari.

Di alam liar, serval sangat lincah dan agresif. Karena, mereka suka memangsa tikus hutan, burung, kelinci, hyrax, ikan, katak, dan serangga. Jika terpaksa, mereka juga akan menangkap reptil seperti ular dan kadal.

Bagi serval dewasa, mereka juga akan berburu hewan besar, seperti rusa, gazel, dan springbok. Ini dilakukan untuk memenuhi asupan harian.

Tak hanya lincah, serval sangat piawai berenang dan melompat. Kucing ini diperkirakan bisa lompat hingga 3,6 m.

Stamina serval sangat besar, sehingga mereka mampu melakukan perjalanan 3-4 km dalam sehari. Ini juga yang membuat para owner disibukkan untuk rutin mengajaknya joging.

Sebagai kucing liar, serval memiliki sifat dominan dan suka mendengkur. Serval dewasa juga suka mengeram, mengeong, menggonggong, mendesis, dan berkotek.

Kepiawaiannya dalam memainkan suara, kadang menjadi salah satu alasan kenapa serval sangat pandai berburu. Memang suaranya bisa menjadi alat pancing untuk berbagai jenis hewan buruan.

Diperkirakan, kucing serval  bisa hidup hingga 10 tahun. Namun, ada juga yang mampu bertahan hingga 20 tahun, tergantung cara memeliharanya.

Baca Juga: Kambing Saanen: Harga, Kelebihan, Kekurangan, dan Perbedaannya

Harga kucing serval yang mahal membuat para ownernya sangat berhati-hati dalam merawatnya. Berikut adalah tips atau cara memelihara kucing serval.


Harga Kucing Serval (Anakan & Dewasa) Terbaru, Mirip Punya Rachel Vennya


Tips Memelihara Kucing Serval

  • Siapkan kandang dan ruang bermain yang luas untuk kucing serval.
  • Pakan basah harus diberikan secara rutin.
  • Berikan daging rendah lemak supaya kucing tidak obesitas.
  • Grooming harus dilakukan secara rutin.
  • Ajak kucing pergi ke dokter setiap 6 bulan sekali untuk cek kesehatan.
  • Vaksin dan vitamin harus diberikan rutin dan sesuai dosis, serta kebutuhan.

Lakukan tips di atas supaya kucing serval Anda memiliki umur yang panjang. Lalu, berapa harga kucing serval saat ini? Berikut rinciannya.

Harga Kucing Serval

  • Kitten Kucing Serval: Rp100.000.000 - Rp135.000.000 per ekor.
  • Kucing Serval Dewasa Jantan atau Betina: Rp200.000.000 - Rp1.000.000.000.

Perlu diingat, harga kucing serval tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Di atas adalah harga kucing serval yang kami dapatkan dari situs e-commerce dan forum jual beli hewan eksotis impor.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Kucing Serval (Anakan & Dewasa) Terbaru, Mirip Punya Rachel Vennya"