Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Buncis per Kg (Lokal) di Berbagai Daerah dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Harga Buncis per Kg (Lokal) di Berbagai Daerah dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Ada banyak jenis bahan makanan sehat, salah satunya adalah buncis. Harga buncis per kg cukup beragam, baik lokal maupun impor di pasaran.

Seperti bahan makanan lainnya, harga buncis per kg 2022 cukup berfluktuasi. Tak hanya itu, harga buncis 1 kg di tiap daerah berbeda.

Sebagai contoh, harga buncis 1 kg Surabaya berbeda dengan harga buncis di Pasar Induk Kramat Jati. Namun, dibandingkan di minimarket, konon harga buncis di pasar tradisional lebih murah.

Baca Juga: Harga Jagung Pipil Kering per Kg di Berbagai Daerah dan Kandungan Gizinya

Di sisi lain, harga wortel per kg cukup bersaing dengan harga buncis per kg di pasar. Memang, terkadang daftar harga sayur mayur hari ini cukup bersaing.

Sementara banyak yang membeli buncis per kg, banyak yang menanyakan 1 kg buncis untuk berapa porsi. Sebenarnya, itu tergantung dari ukuran buncisnya.

Jenis buncis lokal yang cenderung kecil umumnya bisa dijadikan 2-3 porsi. Sementara untuk buncis impor yang berukuran besar, biasa dijadikan 3-5 porsi.

Tersedia dalam berbagai kemasan, banyak juga orang yang menawar harga buncis 1/4 kg. Itu karena porsi konsumsi keluarga.

Nah, sebelum mengetahui harga buncis 1 kg di pasar, pastikan juga ketahui nilai gizinya. Berikut kandungan nutrisi buncis.

Kandungan Gizi Buncis 100 gr 

  • 31 kkal Kalori.
  • 0,12 gr Lemak.
  • 1,82 gr Protein.
  • 7,13 gr Karbohidrat.
  • 3,4 gr Serat.
  • 1,4 gr Glukosa.
  • 6 mg Sodium.
  • 209 mg Kalium.

Dengan kandungan gizinya, tak heran jika harga buncis per kg hari ini bisa dibilang agak mahal. Di sisi lain, buncis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti berikut.

Manfaat Buncis

Meningkatkan Kesuburan Wanita

Dilansir dari hellosehat, penelitian menemukan, mengonsumsi buncis mampu meningkatkan kesuburan wanita. Ini karena buncis diperkaya zat besi.

Diketahui, zat besi sangat baik untuk wanita di usia produktif. Ketika wanita masih pada masa produktif, perempuan memang sangat membutuhkan zat besi.

Baik untuk Kesehatan Jantung

Jika Anda mencari makanan yang baik untuk jantung, Anda bisa mencoba mengonsumsi buncis secara rutin. Buncis diketahui baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Hal ini karena jantung merupakan sayuran yang diklaim mampu menurunkan kolesterol. Nah, salah satu penyebab utama serangan jantung adalah kolesterol tinggi.

Menjaga Kesehatan Tulang

Diketahui, buncis memiliki kandungan 14 mkg vitamin ka dan fosfor. Vitamin K mampu mengubah protein dalam tulang untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium.

Tak hanya itu, vitamin K dalam buncis diklaim mampu mengurangi ekskresi kalsium dalam urin. Tak heran, beberapa ahli mengaitkan vitamin K dengan rendahnya risiko patah tulang.

Baik untuk Kesehatan Janin

Ketika hamil, seorang ibu harus pandai memilih makanan yang tepat untuk kesehatannya dan calon anaknya. Salah satu jenis bahan makanan yang diklaim baik untuk kesehatan ibu dan janin adalah buncis.

Di sisi lain, buncis diklaim sangat baik untuk membantu pertumbuhan janin. Hal ini karena buncis diketahui kaya akan asam folat dan vitamin.

Meringankan Gejala Depresi

Ada banyak gejala depresi yang mungkin tidak disadari, termasuk mood yang mudah berubah dan mudah sedih. Selain itu, stres juga termasuk gejala depresi yang cukup meresahkan.

Nah, untuk meredakannya, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat seperti buncis. Asam folat diklaim mampu mencegah kelebihan homosisteine yang mampu memicu gejala depresi.

Bisa Dijadikan untuk Makanan Diet Sehat

Diet tidak hanya bertujuan untuk menurunkan berat badan, tetapi juga untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Sebenarnya, turunnya berat badan dalam menjalani diet adalah bonus.

Menurut beberapa ahli diet, buncis termasuk jenis sayur yang baik untuk mendukung berbagai program diet. Ini karena buncis mengandung serat yang cukup untuk tubuh.

Baca Juga: Harga Kentang per Kg di Berbagai Daerah serta Manfaat dan Kandungan Gizinya

Jumlah serat yang cukup diklaim mampu membantu proses metabolisme. Inilah yang bisa membuat berat badan Anda menjadi ideal dan sehat.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Seperti yang telah dijelaskan, buncis memiliki banyak kandungan gizi. Salah satu kandungan nutrisi yang baik untuk pencernaan adalah serat.

Kandungan serat pada buncis, diklaim mampu membantu kinerja usus dan lambung. Tak hanya itu, serat juga mampu mencegah sembelit dan sulit BAB.

Itulah beberapa manfaat makan buncis yang bisa Anda ketahui. Untuk menerima semua manfaatnya, Anda perlu mengonsumsi buncis dengan rutin.

Ada banyak jenis makanan yang bisa Anda buat dari buncis, mulai dari resep yang mudah, hingga yang rumit. Berikut ulasannya. Sebelumnya, mungkin Anda tertarik dengan harga bawang putih per kg.


Harga Buncis per Kg (Lokal) di Berbagai Daerah dan Manfaatnya untuk Kesehatan


Cara Mengolah Buncis

Sebelum mengetahui harga buncis per kilo, Anda harus mengerti cara mengolah buncis. Salah satu resep paling mudah mengolah buncis adalah menumisnya.

Untuk membuat buncis tumis, Anda perlu menyiapkan alat dan bahannya. Bahan utamanya adalah buncis yang sudah dicuci dan dipotong.

Siapkan juga bumbunya, seperti bawang merah dan bawang putih cincang. Supaya lebih lezat, Anda boleh menambahkan cabai potong dan saus tiram.

Nyalakan kompor dengan api kecil dan masukkan minyak atau mentega. Biarkan hingga panas dan masukkan bawang dan cabai.

Tumis semua bahan ini hingga harum, lalu masukkan saus tiram dan buncis. Aduk hingga saus tiram mendidih dan buncis agak layu.

Tambahkan merica, lada bubuk, gula, dan garam secukupnya. Icipi masakan Anda, apakah sudah enak atau belum.

Jika kurang asin, Anda bisa menambahkan garam. Namun, jika terlalu asin, Anda bisa menambahkan sedikit air.

Supaya lebih legit rasanya, tuang tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air. Aduk tumisan hingga sausnya mengental.

Ciri buncis tumis yang sudah matang adalah buncis yang sudah empuk. Anda bisa mengetahuinya dengan mencicipinya atau menusukkan garpu ke buncis.

Setelah matang, Anda bisa langsung menyajikannya dengan nasi hangat. Mudah sekali bukan?

Dengan cara mengolah buncis yang mudah, tak heran jika harga 1 kg buncis bisa naik sewaktu-waktu. Di beberapa waktu, bahkan harga buncis 1 kilo bisa mencapai belasan ribu rupiah.

Baca Juga: Harga Kacang Tanah 1 kg di Pasaran beserta Manfaat dan Kandungan Gizinya

Namun, di beberapa waktu, harga buncis sekilo bisa turun akibat permintaan pasar menurun, sementara persediaannya melimpah. Lalu, berapa harga kacang buncis per kg saat ini? Tentunya berbeda dengan harga cabe merah 1 kg.


Harga Buncis per Kg (Lokal) di Berbagai Daerah dan Manfaatnya untuk Kesehatan


Harga Buncis per Kg

Kabupaten/Kota

Harga Buncis per Kg

Kabupaten Bondowoso

Rp7.700

Kabupaten Lumajang

Rp8.500

Kabupaten Blitar

Rp9.500

Kabupaten Situbondo

Rp10.000

Kabupaten Kediri

Rp10.333

Kabupaten Probolinggo

Rp10.333

Kabupaten Tulungagung

Rp10.333

Kota Madiun

Rp10.333

Kabupaten Banyuwangi

Rp10.400

Kabupaten Madiun

Rp11.000

Kabupaten Pacitan

Rp11.000

Kabupaten Jember

Rp11.333

Kabupaten Magetan

Rp11.333

Kabupaten Sumenep

Rp11.500

Kabupaten Trenggalek

Rp11.500

Kota Malang

Rp11.800

Kabupaten Mojokerto

Rp12.000

Kabupaten Ngawi

Rp12.000

Kabupaten Pamekasan

Rp12.000

Kota Blitar

Rp12.000

Kabupaten Ponorogo

Rp12.250

Kabupaten Jombang

Rp12.333

Kabupaten Tuban

Rp12.333

Kabupaten Nganjuk

Rp12.833

Kabupaten Lamongan

Rp13.000

Kabupaten Sidoarjo

Rp13.000

Kabupaten Pasuruan

Rp14.000

Kota Batu

Rp14.000

Kota Kediri

Rp14.333

Kabupaten Bojonegoro

Rp14.500

Kota Pasuruan

Rp14.500

Kabupaten Gresik

Rp15.000

Kota Mojokerto

Rp15.500

Kota Surabaya

Rp16.400

Sebagai informasi, harga buncis per kg di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber berita. Tentunya, harga buncis per kg bisa berubah sewaktu-waktu. Itu sama seperti harga kedelai 1 kg.

Anda bisa mengetahui harga buncis per kg teraktual di pasar terdekat. Sama seperti ketika Anda ingin tahu harga kacang hijau 1 kg.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Buncis per Kg (Lokal) di Berbagai Daerah dan Manfaatnya untuk Kesehatan"