Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Tomat per Kg di Berbagai Daerah dan Jenis-Jenisnya yang Populer untuk Masakan

Harga Tomat per Kg di Berbagai Daerah dan Jenis-Jenisnya yang Populer untuk Masakan

Untuk membuat saus, pastinya Anda memerlukan tomat. Nah, harga tomat per kg sendiri bervariasi, tergantung daerah penghasil.

Sebagai gambaran, harga tomat hari ini cukup bersaing dengan nilai jual sayuran lainnya. Namun, untuk harga tomat 1 kg 2022 konon mengalami kenaikan dibandingkan harga tomat hari ini 2021.

Banyak hal yang memengaruhi nilai harga tomat dari petani maupun pasar. Yang paling utama adalah daerah penghasil.

Sebagai contoh, harga tomat hari ini di Jawa Tengah berbeda dengan harga tomat hari ini di Jawa Barat. Itu juga berlaku pada harga tomat 1 buah.

Baca Juga: Harga Kubis per Kg (Lokal) di Berbagai Daerah, Manfaat, dan Kandungan Gizinya

Dijual dalam beragam kemasan, Anda tidak harus membeli tomat sekilo. Beberapa orang memilih untuk menawar harga tomat 1/2 kg.

Sebelum mengetahui harga tomat 1 kg, Anda juga perlu mengetahui jenisnya. Berikut jenis-jenis tomat.

Jenis-Jenis Tomat

Tomat Sayur

Seperti namanya, ini adalah jenis tomat yang umum di pasaran. Biasanya, tomat sayur digunakan untuk memasak masakan bercita rasa asin dan asam.

Harga tomat sayur dibedakan dari warna dan ukurannya. Untuk harga tomat merah hari ini jenis sayur relatif lebih mahal.

Sementara itu, untuk harga tomat hijau 1 kg jenis sayur agak murah. Ini karena daya simpan tomat hijau lebih lama daripada tomat merah.

Tomat Apel

Berbeda dengan tomat sayur yang bentuknya kadang lonjong, tomat apel cenderung lebih bulat. Sekilas, bentuknya menyerupai buah apel. 

Rasanya yang cenderung manis, membuat tomat apel lebih sering dijadikan jus. Beberapa orang juga suka mengonsumsinya mentah, layaknya buah segar.

Tidak sulit menemukan tomat apel di pasaran, karena banyak yang jual tomat buah ini. Bahkan, Anda bisa menemukannya di tukang sayur pinggir jalan.

Tomat Hijau

Untuk keperluan memasak, khususnya yang bercita rasa asam manis, beberapa orang suka menambahkan tomat hijau. Berbeda dengan tomat sayur, tomat hijau ukurannya lebih mungil.

Teksturnya juga lebih keras dan mengandung sedikit air. Meskipun begitu, harga tomat hijau bukan termasuk kelompok tomat murah. Berbeda dengan harga kacang hijau per kg.

Tomat Ceri

Pastinya Anda sudah sangat familiar dengan tomat ceri. Ukurannya yang mungil dan bulat, membuatnya terlihat seperti ceri.

Untuk harga tomat cherry terbilang agak mahal daripada tomat sayur. Ada yang bilang, harga tomat ceri mahal karena budidaya yang sulit.

Harga tomato cherry di berbagai daerah juga beragam, tetapi akan lebih terjangkau jika dibeli di pasar tradisional. Tomat cherry harga jualnya juga tergantung musimnya.

Tomat Anggur

Sekilas, tomat anggur mirip dengan tomat ceri, hanya saja lebih lonjong. Rasanya juga agak asam, berbeda dengan tomat ceri yang cenderung manis.

Menurut beberapa konsumen, harga tomat anggur cukup bersaing dengan nilai jual tomat cherry. Ini karena dua jenis tomat tersebut termasuk varietas unggulan.

Namun, di beberapa supermarket, tomat ceri harga jualnya lebih mahal daripada tomat anggur. Memang, itu juga tergantung tempat pembeliannya.

Harga Tomat per Kg di Berbagai Daerah dan Jenis-Jenisnya yang Populer untuk Masakan

Tomat Roma

Jika Anda sedang mencari tomat yang pas untuk dijadikan selai atau saus, mungkin tomat roma jawabannya. Ini adalah tomat dengan cita rasa cenderung asam manis.

Kadar air tomat roma juga cenderung lebih banyak dibandingkan tomat ceri dan anggur. Ini membuat harga tomat buah tersebut agak mahal.

Baca Juga: Harga Ketela Pohon per Kg di Berbagai Daerah, Cara Menanam, dan Manfaatnya

Meskipun begitu, di beberapa daerah, ada yang menawarkan harga tomat buah 1 kg jenis ini murah. Biasanya, tomat roma dikemas dalam kotak khusus yang dilapisi koran untuk menjaga kesegarannya.

Tomat Bistik

Berbeda dengan jenis tomat lainnya, tomat bistik cenderung bulat dan berukuran besar. Warnanya juga merah merona dengan citarasa manis.

Hargatomat bistik juga agak mahal, karena budidaya yang terbilang gampang-gampang sulit. Tomat per kg untuk jenis ini bahkan bisa dijual belasan hingga puluhan ribu rupiah.

Namun, menurut beberapa orang, harga tomat sekarang jenis bistik mahal karena hasil panen kurang melimpah. Itu juga terkait cuaca yang sedang ekstrem.

Tomat Pusaka

Terbilang cukup unik, tomat pusaka memiliki warna beragam, mulai dari kuning, hijau, biru, hingga ungu. Rasa tomat ini cenderung manis dan cocok dijadikan campuran salad dressing.

Harga 1 kg tomat untuk jenis ini terbilang mahal, karena tomat pusaka jarang ditemukan. Ada yang menawar tomat 1 kg harga jualnya untuk jenis tomat pusaka puluhan ribu rupiah. Itu lebih mahal daripada harga kacang tanah sekilo.

Tomat Kumato

Juga termasuk jenis tomat yang jarang ditemui di pasar, tomat kumato berwarna cokelat kemerahan. Meskipun begitu, rasanya sangat manis dan cocok dikonsumsi begitu saja.

Harga tomat 1 kg hari ini untuk kumato bisa mencapai puluhan ribu rupiah. Terbilang lebih mahal dibandingkan harga tomat 1 kilo jenis sayur.

Tomat Servo F1

Untuk Anda yang ingin mencoba menanam tomat sendiri, pertimbangkan membeli benih tomat servo f1. Ini adalah salah satu jenis tomat hibrida yang diklaim cara menanam tomat tersebut mudah.

Tak hanya itu, menurut para petani, hasil panen tomat servo f1 cukup melimpah. Bibitnya juga bisa tumbuh cepat dan tidak mudah terserang hama.

Harga tomat sekilo jenis ini juga lebih mahal dibanding tomat biasa. Sehingga, Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih.

Tomat Gustavi

Sama seperti tomat servo f1, tomat gustavi termasuk varietas unggulan hibrida. Harga benih tomat gustavi juga relatif terjangkau.

Namun, harga tomat merah 1 kg untuk jenis gustavi cenderung mahal dibandingkan tomat biasa. Ini yang membuat beberapa petani suka menanamnya.

Dengan mengetahui jenis-jenis tomat, Anda bisa menentukan akan beli tomat jenis apa. Tak hanya itu, Anda juga bisa memperkirakan tomat harga jualnya.

Baca Juga: Harga Buncis per Kg (Lokal) di Berbagai Daerah dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Secara umum, harga tomat per kg di tiap daerah beragam. Berikut rincian harga tomat per kg varian lokal di berbagai daerah. Tentunya berbeda dengan harga kentang per kg.

Harga Tomat per Kg di Berbagai Daerah dan Jenis-Jenisnya yang Populer untuk Masakan

Harga Tomat per Kg

Kabupaten/Kota

Harga Tomat per Kg

Kabupaten Banyuwangi

Rp13.000

Kabupaten Blitar

Rp13.000

Kabupaten Pacitan

Rp13.000

Kabupaten Tulungagung

Rp13.666

Kota Probolinggo

Rp13.666

Kabupaten Lumajang

Rp14.000

Kabupaten Bondowoso

Rp14.250

Kabupaten Jember

Rp14.333

Kota Malang

Rp14.400

Kabupaten Situbondo

Rp14.666

Kabupaten Madiun

Rp14.750

Kabupaten Bojonegoro

Rp15.000

Kabupaten Kediri

Rp15.000

Kota Madiun

Rp15.000

Kabupaten Tuban

Rp15.333

Kota Pasuruan

Rp15.500

Kota Kediri

Rp16.000

Kabupaten Ngawi

Rp16.000

Kabupaten Ponorogo

Rp16.000

Kota Blitar

Rp16.000

Kabupaten Pasuruan

Rp16.166

Kota Batu

Rp16.375

Kabupaten Pamekasan

Rp16.500

Kabupaten Trenggalek

Rp16.500

Kabupaten Mojokerto

Rp17.000

Kabupaten Probolinggo

Rp17.000

Kabupaten Malang

Rp17.100

Kabupaten Nganjuk

Rp17.333

Kabupaten Bangkalan

Rp18.000

Kabupaten Gresik

Rp18.000

Kabupaten Magetan

Rp18.000

Kota Mojokerto

Rp18.000

Kabupaten Sumenep

Rp18.500

Kabupaten Jombang

Rp18.666

Kabupaten Lamongan

Rp18.750

Kabupaten Sampang

Rp19.000

Kabupaten Sidoarjo

Rp19.000

Kota Surabaya

Rp20.000

Sebagai informasi, harga tomat per kg di atas kami rangkum dari berbagai sumber berita. Tentunya, harga tomat per kg di tiap daerah bisa berubah sewaktu-waktu. Sama seperti harga jagung pipil per kg.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Tomat per Kg di Berbagai Daerah dan Jenis-Jenisnya yang Populer untuk Masakan"