Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Sapi Qurban (Limosin, Bali, Madura, Brangus, Kupang, dll)

Harga Sapi Qurban (Limosin, Bali, Madura, Brangus, Kupang, dll)

Dari sekian banyak pilihan ternak qurban, beberapa orang memilih sapi. Meskipun harga sapi qurban tidak murah, tetapi sepadan dengan manfaatnya.

Beberapa orang mungkin memandang harga kambing qurban lebih murah daripada harga sapi kurban. Namun, seekor kambing hanya bisa untuk satu orang.

Bisa dibilang, hak satu ekor kambing qurban hanya untuk satu orang, berbeda dengan sapi. Meskipun nilai jual sapi qurban lebih mahal, itu bisa untuk tujuh orang.

Baca Juga: Harga Ikan Mujair per Kilo (Segar, Hidup, Bibit, Filet, Asin, Frozen, dll)

Selain itu, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memilih sapi untuk qurban. Berikut ulasannya.

Manfaat Qurban Sapi

Menambah Rasa Syukur Atas Nikmat Allah

Salah satu manfaat berqurban, apalagi dengan sapi adalah menambah rasa syukur. Meskipun kurban adalah hal yang wajib, di sisi lain itu adalah perwujudan rasa syukur.

Tak heran, jika banyak orang yang ingin menawar harga sapi untuk kurban. Namun, disarankan Anda tidak menawar harga kurban sapi supaya lebih afdol.

Bisa untuk 7 Orang

Harga hewan kurban tidak hanya ditentukan dari jenisnya, tetapi juga beratnya. Ini yang membuat harga kambing kurban lebih terjangkau dibandingkan sapi. 

Apalagi untuk harga sapi 1 ton, tentunya itu sangat mahal dibandingkan nilai jual kambing qurban. Namun, Anda jangan khawatir, karena Anda bisa patungan untuk membeli sapi.

Berbeda dengan kambing yang haknya hanya untuk satu orang, sapi bisa untuk tujuh orang. Anda bisa mengajak teman atau tetangga untuk beli sapi qurban.

Boleh untuk Niat Lain

Manfaat qurban dengan sapi lainnya adalah boleh untuk niat lain. Dalam artian, tidak semua orang yang ikut patungan qurban niatnya harus untuk qurban.

Anda juga bisa patungan qurban sapi untuk aqiqah. Bagi Anda atau anak Anda yang belum sempat aqiqah, bisa menjalaninya di momen Idul Adha.

Tentunya harga sapi untuk aqiqah tersebut sama seperti sapi untuk qurban. Namun, harga sapi aqiqah bisa lebih murah jika Anda membelinya jauh-jauh hari sebelum Idul Adha tiba.

Daging Qurban Lebih Melimpah

Seperti yang kita tahu, ukuran tubuh sapi lebih besar daripada kambing. Sehingga, tak heran jika Anda qurban sapi, maka daging yang dihasilkan lebih melimpah.

Itu juga yang membuat nilai jual sapi qurban lebih mahal dibandingkan harga kambing untuk kurban. Dengan jumlah daging yang melimpah, pembagian daging qurban juga akan lebih merata. 

Nah, sebelum Anda membeli sapi qurban, pastikan Anda mengetahui sapi yang berkualitas. Supaya lebih mudah, berikut tips membeli sapi qurban.


Harga Sapi Qurban (Limosin, Bali, Madura, Brangus, Kupang, dll)


Tips Membeli Sapi Qurban

  • Pilih sapi yang sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit genetika.
  • Sapi qurban tidak boleh cacat atau mengalami luka.
  • Warna mata sapi jernih dan tidak berair.
  • Gigi dan area mulut sapi tidak terlalu banyak berliur.
  • Bulu sapi tidak rontok.
  • Nafsu makan sapi tidak menurun.
  • Pilih lapak jual sapi qurban terdekat.

Terapkan tips di atas supaya Anda mendapatkan sapi qurban yang berkualitas baik. Selain itu, pastikan Anda mengetahui jenis-jenis sapi qurban.

Baca Juga: Harga Domba Qurban dan Jenisnya (Garut, Donggala, Merino, dll) per Ekor

Jenis-Jenis Sapi Qurban

Sapi Limosin

Salah satu jenis sapi yang cukup populer sebagai hewan qurban adalah limosin. Karena, sapi ini pernah menjadi sapi yang sidumbangkan Presidon Joko Widodo untuk Qurban.

Sebagai ras unggulan, sapi limosin mempunyai tubuh sangat besar dan berbulu panjang. Selain itu, bulunya berwarna cokelat muda hingga tua. 

Harga sapi limosin sendiri beragam, tergantung dari beratnya. Namun, itu lebih mahal dibandingkan sapi lokal pada umumnya.

Sapi Jawa

Seperti namanya, sapi jawa merupakan jenis sapi yang banyak dikembangkan di Jawa. berbeda dengan limosin, sapi jawa ukurannya lebih kecil.

Untuk warna bulunya cukup beragam, mulai dari putih, cokelat, hingga hitam. Ada juga sapi jawa dengan warna kombinasi antara putih dan hitam.

Harga sapi jawa lebih terjangkau dibandingkan limosin, tetapi lebih mahal dibandingkan harga kurban kambing. Memang, harga qurban sapi terbilang tidak murah.

Sapi Madura

Salah satu sapi ras unggulan lokal yang kerap dijadikan hewan qurban adalah sapi madura. Seperti namanya, sapi ini memang berasal dari Pulau Madura.

Ciri khas sapi madura adalah tanduk yang runcing dan melengkung ke atas. Selain itu, bulunya cenderung tipis dan berwarna coklat.

Karena sering dipakai untuk lomba karapan sapi, sapi madura cenderung berotot dan berbadan besar. Inilah yang membuat harga sapi madura tidak murah.

Sapi Bali

Jika Anda mencari sapi lokal yang berdaging lembut untuk qurban, mungkin sapi bali patut dipertimbangkan. Harga sapi bali sendiri cukup bersaing dengan sapi madura.

Ciri khas sapi bali adalah kaki yang belang seperti berkaus kaki. Selain itu, tanduknya cenderung besar dan menghadap atas.

Warna bulu sapi bali cukup beragam, mulai dari cokelat, coklat tua, hingga hitam. Selain itu, pantat sapi bali berwarna putih.

Sapi Simental

Juga salah satu hewan qurban yang cukup populer, sapi simental kerap dipakai untuk program grading up sapi lokal. Dengan cara inseminasi buatan, terciptalah anakan sapi ras unggulan, yakni sapi SimPO.

Dikenal sebagai sapi pekerja, tak heran jika tubuh sapi simental cukup berotot. Tak hanya itu, ukuran tubuhnya terbilang besar, meskipun lebih besar limosin.

Untuk harga sapi simental, tentunya tidak murah. Bahkan ada yang menjualnya sepuluh kali lipat dari harga kambing untuk qurban.

Sapi Brahman

Seperti sapi simental, sapi brahman kerap dijadikan program grading up peranakan ongole. Melalui inseminasi buatan, terciptalah sapi putih.

Ciri khas sapi brahman adalah warnanya yang putih dan berkaki pendek. Tak hanya itu, tubuh sapi brahman cenderung bulat.

Untuk harga sapi brahman, terbilang lebih mahal dibandingkan sapi madura. Ada yang menjualnya sembilan kali lipat dari harga kambing buat kurban.

Sapi Brangus

Bukan termasuk ras asli, sapi brangus adalah peranakan sapi brahman dan sapi angus. Juga ras unggulan, harga sapi brangus lebih mahal dibandingkan nilai jual kambing kurban.

Ciri khas sapi brangus adalah punuk di punggungnya dan leher cenderung pendek. Selain itu, sapi brangus cenderung tidak bertanduk dan berbadan besar.

Untuk warnanya sendiri, sapi brangus berbulu hitam. Sapi ini cukup populer dijadikan hewan qurban dan aqiqah.

Baca Juga: Harga Kambing Qurban Semua Jenis (PE, Etawa, Boer, Cempe, dll)

Tentunya, harga sapi qurban cenderung beragam, tergantung jenisnya. Berikut harga sapi qurban.


Harga Sapi Qurban (Limosin, Bali, Madura, Brangus, Kupang, dll)


Harga Sapi Qurban

Jenis Sapi

Harga per Ekor

Sapi Bali 260 kg - 300 kg 

Rp17.000.000 - Rp20.000.000

Sapi Brangus 260 kg 

Rp17.000.000

Sapi Madura 300 kg 

Rp19.000.000

Sapi Kupang 300 kg 

Rp25.000.000

Sapi Bali 320 kg - 400 kg 

Rp21.000.000 - Rp27.000.000

Sapi Bali 425 kg - 800 kg 

Rp30.000.000 - Rp65.000.000

Sapi Limousin 450 kg

Rp50.000.000

Sapi Limousin 750 kg

Rp75.000.000

Sapi Limousin 1,1 ton

Rp100.000.000

Harga sapi qurban di atas bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di berbagai daerah. Anda bisa mengetahui harga sapi qurban secara rinci di lapak hewan qurban terdekat.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Sapi Qurban (Limosin, Bali, Madura, Brangus, Kupang, dll)"