Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Ikan Salmon per Kg (Fillet & Segar) dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Update Harga Ikan Salmon per Kg (Fillet & Segar) dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Salah satu ikan laut konsumsi yang cukup populer di Nusantara adalah salmon. Harga ikan salmon per kg memang tidak murah, tetapi sebanding dengan manfaat dan kandungan gizinya. Meskipun, tidak semahal harga burung pleci.

Selain ditawarkan per kilo, ada juga yang menjualnya per ekor. Harga 1 ekor ikan salmon sendiri tergantung ukurannya.

Jika di pasar ikan, memang salmon dijual per 1 kg, tetapi tidak jika di pasar modern. Harga ikan salmon di Superindo misalnya, ditimbang per 100 gram.

Baca Juga: Harga Burung Kakatua Dewasa dan Anakan (Raja, Jambul Kuning, Dll)

Umumnya, harga ikan salmon per 100 gram sendiri terbilang fluktuatif. Ini sama seperti harga salmon per gram.

Selain Superindo, minimarket seperti Indomaret dan Alfamart, terkadang juga menjualnya. kebanyakan minimarket seperti ini menjual salmon frozen.

Nah, biasanya, harga ikan salmon di Alfamart tidak jauh berbeda dengan harga ikan salmon di indomaret. Sebelum membahas nilai jual ikan salmon, berikut jenis-jenisnya yang ditawarkan di pasaran.

Jenis Ikan Salmon

Ikan Salmon Salar (Atlantik)

Seperti namanya, salmon Atlantik atau salar merupakan jenis ikan dari lautan Atlantik. Tepatnya, perenang handal ini berasal dari lautan Atlantik utara.

Salar diketahui sebagai satu satunya jenis salmon dari perairan Atlantik. Ikan ini juga jarang ditemukan karena proses penangkapan yang agak sulit.

Tak hanya itu, konon populasi salmon Atlantik cenderung menurun. Ini karena perubahan iklim yang ekstrem dan banyak orang yang memburunya habis-habisan.

Ikan Salmon King

Diberi nama salmon king atau raja salmon, ikan air laut ini memiliki ukuran tubuh yang besar. Bisa dibilang, ini adalah jenis salmon terbesar di lautan.

Daging ikan salmon king juga cenderung tebal dan juicy. Kerap kali, orang menganggapnya mirip dengan daging ikan yang direndam mentega.

Hal itu pula yang membuat daging ikan salmon king dianggap mengandung omega 3 tinggi. Namun, ikan jenis ini juga agak jarang ditemui karena semakin banyak yang menangkapnya.

Ikan Salmon Merah (Red Salmon)

Ini adalah jenis ikan salmon yang paling umum ditemui di pasaran. Seperti namanya, hewan air laut tersebut memiliki daging berwarna merah terang.

Untuk jenis red salmon juga ada yang berdaging oranye kemerahan. Warna daging ikan ini tergantung dari sumber pakan alaminya di laut.

Dengan warnanya yang merah, daging red salmon dinilai mengandung lemak tidak jenuh dan omega 3 yang cukup tinggi. Hal ini juga yang membuatnya diklaim baik untuk dikonsumsi anak.

Ikan Salmon Anjing (Dog Salmon)

Berbeda dengan jenis salmon lainnya, dog salmon memiliki gigi yang runcing. Gigi tersebut tumbuh mencuat dan sekilas mirip taring.

Ciri khas lainnya adalah warna tubuhnya yang ungu dan memantulkan cahaya silver saat berenang. Pada bagian tubuhnya juga terdapat corak yang khas seperti luka lebam, berbeda dengan hewan dalam harga burung jalak.

Hewan air ini juga termasuk perenang handal. Umumnya, ditangkap menggunakan jaring khusus berukuran besar.

Ikan Salmon Coho (Silver)

Lebih dikenal dengan salmon silver, coho adalah jenis yang cukup umum di pasaran. Populasi salmon coho juga terbilang sangat melimpah dan mudah ditangkap.

Memiliki ukuran medium hingga besar, bobot ikan ini mampu mencapai 2,5 kg hingga 5,5 kg. Umumnya, daging ini diolah dengan cara dibakar dan dijadikan sebagai ikan asap.

Namun, di beberapa daerah, ikan salmon coho lebih umum dijadikan sebagai campuran salad. Ini karena dagingnya yang tidak terlalu tebal dan cenderung ringan.

Ikan Salmon Pelangi (Rainbow Trout Salmon)

Termasuk salmon yang jarang ditemui dan langka, rainbow trout salmon berasal dari Amerika Utara. Hewan air ini juga bisa ditemukan di Samudra Pasifik Asia.

Seperti namanya, salmon pelangi memiliki ciri khas tubuh yang berwarna-warni. Sekilas, Anda seperti melihat warna pelangi saat tubuhnya terkena sinar matahari.

Ikan Salmon Merah Muda (Pink Salmon)

Hewan air laut ini memiliki ciri khas pada bentuk tubuhnya yang unik. Bagian punggungnya lebih menonjol dan sekilas seperti punuk.

Banyak ditemukan di lautan Pasifik, pink salmon umumnya ditangkap dengan cara dipancing. Ikan ini juga memiliki ciri khas pada dagingnya yang berwarna pink.

Baca Juga: Harga Burung Perkutut Anakan dan Dewasa (Jawa, Bangkok, dll)

Umumnya, salmon merah muda dijadikan sebagai makanan olahan seperti ikan kaleng. Ada juga yang mengolahnya menjadi ikan asap.

Ikan Salmon Pesisir (Cutthroat Trout)

Ini adalah jenis salmon yang berasal dari sungai kecil di pegunungan rocky. Ikan ini juga umum di perairan Great Basin Amerika Utara.

Ciri khas ikan salmon pesisir adalah warna merah pada bagian rahangnya. Selain itu, sirip punggung dan ekornya cenderung kecil dan lebar. Nah, sebelumnya, mungkin Anda tertarik dengan harga burung cucak ijo.

Itulah jenis-jenis ikan salmon dan asalnya. Setiap varian salmon, tentunya memiliki kandungan gizi masing-masing. 

Namun, secara umum, ikan ini mengandung protein tinggi dan rendah lemak. Inilah yang membuat harga ikan salmon per kg tidak bisa dibilang murah.


Update Harga Ikan Salmon per Kg (Fillet & Segar) dan Manfaatnya untuk Kesehatan


Kandungan Gizi Ikan Salmon per 100 Gr

  • 140 kkal Kalori.
  • 20 gr Protein.
  • 6,4 gr Lemak.
  • 30 mg Magnesium.
  • 480 mg kalium.
  • 0,6 mg Zinc.
  • 36,5 mcg Selenium.
  • 25 mcg Folat.

Selain itu, dilansir dari Alodokter, ikan salmon kaya akan asam amino, omega-3, dan vitamin. Dengan kandungan nutrisi yang lengkap, tak heran beberapa orang menyukainya, meskipun harga ikan salmon per kg tidak murah.

Manfaat Daging Ikan Salmon

Menjaga Kesehatan Jantung 

Kandungan lemak omega-3 yang tinggi pada salmon berperan penting dalam mengurangi peradangan. Selain itu, omega-3 diklaim bisa mencegah penumpukan plak di dinding pembuluh jantung.

Mengontrol Kolesterol

Asam lemak omega-3 juga diketahui bisa menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Tak hanya itu, omega-3 mampu membantu mengontrol tekanan darah supaya tetap stabil. Mungkin Anda juga tertarik dengan harga burung kenari.

Memelihara Fungsi Otak

Juga mengandung antioksidan tinggi, salmon diklaim berperan penting dalam memelihara kesehatan dan fungsi otak. Tak hanya itu, berbagai nutrisi salmon konon bisa meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Menjaga Kesehatan Tulang

Juga dikenal mengandung kalsium dan vitamin D tinggi, salmon bisa menjaga kesehatan tulang. Tak hanya itu, salmon juga diklaim mampu menjaga kepadatan dan kekuatan tulang serta gigi.

Mencegah Gejala Depresi

Kandungan omega-3 yang tinggi juga dikenal mampu meningkatkan suasana hati. Sehingga gejala depresi dan stres bisa dicegah.

Menjaga Kecantikan Kulit

Salmon mengandung vitamin E dan omega-3 yang dikenal mampu melembapkan dan menutrisi kulit. Selain itu, dua zat ini mampu membuat kulit tampak glowing dan awet muda.

Selain memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan dan mengandung banyak nutrisi, salmon dikenal lezat dan gurih. Berdasarkan review konsumen, daging ikan salmon juga empuk dan lembut. Lalu, berapa harga ikan salmon per kg di Indonesia tahun 2022? berikut rinciannya.


Update Harga Ikan Salmon per Kg (Fillet & Segar) dan Manfaatnya untuk Kesehatan


Harga Ikan Salmon per Kg

Jenis Ikan Salmon

Harga per Kg

Ikan Salmon Norwegian Fillet

Rp245.000 - Rp280.000

Ikan Salmon Tazmanian Impor Fillet

Rp270.000 - Rp300.000

Ikan Salmon Sashimi

Rp255.000 - Rp310.000

Ikan Salmon Segar

Rp250.000 - Rp350.000

Ikan Salmon Fillet

Rp260.000 - Rp400.000

Informasi harga ikan salmon per kg di atas, kami rangkum dari situs jual beli online. Tentunya, harga ikan salmon per kg tersebut bisa berubah sewaktu-waktu, seperti harga burung lovebird.

Selain itu, harga ikan salmon per kg di tiap daerah berbeda beda. Umumnya, ikan salmon yang dijual di pasaran adalah ikan yang baru saja ditangkap dan segar.

Baca Juga: Harga Burung Parkit Dewasa & Anakan (Lutino, Australia, Roselle, dll)

Namun, ada juga yang menjualnya dalam kondisi hidup. Harga ikan salmon hidup tentunya lebih mahal dibandingkan harga ikan salmon per kg yang segar dan frozen.

Untuk mengetahui harga ikan salmon per kg teraktual, Anda bisa mengunjungi pasar terdekat. Anda juga bisa menelusuri harga ikan salmon tersebut di situs e-commerce.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

1 comment for "Update Harga Ikan Salmon per Kg (Fillet & Segar) dan Manfaatnya untuk Kesehatan"