Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Bunga Rosela per Kg (Kering, Segar, Bubuk, Benih, dll), Kandungan, Manfaat, dan Cara Mengeringkannya

Harga Bunga Rosela per Kg (Kering, Segar, Bubuk, Benih, dll), Kandungan, Manfaat, dan Cara Mengeringkannya

Bagi Anda yang suka minum teh, pastinya sudah tidak asing dengan rosella. Diklaim memiliki banyak manfaat, harga bunga rosela per kg, baik segar maupun kering sendiri terbilang agak mahal.

Sebagai salah satu tanaman obat keluarga, rosella diperjualbelikan dalam bentuk segar dan kering. Tentunya, harga bunga rosella kering per kg dan harga bunga rosella segar beragam.

Khusus yang kering, tak hanya dijual pengepul bunga rosella. Ada yang menjualnya di apotek dalam bentuk teh.

Harga teh rosella di apotik sendiri agak mahal dibandingkan teh biasa. Ini karena manfaat bunga rosella kering yang diklaim baik untuk kesehatan.

Memang, bunga rosella manfaat sudah cukup terkenal. Apalagi, sudah banyak yang jual rosella.

Baca Juga: Harga Bunga Telang per Kg (Segar, Kering, Bubuk), Manfaat, dan Kandungan Nutrisinya

Di pasaran lokal sendiri, orang jual bunga rosella dalam beberapa varian. Berikut jenis-jenis bunga rosela.

Jenis-Jenis Bunga Rosela

Juga dikenal sebagai tanaman hias, rosela diketahui berasal dari Florida, Amerika Serikat. Sebagai tanaman yang cukup populer, rosela biasanya ditanam di pinggir pagar saat musim panas.

Sebenarnya, ada lebih dari 100 varietas rosella yang bisa dibudidayakan. Namun, yang paling populer adalah sabdariffa dan altissima webster.

Dengan nama ilmiah lengkap Hibiscus Sabdariffa L., ini adalah jenis rosella yang biasa dijadikan teh. Bunganya diambil, lalu dikeringkan dan diseduh dengan air hangat.

Terdapat dua varian warna untuk jenis sabdariffa, yakni merah dan ungu. Namun, ada juga yang berwarna kuning pucat.

Sementara itu, varietas altissima webster merupakan jenis rosela hias. Bunganya tidak bisa dikonsumsi dan hanya dipakai untuk dekorasi taman.

Tidak menutup kemungkinan juga, ada yang jual bunga rosella segar untuk jenis ini. Nah, bagi Anda yang masih awam, berikut karakteristik rosela.

Karakteristik Bunga Rosela

Membicarakan rosela yang bisa dikonsumsi, varian sabdariffa saat ini banyak dibudidayakan. Sudah banyak yang jual bunga rosella kering untuk jenis ini.

Memiliki banyak nama, rosela juga disebut asam kumbang, asam susur, asam payadan roselle. Mrupakan anggota famili Malvaceae, bunga rosela merupakan herba tahunan.

Tanaman bunga rosella bisa tumbuh dengan ketinggian 0,5 - 3 m. Batangnya cenderung berkayu, tegak, dan ramping.

Bagian ujung batang tanaman rosella berwarna merah kehijauan. Sementara itu, daunnya tunggal, bulat telur, dan menjari.

Pada ketiak daun tanaman rosela dewasa, terdapat kuncup bunga rosela. Bunga tersebut termasuk bunga tunggal dengan 8 - 11 kelopak berbulu.

Panjang kelopak bunga rosella sekitar 1 cm dengan pangkal berwarna merah. Sekilas, bunga rosella berbentuk seperti corong dan agak tebak.

Sementara itu, biji buah rosela berbentuk kerucut dan terbagi menjadi lima ruang berwarna merah. Terdapat lapisan seperti rambut halus di bagian atasnya.

Sebagai herbal, rosella kerap dijadikan sebagai bahan untuk membuat minuman kesehatan, salah satunya teh. Sudah banyak yang jual teh bunga rosella, apalagi yang menawar harga bunga rosela per kg.

Anda bahkan bisa beli teh rosella di minimarket terdekat. Teh rosella harga jualnya bisa mahal, karena zat yang terkandung dalam bahan bakunya. Sebelumnya, mungkin Anda tertarik dengan harga jagung pipil kering.

Harga Bunga Rosela per Kg (Kering, Segar, Bubuk, Benih, dll), Kandungan, Manfaat, dan Cara Mengeringkannya

Kandungan Bunga Rosela per 100 gr

  • 85 gr Air.
  • 3,3 gr Protein.
  • 0,3 gr Lemak.
  • 9 gr Karbohidrat.
  • 1,6 gr Serat.
  • 213 mg Kalsium.
  • 4,8 mg Fe.
  • 4,1 mg Betacaroten.
  • 0,17 gr Vitamin B1.
  • 0,45 mg Vitamin B2.
  • 54 mg Vitamin C.
  • 1,2 mg Niacin.
  • 180 kj Kalori.

Dengan kandungan yang melimpah, tak heran harga bunga rosela per kg tidak murah. Ini juga yang membuat orang lebih suka menawar harga bunga rosella segar.

Baca Juga: Harga Wortel per Kg di Berbagai Daerah, Kandungannya, dan Manfaatnya

Menyimpan banyak kandungan nutrisi, tentunya nilai jual rosella kering bisa sepadan dengan khasiatnya. Berikut manfaat bunga rosela.

Manfaat Bunga Rosela

Bagus untuk Diet

Bagi Anda yang sedang diet sehat maupun diet menurunkan berat badan, coba pertimbangkan rosela. Bunga rosella diklaim baik untuk membantu melancarkan diet.

Tak ayal jika saat ini banyak minuman diet berbahan rosela. Meskipun begitu, harga teh rosella untuk diet tidaklah murah. Berbeda dengan harga buncis per kg.

Supaya lebih nikmat, Anda bisa mencampurkan teh bunga roselle dengan madu atau irisan jahe. Anda juga bisa menambahkan sedikit potongan sereh.

Mengatasi Gejala Flu

Dilansir dari Kompas, bunga rosella memiliki sifat antiradang yang bisa mengatasi gejala flu. Tak hanya itu, kandungan vitamin C dan antioksidan tinggi mampu meningkatkan daya imun.

Dengan ini, bunga rosella juga bisa mempercepat proses penyembuhan flu. Anda bisa menyeduhnya dengan air hangat dan meminumnya.

Selain itu, beberapa orang percaya, bunga rosela bisa meredakan sakit tenggorokan. Ditambah dengan jahe, air seduhan bunga rosela dipercaya bisa melegakan pernapasan.

Menurunkan Risiko Kanker

Seperti yang kita ketahui, kandungan antioksidan pada bunga rosella terbilang tinggi. Ini yang diklaim ampuh untuk menangkal radikal bebas.

Semakin pekat warna rosela, konon semakin tinggi kandungan antioksidannya. Sementara itu, radikal bebas merupakan salah satu faktor pemicu kanker.

Menangkal dan meredam radikal bebas bisa menurunkan risiko kanker. Anda bisa mengonsumsi air seduhan rosela secara rutin.

Mengontrol Tekanan Darah

Beberapa penelitian menyebutkan, bunga rosela memiliki sifat antihipertensi dan kardipropektif. Ini dipercaya sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki riwayat hipertensi.

Selain itu, flora ini mampu mengurangi risiko kardiovaskular. Anda bisa mengonsumsinya secara rutin.

Supaya lebih mudah, Anda bisa membuatnya menjadi teh supaya bisa dicerna dengan mudah. Apalagi, sudah banyak yang jual teh rosella instan.

Nah, supaya lebih awet disimpan, biasanya rosella akan dikeringkan. Berikut langkah mengeringkan rosela.

Cara Mengeringkan Bunga Rosella

  • Pilih bunga rosela segar yang berkualitas, tidak cacat dan tidak busuk.
  • Cuci bunga rosela hingga bersih menggunakan air mengalir.
  • Untuk menghilangkan debunya, Anda bisa merendamnya terlebih dahulu dalam air baking soda.
  • Tiriskan bunga rosella dan angin-anginkan hingga kering.
  • Letakkan bunga rosella di atas tampah atau baki.
  • Jemur bunga rosella dalam ruang tertutup dengan sinar pencahayaan tidak langsung.
  • Biasanya, proses penjemuran membutuhkan waktu 3-5 hari.

Bunga rosella yang kering bisa langsung dipakai atau disimpan. Sebagai tips, simpan bunga rosella dalam wadah kedap udara.

Namun, jika Anda tidak memiliki waktu untuk membuat bunga rosela kering, Anda bisa membelinya. Lalu, berapa harga bunga rosela kering per kg? Tentunya berbeda dengan harga ketela pohon per kg.

Harga Bunga Rosela per Kg (Kering, Segar, Bubuk, Benih, dll), Kandungan, Manfaat, dan Cara Mengeringkannya

Harga Bunga Rosela per Kg

Varian Rosela

Harga Bunga Rosela per Kg

Benih Bunga Rosella 

Rp56.000

Bunga Rosela Ungu Kering 

Rp60.000

Bunga Rosella Merah Kering 

Rp88.400

Bunga Rosella Ungu Bubuk 

Rp122.000

Bunga Rosela Merah Bubuk 

Rp168.000

Bunga Rosella Segar 

Rp173.000

Bunga Rosella Bubuk Ungu Cairo 

Rp284.000

Sebagai informasi, harga bunga rosela per kg kami rangkum dari berbagai sumber. Tentunya, harga bunga rosela per kg bisa berubah sewaktu-waktu.

Baca Juga: Harga Tomat per Kg di Berbagai Daerah dan Jenis-Jenisnya yang Populer untuk Masakan

Harga Bunga Rosela Kemasan Lain

Varian Rosela

Harga

Bunga Rosella Benih 10 gr 

Rp5.200

Bunga Rosella Merah Kering 100 gr 

Rp14.000

Bunga Rosella Ungu Kering 250 gr 

Rp34.000

Bunga Rosella Kering 500 gr 

Rp65.000

Sama seperti harga bunga rosela per kg, nilai jual bunga rosela berbagai kemasan di atas bisa berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga bunga rosela per kg dan kemasan lainnya bisa berbeda di tiap daerah. Sama seperti harga kubis per kg.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Bunga Rosela per Kg (Kering, Segar, Bubuk, Benih, dll), Kandungan, Manfaat, dan Cara Mengeringkannya"