Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Kelapa Muda Semua Jenis (per Gelas, Daging Saja, dan Buah) di Pasaran

Harga Kelapa Muda Semua Jenis (per Gelas, Daging Saja, dan Buah) di Pasaran


Ketika cuaca sedang panas, paling nikmat memang minum es degan atau kelapa muda. Nah, harga kelapa muda per buah maupun per plastik juga terbilang murah di pasaran.

Siapa sih yang tak kenal dengan kesegaran kelapa muda? Bahkan saat ini sudah banyak produk pangan bercita rasa kelapa muda. Salah satunya adalah Nutrijell Kelapa muda.

Terbilang praktis, harga Nutrijel kelapa muda juga terbilang murah. Namun, tak sedikit juga orang yang lebih suka minum degan asli.

Baca Juga: Harga Cabai Rawit per Kg di Berbagai Daerah dan Cara Menanamnya untuk Pemula

Selain langsung diminum, beberapa konsumen suka menambahkan pemanis seperti sirup. Nah, salah satu merek sirup yang cukup ternama adalah Marjan.

Menurut review konsumen, harga sirup Marjan relatif terjangkau dan rasanya sangat cocok dipadukan dengan degan. Tak heran, banyak orang suka minum es kelapa muda dengan sirup Marjan.

Nah, sebelum menikmati legitnya es kelapa muda, pastikan Anda mengetahui nilai jual kelapa muda terdekat. Namun, pastikan juga Anda mengetahui penentu harganya.

Penentu Harga Kelapa Muda

Kemasan Kelapa Muda

Nilai penawaran kelapa muda biasanya ditentukan dari berat atau kemasannya. Harga kelapa muda 1 kg misalnya akan lebih mahal dibandingkan kemasan 250 gr.

Selain itu, untuk kelapa muda tanpa kulit dengan kelapa muda yang sudah siap minum akan berbeda. Biasanya, kelapa muda kemasan plastik siap minum lebih murah.

Meskipun begitu, untuk jumlah atau volume kelapa muda yang masih ada batoknya lebih banyak. Untuk itu, Anda bisa langsung menuju agen kelapa muda terdekat.

Biasanya, agen kelapa muda akan menyediakan harga kelapa muda grosisr. Ini bisa Anda manfaatkan jika ingin membeli degan dalam jumlah banyak.

Tempat Pembelian Kelapa Muda

Seperti yang kita ketahui, nilai jual kelapa muda di tiap daerah berbeda. Harga kelapa muda di Jakarta misalnya, berbeda dengan di Surabaya.

Selain itu, tempat agen kelapa muda perlu dipertimbangkan. Sebaiknya, Anda membeli di orang jual kelapa muda terdekat supaya lebih murah.

Beberapa orang juga memilih untuk beli degan langsung di petani. Ini juga bisa lebih murah, apalagi jika Anda membeli dalam jumlah banyak.

Namun, nilai penawaran kelapa muda di tingkat petani berfluktuasi. Harga kelapa muda dari petani 2021 misalnya, diklaim lebih murah dibandingkan tahun 2022.

Kadar Air Kelapa Muda

Bagi sebagian penjual, kadar air kelapa muda menjadi penentu harganya. Hal ini karena, beberapa orang lebih suka menawar harga air kelapa daripada kelapanya.

Tak heran jika banyak orang yang jual air kelapa saja. Apalagi, saat ini sudah banyak bermunculan produk minuman air kelapa kemasan.

Selain faktor di atas, jenis kelapa muda juga mempengaruhi harganya. Berikut jenis-jenis kelapa muda. Namun, mungkin Anda juga tertarik dengan harga ikan mujair.


Harga Kelapa Muda Semua Jenis (per Gelas, Daging Saja, dan Buah) di Pasaran


Jenis-Jenis Kelapa Muda

Kelapa Hijau Muda

Lebih dikenal dengan sebutan degan ijo, kelapa muda hijau memiliki cukup banyak penggemar. Meskipun begitu, harga degan ijo terbilang agak mahal dibandingkan degan biasa.

Ada alasan mengapa harga kelapa hijau agak mahal. Apalagi, untuk harga kelapa ijo asli.

Air kelapa hijau muda diklaim mampu menjadi obat untuk beragam penyakit. Tak hanya itu, konon kandungan mineral dan vitaminnya lebih tinggi dibandingk kelapa lainnya.

Ciri khas kelapa hijau muda asli adalah warna kemerahan pada bagian kulitnya. Itu akan tampak setelah kulit terluar kelapa di sayat.

Selain dikenal dengan nama degan ijo, kelapa hijau muda juga disebut dengan kelapa wulung. Harga air kelapa hijau tanpa buah juga lebih mahal dibanding air dan daging buah kelapa muda biasa.

Kelapa Jawa Muda 

Seperti namanya, kelapa jawa muda merupakan salah satu jenis kelapa muda yang umum di Pulau Jawa. Kelapa ini mempunyai kulit luar berwarna hijau muda dan cukup berserat.

Biasanya, pedagang es degan akan menggunakan alat kerok kelapa muda untuk memisahkan daging buah dan airnya. Untuk nilai jualnya sendiri lebih murah dibandingkan harga kelapa hijau asli.

Baca Juga: Harga Tanaman Porang (Bibit, Pohon, Biji, dan Chips Kering)

Meskipun begitu, rasa kelapa jawa muda tidak kalah menyegarkan dengan kelapa hijau. Anda bisa menemukannya di pelapak yang juga jual kelapa ijo terdekat.

Berbeda dengan degan ijo, kelapa jawa muda mempunyai kulit buah bagian tengah berwarna putih. Itu akan berubah kecokelatan saat kelapa menjadi tua.

Kelapa Merah yang Muda

Hampir mirip dengan kelapa hijau, hanya saja kelapa merah mempunyai semburat merah di kulit terluarnya. Lalu, bagian tengah kulitnya berwarna merah muda.

Anda baru bisa melihat warna kulitnya yang merah setelah menyayatnya. Disinyalir, kelapa muda merah ini mengandung minyak yang cukup tinggi.

Beberapa orang menjelaskan, kelapa merah yang masih muda sangat baik dokonsumsi wanita hamil. Apalagi, air kelapanya dikenal mampu menawarkan racun.

Untuk nilai jualnya terbilang cukup bersaing dengan harga kelapa ijo. Karena dua jenis kelapa ini agak sulit ditemukan.

Kelapa Genjah Salak Muda

Berbeda dengan varietas lainnya, kelapa genjah salak berasal dari Kalimantan Selatan. Daging buahnya terkenal tebal dengan berat mencapai 165 gr. 

Di kalangan petani, kelapa ini termasuk ras unggulan. Karena tanaman bisa dipanen dalam jumlah banyak, yakni mencapai 120 buah per tahun.

Harganya sendiri cukup bersaing dengan kelapa lokal Kalimantan lainnya. Namun, berneda dengan harga sapi qurban.

Kelapa Genjah Kuning Bali Muda

Bagi Anda yang pernah melihat ada pohon kelapa yang ditanam di hotel-hotel, salah satunya adalah varietas genjah kuning bali. Seperti namanya, buah kelapa ini berwarna kuning.

Untuk kadar minyak kelapa genjah bali mampu mencapai 61%. Sementara itu, tingkat produktivitasnya bisa berbuah sekitar 110 buah per tahun.

Kelapa Genjah Entok Muda

Salah satu varietas kelapa unggulan lainnya adalah kelapa genjah entok. Dagingnya yang tebal kerap dimanfaatkan untuk membuat nata de coco.

Selain itu, air kelapa genjah entok yang masih muda cenderung manis dan tidak sepet. Ciri khasnya adalah warna kulit buah yang hijau ukuran yang cenderung besar.

Kelapa Kopyor Muda

Sebenarnya, kelapa kopyor bisa datang dari jenis kelapa apapun. Ini karena kopyor terbentuk akibat kelainan genetik pada buah.

Namun, seiring berkembangnya teknologi, banyak petani yang mencoba mengembangkan varoetas kopyor unggulan. Ciri khas kelapa kopyor adalah daging buah yang tebal.

Selain itu, daging buahnya bisa terkelupas sendiri, mengembang, dan lembut. Sayangnya, kadar air kelapa kopyor tidak sebanyak kelapa muda lainnya.

Kelapa Pandan Wangi

Mungkin tak sedikit dari Anda yang pernah minum air kelapa, tetapi aromanya pandan. Ini adalah jenis kelapa pandan wangi yang datang dari Thailand.

Sudah banyak dikembangkan di Indonesia, hampir semua agen kelapa muda memiliki stoknya untuk dijual. Selain beraroma pandan, daging buah kelapa pandan wangi muda cenderung tebal.

Baca Juga: Harga Daun Kelor (Segar, Kering, & Bubuk) serta Cara Mengeringkannya

Pastikan Anda memilih jenis kelapa muda sesuai kebutuhan Anda. Sementara itu, berapa harga kelapa muda saat ini? Tentunya berbeda dengan harga jahe merah.


Harga Kelapa Muda Semua Jenis (per Gelas, Daging Saja, dan Buah) di Pasaran

Harga Kelapa Muda

Jenis Kelapa Muda

Harga

Kelapa Muda Lokal 1 gelas 

Rp5.000

Kelapa Muda Lokal 1 buah

Rp10.000

Kelapa Muda Hijau Asli 1 gelas 

Rp10.000

Kelapa Muda Ijo Asli 1 buah 

Rp25.000

Kelapa Muda Coco Thumb Thailand 1 buah 

Rp17.500

Kelapa Muda Daging Saja 1 kg 

Rp45.000

Kelapa Muda Coco Thumb Thailand 1 box isi 6 buah 

Rp179.000

Kelapa Muda Coco Thumb Thailand 1 box isi 12 buah 

Rp340.000

Sebagai informasi, harga kelapa muda di atas kami dapatkan dari situs jual beli online. Tentunya, harga kelapa muda bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah. Sama seperti harga pohon pule.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Posting Komentar untuk "Harga Kelapa Muda Semua Jenis (per Gelas, Daging Saja, dan Buah) di Pasaran"