Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Burung Nuri Kepala Hitam (Anakan, Dewasa, per Ekor, & Pasang) Terbaru

Harga Burung Nuri Kepala Hitam (Anakan, Dewasa, per Ekor, & Pasang) Terbaru


Bagi Anda kolektor nuri, pasti sudah tidak asing dengan nuri kepala hitam. Harga burung nuri kepala hitam, baik anakan dan dewasa bisa mencapai ratusan ribu rupiah per ekor.

Perbandingan Harga Burung Nuri Kepala Hitam

Sebagai burung hias, nuri juga mempunyai fisik yang elok. Hal ini karena burung nuri mempunyai banyak varian warna pada bulunya.

Tak hanya warnanya, bahkan jenis burung nuri beragam dan itu yang menentukan nilai jualnya. Sebagai contoh, harga burung nuri kepala merah berbeda dengan harga nuri kepala hitam sertifikat.

Baca Juga: Harga Labu Siam per Kg (Baby, Jumbo, Lokal, Acar, Iris, Siap Masak) Segar dan Bibit

Contoh lainnya, harga burung nuri dusky berbeda dengan harga burung nuri bayan. Nah, khusus untuk burung nuri hijau harga jualnya agak murah dibandingkan harga nuri pelangi.

Nah, saat ini, tidak sulit menemukan tempat jual burung nuri. Sudah banyak yang jual anakan burung nuri kepala hitam yang dinilai lebih terjangkau daripada indukan.

Bahkan, sudah ada yang jual nuri kepala hitam Surabaya. Konon, itu cukup bersaing dengan harga burung nuri ambon.

Ada juga yang menawarkan harga burung nuri kepala hitam di Pasar Pramuka. Anda bisa langsung cek harga burung nuri kepala hitam di sana. Seperti ketika melihat jual cucak ijo OLX.

Umumnya, yang ditawarkan di pasar Indonesia adalah nuri paruh kuning. Harga burung nuri kepala hitam paruh kuning ini masih dianggap murah oleh sebagian orang.

Sayangnya, semurah-murahnya harga pasaran burung nuri kepala hitam, masih tetap mahal. Bisa dibilang, nuri kepala hitam tidak termasuk dalam daftar harga burung nuri murah.

Harga terbaru burung nuri kepala hitam saja bisa di atas Rp100 ribu per ekor. Bisa lebih mahal lagi untuk harga burung nuri jinak. 

Selain itu, menurut review salah satu owner, harga burung nuri kepala hitam 2021 masih berkisar Rp300 ribu ke atas. Itu naik di tahun ini.

Karakteristik Burung Nuri Kepala Hitam

Bentuk Kepala Burung Nuri Kepala Hitam

Jika diperhatikan secara sekilas, nuri kepala hitam mempunyai bentuk kepala cenderung bulat. Terdapat sekat di antara tengkorak bagian atas dan bawah, membuatnya seperti memakai helm.

Mata burung nuri kepala hitam cenderung bulat seperti kelereng. Bola matanya berwarna kuning dengan pupil hitam.

Sementara itu, paruhnya berukuran sedang dan agak melengkung ke bawah. Hidungnya juga agak menonjol di bagian atas paruhnya.

Itu membuat bentuk kepalanya seperti burung yang garang. Padahal, burung nuri termasuk unggas terbang pemakan biji-bijian.

Postur Tubuh Burung Nuri Berkepala Hitam

Jika dibandingkan dengan burung nuri lainnya, jenis nuri kepala hitam mempunyai postur lebih berotot. Itu juga yang membuatnya lebih gagah.

Untuk kakinya cenderung pendek dan dilapisi bulu tebal. Lalu, cakarnya cenderung panjang dan berisi.

Termasuk jenis burung berukuran sedang, nuri kepala hitam mampu tumbuh 29 cm hingga 33 cm. Sementara itu, beratnya mampu mencapai sekitar 163 gr hingga 260 gr.

Bulu Burung Nuri Kepala Hitam

Sebagai burung kasturi yang cukup terkenal di Indonesia, nuri berkepala hitam mempunyai bulu yang indah. Bagian leher dan bawah sayapnya berwarna merah.

Untuk bagian bawah badan dan punggungnya berwarna hitam. Sementara itu, sayapnya berwarna hijau kekuningan di bagian atas.

Lalu, ujung sayapnya berwarna hijau tua. Ada juga nuri kepala hitam yang mempunyai leher berwarna kuning dengan totol putih.

Sekilas, warna bulu kasturi kepala hitam mirip dengan nuri pelangi. Namun, yang membedakan adalah warna hitam di kepalanya.

Selain dipengaruhi warna bulunya, harga burung nuri kepala hitam dipengaruhi kejinakannya. Semakin jinak burung tersebut, semakin mahal harganya. Berbeda dengan harga burung kacer.


Harga Burung Nuri Kepala Hitam (Anakan, Dewasa, per Ekor, & Pasang) Terbaru


Cara Menjinakkan Burung Nuri Kepala Hitam

Perhatikan Kandang Burung Nuri Kepala Hitam

Bagi Anda yang ingin menjinakkan nuri kepala hitam, pastikan Anda memberikan kandang yang nyaman. Anda harus membuat kandang di lokasi yang tak terlalu ramai.

Bisa dibilang, burung nuri kepala hitam tidak suka keramaian. Anda bisa memilih lokasi di belakang rumah atau di ruang khusus.

Selain itu, buat bagian atas kandang dari bahan yang tidak membuat kandang lembap dan panas. Sebaiknya, gunakan genting dan hindari besi atau seng.

Bagian bawah kandang juga harus diberi sanitasi yang baik. Pasang juga beberapa kayu angkringan yang kokoh.

Anda harus memasang tempat makan dan minum dari plastik, supaya tidak berkarat. Beberapa orang juga menggunakan batok kelapa yang lebih awet.

Berikan Pakan Terbaik untuk Burung Nuri Kepala Hitam

Jangan asal atau sembarang memberikan pakan pada nuri kepala hitam. Pilihlah makanan terbaik yang paling disukai burung.

Baca Juga: Harga Kangkung per Kg dan Ikat, Manfaat, Kandungan, serta Benih atau Bibitnya

Dengan memberikan jenis makanan burung nuri yang disukai, secara alami burung Akan menyukai Anda. Ini yang membuatnya menjadi jinak.

Untuk mengetahui jenis pakan yang disukai, biarkan nuri memilih sendiri. Caranya, sediakan 3 hingga 5 jenis biji-bijian dan pakan burung.

Porsi setiap jenis pakannya cukup satu sendok makan. Ciri pakan yang disukai nuri adalah pakan yang paling banyak dilahap.

Elus Burung Nuri Kepala Hitam

Seperti hewan peliharaan lainnya, burung nuri juga bisa menjadi manja. Untuk itu, Anda harus melakukan pendekatan secara teratur.

Secara bertahap, sentuh bagian tubuh burung nuri dimulai dari kepalanya. Ini akan membuat mereka terbiasa dan jinak kepada Anda.

Setelah burung terbiasa, Anda bisa mengelus badannya dan mengajaknya bermain. Ini adalah cara untuk menjinakkan mereka sekaligus melatihnya.

Anda bisa mulai mengelusnya sambil mengganti minumnya. Ada ciri ketika burung mulai jinak, yaitu mereka akan langsung menempel pada tangan Anda.

Sementara itu, burung yang mencoba menggigit tuannya, masih takut pada Anda. Itu juga bisa berarti mereka belum percaya ownernya.

Ajak Burung Nuri Kepala Hitam Bermain

Selalu ajak burung nuri yang sudah mulai jinak bermain. Sesekali, cobalah untuk membiarkan mereka berada di dalam rumah.

Terbangkan burung nuri kepala hitam di rumah dan biarkan hinggap di plafon. Setelah itu, biarkan mereka terbang dan mendarat di tangan Anda.

Supaya lebih jinak, biarkan burung nuri bermain dengan anak-anak. Ini bisa menjadi cara terbaik supaya keluarga Anda bisa akrab dengan nuri.

Burung nuri kepala hitam termasuk unggas yang cerdas dan suka anak-anak. Itulah mengapa, mereka sangat tertarik bermain dengan anak-anak.

Ajak Bicara Burung Nuri Kepala Hitam

Sebagai tips yang diklaim paling ampuh menjinakkan nuri kepala hitam adalah mengajak mereka bicara. Ini juga dilakukan supaya burung merasa disayang aman, tenang, dan tidak stres.

Ini harus dilakukan setiap hari, sehingga burung terbiasa. Selain itu, ini adalah cara untuk membuat mereka mahir menirukan suara.

Beberapa owner juga mengatakan, burung nuri yang cerdas mampu menirukan suara dengan cepat. Anda bisa melatihnya untuk mengatakan ‘halo.’

Lakukan cara di atas supaya burung nuri Anda menjadi jinak. Sementara itu, berapa harga burung nuri kepala hitam? Tentunya berbeda dengan harga burung kakatua.

Baca Juga: Harga Burung Serindit (Anakan, Dewasa, Bakalan, & Gacor)

 

Harga Burung Nuri Kepala Hitam (Anakan, Dewasa, per Ekor, & Pasang) Terbaru


Harga Burung Nuri Kepala Hitam

  • Anakan Burung Nuri Kepala Hitam: Rp650.000 - Rp800.000 per ekor.
  • Burung Nuri Kepala Hitam Dewasa Jantan atau Betina: Rp1.250.000 - Rp2.500.000 per ekor.
  • Indukan Burung Nuri Kepala Hitam Jantan dan Betina: Rp2.300.000 - Rp7.000.000 per pasang.

Sebagai informasi, harga burung nuri kepala hitam di atas telah kami rangkum dari forum jual beli burung nuri. Tentunya, harga burung nuri kepala hitam bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah. Itu sama seperti harga burung perkutut.




Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Burung Nuri Kepala Hitam (Anakan, Dewasa, per Ekor, & Pasang) Terbaru"