Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Daun Kelor (Segar, Kering, & Bubuk) serta Cara Mengeringkannya

Harga Daun Kelor (Segar, Kering, & Bubuk) serta Cara Mengeringkannya

Sudah lama dikenal masyarakat Indonesia sebagai bahan untuk memasak, daun kelor juga memiliki banyak manfaat lain. Tak heran jika harga daun kelor segar, bubuk, maupun kering tidak murah.

Manfaat daun kelor tidak hanya untuk kesehatan, tetapi juga kecantikan. Untuk diambil khasiatnya, daun kelor biasanya dikeringkan terlebih dahulu. 

Cara mengeringkan daun kelor tidak sulit, tingkatnya sama seperti cara menanamnya. Memiliki nama ilmiah Moringa oleifera, kelor termasuk tanaman tropis.

Baca Juga: Harga Pohon Pule (Siap Tanam dan Bibit) serta Manfaatnya untuk Kesehatan

Kelor juga sudah lama dijadikan bahan obat-obatan tradisional. Sebelumnya, manfaat daun kelor tidak lepas dari kandungannya. Berikut adalah kandungan nutrisi atau gizi daun kelor per dua gram.

Kandungan Daun Kelor

  • 2 gr protein.
  • 14 kalori.
  • 1,8 gr - 2 gr karbohidrat.
  • 0,8 mg zat besi.
  • 8,8 mg magnesium.
  • 70 mg kalium.
  • 38 mg - 40 mg kalsium.
  • 11 mg vitamin C.
  • 600 IU vitamin A.
  • 8,5 mcg folat.

Selain memiliki nutrisi tersebut, daun kelor juga diperkaya vitamin B, serat, fosfor, zinc, selenium, dan tembaga. Tak hanya itu, daun ini memiliki banyak zat antioksidan berupa polifenol.

Dengan semua kandungannya, manfaat daun kelor pun beragam, mulai dari kecantikan, kesehatan, hingga bahan pangan. Tak heran jika harga daun kelor mahal dibandingkan herbal lainnya. Berikut adalah khasiat daun kelor.

Manfaat Daun Kelor

Sebagai Bahan Makanan

Daun kelor bisa dijadikan aneka hidangan yang lezat. Anda bisa memasaknya menjadi oseng-oseng, sayur bening, urap-urap, dan masih banyak lagi. 

Beberapa orang juga mencelupkan daun kelor ke dalam tepung bumbu dan menggorengnya. Gorengan atau keripik daun kelor seperti ini terbilang cocok dijadikan camilan sehat harian.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Dilansir dari ALODOKTER, daun kelor mampu menurunkan kadar gula darah. Tak hanya itu, tumbuhan ini mampu meningkatkan efektivitas kerja hormon insulin. 

Manfaat daun kelor ini juga diklaim baik untuk mencegah resistensi insulin pada penderita diabetes. Tak heran banyak obat herbal diabetes yang terbuat dari kelor.

Mengatasi Peradangan

Radang adalah salah satu respons alami tubuh terhadap infeksi dan luka atau cedera. Namun, pada beberapa kasus, peradangan tidak bisa sembuh dalam waktu yang singkat. 

Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi daun kelor, karena bersifat antiinflamasi. Biasanya, harga daun kelor untuk peradangan ini cukup mahal, karena dikemas dalam kapsul.

Mengontrol Tekanan Darah

Nah, bagi Anda yang memiliki gangguan darah tinggi dan sulit mengontrolnya bisa mengonsumsi daun kelor. Manfaat daun kelor diketahui mampu menurunkan tekanan darah supaya tetap stabil. 

Tak hanya itu, tumbuhan ini dapat mencegah gejala hipertensi. Anda hanya perlu mengonsumsinya secara teratur. Sebelumnya, mungkin Anda tertarik dengan harga ikan mujair.

Menjaga Kesehatan Tubuh

Seperti yang sudah disebutkan, daun kelor memiliki kandungan antioksidan tinggi. Zat berupa polifenol ini diklaim mampu melindungi sel-sel tubuh dari zat radikal bebas.

Itu juga mampu melindungi tubuh dari faktor penyebab penurunan kesehatan. Tak hanya itu, antioksidan daun kelor dipercaya mampu mencegah dan mengobati kanker.

Memelihara Fungsi Otak

Kandungan antioksidan tinggi daun kelor juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan otak. Dipercaya, daun kelor mampu menurunkan risiko penyakit alzheimer dan parkinson. 

Selain itu, pada anak dan remaja, daun kelor dipercaya mampu mendukung kinerja otak. Beberapa ahli juga mengatakan, tumbuhan ini mampu meningkatkan memori.

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Ekstrak daun kelor terbukti efektif untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Sel kanker tersebut, di antaranya kanker payudara, pankreas, dan usus besar. 

Baca Juga: Harga Jahe Merah per Kg dan Semua Kemasan (Segar, Potong, & Bubuk)

Khasiat daun kelor ini diduga berkat kandungan antioksidannya yang tinggi. Ini juga yang membuat harga daun kelor di pasaran selalu naik.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengonsumsi ekstrak daun kelor secara berkala dengan dosis yang tepat diklaim mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit menular. Penyakit tersebut, antara lain penyakit akibat kuman, akibat bakteri, dan akibat infeksi. 

Mencegah Anemia

Manfaat daun kelor untuk kesehatan lainnya adalah mencegah anemia. Daun kelor yang mengandung zat besi dan vitamin B diklaim mampu mencegah anemia. 

Dengan mengonsumsinya, gejala anemia. Beberapa gejala tersebut, seperti pusing dan mata berkunang-kunang. Sebelumnya, mungkin Anda tertarik dengan harga domba qurban.

Mengobati Jerawat

Manfaat daun kelor untuk kecantikan adalah sebagai bahan skincare. Sudah banyak produk skincare berbahan daun kelor.

Dipercaya produk seperti ini mampu mengatasi berbagai permasalahan kulit, termasuk jerawat. Hal ini karena daun kelor memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri. 

Mencegah Penuaan Dini

Bagi Anda yang sudah memiliki kerutan atau flek hitam di wajah saat usia 20-an, Anda bisa mengatasinya dengan daun kelor. Caranya, Anda hanya perlu mengonsumsinya, menjadikannya masker, atau menjadikannya sebagai bahan campuran skincare harian.

Manfaat daun kelor di atas tentunya bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi atau memakainya secara tepat. Secara umum, daun kelor yang dimanfaatkan untuk memasak biasanya diolah dalam keadaan segar.

Sementara itu, untuk kesehatan dan kecantikan biasanya dikeringkan. Tentunya, harga daun kelor segar dan kering berbeda. Sebelumnya, berikut cara mengeringkan daun kelor.


Harga Daun Kelor (Segar, Kering, & Bubuk) serta Cara Mengeringkannya


Cara Mengeringkan Daun Kelor Secara Alami

  • Sebelum mengeringkan daun kelor, Anda harus mendapatkan bahannya dulu. 
  • Ambil daun kelor sebanyak 500 gr hingga 1 kg. 
  • Sortir daun kelor dan buang yang tidak layak pakai. 
  • Daun kelor harus berwarna hijau dan tidak busuk atau berlubang.
  • Pisahkan daun kelor dengan tangkai serta tulang daunnya. 
  • Caranya tidak sulit, Anda hanya perlu melepaskan daun-daun kecilnya satu persatu.
  • Masukkan daun kelor ke dalam wadah baskom atau mangkuk plastik berukuran sedang. 
  • Kumpulkan semua daun kelor dan pastikan tidak ada yang tersisa.
  • Bersihkan daun kelor dengan cara mencucinya hingga bersih. 
  • Gunakan air mengalir supaya tidak ada kotoran yang menempel di daun dan mengendap di dalam wadah.
  • Tiriskan daun kelor menggunakan saringan secara perlahan. 
  • Pastikan tidak ada daun yang terkoyak atau rusak.
  • Siapkan tray atau loyang berukuran besar yang sudah dibersihkan. 
  • Setelah itu, daun kelor diletakkan di atas tray atau loyang secara merata dan pastikan tidak menumpuk.
  • Jemur daun kelor di ruangan yang sejuk tanpa penyinaran matahari langsung selama 2 hingga 3 hari atau hingga daun kelor kering.
  • Supaya tidak kotor, Anda tidak bisa menjemurnya di ruang terbuka. 
  • Selain itu, cara ini berisiko kerusakan produk.

Cara Mengeringkan Daun Kelor dengan Oven

  • Jika Anda tidak memiliki ruang penjemuran dengan cahaya penuh, Anda bisa menggunakan oven. 
  • Daun kelor yang sudah ditiriskan langsung ditata di atas loyang atau diletakkan dalam mangkuk antipanas.
  • Nyalakan oven dan masukkan daun kelor dengan suhu 70 derajat Celcius hingga 80 derajat Celcius. 
  • Biarkan daun kelor kehilangan semua kadar airnya hingga kering.
  • Biasanya, cara mengeringkan daun kelor menggunakan oven membutuhkan waktu sekitar 5 menit hingga 15 menit. 
  • Hal ini tergantung dari banyaknya daun kelor.
  • Daun kelor yang sudah dikeringkan bisa langsung digunakan untuk beragam keperluan. 
  • Anda juga bisa menyimpannya dalam plastik untuk sehari-hari. 
  • Beberapa orang juga menggilingnya dan menjadikannya serbuk supaya mudah dikonsumsi.

Nah, bagi Anda yang tidak bisa menemukan daun kelor di pasaran, Anda juga bisa menanamnya. Cara menanam daun kelor tidak sulit, karena tanaman ini mudah beradaptasi serta memiliki daya tahan tinggi.

Cara Menanam Daun Kelor

Pastikan lokasi yang Anda pilih untuk menanam daun kelor memiliki penyinaran penuh, setidaknya selama enam jam per hari. Pilihlah biji kelor yang berkualitas dan siap tanam. 

Ciri benih kelor siap tanam berwarna kecokelatan dan kering. Anda bisa menanamnya di dalam polybag, pot, atau langsung di tanah. 

Namun, sebelumnya pastikan media tanam sudah diolah. Anda bisa menggunakan tanah yang dicampur sekam dan pupuk organik dengan perbandingan 1:1:1.

Baca Juga: Harga Sapi Qurban (Limosin, Bali, Madura, Brangus, Kupang, dll)

Tanam daun kelor di media tanam dan lakukan perawatan. Perawatan tanaman daun kelor, yakni pemupukan lanjutan, penyiraman, penyiangan, dan mengontrol hama. 

Dengan begini, tanaman daun kelor dapat tumbuh subur dan menghasilkan daun yang rimbun. Berikut harga daun kelor. Sebelumnya, mungkin Anda tertarik dengan harga kambing qurban.


Harga Daun Kelor (Segar, Kering, & Bubuk) serta Cara Mengeringkannya


Harga Daun Kelor

Nah, bagi Anda yang sudah tau tentang manfaat dan cara menanam daun kelor, pastinya penasaran dengan harganya di pasaran. Diketahui, daun kelor segar dijual dengan harga Rp50 ribu hingga Rp80 ribu per kg. 

Sementara itu, daun kelor kering dibanderol Rp29 ribu hingga Rp50 ribu per kilo. Lalu, daun kelor bubuk dilepas dengan harga Rp36 ribu hingga Rp69 ribu per kg. 

Harga daun kelor ini telah kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Harga daun kelor tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Itu sama seperti harga sapi wagyu.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Daun Kelor (Segar, Kering, & Bubuk) serta Cara Mengeringkannya"