Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Bunga Telang per Kg (Segar, Kering, Bubuk), Manfaat, dan Kandungan Nutrisinya

Harga Bunga Telang per Kg (Segar, Kering, Bubuk), Manfaat, dan Kandungan Nutrisinya

Ada banyak jenis edible flower yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan, salah satunya telang. Harga bunga telang per kg cukup beragam, baik kering maupun segar.

Juga dikenal dengan nama butterfly pea, bunga telang termasuk herbal aman untuk dikonsumsi. Selain itu, kembang telang mempunyai banyak keunikan.

Terkenal dengan warna biru terangnya, harga bunga telang saat ini tidaklah murah. Padahal, bunga ini mudah ditemukan.

Bahkan, Anda bisa menemukannya di lahan kosong dan ladang. Itu juga yang membuat harga bunga telang 1 kg dulunya murah.

Baca Juga: Harga Wortel per Kg di Berbagai Daerah, Kandungannya, dan Manfaatnya

Berhubung banyak orang yang menyukainya dan jumlah pembeli bunga telang meningkat, harganyapun melejit. Bahkan tak sedikit orang yang menaikkan harga bunga telang segar per gram.

Untuk harga bunga telang per gram di Indonesia cukup bervariasi, tergantung dari jenisnya. Namun, lebih murah dibandingkan harga bunga telang di luar negeri.

Di pasaran lokal sendiri, butterfly pea dipasarkan segar, kering, dan bubuk. Harga bunga telang kering tentunya tergantung dari kemasannya.

Selain dijual segar dan kering, ada juga yang menjual bibitnya. Harga bibit bunga telang sendiri relatif terjangkau, tergantung ukurannya.

Sementara sudah banyak orang jual bunga telang, mungkin Anda masih awam dengan herbal satu ini. Berikut adalah karakteristik butterfly pea. Namun, mungkin Anda tertarik dengan harga kentang per kg.

Karakteristik Bunga Telang

Diyakini, butterfly pea berasal dari Amerika Selatan dan menyebar ke Asia Tenggara pada abad 19. Kemudian bunga ini tersebar hingga ke Indonesia dan populer hingga kini.

Sebagai tanaman perdu, bunga telang atau teleng sudah tersebar dari Sabang hingga Merauke. Tumbuhan ini juga memiliki daya hidup tinggi dan bisa tumbuh hingga 5 meter.

Batangnya sendiri cenderung berkayu, meskipun tidak besar. Terdapat serat seperti rambut-rambut halus yang menyelimuti pangkal batangnya.

Daun tanaman teleng sifatnya majemuk menyirip, seperti daun tanaman kacang-kacangan. Selain itu, daunnya cenderung berwarna hijau muda.

Memiliki nama ilmiah Clitoria ternatea, bunga telang memiliki ciri khas berwarna biru terang pada kelopaknya. Bagian tengahnya, terdapat warna semburat putih hingga biru muda.

Dijuluki butterfly pea, karena bentuk kelopak bunga telang yang sekilas mirip sayap kupu-kupu. Bunganya yang tunggal terlihat mirip kupu-kupu yang keluar dari ketiak daun.

Sebenarnya, bunga telang tidak hanya berwarna biru. Ada juga bunga telang putih dengan semburat kuning di tengahnya.

Baik bunga telang biru maupun putih, memiliki kacang mirip polong. Hanya saja, itu cenderung lebih kecil dan keras.

Bagian kulit polongnya juga berwarna hijau terang. Kulitnya akan pecah dan memperlihatkan bijinya ketika kering.

Sebelum mengetahui nilai jual bunga telang, Anda juga perlu mengetahui kandungannya. Ini sangat penting, karena kandungan nutrisi kembang telang juga menentukan harga bunga telang per gram.

Harga Bunga Telang per Kg (Segar, Kering, Bubuk), Manfaat, dan Kandungan Nutrisinya

Kandungan Nutrisi Bunga Telang per 100 Gr

  • 2,50% Lemak.
  • 0,32% Protein.
  • 2,23% Karbohidrat.
  • 2,10% Serat Kasar.
  • 3,10% Kalsium.
  • 2,23% Magnesium.
  • 1,25% Potassium.
  • 92,4% Air.

Daripada bunga telang putih, beberapa orang lebih memilih beli bunga telang biru. Ini karena dinilai lebih menarik.

Meskipun begitu, kandungan nutrisi bunga telang putih dan biru sama. Namun, khusus bunga telang biru, warnanya lebih pigmented.

Dengan warnanya yang bisa bercampur dengan air, tak heran banyak yang menjadikannya teh. Tak ayal jika yang jual teh telang juga banyak.

Baca Juga: Harga Tomat per Kg di Berbagai Daerah dan Jenis-Jenisnya yang Populer untuk Masakan

Diklaim aman untuk dikonsumsi, hampir tidak ada kasus mengenai bahaya bunga telang. Justru, butterfly pea dinilai memiliki banyak manfaat.

Manfaat Bunga Telang

Sebagai Pewarna Makanan

Seperti yang telah dijelaskan, pigmen bunga telang mampu bercampur dengan air. Ini yang membuat warna air berubah menjadi biru keunguan.

Untuk mempercantik warnanya, beberapa orang ada yang menambahkan air perasan jeruk lemon. Ini akan membuat warna air menjadi bergradasi mulai dari biru keunguan menjadi biru muda.

Dengan kemampuan bunga telang yang mampu mengubah warna air, beberapa orang mengaplikasikannya pada makanan. Anda bisa menciptakan berbagai hidangan berwarna biru.

Kelebihannya ini juga yang membuat harga bunga telang segar per kg tidak murah. Selain itu, pewarna alami ini terbilang aman untuk kesehatan.

Menurunkan Gula Darah

Dilansir dari kompas, butterfly pea diklaim mampu menurunkan gula darah. Ini karena kandungan antioksidan tinggi yang bisa mencegah resistensi insulin.

Klaim manfaat yang baik untuk penderita diabet ini membuat banyak pengepul bunga telang meraup banyak untung. Meskipun, harga telang tidak murah.

Anda bisa menjadikan bunga telang sebagai teh supaya mudah dicerna. Supaya lebih optimal, Anda bisa menambahkan sedikit jahe atau sereh.

Mencegah Kanker

Dipercaya, bunga teleng memiliki banyak kandungan antioksidan. Sehingga, tak ayal beberapa orang percaya, bunga ini bisa mencegah kanker.

Tak hanya itu, antioksidan pada butterfly pea mampu menurunkan risiko kanker. Ini yang membuat harga bunga telang segar tidak murah.

Selain dijadikan teh, Anda bisa menjadikannya salad. Untuk itu, Anda boleh mencampurkannya dengan berbagai makanan sehat lainnya.

Masih banyak manfaat dari bunga telang, seperti meringankan gejala batuk pada bronkitis, meredakan diare, dan mengatasi migrain. Tak ayak jika banyak yang jual kembang telang.

Sebelum mengetahui harga bunga telang per kg atau nilai jual bunga telang kering, mungkin Anda penasaran dengan cara membuat teh telang. Berikut rinciannya.

Harga Bunga Telang per Kg (Segar, Kering, Bubuk), Manfaat, dan Kandungan Nutrisinya

Cara Membuat Teh Bunga Telang

Bahan Membuat Teh Bunga Telang

  • Bunga Telang Segar 10 gr.
  • Air 250 ml.
  • Madu 3 sendok teh.

Langkah Membuat Teh Bunga Telang

  • Masukkan madu dan bunga telang ke dalam gelas saji.
  • Rebus air hingga mendidih dan biarkan selama 3 menit atau hingga suhunya agak turun.
  • Tuang air hangat ke dalam gelas saji dan aduk.
  • Biarkan teh selama lima menit atau hingga air berubah warna.
  • Teh bunga telang siap disajikan.

Selain menggunakan bunga telang segar, Anda bisa menggantinya dengan yang kering atau bubuk. Sudah banyak yang beli bunga telang kering.

Apalagi, baik kering maupun segar, bunga telang harga jualnya tidak jauh berbeda. Meskipun begitu, lebih mudah menemukan orang yang jual bunga telang segar.

Anda bisa memilih sesuai kebutuhan. Lalu, berapa harga bunga telang per kg? Tentunya berbeda dengan harga buncis per kg.

Harga Bunga Telang per Kg

Jenis Bunga Telang

Harga Bunga Telang per Kg

Bunga Telang Segar 1 kg 

Rp165.000

Kembang Telang Kering Premium 1 kg 

Rp185.000

Bunga Telang Kering Premium untuk Teh 1 kg 

Rp210.000

Bening Bunga Telang 1 kg 

Rp350.000

Bubuk Bunga Telang 1 kg 

Rp360.000

Sebagai informasi, harga bunga telang per kg di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Tentunya, harga bunga telang per kg bisa berubah sewaktu-waktu.

Baca Juga: Harga Kubis per Kg (Lokal) di Berbagai Daerah, Manfaat, dan Kandungan Gizinya

Harga Bunga Telang Kemasan Lain

Jenis Bunga Telang

Harga Bunga Telang

Bunga Telang Kering 10 gr 

Rp7.500

Bunga Telang Benih 10 gr 

Rp9.000

Bunga Telang Bibit 25 cm per batang 

Rp10.000

Bunga Telang Segar 10 gr 

Rp15.000

Bunga Telang Benih 100 gr 

Rp16.150

Bunga Telang Bubuk 50 gr 

Rp29.800

Bunga Telang Kering 100 gr 

Rp35.000

Bunga Telang Bubuk 200 gr 

Rp55.000

Sama seperti harga bunga telang per kg, harga butterfly pea di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Tak hanya itu, nilai jual bunga telang tersebut juga bisa berubah sewaktu-waktu. Sama seperti harga jagung pipil per kg.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Bunga Telang per Kg (Segar, Kering, Bubuk), Manfaat, dan Kandungan Nutrisinya"