Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Serai per Kg dan Kemasan Lainnya, Jenis, Kandungan Nutrisi, serta Manfaat

Harga Serai per Kg dan Kemasan Lainnya, Jenis, Kandungan Nutrisi, serta Manfaat

Ada banyak jenis rempah lokal yang mempunyai manfaat untuk kesehatan, seperti serai atau sereh. Harga serai per kg maupun per batang cukup bervariasi.

Hadir dalam beragam kemasan, harga serai 1 ikat relatif terjangkau. Biasanya lebih murah daripada harga serai 1 kg 2022.

Namun, masih murah lagi harga serai 2 batang. Ini karena jumlahnya per pembelian.

Baca Juga: Harga Bunga Rosela per Kg (Kering, Segar, Bubuk, Benih, dll), Kandungan, Manfaat, dan Cara Mengeringkannya

Penentu harga serai lainnya adalah jenisnya. Seperti rempah pada umumnya, memang sereh memiliki banyak varietas.

Jenis-Jenis Serai

Serai Dapur

Salah satu jenis sereh yang paling umum di pasaran adalah serai dapur. Ini termasuk jenis lokal yang kerap ditanam di pekarangan.

Tak hanya dibudidayakan petani, serai dapur kadang bisa ditemukan di lahan-lahan kosong. Bisa dibilang ini termasuk jenis rempah liar.

Saking mudahnya menemukan serai jenis ini, banyak orang yang menjadi penampung sereh dapur. Nantinya serai ini akan diolah menjadi bumbu masak.

Ciri khas serai dapur adalah ukurannya yang cenderung kecil dan tidak beraturan. Hal ini yang membuat perdebatan, 1 kg serai berapa batang? itu tergantung ukurannya.

Harga sereh per kg untuk jenis ini juga relatif terjangkau. Ada yang jual serai dapur hanya ribuan rupiah per ikat. Berbeda dengan harga ketela pohon per kg.

Serai Merah

Salah satu jenis serai dengan harum semerbak adalah serai merah. Juga dikenal dengan serai wangi, harga serai merah per kg agak mahal dibanding harga daun sereh biasa.

Namun, seperti harga sereh per kilo jenis biasa, harga serai wangi per kg 2022 cenderung fluktuatif. Ada masa ketika harga daun serai wangi per kg meningkat drastis.

Umumnya, citronella grass ini digunakan sebagai bahan untuk membuat minyak pijat. Beberapa orang juga ada yang menjadikannya pengharum ruangan atau aromaterapi.

Ciri khas serai wangi adalah ukurannya yang cenderung mungil. Tak hanya itu, terdapat semburat kemerahan pada bagian pangkal hingga daunnya.

Selain diperjualbelikan daunnya, beberapa orang ada yang menjual bunganya. Harga bunga serai ini juga tidak bisa dibilang murah. 

Apalagi, jarang sekali ada rumpun serai yang berbunga dalam waktu cepat. Selain itu, bunga serai diyakini memiliki kekuatan supranatural

Ada banyak khasiat dari bunga serai yang dipercaya banyak orang. Ini yang membuat harga kembang serai asli mahal.

Serai Bangkok

Lebih dikenal dengan nama serai jumbo, serai bangkok bisa dibilang yang paling mencolok di antara lainnya. Ini karena ukurannya yang cukup besar.

Daun serai jumbo juga lebih panjang dan lebar dibandingkan serai dapur dan wangi. Namun, kegunaannya mirip serai dapur.

Aroma serai bangkok tidak setajam serai dapur atau serai wangi. Meskipun begitu, cukup baik untuk diolah menjadi bumbu untuk beragam hidangan.

Harga serai per kg jenis ini agak mahal dibandingkan serai lokal, tetapi masih lebih mahal harga kembang sereh. Bahkan, ada yang menawar harga kembang serai hingga puluhan ribu rupiah per tangkai.

Dengan mengetahui jenis-jenis sereh, Anda bisa memilih yang sesuai kebutuhan. Ini juga yang membuat Anda bisa mempertimbangkan harga serai per kg.

Baca Juga: Harga Bunga Telang per Kg (Segar, Kering, Bubuk), Manfaat, dan Kandungan Nutrisinya

Tak sulit mendapatkan serai di pasaran, karena hampir semua pasar tradisional pasti menjualnya. Sementara itu, berikut kandungan serai.


Harga Serai per Kg dan Kemasan Lainnya, Jenis, Kandungan Nutrisi, serta Manfaat

Kandungan Serai 100 gr

  • 99 kkal Kalori.
  • 0.49 gr Lemak.
  • 25,31 gr Karbohidrat.
  • 1,82 gr Protein.
  • 6 mg Sodium.
  • 723 mg Kalium.

Dengan semua kandungannya, tak heran jika serai memiliki banyak manfaat. Meski begitu ini tidak membuat harga serai per kg menjadi mahal. Berbeda dengan harga kubis per kg.

Manfaat Serai

Merawat Infeksi Mulut dan Gigi Berlubang

Serai memiliki minyak atsiri yang bersifat antibakteri dan antimikroba. Ini membuat serai diklaim mampu meringankan gejala infeksi mulut.

Tak hanya itu, serai dipercaya mampu meredam nyeri gigi berlubang akibat bakteri. Anda bisa menjadikan serai sebagai obat kumur harian.

Untuk itu, Anda perlu menjadikan serai sebagai minuman. Caranya, Anda hanya perlu menyeduh serai dalam air hangat.

Mencegah Penyakit Kulit

Seperti yang telah dijelaskan, serai memiliki sifat antibakteri dan ini yang akan membantu Anda memiliki kulit sehat. Tak heran jika saat ini sudah banyak produk skin care berbahan serai.

Dipercaya, serai mampu mencegah penyakit kulit akibat bakteri dan jamur. Anda bahkan bisa menjadikannya sebagai bahan lulur untuk mengobati penyakit kulit.

Beberapa orang menggunakan serai sebagai obat untuk mengatasi panu. Ada juga yang menyebutkan serai bisa mengatasi jerawat punggung.

Meringankan Radang Tenggorokan

Sudah banyak minuman kesehatan berbahan serai untuk mengobati radang, terutama radang tenggorokan. Anda bahkan bisa membuat minuman seperti ini di rumah.

Caranya cukup mudah, karena Anda hanya perlu menyeduh serai dengan air panas. Supaya lebih nikmat, campurkan madu atau gula batu.

Selain itu, beberapa orang ada yang menambahkan air perasan jeruk lemon dan jahe. Ini terbilang baik untuk meningkatkan daya imun.

Meredakan Sakit Perut

Bagi Anda yang memiliki pencernaan sensitif dan mudah sakit perut, Anda bisa mengonsumsi serai. Ada beberapa masalah pencernaan yang bisa diatasi dengan minum air rebusan serai, seperti diare.

Tak hanya itu, mual akibat masuk angin dan tukak lambung, konon juga bisa disembuhkan dengan serai. Anda bisa mengonsumsinya saat gejala penyakit menyerang.

Meredakan Stres dan Mencegah Depresi

Sudah banyak minyak aromaterapi yang terbuat dari serai wangi. Ini diklaim memiliki manfaat untuk meredakan stres.

Stres yang tidak segera diatasi bisa berisiko depresi dan ini tidak hanya menyerang mental. Pada beberapa pasien depresi, bahkan lebih rentan terhadap penyakit.

Tak hanya itu, serai yang diolah menjadi minyak esensial diklaim bisa menyembuhkan sakit kepala. Untuk itu, Anda bisa mengoleskannya di kening dan tengkuk.

Baca Juga: Harga Wortel per Kg di Berbagai Daerah, Kandungannya, dan Manfaatnya

Memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, tak heran harga serai per kg terkadang mengalami kenaikan. Lalu, berapa harga serai per kg dan kemasan lainnya? Tentunya berbeda dengan harga buncis per kg.


Harga Serai per Kg dan Kemasan Lainnya, Jenis, Kandungan Nutrisi, serta Manfaat

Harga Serai per Kg

Varian Serai

Harga Serai per Kg

Serai Lokal Segar 

Rp12.000

Serai Kupas Segar 

Rp13.000

Serai Bangkok Segar 

Rp13.000

Serai Wangi Segar 

Rp19.000

Serai Magat Cymbopogon Segar 

Rp20.000

Serai Jumbo Premium Organik Fresh 

Rp24.000

Serai Merah Segar 

Rp50.000

Serai Potong Kering 

Rp62.000

Serai Bubuk Murni 

Rp70.000

Serai untuk Teh Instan 

Rp113.300

Serai Minyak 

Rp165.000

Harga Sereh Kemasan Lain

Varian Serai

Harga Serai

Serai Bangkok per batang 

Rp1.000

Serai Lokal per ikat 

Rp2.760

Serai Segar 1 ikat 

Rp3.000

Sereh Bandung Segar 1 ikat 

Rp3.000

Serai Segar 250 gr 

Rp4.000

Serai Organik 

Rp4.462

Serai Bubuk 50 gr 

Rp5.750

Serai Bubuk 80 gr 

Rp7.000

Serai Kering 100 gr 

Rp6.000

Sereh Bangkok per ikat 

Rp15.800

Minyak Serai Wangi Citronella Oil 500 ml 

Rp100.000

Minyak Sereh Wangi 5 liter 

Rp825.000

Tentunya, harga serai per kg dan kemasan lainnya bisa berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga serai per kg dan kemasan lainnya bisa berbeda di tiap daerah. Sama seperti harga tomat per kg.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Serai per Kg dan Kemasan Lainnya, Jenis, Kandungan Nutrisi, serta Manfaat"