Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Kedelai Impor Hari Ini per Kg di Semua Daerah dan Nilai Gizinya

Harga Kedelai Impor Hari Ini per Kg di Semua Daerah dan Nilai Gizinya

Ada banyak produk olahan kacang kedelai, seperti tahu, tempe, dan susu kedelai. Di samping itu, harga kedelai impor hari ini per kg mengalami kenaikan di beberapa daerah. Diperkirakan, ini bisa membuat harga produk olahan kedelai ikut naik.

Penentu Harga Kacang Kedelai Impor Hari Ini

Sebelum membahas harga kacang kedelai, pastikan Anda mengetahui varian yang ada di pasaran. Dibedakan menjadi dua golongan, konsumen bisa memilih kedelai impor atau lokal.

Perbedaan antara kedelai impor dan lokal tidak hanya pada harga kacang kedelai per kilo. Beberapa produsen menyebutkan, varietas juga menentukan harga kedelai 1 kg.

Baca Juga: Harga Bawang Putih per Kg (di Berbagai Daerah dan Pasaran) 2022

Untuk golongan impor, ada kedelai varietas unggulan dan ada yang biasa. Begitu pun dengan kedelai lokal, ada yang unggulan dan ada yang biasa.

Ini membuat harga kedelai lokal kadang bisa sama dengan impor. Tak hanya itu, harga kacang kedelai 1 kg juga ditentukan jumlah panen per tahun.

Seperti yang kita ketahui, cuaca saat ini tidak bisa diperkirakan. Itu yang membuat harga kedelai 1 kg hari ini naik. 

Ketika cuaca sedang ekstrem dan banyak petani mengalami gagal panen, maka produktivitas kedelai juga menurun. Sementara, permintaan pasar mengenai kedelai impor maupun lokal jarang sekali menurun.

Dengan grafik permintaan dan jumlah barang yang bertentangan, maka tak heran harga kacang kedelai hari ini naik. Namun, berbeda jika jumlah kedelai dan permintaan pasar sama.

Itu akan membuat nilai jual kacang kedelai terdekat mengalami kestabilan. Berbeda lagi jika jumlah kacang kedelai melimpah, sementara permintaan pasar menurun. Sama seperti harga daun kelor.

Jika itu terjadi, maka harga 1 kg kedelai akan turun. Namun, menurut beberapa orang, tidak semua daerah bisa menghasilkan jumlah kacang kedelai melimpah.

Keterbatasan jumlah panen di tiap daerah bisa terjadi karena kondisi geografis. Ada daerah yang tanahnya kurang baik ditanami kacang kedelai.

Jumlah panen yang tidak merata di tiap daerah akan menciptakan perbedaan harga. Di daerah dengan hasil panen melimpah akan menyebabkan kacang kedelai harga jualnya murah.

Sementara itu, di daerah yang sulit kacang kedelai, akan membuat harga 1 kg kacang kedelai mahal. Sehingga, produk olahannya juga ikut mahal.

Harga susu kedelai 1 liter di daerah yang sulit kacang kedelai saja bisa mencapai puluhan ribu rupiah. Namun, di daerah yang melimpah, bisa dijual belasan ribu rupiah saja.

Kenapa Impor Kacang Kedelai?

Untuk mengatasi krisis kacang kedelai di daerah non penghasil, biasanya dilakukan impor. Tidak hanya dari daerah lain, tetapi juga dari negara lain.

Ada beberapa varian kedelai yang diimpor, mulai dari kedelai mentah, hitam, segar atau edamame, hingga biji untuk ditanam. Nah, harga kacang edamame sendiri bervariasi sesuai asal negara impor.

Kebanyakan agen kacang kedelai atau importir kacang kedelai mendapatkannya dari Jepang. Harga kacang edamame 1 kg dari Jepang terkenal agak mahal.

Untuk mengatasinya, beberapa petani lokal menawar harga bibit kacang kedelai Jepang untuk dibudidayakan di Tanah Air. Hasil panennya bisa dijual di pasaran Indonesia dengan harga agak terjangkau.

Baca Juga: Harga Kelapa Muda Semua Jenis (per Gelas, Daging Saja, dan Buah) di Pasaran

Khusus jenis edamame Jepang, beberapa petani juga ada yang membelinya mentah. Harga kacang kedelai mentah asal Negeri Sakura ini dinilai lebih murah daripada yang segar.

Selain dijual mentah dan bibit, ada juga frozen. Harga kedelai edamame frozen juga bervariasi, tergantung dari merek dan kemasannya. Itu sama seperti harga tanaman porang.

Meskipun begitu, kacang edamame harga jualnya agak mahal. Namun, cukup bersaing dengan harga kedelai hitam yang biasa dijadikan kecap.

Sebagai komoditi yang penting, kacang kedelai impor tidak hanya dikenal banyak manfaatnya, tetapi juga kandungan gizinya. Ini juga yang membuat harga kacang kedelai per kg bisa naik tiap tahunnya.


Harga Kedelai Impor Hari Ini per Kg di Semua Daerah dan Nilai Gizinya


Nilai Gizi Kacang Kedelai Impor per 100 Gr

  • 106 Kkal Kalori

  • 10,59 gr Protein

  • 4,71 gr Lemak

  • 8,24 gr Karbohidrat

  • 4,7 gr Serat

  • 2,35 gr Glukosa

  • 59 mg Kalsium

  • 482 mg Kalium

  • 2,12 mg Zat Besi

  • 6 mg Sodium

Selain itu, kacang kedelai impor mengandung vitamin C, vitamin B1, dan magnesium. Diketahui, kacang ini juga diperkaya folat, selenium, zinc, dan omega-6.

Tidak sulit mendapatkan kacang kedelai di pasaran. Apalagi sudah banyak yang menawarkan harga kedelai impor hari ini per kg. Anda bisa pergi ke toko kacang kedelai terdekat. Khusus untuk kacang kedelai kering, dijual dalam berbagai merk.

Salah satu merek kedelai yang cukup populer adalah bola. Harga kacang kedelai merk bola tergantung kemasannya.

Ada juga yang menjual kedelai siap tanam. Umumnya, harga bibit kedelai siap tanam relatif terjangkau daripada tanaman indukan. Namun, lebih murah harga biji kedelai semai.

Baca Juga: Harga Bawang Merah per Kg di Berbagai Daerah dan Cara Menanamnya untuk Pemula

Sebelum mengetahui harga kacang kedelai 1 kg di pasar, pastikan juga Anda mengetahui manfaat kacang kedelai. Berikut rinciannya.

Manfaat Kacang Kedelai

  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  • Meringankan gejala menopause.
  • Menurunkan kadar kolesterol jahat.
  • Memelihara kesehatan jantung dan ginjal.
  • Bagus untuk kesehatan otak.
  • Membantu menjaga memori.
  • Mengurangi risiko kanker.
  • Mencegah alzheimer dan demensia.

Memiliki banyak manfaat yang baik, tak heran jika harga kacang kedelai impor hari ini agak mahal dibandingkan lokal. Anda bisa mengecek harga kedelai 1kg impor langsung di toko kelontong terdekat.

Anda juga bisa mengetahui nilai jual kacang kedelai di situs e-commerce. Beberapa orang juga menyarankan untuk melihat pasar untuk mengetahui harga kacang kedelai 1 kg.

Apalagi, harga kedelai impor hari ini per kg cenderung fluktuatif. Namun, akan lebih mudah jika Anda melihat harga kedelai impor hari ini per kg langsung. 

Lalu, berapa harga kedelai impor hari ini per kg? Tentunya berbeda dengan harga kelapa muda.


Harga Kedelai Impor Hari Ini per Kg di Semua Daerah dan Nilai Gizinya


Harga Kedelai Impor Hari Ini per Kg

Kabupaten/Kota

Harga Kedelai Impor Hari ini per Kg

Kabupaten Sampang

Rp10.500

Kabupaten Bondowoso

Rp11.300

Kabupaten Jombang

Rp11.800

Kabupaten Kediri

Rp12.000

Kabupaten Situbondo

Rp12.000

Kabupaten Madiun

Rp12.250

Kabupaten Gresik

Rp12.500

Kabupaten Magetan

Rp12.500

Kabupaten Mojokerto

Rp12.500

Kabupaten Pasuruan

Rp12.666

Kabupaten Ponorogo

Rp12.750

Kabupaten Nganjuk

Rp12.833

Kota Malang

Rp13.000

Kabupaten Lamongan

Rp13.000

Kabupaten Ngawi

Rp13.000

Kota Blitar

Rp13.000

Kabupaten Banyuwangi

Rp13.125

Kota Mojokerto

Rp13.250

Kabupaten Tulungagung

Rp13.266

Kota Surabaya

Rp13.666

Kabupaten Jember

Rp13.750

Kabupaten Tuban

Rp13.833

Kabupaten Bojonegoro

Rp14.000

Kabupaten Sumenep

Rp14.000

Kota Pasuruan

Rp14.000

Kota Probolinggo

Rp14.666

Kabupaten Sidoarjo

Rp14.750

Kabupaten Lumajang

Rp15.500

Sebagai informasi, harga kedelai impor hari ini per kg telah kami rangkum dari berbagai sumber di tahun 2022. Tentunya, harga kedelai impor hari ini per kg bisa berubah sewaktu-waktu. Sama seperti harga cabai rawit.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Kedelai Impor Hari Ini per Kg di Semua Daerah dan Nilai Gizinya"