Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Kentang per Kg di Berbagai Daerah serta Manfaat dan Kandungan Gizinya

Harga Kentang per Kg di Berbagai Daerah serta Manfaat dan Kandungan Gizinya


Kentang menjadi salah satu makanan yang populer di seluruh dunia, apalagi kentang goreng. Nah, harga kentang per kg sendiri cenderung fluktuatif dan berbeda di tiap daerah.

Inovasi makanan dari kentang yang semakin melimpah membuat permintaan kentang di pasaran meningkat. Itu juga yang membuat harga kentang hari ini cenderung meningkat di beberapa daerah.

Jika Anda merasa harga kentang sekilo terlalu mahal, Anda bisa membelinya dalam jumlah lebih sedikit. Harga kentang 1/2 kg misalnya, akan lebih murah.

Secara umum, memang harga kentang 1 kg 2022 cenderung naik dibandingkan tahun 2021. Itu juga berimbas pada harga kentang per biji.

Baca Juga: Harga Kacang Tanah 1 kg di Pasaran beserta Manfaat dan Kandungan Gizinya

Namun, harga kentang sekilo menurut beberapa orang lebih murah. Itu karena perhitungan harga grosir.

Nilai jual kentang per kg berdasarkan grosir juga berbeda di tiap daerah. Misalnya, harga kentang 1 kg Surabaya, berbeda dengan harga kentang per kg Bandung 2022.

Tak hanya itu, harga kentang hari ini di Bandung berbeda dengan harga kentang 1 kg Jogja. Ini karena tidak semua daerah memiliki pasokan kentang melimpah.

Di sisi lain, kentang memiliki banyak varietas, tetapi kebanyakan petani memilih untuk menanam varietas unggulan. Nah, untuk kentang seperti ini, nilai jualnya lebih mahal. 

Ciri dari kentang varietas unggulan atau hibrida biasanya lebih besar dibandingkan kentang lokal. Itu juga yang menjadi perdebatan, harga kentang 1kg isi berapa? Tentunya berbeda dengan harga bawang putih.

Untuk menjawab pertanyaan itu, Anda memang perlu memperhatikan ukuran kentang. Jika ukurannya besar, maka semakin sedikit isinya.

Selain dijual dalam bentuk untuk, beberapa pedagang menawarkan varian lain. Berikut ulasannya.

Varian Kentang di Pasaran

Kentang Frozen

Salah satu varian produk kentang yang cukup laris di pasaran adalah kentang frozen. Untuk kentang instan seperti ini tersedia dalam berbagai merek dagang, seperti Fiesta dan Mydibel.

Untuk kentang fiesta 1 kg sendiri nilai jualnya beragam, tergantung dari varian rasanya. Tak hanya itu, bentuk potongan kentang juga mempengaruhi nilai penawarannya.

Sama seperti Fiesta, kentang goreng Mydibel mempunyai banyak varian rasa dengan nilai jual beragam. Mydibel kentang sendiri bisa Anda temukan di minimarket terdekat hingga situs jual beli online.

Anda juga bisa membelinya di lapak jual kentang frozen terdekat. Sudah banyak kedai frozen food yang menyediakan jenis makanan ini.

Kentang Goreng

Jika Anda lebih suka yang praktis, Anda bisa langsung membeli kentang goreng. Sudah banyak lapak makanan yang jual kentang goreng terdekat.

Anda bahkan bisa membelinya di restoran atau kedai makanan cepat saji. Untuk nilai jual kentang goreng tergantung dari penjualnya.

Namun, harga kentang goreng cenderung lebih mahal daripada frozen. Apalagi jika Anda menawar harga kentang goreng 1 kg.

Keripik Kentang

Untuk camilan yang renyah dan simpel, Anda bisa mencoba beli keripik kentang. Sebagai camilan yang cukup populer, sudah banyak yang menjualnya dalam berbagai merek.

Tak hanya itu, kini sudah muncul keripik kentang berbagai rasa. Selain original, ada yang rasanya manis, asin, hingga pedas.

Selain bisa membelinya, beberapa orang memilih untuk membuatnya. Anda hanya perlu memotong kentang tipis dan menggorengnya hingga kering.

Memiliki banyak varian produk, kentang menjadi umbi yang cukup populer. Apalagi, kentang mempunyai banyak kandungan nutrisi.

Sebelum membahas harga kentang per kg, Anda perlu mengetahui kandungan gizinya. Berikut rinsiannya.


Harga Kentang per Kg di Berbagai Daerah serta Manfaat dan Kandungan Gizinya


Kandungan Gizi Kentang per 100 Gr

  • 70 kkal Kalori.
  • 0,1 gr Lemak.
  • 1,68 gr Protein.
  • 15,71 gr Karbohidrat.
  • 2,4 gr Serat.
  • 1,15 gr Glukosa.
  • 6 mg Sodium.
  • 407 mg Kalium.

Dengan banyaknya kandungan gizi di atas, kentang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan. Berikut manfaat kentang. Namun, sebelumnya, mungkin Anda tertarik dengan harga kedelai impor.

Manfaat Kentang

Menjaga Kesehatan Jantung

Kentang mengandung karotenoid yang diketahui membantu menjaga fungsi jantung. Selain itu, senyawa ini bermanfaat sebagai anti radang untuk mencegah aterosklerosis.

Lalu, kentang juga diperkaya vitamin C dan vitamin B6. Dua vitamin ini dipercaya mampu mengurangi radikal bebas pada sel jantung.

Khusus vitamin B6, diketahui berperan penting dalam proses metilasi. Ini fungsinya mengubah homosistein menjadi metionin.

Meningkatkan Fungsi Saraf dan Otak

Menurut University of Maryland Medical Center, kandungan vitamin B6 pada kentang mampu menjaga kesehatan otak.Vitamin B6 juga dikenal mampu menciptakan serotonin, dopamin, dan norepinefrin. 

Baca Juga: Harga Kacang Hijau 1 Kg di Berbagai Daerah, Manfaat, dan Cara Menanamnya

Ini yang membuat saraf dan otak menjadi lebih sehat dan tidak mudah stres. Diketahui, stres akut yang memicu depresi bisa menurunkan kesehatan otak dan saraf.

Menurunkan Tekanan Darah

Bagi Anda yang memiliki masalah gangguan tekanan darah, khususnya hipertensi bisa mengonsumsi kentang. Dipercaya, umbi ini baik untuk menurunkan tensi.

Hal ini karena kentang mengandung kalium yang tinggi. Jumlah kalium pada kentang dikenal lebih tinggi daripada pisang.

Kalium itulah yang mampu menurunkan tekanan darah dengan cara merangsang pembuluh darah supaya lebih lebar. Inilah yang membuat tekanan darah menjadi stabil.

Memperbaiki Sistem Pencernaan

Kentang dikenal mempunyai kandungan pati resisten yang bisa memperbaiki sistem pencernaan. Sehingga, saat kentang masuk ke usus, pati tersebut akan dimakan bakteri baik.

Bakteri baik pada usus akan mengubah pati menjadi asam lemak rantai pendek. Asam lemak inilah yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Disebutkan, asam lemak rantai pendek mampu memperkuat pertahanan usus besar. Tak hanya itu, asam lemak ini diketahui mampu mengurangi risiko kanker usus besar.

Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Sebagai umbi-umbian, kentang dikenal sangat kaya akan flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Senyawa tersebut berperan sebagai antioksidan yang mampu mencegah radikal bebas.

Radikal bebas yang menumpuk dalam jangka panjang diyakini sebagai pemicu penyakit kronis. Tidak hanya kanker, tetapi juga jantung, diabetes, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan semua manfaat kentang, Anda perlu mengonsumsinya secara teratur. Lalu, berapa harga kentang 1 kg di pasar? Tentunya berbeda dengan harga kacang kedelai per kg.


Harga Kentang per Kg di Berbagai Daerah serta Manfaat dan Kandungan Gizinya


Harga Kentang per Kg

Kabupaten/Kota

Harga Kentang per Kg

Kota Pasuruan

Rp10.500

Kabupaten Probolinggo

Rp10.666

Kabupaten Lumajang

Rp11.000

Kabupaten Jember

Rp11.666

Kota Kediri

Rp12.000

Kabupaten Bangkalan

Rp12.000

Kabupaten Malang

Rp12.000

Kabupaten Bondowoso

Rp12.250

Kabupaten Mojokerto

Rp12.250

Kabupaten Kediri

Rp12.333

Kota Probolinggo

Rp12.333

Kabupaten Blitar

Rp12.500

Kabupaten Madiun

Rp12.500

Kabupaten Pasuruan

Rp12.500

Kabupaten Ponorogo

Rp12.500

Kabupaten Sidoarjo

Rp12.500

Kabupaten Trenggalek

Rp12.500

Kota Mojokerto

Rp12.500

Kota Malang

Rp12.800

Kabupaten Situbondo

Rp12.833

Kabupaten Jombang

Rp13.000

Kabupaten Magetan

Rp13.000

Kota Blitar

Rp13.000

Kabupaten Pacitan

Rp13.166

Kabupaten Nganjuk

Rp13.333

Kabupaten Tulungagung

Rp13.333

Kota Madiun

Rp13.333

Kota Surabaya

Rp13.400

Kabupaten Pamekasan

Rp13.500

Kabupaten Banyuwangi

Rp13.600

Kabupaten Gresik

Rp13.666

Kabupaten Ngawi

Rp13.666

Kabupaten Sumenep

Rp14.000

Kabupaten Tuban

Rp14.000

Kabupaten Bojonegoro

Rp14.500

Kabupaten Lamongan

Rp14.500

Kota Batu

Rp14.750

Sebagai informasi, harga kentang per kg di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber berita. Tentunya, harga kentang per kg di berbagai daerah bisa berubah sewaktu-waktu. Sama seperti harga kedelai 1 kg.

Baca Juga: Harga Cabe Merah Besar 1 Kg di Berbagai Daerah dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Untuk mengetahui harga kentang per kg, Anda bisa langsung datang ke pasar terdekat. Anda juga bisa menanyakan harga kentang per kg di penjual sayur terdekat.


Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Kentang per Kg di Berbagai Daerah serta Manfaat dan Kandungan Gizinya"