Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Jual Kambing Aqiqah? Ini Tips Supaya Untung Banyak dan Balik Modal

Jual Kambing Aqiqah? Ini Tips Supaya Untung Banyak dan Balik Modal

Aqiqah merupakan perwujudan rasa syukur orang tua yang dikaruniai buah hati dan hukumnya sunnah. Momen ini tidak hanya menjadi berkah bagi keluarga, tetapi juga orang yang jual kambing aqiqah.

Nah, jika Anda berminat dengan bisnis kambing aqiqah, pastikan Anda mengetahui nilai jualnya. Anda bisa mengetahui harga kambing aqiqah di lapak kambing aqiqah terdekat atau forum jual beli kambing.

Namun, Anda juga perlu mengetahui cara untuk menentukan nilai jual kambing aqiqah. Berikut ulasannya.

Baca Juga: Kambing Saanen: Harga, Kelebihan, Kekurangan, dan Perbedaannya

Tips Menentukan Harga Kambing Aqiqah

Kelompokkan Berdasarkan Paket Kambing Aqiqah

Salah satu tips mudah untuk menentukan harga kambing untuk aqiqah adalah mengelompokkannya. Kebanyakan pedagang biasanya akan mengategorikan berdasarkan paket.

Dengan pengelompokkan seperti ini, pembeli juga akan mudah dalam memilih varian kambing aqiqah. Hal ini karena tidak semua orang pandai memilih kambing.

Paket kambing aqiqah dikelompokkan berdasarkan syarat aqiqah. Tentunya, harga kambing aqiqah anak laki-laki lebih mahal daripada harga kambing aqiqah anak perempuan.

Lokasi Pembelian Bibit Kambing Aqiqah

Tidak semua penjual kambing menjual hasil ternaknya. Beberapa ada yang mendapatkan dagangan dari penjual lain. Sebelumnya, mungkin Anda tertarik dengan harga kambing PE.

Jika Anda adalah reseller kambing aqiqah, perhatikan lokasi pembelian bibit kambing Anda. Sangat penting memperhitungkan lokasi pembelian ternak yang akan dijual lagi.

Dengan begitu, Anda bisa mempertimbangkan harga kambing aqiqah 2022 supaya tidak rugi karena biaya shipping ternak.  

Sementara tidak banyak yang menjual kambing dengan harga murah, sebaiknya, carilah lapak penyedia ternak terdekat. Dengan begini, Anda tidak harus mengeluarkan banyak dana untuk modal. 

Sementara jarak sangat berpengaruh, tentunya nilai jual kambing di tiap daerah berbeda. Sebagai contoh, harga kambing aqiqah Bogor berbeda dengan harga kambing aqiqah surabaya.

Banyaknya Kambing Aqiqah

Tips untuk menentukan nilai jual kambing aqiqah adalah melihat jumlahnya. Ini juga yang mempengaruhi harga kambing aqiqah per paket.

Berdasarkan syarat kambing aqiqah, anak laki-laki berhak atas dua ekor kambing. Sementara itu, anak perempuan berhak atas seekor kambing.

Dengan begitu, tentu saja, paket aqiqah laki-laki lebih mahal. Harga 2 ekor kambing aqiqah memang lebih mahal.

Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan jika harga seekor kambing lebih mahal daripada dua kambing. Hal ini karena ada banyak jenis kambing yang bisa dijadikan sebagai kambing aqiqah.

Sebagai contoh, seekor kambing jantan etawa dewasa lebih mahal daripada dua ekor kambing kacang. Bisa dikatakan, jenis kambing sangat memengaruhi harganya.

Nah, sebelum melangkah lebih jauh dalam bisnis kambing aqiqah, pastikan Anda mengetahui syarat kambing aqiqah. Berikut ulasannya.


Jual Kambing Aqiqah? Ini Tips Supaya Untung Banyak dan Balik Modal


Syarat Kambing untuk Aqiqah

Kesehatan Kambing Aqiqah

Sama seperti kambing qurban, kambing aqiqah harus mempunyai kondisi fisik yang prima. Kesehatan ternak adalah syarat utama hewan yang akan dikonsumsi.

Sebagai kambing aqiqah, kambing harus sehat, tidak cacat, dan beratnya sesuai standar. Selain itu, kambing juga harus sudah divaksin.

Jika Anda kurang paham dengan kondisi kesehatan kambing, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter hewan. Sudah banyak peternak yang memeriksakan kambingnya sebelum dijual.

Usia Kambing Aqiqah

Berbeda dengan kambing yang akan dijadikan sate dan digulai di pasaran, kambing aqiqah harus sudah dewasa. Sementara itu, kambing yang dimasak untuk konsumsi komersial maupun keluarga pada umumnya tidak harus dewasa.

Berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW, kambing yang belum cukup usianya dan dipaksa menjadi hewan aqiqah bisa menyebabkan aqiqahnya tidak sah. Ini tentunya akan membuat penjual merasa sia-sia.

Baca Juga: Harga Kambing Kacang Cempe dan Dewasa (Asli dan Peranakan)

Usia minimal kambing aqiqah adalah satu tahun, baik jantan maupun betina. Tak hanya itu, kambing harus sudah memasuki musim kedua.

Penyembelihan Kambing Aqiqah

Tak seperti hewan qurban, ketentuan penyembelihan kambing aqiqah dilakukan pada hari ke-7 setelah anak dilahirkan. Ini bisa dilakukan oleh profesional.

Anda tidak harus menyaksikan penyembelihan kambing, tetapi akan lebih baik jika menyaksikannya. Setelah kambing disembelih, dagingnya harus langsung dibersihkan dan diolah.

Sebagai tambahan, untuk kambing qurban, bisa disembelih saat hari raya Idul Adha. Tak hanya itu, penyembelihan diwajibkan di hari tasyrik, yakni pada 10, 11, 12, dan 13 dzulhijjah.

Pembagian Daging Kambing Aqiqah

Selain diproses atau dimasak terlebih dahulu, beberapa orang ada yang membagikan daging kambing aqiqah mentah. Namun, akan lebih baik jika dimasak dulu.

Jika daging sudah dimasak, Anda bisa mengajak banyak orang untuk makan bersama. Bahkan, tak jarang pembeli kambing aqiqah akan mengajak anak yatim untuk makan bersama.

Selain diberikan kepada anak yatim, daging kambing aqiqah dianjurkan diberikan kepada tetangga, saudara, teman, dan fakir miskin. Sementara itu, apa saja jenis kambing untuk aqiqah?


Jual Kambing Aqiqah? Ini Tips Supaya Untung Banyak dan Balik Modal


Jenis-Jenis Kambing untuk Aqiqah

Kambing Peranakan Etawa (PE)

Jika Anda ingin jual kambing aqiqah ras unggulan, tetapi mudah ditemukan, cobalah untuk menjual kambing peranakan etawa. Kerap disebut PE, kambing ini adalah hasil persilangan antara etawa dan kacang lokal.

Anakan kambing PE memiliki bentuk fisik seperti etawa, hanya saja ukurannya lebih kecil. Meskipun begitu, ini termasuk jenis kambing yang populer di Tanah Air.

Sama seperti kambing etawa, kambing PE mempunyai telinga panjang. Itu adalah ciri khasnya yang membedakannya dengan jenis kambing lainnya.

Selain itu, kambing PE mempunyai bulu berwarna coklat muda hingga hitam. Untuk berat kambing PE jantan bisa mencapai 40 kg.

Sementara itu, kambing PE betina yang unggul untuk aqiqah, bisa mencapai 35 kg. Dengan bobot kambing jantan lebih berat daripada betina, tentunya kambing jantan lebih mahal.

Kambing Etawa

Untuk Anda yang ingin mendapatkan banyak untung dari bisnis jual kambing aqiqah, Anda bisa berdagang kambing etawa. Meskipun bukan ras lokal, kambing jenis ini sudah banyak diternak di Indonesia. Meskipun begitu, harga kambing etawa tidak murah.

Selain dijadikan ternak pedaging, Anda juga bisa menjadikannya hewan penghasil susu. Apalagi, susu kambing etawa bernilai jual tinggi.

Sebagai kambing aqiqah, etawa mempunyai ukuran tubuh relatif besar dibandingkan jenis kambing lainnya. Untuk kambing etawa jantan, bisa tumbuh dengan tinggi hingga 130 cm dengan berat 100 kg.

Sementara itu, kambing etawa betina lebih kecil, yakni mampu tumbuh setinggi 92 cm dengan berat 63 kg. Meskipun kecil, kambing betina etawa lebih besar dibandingkan kambing aqiqah jenis lainnya.

Sama seperti kambing PE, kambing etawa mempunyai telinga panjang dan bisa sepanjang bahu. Selain itu, kambing etawa mempunyai tanduk mungil yang pendek.

Kambing Gibas

Sebagai pedagang kambing aqiqah, Anda harus memiliki banyak jenis kambing yang dijual. Ini akan membuat para pembeli semakin tertarik memilih kambing incarannya.

Nah, salah satu kambing pedaging yang cukup terkenal dijadikan kambing aqiqah adalah gibas. Kambing gibas termasuk jenis kambing pedaging kelas unggul dan juga kerap dijadikan kambing qurban.

Ciri khas kambing gibas adalah ekornya yang tipis dengan bulu yang kasar. Meskipun penghasil daging yang baik, kambing gibas ukurannya lebih kecil dibandingkan etawa.

Dengan ukuran tubuh lebih kecil, tak heran jika harga kambing gibas lebih murah dibandingkan etawa. Tak hanya itu, konon nilai jual kambing gibas lebih murah daripada kambing PE.

Kambing Kacang

Sebagai pemula yang baru bergelut di bidang bisnis jual kambing aqiqah, Anda perlu mempertimbangkan kambing kacang. Kambing ini termasuk ras lokal yang mudah ditemui di pasaran.

Anda bahkan bisa membeli bibitnya di lapak jual beli kambing di pasar ternak. Tak seperti kambing pedaging lainnya, ukuran kambing kacang cenderung mungil.

Selain itu, ukuran kaki kambing kacang cenderung mungil dan pendek dibandingkan jenis lain. Ciri lainnya adalah telinganya yang pendek dengan postur tulang belakang meninggi.

Sementara kambing kacang jantan mampu tumbuh dengan bobot hingga 30 kg, betinanya hanya mampu tumbuh hingga 25 kg. Lalu, untuk bulu kambing kacang terbilang variatif, ada yang coklat, hitam, putih, hingga kombinasi semua warna tersebut.

Pilihlah minimal dua jenis kambing untuk jual kambing aqiqah. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan pasar atau sesuai kemampuan Anda merawatnya.

Pastikan juga Anda mengetahui harganya di pasaran. Berikut harga jual kambing aqiqah.

Baca Juga: Harga Kambing Jawa Randu dan Super di Pasaran per Ekor

 

Jual Kambing Aqiqah? Ini Tips Supaya Untung Banyak dan Balik Modal


Jual Kambing Aqiqah (Harga Pasarannya)

Jenis Kambing Aqiqah

Harga per Ekor

Kambing Gibas 1 tahun 

Rp2.500.000

Kambing Kacang 1 tahun 

Rp2.600.000

Kambing PE (Peranakan Etawa) 

Rp2.700.000

Kambing Etawa 1 tahun 

Rp5.000.000

Sebagai informasi, nilai jual kambing aqiqah di atas telah kami rangkum dari forum jual beli kambing. Tentunya, harga kambing aqiqah tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. 

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, tentunya harga kambing tahun 2022 mengalami kenaikan. Itu sama seperti harga kambing boer.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Jual Kambing Aqiqah? Ini Tips Supaya Untung Banyak dan Balik Modal"