Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Labu Siam per Kg (Baby, Jumbo, Lokal, Acar, Iris, Siap Masak) Segar dan Bibit

Harga Labu Siam per Kg (Baby, Jumbo, Lokal, Acar, Iris, Siap Masak) Segar dan Bibit

Salah satu sayur yang mudah ditemukan di pasaran adalah labu siam. Enak dimasak dengan santan, harga labu siam per kg relatif terjangkau.

Ada banyak hal yang mempengaruhi harga labu siam per kg 2022, seperti pendistribusiannya. Untuk harga labu siam dari petani, tentunya lebih terjangkau.

Itu jika dibandingkan dengan harga labu siam di pasar. Ini karena, labu siam yang sudah diperjualbelikan di pasar sudah berada di pihak kedua.

Nilai penawaran labu siam bisa berubah jika sudah sampai di distributor. Tak hanya itu, nilai jual labu siam akan berbeda di tiap pasar.

Baca Juga: Harga Kangkung per Kg dan Ikat, Manfaat, Kandungan, serta Benih atau Bibitnya

Sebagai contoh, harga labu siam di Pasar Induk akan berbeda dengan di Pasar Menteng. Ini karena nilai keuntungan yang diambil di tiap pasar beragam. 

Selain itu, harga labu siam 1 kg dipengaruhi dari ukurannya dan variannya. Ini juga yang menjadi perdebatan, kira-kira 1 kg labu siam isi berapa? Tergantung ukurannya.

Tak hanya itu, terkait ukuran, beberapa orang bingung dengan 1 buah labu siam berapa gram. Untuk ini, Anda memang perlu menimbangnya.

Di sisi lain, ada yang menjual labu siam dengan ukuran besar lebih mahal daripada yang ukuran standar. Di sisi lain, harga labu siam baby bisa lebih tinggi daripada varian jumbo.

Ini karena, labu siam baby terbilang cukup sulit dan harga bibitnya agak mahal. Tak hanya itu, untuk jenis ini, beberapa pertani harus ekspor labu siam.

Tidak banyak yang jual bibit labu siam jenis baby di Tanah Air. Biasanya, itu dijual dalam bentuk biji atau benih.

Sebelum Anda mengetahui harga labu siam per kg, mungkin beberapa dari Anda masih kurang familiar dengan sayur ini. Berikut karakteristiknya.

Karakteristik Labu Siam

Memiliki nama ilmiah Sechium edule, labu siam kerap disebut waluh jipang. Tanaman ini dikenal memiliki tingkat produktivitas tinggi dan berumur panjang.

Dari segi fisik, labu siam memiliki ciri khas berukuran mungil jika dibandingkan jenis labu lainnya. Warnanya hijau muda hingga hijau gelap dengan tanaman yang menjalar.

Menurut para ahli, tanaman labu siam bersifat merambat dan berbentuk pilin. Secara umum, bentuk labu siam seperti bila lampu dan beralur mulai 5-10 buah.

Termasuk jenis labu-labuan, daging buah labu siam mengandung banyak air dan cenderung lunak. Meskipun begitu, teksturnya cenderung lebih renyah dibanding labu lainnya.

Pada buah labu siam yang masih mentah, terdapat bulu halus dan duri tajam yang jarang. Namun, jika sudah matang, maka bulu dan durinya akan rontok dan memiliki kulit yang mengilap.

Sementara itu, daun labu siam memiliki tulang daun menjari dan berbulu. Aroma daunnya mirip dengan teh dan daun mudanya bisa dijadikan sayur.

Dengan karakteristiknya, tak heran banyak petani yang membudidayakannya. Tak hanya itu, sudah banyak orang yang jual bibit labu siam unggul.

Namun, sebelum mengulik harga labu siam hari ini secara rinci, pastikan Anda mengetahui kadar gizinya. Berikut kandungan labu siam.


Harga Labu Siam per Kg (Baby, Jumbo, Lokal, Acar, Iris, Siap Masak) Segar dan Bibit


Kandungan Labu Siam per 100 Gr

  • 17 kkal Kalori.
  • 0,13 gr Lemak.
  • 0,82 gr Protein.
  • 3,9 gr Karbohidrat.
  • 1,7 gr Serat.
  • 1,85 gr Gula.
  • 2 mg Sodium.
  • 125 mg Kalium.

Dengan kandungan nutrisi yang cukup lengkap, tak membuat harga 1 kg labu siam mahal. Selain itu, ada banyak manfaat dari sayur ini. Sebelumnya, cek juga harga kubis per kg.

Manfaat Makan Labu Siam

Memenuhi Gizi Ibu Hamil

Dilansir dari hellosehat, labu siam baik untuk melengkapi gizi ibu hamil. Ini karena labu siam juga diperkaya folat atau vitamin B9.

Selama kehamilan, folat adalah salah satu nutrisi terpenting yang harus dikonsumsi wanita hamil. Ini karena folat membantu pembentukan sel dan DNA janin.

Selain itu, sumber folat yang baik seperti labu siam, konon bisa mencegah cacat lahir dan kelahiran prematur. Anda bisa mengonsumsinya secara rutin ketika mengandung.

Mengontrol Kadar Kolesterol

Bagi Anda yang memiliki gangguan kolesterol, bisa mencoba rutin makan labu siam. Konon, labu siam mampu membantu mengontrol kadar kolesterol.

Supaya lebih mudah dalam konsumsi harian, Anda bisa membeli labu siam dalam jumlah banyak sebagai persediaan. Apalagi harga labu siam per kilo relatif terjangkau.

Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Salah satu manfaat utama labu siam adalah menurunkan tekanan darah. Sehingga, tekanan darah yang tadinya tinggi bisa lebih terkontrol.

Baca Juga: Harga Serai per Kg dan Kemasan Lainnya, Jenis, Kandungan Nutrisi, serta Manfaat

Tak hanya itu, salah satu senyawa dalam labu siam dapat memperlebar pembuluh darah. Ini juga yang membuat labu siam mampu mencegah darah tinggi.

Anda bisa mencoba mengonsumsi labu siam kecil atau baby. Namun, diketahui harga labu siam kecil ini agak mahal dibandingkan labu siam biasa.

Menjaga Kesehatan Hati

Telah terbukti dalam beberapa penelitian, labu siam sangat baik untuk kesehatan hati. Salah satunya, dibuktikan penelitian yang terbit dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry (2015).

Dalam jurnal ilmiah tersebut, dikatakan labu siam mampu mencegah beberapa penyakit hati. Tak hanya itu, labu siam berpotensi sebagai obat untuk penyakit hepatitis, sirosis, dan kanker.

Untuk mendapatkan labu siam berkualitas unggulan yang akan dijadikan obat atau asupan dalam upaya mencegah dan mengobati penyakit, Anda bisa membelinya. Selain itu, Anda bisa menanamnya.

Tak sulit menanam labu siam, karena sayur ini mempunyai tingkat produktivitas dan daya hidup tinggi. Apalagi, harga benih labu siam lokal relatif terjangkau.

Bahkan, untuk bibit yang siap tanam juga tidak mahal. Sudah banyak yang jual bibit labu siam terdekat.

Anda hanya perlu menyiapkan media tanam dan menanam bibitnya. Setelah itu, rawat tanaman hingga berbunga dan berbuah.

Tanaman labu siam bisa dipanen dalam waktu 3-5 bulan setelah masa tanam. Anda bisa memanennya lebih dari sekali.

Setelah dipanen, labu siam bisa langsung dikonsumsi dengan diolah menjadi sayur godog labu siam. Beberapa orang juga ada yang membuat resep sayur labu siam santan untuk ketupat.

Apalagi membuat bumbu sayur ketupat labu siam tidaklah sulit. Sudah banyak yang menjual bumbu untuk resep labu siam santan instan.

Nah, bagi Anda yang tidak ada waktu untuk menanamnya, Anda bisa membelinya di pasar. Lalu, berapa harga labu siam per kg? Tentunya berbeda dengan harga tomat per kg.


Harga Labu Siam per Kg (Baby, Jumbo, Lokal, Acar, Iris, Siap Masak) Segar dan Bibit


Harga Labu Siam per Kg

Jenis Labu Siam

Harga Labu Siam per Kg

Labu Siam Lokal 

Rp5.000

Labu Siam Jumbo 

Rp8.400

Labu Siam Bulk 

Rp8.400

Labu Siam Baby 

Rp12.000

Labu Siam Iris Siap Masak 

Rp12.000

Labu Siam Acar 

Rp13.000

Harga Bibit Labu Siam

Jenis Bibit Labu Siam

Harga Bibit Labu Siam

Bibit Labu Siam per polybag 

Rp4.500

Bibit Labu Siam Siap Tanam per buah 

Rp7.000

Bibit Labu Siam Berbuah Lebat per Polybag 

Rp10.000

Bibit Labu Siam Jumbo per pot 

Rp15.000

Bibit Labu Siam Hijau Super 1 buah

Rp15.000

Bibit Labu Siam per kg 

Rp15.500

Bibit Labu Siam Panah Merah 30 butir

Rp18.000

Bibit Labu Siam Anggur 

Rp39.000

Sebagai informasi, harga labu siam per kg di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber. Tentunya, harga labu siam per kg bisa berubah sewaktu-waktu. Sama seperti harga wortel per kg.

Baca Juga: Harga Bunga Rosela per Kg (Kering, Segar, Bubuk, Benih, dll), Kandungan, Manfaat, dan Cara Mengeringkannya

Selain itu, harga labu siam per kg bisa berbeda di tiap daerah. Untuk itu, pastikan Anda mengecek harga labu siam per kg di pasar terdekat. Sama seperti mengecek harga bunga telang.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Labu Siam per Kg (Baby, Jumbo, Lokal, Acar, Iris, Siap Masak) Segar dan Bibit"