Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Kangkung per Kg dan Ikat, Manfaat, Kandungan, serta Benih atau Bibitnya

Harga Kangkung per Kg dan Ikat, Manfaat, Kandungan, serta Benih atau Bibitnya

Bagi Anda yang sering berkutat di dapur, pastinya sangat familiar dengan kangkung. Harga kangkung per kg dan per ikat sendiri beragam, tergantung jenisnya.

Seperti sayur pada umumnya, harga kangkung per kg 2022 cenderung fluktuatif. Bisa dibilang, itu berbeda dengan harga kangkung per kg 2021.

Untuk harga kangkung hari ini ditentukan dari kemasannya. Umumnya, harga kangkung 1 ikat di pasar isi 150 gr lebih murah daripada per kg.

Tak hanya itu, harga kangkung di pasar tradisional biasanya lebih murah daripada di minimarket. Ini juga yang menyebabkan orang lebih suka berbelanja di pasar.

Baca Juga: Harga Serai per Kg dan Kemasan Lainnya, Jenis, Kandungan Nutrisi, serta Manfaat

Namun, ukuran kangkung di pasar lokal cukup beragam. Ini yang menjadi bahan perbincangan, 1 kg kangkung berapa ikat.

Faktor lain yang menjadi penentu harga kangkung 1 kg adalah varietasnya. Berikut jenis-jenis kangkung.

Jenis-Jenis Kangkung di Pasaran

Kangkung Darat

Memiliki nama ilmiah Ipomoea reptans L. Poir, dan merupakan jenis kangkung yang kerap dibudidayakan. Sayuran ini memiliki daun panjang dan berujung runcing.

Selain itu, ciri khasnya adalah bagian bawah daun yang berwarna hijau keputih-putihan. Kangkung ini juga memiliki bunga berwarna putih dan memanjang.

Untuk varietas kangkung darat yang kerap dipasarkan di Tanah Air adalah sutera dan bangkok. Sayur jenin ini lebih mudah ditanam di tanah yang lembap.

Masa panen kangkung darat hanya sekali dan dalam waktu yang cepat. Meskipun begitu, harga benih kangkung darat terbilang relatif terjangkau. Sama seperti harga ketela pohon per kg.

Kangkung Air

Salah satu jenis kangkung yang mudah ditemukan liar adalah kangkung air, terutama di daerah pinggir sungai. Dengan nama ilmiah Ipomoea aquatica Forsk, kangkung air juga berdaun panjang.

Berbeda dengan jenis darat, bagian ujung daun kangkung air cenderung tumpul dan lebar. Selain itu, daunnya berwarna hijau tua dengan ukuran lebih besar.

Seperti namanya, memang kangkung air akan lebih mudah beradaptasi di tanah yang tergenang. Untuk varietas yang cukup terkenal, yakni sukabumi dan biru.

Tingkat produktivitas kangkung air lebih tinggi dibandingkan kangkung darat. Selain itu, kangkung air dapat dipanen berkali-kali.

Kangkung Organik

Dari cara menanamnya, ada kangkung organik. Ini adalah kangkung darat atau air yang ditanam tanpa pupuk kimia.

Supaya kangkung menjadi subur, para petani biasanya akan menambahkan pupuk kompos atau kandang. Selain itu, kangkung organik tidak diberi pestisida dan zat kimia lainnya.

Proses penanaman yang lebih alami, membuat kangkung organik dinilai lebih sehat. Ini juga yang membuat harga kangkung organik agak mahal dibanding kangkung biasa. Sama seperti harga kubis per kg.

Kangkung Hidroponik

Sama seperti kangkung organik, kangkung hidroponik adalah jenis kangkung dilihat dari cara menanamnya. Namun, kebanyakan petani lebih suka menanam kangkung hidroponik dari jenis air.

Kangkung air yang mudah beradaptasi dengan tanah yang tergenang air, membuat bibit kangkung tidak busuk akar. Apalagi, untuk cara hidroponik, membutuhkan berbagai macam cairan.

Meskipun begitu, harga kangkung hidroponik 1 kg tidaklah murah. Ini karena biaya pembuatan media hidroponik cenderung tidak mudah dan mahal.

Setelah mengetahui jenis-jenis kangkung, Anda bisa memilih yang sesuai kebutuhan. Itu juga bisa membuat Anda jadi lebih paham mengapa harga kangkung per kg beragam.

Baca Juga: Harga Bunga Telang per Kg (Segar, Kering, Bubuk), Manfaat, dan Kandungan Nutrisinya

Di sisi lain, kangkung termasuk jenis sayur hijau yang baik untuk kesehatan. Ini karena kandungan nutrisinya seperti berikut.


Harga Kangkung per Kg dan Ikat, Manfaat, Kandungan, serta Benih atau Bibitnya


Kandungan Kangkung per 100 Gr

  • 29 kkal Kalori.
  • 3 Gr Protein.
  • 0,3 gr Lemak.
  • 5,4 gr Karbohidrat.
  • 1 gr Serat.
  • 73 mg Kalsium.
  • 50 mg Fosfor.
  • 2,5 mg Zat Besi.
  • 6.300 SI Vitamin A.
  • 0,07 mg Vitamin B1.
  • 32 mg Vitamin C.
  • 25 mg Klorofil.
  • 89,7 gr Air.

Kandungan gizi pada kangkung membuat sayur ini terbilang cukup laris di pasaran. Apalagi, kangkung diklaim memiliki banyak manfaat seperti berikut.

Manfaat Makan Kangkung

Baik untuk Kesehatan Mata

Bagi Anda yang memiliki gangguan penglihatan, Anda bisa mengonsumsi kangkung. Ini karena kangkung mengandung vitamin A yang cukup untuk kebutuhan harian.

Dilansir dari hellosehat, vitamin A pada kangkung mampu melindungi kornea mata. Selain itu juga mampu menurunkan risiko infeksi mata akibat virus.

Vitamin A pada kangkung juga dikenal mampu mencegah kekeringan pada mata. Sehingga, mata menjadi lebih jernih dan sehat.

Antiinflamasi

Kangkung termasuk jenis sayur hijau yang diklaim memiliki sifat atiinflamasi atau antiradang. Umumnya, peradangan ditandai dengan gejala seperti nyeri dan pembengkakan.

Baca Juga: Harga Bunga Rosela per Kg (Kering, Segar, Bubuk, Benih, dll), Kandungan, Manfaat, dan Cara Mengeringkannya

Khusus untuk kangku, beberapa ahli mengatakan bahwa sayur ini juga ampuh untuk mencegah radang akibat infeksi bakteri. Selain itu, kangkung diklaim bisa mencegah MRSA, bintitan, dan keracunan.

Dalam beberapa kasus, kangkung bisa dijadikan bahan makanan sehat untuk mengobati radang tenggorokan. Untuk itu, Anda bisa memasaknya menjadi makanan berkuah.

Menjaga Kesehatan Hati

Sebagai sayur hijau yang sehat, kangkung diklaim mampu menjaga kesehatan hati atau liver. Ini karena kangkung bisa memicu enzim detoksifikasi hati.

Bisa dibilang mengonsumsi kangkung bisa membantu kinerja hati. Anda bisa mengonsumsinya secara rutin dan dijadikan sebagai beragam hidangan lezat.

Mengatasi Anemia

Bagi Anda yang sering pusing dan lesu, mungkin itu gejala anemia. Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi kangkung.

Hal ini karena kangkung mengandung zat besi dan fosfor yang diklaim mampu meningkatkan produksi sel merah. Anda juga bisa mengonsumsinya untuk mencegah gejala anemia.

Tidak sulit menemukan kangkung di pasaran, termasuk di pasar dan situs jual beli online. Lalu, berapa harga kangkung per kg? Tentunya berbeda dengan harga tomat per kg.


Harga Kangkung per Kg dan Ikat, Manfaat, Kandungan, serta Benih atau Bibitnya


Harga Kangkung per Kg

Varian Kangkung

Harga Kangkung per Kg

Kangkung Darat Segar 

Rp10.000

Kangkung Lombok 

Rp11.000

Kangkung Conventional 

Rp14.100

Kangkung UK 

Rp15.000

Kangkung Hidroponik 

Rp15.000

Kangkung Air Segar 

Rp15.000

Kangkung Lokal 

Rp16.900

Kangkung Organik 

Rp20.000

Kangkung Kering Pakan Kelinci 

Rp46.000

Harga Kangkung per Ikat

Varian Kangkung

Harga Kangkung

Kangkung Darat per ikat 100 gr 

Rp1.670

Kangkung Lokal Segar seikat 100 gr 

Rp2.000

Kangkung Air Segar seikat 200 gr 

Rp3.000

Kangkung Conventional per ikat 250 gr 

Rp3.700

Kangkung Lokal Segar per ikat 500 gr 

Rp7.700

Kangkung Darat Fresh per ikat 250 gr 

Rp8.500

Kangkung Hidroponik 1 ikat 250 gr 

Rp10.500

Kangkung Organik 1 ikat 200 gr 

Rp12.900

Harga Kangkung per Kg (Benih)

Merek Benih Kangkung

Harga Kangkung per Kg (Benih)

Benih Kangkung Subur Jaya Tani Cap Gedung 

Rp23.000

Benih Kangkung Ampar 

Rp23.000

Benih Kangkung Cap Pak Haji 

Rp24.567

Benih Kangkung Daun Sempit Bambu 

Rp33.333

Benih Kangkung Vario Benih 

Rp34.265

Benih Kangkung Pertiwi Bika

Rp37.000

Benih Kangkung Bisi 

Rp40.000

Benih Kangkung Rajawali 

Rp46.500

Benih Kangkung Mahar LP

Rp49.500

Benih Kangkung Bangkok LP-1 

Rp55.000

Benih Kangkung Bangkok LP1 Cap Panah Merah

Rp65.000

Benih Kangkung Serimpi Cap Panah Merah 

Rp70.000

Sebagai informasi, harga kangkung per kg dan kemasan lainnya di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber. Tentunya, nilai jual kangkung 1 kg bisa berubah sewaktu-waktu. Sama seperti harga wortel per kg.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Kangkung per Kg dan Ikat, Manfaat, Kandungan, serta Benih atau Bibitnya"