Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Kubis per Kg (Lokal) di Berbagai Daerah, Manfaat, dan Kandungan Gizinya

Harga Kubis per Kg (Lokal) di Berbagai Daerah, Manfaat, dan Kandungan Gizinya

Ada banyak makanan sehat yang lezat setelah diolah dan salah satunya adalah kubis. Nah, harga kubis per kg sendiri cukup beragam di berbagai daerah.

Namun, dibandingkan di mall atau swalayan, harga kubis hari ini dari petani 2022 lebih murah. Itu juga cenderung berfluktuasi dibandingkan harga kubis hari ini dari petani 2021.

Selain berbeda di tiap lapak, harga kubis 1 buah dipengaruhi daerahnya. Contohnya, harga kubis hari ini di Malang berbeda dengan harga kubis hari ini di Surabaya.

Baca Juga: Harga Ketela Pohon per Kg di Berbagai Daerah, Cara Menanam, dan Manfaatnya

Sama seperti harga kubis hari ini di Jakarta yang berbeda dengan harga kol hari ini di Bandung. Sementara itu, menurut pedagang, harga kubis 1 kg juga dibedakan dari jenisnya.

Jenis-Jenis Kubis

Kubis Hijau

Juga dikenal dengan kubis meriam, kubis hijau merupakan varietas kol. Ini karena daunnya saling menempel dan padat menyerupai bola.

Umumnya, kubis hijau dijadikan bahan pangan yang berkuah, karena teksturnya yang crunchy. Beberapa orang bahkan suka menjadikannya bahan sup dan harga kol per kg jenis ini relatif terjangkau. berbeda dengan harga cabe merah besar sekilo.

Bok Choy

Juga dikenal dengan bai cai atau pak choi, bok choy lebih mirip dengan bayam swiss. Daunnya gelap dan batangnya ramping, membuatnya mudah dipanen.

Kelopaknya juga lebih lebar dan bulat dibandingkan kubis hijau. Konon, harga kol per kilo untuk jenis ini agak mahal daripada jenis lokal.

Choy Sum

Sekilas, choy sum lebih mirip sawi dibandingkan kubis. Namun, dilansir dari IDN Times, sayur ini juga termasuk golongan kubis.

Umumnya, choy sum dijadikan bahan untuk makanan berkuah, karena teksturnya yang renyah, tetapi lembut. Harga 1 kg kol jenis ini cukup bersaing dengan jenis bok choy.

Kubis Napa

Juga dikenal dengan sawi putih, ternyata kubis napa adalah varietas sayur kol. Seperti namanya, kubis ini memiliki daun panjang dengan batang putih.

Nah, harga kol putih 1 kg ini cukup beragam di tiap daerah. Umumnya, kubis napa dijadikan sebagai bahan untuk membuat capcay.

Kubis Savoy

Termasuk jenis sayur yang unik, kubis savoy mempunyai daun yang berkerut dan agak berongga. Ini membuatnya terlihat seperti kubis berdaun keriting.

Baca Juga: Harga Buncis per Kg (Lokal) di Berbagai Daerah dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Teksturnya juga lebih lembut dibandingkan kubis lainnya. Harga kembang kol per kg hari ini untuk jenis kubis savoy agak mahal dibanding lainnya.

Kubis January King

Tak seperti kubis pada umumnya yang berbentuk bulat, kubis january king seperti gumpalan daun. Untuk daunnya sendiri berwarna ungu kehijauan. 

Sekilas, itu mirip kubis savoy, hanya saja lebih besar dan berwarna ungu. Nah, harga kembang kol per kg untuk jenis ini juga lebih mahal daripada kubis savoy.

Kubis Merah

Salah satu jenis sayuran yang kerap dijadikan salad adalah kubis merah. Tak seperti namanya, kubis ini berdaun ungu dengan bonggol berwarna putih kemerahan.

Namun, saat dimasak, warna ungu pada kubis akan berubah menjadi biru keabu-abuan. Harga kol sekilo jenis kubis merah memang agak mahal dibandingkan jenis lokal.

Dengan mengetahui jenis-jenis kubis di pasaran, Anda bisa membeli sesuai kebutuhan. Sebelum mengetahui harga kubis per kg, Anda perlu mengetahui nilai gizinya.

Secara umum, berikut kandungan nutrisi kubis. Itu juga yang membuat harga kol 1 kilo bisa naik di beberapa daerah. Seperti harga kacang hijau 1 kg.


Harga Kubis per Kg (Lokal) di Berbagai Daerah, Manfaat, dan Kandungan Gizinya


Kandungan Kubis per 100 gr

  • 24 kkal Kalori.
  • 0,12 gr Lemak.
  • 1,44 gr Protein.
  • 5,58 gr Karbohidrat.
  • 2,3 gr Serat.
  • 3,58 gr Glukosa.
  • 18 mg Sodium.
  • 246 mg Kalium.

Memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap, tak heran jika kubis memiliki banyak manfaat. Berikut manfaat kubis.

Manfaat Kubis

Baik untuk Sistem Pencernaan

Dilansir dari hellosehat, kubis merupakan salah satu sayur yang baik untuk kesehatan pencernaan. Ini karena kubis memiliki dua jenis sayur, yakni terlarut dan tidak.

Serat dalam sayur kol ini tidak langsung larut dengan air. Serat akan masuk dulu ke saluran pencernaan untuk membantu kinerja sistem pencernaan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Khusus kubis merah, mengandung senyawa antioksidan tinggi, yakni anthocyanin. Ini diketahui mampu menurunkan penyakit jantung.

Dengan mengonsumsi banyak sumber anthocyanin, termasuk kubis, juga dikatakan bisa menurunkan tekanan darah. Ini tentunya terbilang baik untuk Anda yang hipertensi.

Mencegah kanker

Ternyata, kubis juga diperkaya vitamin C yang baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu, vitamin yang bertindak sebagai antioksidan ini diklaim mampu menurunkan risiko kanker.

Apalagi, konon kol mempunyai senyawa sulforaphane yang mampu menghambat enzim pembentuk kanker. Namun, manfaat ini masih dalam proses pengujian lebih lanjut.

Menjaga Kesehatan Otak

Diketahui memiliki kandungan nutrisi yang cukup, kubis dipercaya bisa melancarkan peredaran darah di otak. Ini yang membuatnya berkhasiat dalam menjaga fungsi kognitif otak.

Dengan aliran darah yang lancar, maka otak dipercaya mudah mengingat informasi. Kubis juga diklaim mampu membantu otak memproses informasi dengan baik.

Cara Mengolah Kubis

Untuk mendapatkan semua manfaat kubis, Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai macam hidangan. Paling mudah, Anda bisa menjadikannya sebagai salad.

Sebelum membelinya untuk diolah menjadi salad, pastikan mengetahui harga kol 1kg. Setelah itu, siapkan bahan-bahan salad, seperti kubis merah, lemon, bayam, wortel, jagung pipil, dan oregano.

Anda juga bisa menambahkan alpukat, dada ayam yang sudah dikukus atau direbus, mayonaise atau thousand island. Potong semua bahan salad sesuai selera dan masukkan ke dalam mangkuk.

Anda hanya perlu menuangkan salad dressing dan mengaduknya. Salad yang sudah jadi bisa langsung dilahap sebagai sarapan sehat.

Baca Juga: Harga Jagung Pipil Kering per Kg di Berbagai Daerah dan Kandungan Gizinya

Mudahnya mengolah kubis membuat harga sayur kol 1 kg cukup bersaing dengan jenis sayur lainnya. Apalagi, kol per kg termasuk jenis sayur musiman.

Anda bisa membeli sayur kubis di pasar terdekat. Lalu, berapa harga kubis per kg? Tentunya berbeda dengan harga kacang tanah per kilo.


Harga Kubis per Kg (Lokal) di Berbagai Daerah, Manfaat, dan Kandungan Gizinya


Harga Kubis per Kg

Kabupaten/Kota

Harga Harga Kubis per Kg

Kabupaten Jombang

Rp6.666

Kabupaten Probolinggo

Rp6.666

Kabupaten Pamekasan

Rp7.000

Kabupaten Bondowoso

Rp8.000

Kabupaten Lumajang

Rp8.333

Kota Madiun

Rp9.333

Kabupaten Banyuwangi

Rp9.600

Kota Malang

Rp9.800

Kabupaten Bangkalan

Rp10.000

Kabupaten Tuban

Rp10.000

Kota Probolinggo

Rp10.000

Kabupaten Malang

Rp10.500

Kabupaten Pacitan

Rp10.666

Kabupaten Situbondo

Rp10.666

Kabupaten Jember

Rp11.000

Kabupaten Blitar

Rp11.000

Kabupaten Kediri

Rp11.000

Kabupaten Sumenep

Rp11.000

Kota Mojokerto

Rp11.000

Kota Pasuruan

Rp11.000

Kabupaten Lamongan

Rp11.500

Kabupaten Mojokerto

Rp11.666

Kabupaten Bojonegoro

Rp12.000

Kabupaten Magetan

Rp12.000

Kabupaten Ponorogo

Rp12.000

Kabupaten Trenggalek

Rp12.000

Kabupaten Tulungagung

Rp12.000

Kota Blitar

Rp12.000

Kota Batu

Rp12.250

Kabupaten Nganjuk

Rp12.333

Kabupaten Sampang

Rp12.500

Kabupaten Pasuruan

Rp12.833

Kabupaten Madiun

Rp13.000

Kabupaten Gresik

Rp13.333

Kabupaten Ngawi

Rp13.333

Kota Surabaya

Rp13.600

Kabupaten Sidoarjo

Rp14.000

Kota Kediri

Rp14.333

Sebagai informasi, harga kubis per kg telah kami rangkum dari berbagai sumber berita. Tentunya, harga kubis per kg bisa berubah sewaktu-waktu. Sama seperti harga kentang per kg.
Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Kubis per Kg (Lokal) di Berbagai Daerah, Manfaat, dan Kandungan Gizinya"