Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Ikan Mujair per Kilo (Segar, Hidup, Bibit, Filet, Asin, Frozen, dll)

Harga Ikan Mujair per Kilo (Segar, Hidup, Bibit, Filet, Asin, Frozen, dll)


Berbicara mengenai ikan tawar konsumsi, tidak lepas dari ikan nila, mas, gurame, dan mujair. Dari sekian banyak jenis ikan tawar tersebut, tampaknya mujair diminati banyak orang. Karena, harga ikan mujair per kilo relatif terjangkau di pasaran.

Sebelum mengetahui harga ikan mujair per kg 2022, Anda juga perlu mengetahui penentu nilai jualnya. Ada banyak yang membuat harga ikan mujair 1 kg beragam, seperti ukuran, jumlah, dan masih banyak lagi.

Penentu Harga Ikan Mujair per Kg

Ukuran Ikan Mujair

Banyak orang menanyakan, 1 kg mujair berapa ekor? Itu tergantung ukurannya. Semakin besar ukuran ikannya maka semakin sedikit jumlahnya.

Di sisi lain, ukuran ikan mujair juga mempengaruhi harga ikan mujair. Biasanya, semakin besar ukurannya, maka semakin mahal harganya.

Baca Juga: Harga Domba Qurban dan Jenisnya (Garut, Donggala, Merino, dll) per Ekor

Tak heran, banyak orang yang lebih menyukai ikan yang ukurannya tak terlalu besar. Selain bisa mendapatkan dalam jumlah banyak, harga ikan mujair kecil lebih terjangkau.

Itu juga yang membuat harga bibit ikan mujair per kg cukup terjangkau. Sehingga, banyak petani atau peternak ikan mampu mengembangkan bisnisnya dengan modal kecil.

Kondisi Ikan Mujair

Juga dikenal dengan nama jaer, harga ikan jaer 1 kg juga dipengaruhi kondisinya. Tentunya, harga pasaran ikan mujair yang masih segar lebih mahal.

Inilah alasan, lebih banyak pedagang ikan yang suka jual mujair hidup. Anda bisa mengetahui langsung nilai jual ikan mujair hidup terdekat.

Sementara itu, nilai penawaran ikan mujair yang sudah tidak segar atau frozen cenderung lebih murah. Harga 1 kg ikan mujair frozen biasanya berkisar antara Rp20 ribuan.

Untuk mendongkrak harganya, beberapa pedagang akan mengolahnya menjadi mujair frozen bumbu kuning. Namun, tak sedikit yang menjadikannya sebagai bahan untuk bisnis kuliner.

Di beberapa rumah makan, harga ikan mujair goreng bisa lebih mahal dibandingkan mujair mentah per ekor. Selain itu, berbeda dengan harga ikan gurame.

Daerah Pembelian Ikan Mujair

Salah satu penentu harga mujair 1 kg adalah daerah pembeliannya. Sebagai contoh, harga ikan mujair per kg di Malang berbeda dengan harga ikan mujair per kg Surabaya.

Selain itu, harga ikan mujair per kg Sidoarjo juga akan berbeda dengan yang di Jawa Tengah. Namun, sebaiknya Anda membelinya dari yang jual ikan mujair terdekat.

Biasanya, nilai jual ikan mujair per kg di lapak terdekat akan lebih terjangkau. Apalagi, jika Anda membelinya di pasar tradisional.

Dengan mengetahui penentu nilai jual ikan mujair, Anda bisa memilih ikan mujair terbaik. Namun, pastikan juga Anda benar-benar tahu apakah ikan yang Anda beli benar-benar ikan mujair atau bukan.

Jika Anda ke pasar tradisional, ada banyak jenis ikan air tawar yang mirip dengan mujair, seperti nila. Nah, tentunya harga ikan nila dan mujair berbeda.

Namun, akan sulit jika Anda membedakan nila dan mujair dari harganya. Apalagi saat ini beberapa pelapak menawarkan harga ikan mujair nila per kilo yang tak jauh berbeda.

Perbedaan Ikan Mujair dan Nila

Sekilas, ikan mujair dan nila hampir sama, apalagi dari bentuk tubuhnya yang cenderung lebar dan pipih. Namun, jika Anda memperhatikan lebih detail, Anda akan menemukan perbedaannya.

Sebelum beli ikan mujair, perhatikan warna sisiknya. Untuk sisik ikan mujair berwarna hitam keabu-abuan.

Sementara ikan nila lebih beragam, ada yang berwarna hitam legam, hitam muda, hingga abu-abu. Selain itu, ikan nila memiliki corak belang abu-abu dan hitam di sisiknya.

Ekor ikan mujair juga lebih besar dan lebar jika dibandingkan ikan nila. Hanya saja, ekor ikan mujair lebih pendek dan bertulang dibandingkan nila.

Untuk ikan mujair konsumsi, memang warnanya cukup monoton, tetapi tidak untuk jenis hias. Ini juga yang membuat harga ikan mujair hias lebih mahal.

Memang, jenis ikan mujair tidak sedikit. Nah, supaya Anda lebih mengenal ikan tawar ini, berikut jenis-jenisnya.


Harga Ikan Mujair per Kilo (Segar, Hidup, Bibit, Filet, Asin, Frozen, dll)


Jenis-Jenis Ikan Mujair

Ikan Mujair Merah Nifi

Lebih dikenal dengan nama mujair nirah, ikan ini adalah jenis peranakan. Untuk mengembangkannya, peternak akan mengawinkan mujair jantan lokal dan betina dari luar.

Harga mujair sekilo untuk jenis ini agak sedikit mahal dibandingkan jenis biasa. Ciri khas mujair nirah adalah sisiknya yang berwarna kemerahan dengan ukuran tubuh cenderung besar. 

Selain itu, ada yang berwarna kuning dan putih. Tak heran, beberapa orang juga memeliharanya sebagai ikan hias.

Ikan Mujair Merah GIFT

Sebagai varietas unggulan, mujair merah GIFT terbilang cukup populer di Indonesia. Seperti namanya, ciri khas mujair ini adalah warnanya yang merah.

Untuk membudidayakannya, para peternak akan membeli bibitnya. Meskipun begitu, harga bibit ikan mujair merah lebih mahal dibandingkan mujair biasa.

Bukan termasuk ras lokal, untuk mengembangkannya, petani harus menyilangkan delapan jenis ikan mujair. Hal ini juga yang membuat harga mujair 1 kg jenis ini tidak murah.

Ikan Mujair GIFT Biasa

Sebagai ikan konsumsi, kebanyakan petani lokal memilih untuk mengembangkan mujair GIFT. Berbeda dengan mujair biasa, varietas ini mempunyai tingkat pertumbuhan pesat.

Waktu panennya saja cukup singkat, yakni sekitar 5-6 bulan. Sementara untuk mujair lokal biasa, umumnya baru bisa dipanen saat usianya 7-10 bulan.

Ciri khas mujair GIFT biasa adalah warna sisiknya cenderung hitam keabu-abuan. Ikan mujair harga jualnya untuk jenis ini juga agak mahal dibandingkan yang biasa.

Ikan Mujair Gesit

Jika Anda mencari mujair dengan tingkat produktivitas tinggi, mungkin mujair gesit jawabannya. Ikan ini dihasilkan dari telur mujair unggulan dari indukan yang unggul pula.

Baca Juga: Harga Kambing Qurban Semua Jenis (PE, Etawa, Boer, Cempe, dll)

Meskipun waktu panennya tidak secepat GIFT, tetapi juga terbilang singkat dibanding jenis lokal biasa. Mujair gesit mampu dipanen saat memasuki bulan ke 6.

Sebagai ikan konsumsi, mujair gesit mempunyai sisik berwarna hitam legam. Tak hanya itu, ukuran tubuhnya juga cenderung besar.

Ikan Mujair GET

Juga termasuk jenis yang populer, mujair GET mempunyai fisik mirip mujair GIFT. Hal ini karena indukan dua mujair tersebut memiliki banyak kemiripan.

Memiliki sifat yang adaptif, mujair GET cenderung mudah dibudidayakan. Tak hanya itu, tingkat produktivitasnya tinggi.

Menurut review salah satu peternak, masa panennya juga cukup singkat. Sehingga, keuntungan yang bisa didapatkan terbilang cukup banyak.

Ikan Mujair Lokal

Salah satu jenis ikan mujair yang paling banyak ditemui di pasaran adalah mujair lokal. Ini juga paling umum dibudidayakan di Indonesia dengan persebaran di seluruh Nusantara.

Ciri khas mujair lokal adalah ukuran tubuhnya yang cenderung mungil. Ini juga yang membuat pembeli cukup menyukainya.

Harga ikan mujair setengah kilo untuk jenis ini juga relatif terjangkau. Namun, kebanyakan orang lebih suka menawar harga ikan mujair per kilo untuk jenis ini.

Baca juga: Harga Sapi Wagyu Anakan dan Dewasa Siap Potong Halal

Masih ada banyak jenis ikan mujair yang beredar di pasaran. Sementara itu, berapa harga ikan mujair per kilo saat ini? Tentunya berbeda dengan harga ikan mas.


Harga Ikan Mujair per Kilo (Segar, Hidup, Bibit, Filet, Asin, Frozen, dll)


Harga Ikan Mujair per Kilo

Jenis Ikan Mujair

Harga Ikan Mujair per Kilo

Ikan Mujair Frozen 

Rp25.000

Ikan Mujair Asin Super 

Rp25.000

Ikan Mujair Asin Belah 

Rp27.000

Ikan Mujair Filet Frozen 

Rp35.000

Ikan Mujair Segar 

Rp38.000

Ikan Mujair Hidup 

Rp40.000

Ikan Mujair Merah Segar 

Rp44.000

Ikan Mujair Goreng 

Rp50.000

Ikan Mujair Bumbu Kuning 

Rp53.000

Bibit Ikan Mujair Tilapia 

Rp90.000

Sebagai informasi, harga ikan mujair per kilo di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. Tentunya, harga ikan mujair per kilo bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah. Sama seperti harga ikan lele.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Ikan Mujair per Kilo (Segar, Hidup, Bibit, Filet, Asin, Frozen, dll)"