Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Lemon Lokal Hari Ini (Segar per Buah, Kg, dan Tanaman yang Berbuah Lebat)

Harga Lemon Lokal Hari Ini (Segar per Buah, Kg, dan Tanaman yang Berbuah Lebat)


Ketika sedang flu atau demam, memang paling nikmat minum air lemon hangat dan madu. Harga lemon lokal hari ini juga relatif terjangkau, sehingga Anda bisa langsung membelinya.

Ada banyak jenis lemon lokal yang dijual di pasaran dan salah satu yang cukup terkenal adalah California. Untuk harga lemon California lokal terbilang lebih murah dibandingkan yang impor.

Ini karena proses tanam dan distribusi yang lebih mudah daripada lemon impor. Untuk harga lemon import 1 kg bisa mencapai dua kali lipat dari lemon lokal.

Baca Juga: Harga Jeruk Lemon di Pasaran (Lokal, Impor, California, & USA) per Buah, Kg, dan Kotak

Sementara itu, harga lemon 1 kg di pasar untuk jenis lokal ada yang menjualnya belasan ribu rupiah. Sebagai tips jika Anda ingin membeli lemon murah, Anda bisa ke pasar tradisional.

Umumnya, harga lemon di pasar lebih murah daripada harga lemon di Indomaret. Bisa dibilang jeruk lemon lokal memang lebih murah.

Namun, untuk konsumsi rumah tangga biasanya orang akan membeli lemon setengah kilo. Terlebih karena harga lemon setengah kilo lebih murah daripada sekilo.

Sebelum Anda mengetahui harga lemon 2022, pastikan Anda mengetahui jenis-jenis lemon. Ada tiga jenis lemon yang kerap dijumpai di pasaran lokal, berbeda dengan bunga telang.

Jenis-Jenis Lemon

Eureka Lemon 

Salah satu jenis lemon yang cukup terkenal adalah lemon eureka. Ciri khasnya adalah kulit yang berwarna kuning terang kehijauan.

Rasa lemon eureka sangat asam dan sepet. Tak hanya itu, kulitnya bertekstur dan cenderung kasar dengan tonjolan di bagian ujung.

Seperti lemon pada umumnya, buah lemon eureka berbentuk lonjong dengan pangkal membulat. Biji buah lemon ini cenderung banyak, tetapi disukai banyak orang. 

Sudah dibudidayakan banyak petani, harga lemon lokal jenis ini terbilang relatif terjangkau. Biasanya, buah lemon eureka dijadikan sebagai campuran minuman.

Lisbon Lemon

Jika Anda menjumpai lemon dengan kulit halus, tetapi rasanya sangat masam, mungkin itu jenis lisbon. Sekilas, lemon lisbon mirip dengan eureka, hanya saja kulitnya lebih mulus.

Tak hanya itu, kulit lemon lisbon akan mengilap saat terpapar cahaya matahari. Ciri khas lemon lisbon adalah tidak memiliki biji dan aromanya lebih harum daripada lemon eureka.

Untuk membudidayakan lemon lisbon, para petani menggunakan teknik vegetatif. Anda bisa mencoba stek batang supaya lemon mudah ditanam.

Harga jeruk lemon lokal jenis lisbon sayangnya agak mahal dibandingkan lemon eureka. Selain jenis lokal, ada juga lemon lisbon impor yang jauh lebih mahal lagi.

Meyer Lemon

Lebih dikenal dengan nama Citrus x meyeri, meyer lemon termasuk jenis lemon impor. Namun, sudah banyak petani yang membudidayakannya, sehingga sudah ada yang jenis lokal.

Biasanya, meyer lemon lebih umum ditemukan di restoran dan pusat perbelanjaan. Ciri khasnya adalah kulit yang halus, mengilap, dan berwarna kuning cerah.

Selain itu, ukuran lemon meyer lebih besar dibandingkan lisbon dan eureka. Rasa lemon ini juga sangat bertolak belakang dengan dua jenis lemon tersebut.

Untuk lemon meyer, rasanya manis dengan aroma yang lebih tajam. Ini biasanya dijadikan sebagai hiasan hidangan sekaligus campuran salad.

Tak heran jika harga jeruk lemon lokal per kg untuk varian meyer cenderung mahal. Bahkan ada yang menjualnya hingga puluhan ribu rupiah.

Dengan mengetahui jenis lemon, Anda bisa mengetahui mengapa harga lemon lokal hari ini beragam. Selain itu, berikut kandungan buah lemon.

Baca Juga: Harga Bunga Krisan (per Pot, Potong, Bibit, dan Benih), Manfaat dan Cara Menanamnya

Kandungan Jeruk Lemon per 100 Gr

  • 29 kkal Kalori.
  • 0,3 gr Lemak.
  • 1,1 gr Protein.
  • 9,32 gr Karbohidrat.
  • 2,8 gr Serat.
  • 2,5 gr Glukosa.
  • 2 mg Sodium.
  • 138 mg Kalium.

Buah lemon juga diperkaya vitamin A, B6, C, fosfor, magnesium, hesperidin, dan masih banyak lagi. Ini membuat lemon lokal harga jualnya bisa mengalahkan jeruk biasa. Berbeda dengan harga bunga rosela.

Apalagi jika dengan kandungannya, buah lemon memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut rinciannya.


Harga Lemon Lokal Hari Ini (Segar per Buah, Kg, dan Tanaman yang Berbuah Lebat)


Manfaat Buah Lemon

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah lemon bersifat antioksidan yang konon dapat meningkatkan daya imun. Ini juga yang membuat buah lemon dipercaya bisa mempercepat penyembuhan penyakit.

Anda bisa menjadikan buah lemon sebagai campuran teh atau dikonsumsi dengan madu. Ini akan membuat kandungan lemon bisa diserap tubuh dengan cepat.

Sebaiknya, Anda menambahkan sedikit gula batu supaya rasanya lebih nikmat. Dengan manfaatnya ini, ternyata tidak membuat harga lemon lokal 1 kg mahal.

Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Dilansir dari alodokter, buah lemon mengandung pektin yang baik untuk kesehatan pencernaan. Senyawa ini diklaim bisa mengatasi berbagai masalah pencernaan.

Anda bahkan bisa mengonsumsi lemon untuk mengatasi sembelit atau konstipasi. Selain itu, serat yang cukup pada lemon dikenal mampu mencegah penyakit pencernaan.

Untuk itu, Anda tidak harus membeli lemon impor yang mahal. Anda bisa menggunakan jeruk lemon lokal harga lebih murah.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi membuat jeruk lemon diklaim bersifat antiinflamasi dan memiliki antioksidan tinggi. Ini baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Ada beberapa jenis penyakit jantung yang bisa dicegah dengan minum air perasan jeruk lemon. Salah satunya adalah jantung koroner akibat penyumbatan pembuluh darah.

Dengan klaim seperti ini, membuat harga lemon lokal hari ini mengalami sedikit kenaikan. Apalagi musim di Indonesia sedang ekstrem.

Mencegah Gejala Anemia

Sering mengalami gejala anemia, seperti mudah lelah, sering mengantuk, dan pusing, bisa mengganggu aktivitas. Untuk itu, Anda perlu mencegah gejalanya jika ingin beraktivitas normal.

Salah satu caranya adalah dengan minum air perasan jeruk lemon. Kandungan zat besinya bisa meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh dan mengurangi risiko anemia.

Namun, pastikan juga Anda mengecek harga lemon lokal hari ini. Sehingga bisa memperkirakan anggaran belanja Anda.

Menghilangkan Ketombe

Tak hanya menjadi primadona di dunia kesehatan, buah lemon cukup dikenal di dunia kecantikan. Anda bahkan bisa menjadikan sari lemon sebagai hair mask.

Konon, masker rambut berbahan lemon bisa menghilangkan ketombe. Peras air jeruk lemon dan usapkan dari ujung kepala hingga ujung rambut.

Biarkan hair mask selama 15 menit dan bilas menggunakan air. Ini juga yang membuat harga lemon lokal hari ini bisa menyentuh angka belasan ribu rupiah.

Baca Juga: Harga Labu Siam per Kg (Baby, Jumbo, Lokal, Acar, Iris, Siap Masak) Segar dan Bibit

Banyaknya manfaat dari lemon tidak membuat harga lemon lokal hari ini anjlok. Lantas, berapa harga lemon lokal hari ini? Tentunya berbeda dengan harga serai per kg.


Harga Lemon Lokal Hari Ini (Segar per Buah, Kg, dan Tanaman yang Berbuah Lebat)


Harga Lemon Lokal Hari ini

Varian Lemon Lokal

Harga Lemon Lokal Hari ini

Jeruk Lemon Lokal Fresh 1 pcs 

Rp7.000

Jeruk Lemon California Lokal Segar 1 buah 

Rp8.000

Jeruk Lemon Lokal Segar 1 kg 

Rp19.000

Jeruk Lemon California Lokal Segar 1 kg 

Rp20.000

Tanaman Lemon Lokal Berbuah Lebat

Rp27.000

Sebagai informasi, harga lemon lokal hari ini telah kami rangkum dari berbagai sumber. Tentunya, harga lemon lokal hari ini bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah. Berbeda dengan harga kangkung per kg.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Lemon Lokal Hari Ini (Segar per Buah, Kg, dan Tanaman yang Berbuah Lebat)"