Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Anjing Corgi Kesayangan Ratu Elizabeth II (Puppy dan Dewasa)

Update Harga Anjing Corgi Kesayangan Ratu Elizabeth II (Puppy dan Dewasa)

Menjadi anabul kesayangan Ratu Elizabeth II, harga anjing Corgi tidak murah. Umumnya Corgi ditawarkan dalam bentuk puppy atau anakan dan dewasa.

Diketahui pula, harga anjing Corgi 2021 naik dari harga anjing Corgi 2020. Nilai jual tersebut juga naik di tahun 2022.

Juga kerap muncul di acara TV dan show, anjing Corgi sudah dipelihara sang penguasa Inggris sejak kecil. Hingga kini, diperkirakan ada sekitar 30 ekor Corgi yang dirawat Ratu Elizabeth II.

Baca Juga: Harga Ikan Channa Auranti Semua Ukuran (Dewasa & Anakan)

Saking populernya anabul tersebut, banyak juga orang yang ingin memeliharanya. Tidak hanya datang dari kalangan bangsawan dan selebritis, tetapi juga orang awam.

Sebelum mengulas tentang harga anjing Corgi, pastikan Anda mengetahui sejarahnya. Berikut adalah asal usul spesies tersebut.

Asal Anjing Corgi

Fakta menarik dari anjing Corgi adalah berasal dari Pembrokeshire, Wales, Britania Raya. Namanya diambil dari bahasa Welsh kuno.

Dari dua kata, yakni 'Cor' dan 'Gi.' Cor berarti pendek atau kerdil dan 'Gi' definisinya anjing. Sehingga, Corgi berarti anjing berkaki pendek.

Keunikan lain dari asal usul anjing Corgi adalah muncul dari sarang peri. Di Inggris, peri juga disebut dengan elf, yakni makhluk bertelinga runcing.

Berdasarkan legenda setempat, ada dua anak sedang menggembalakan ternak di ladang. Saat itu, mereka menemukan beberapa ekor anak anjing.

Bentuk anak anjing yang tak biasa membuat dua anak tersebut mengiranya sebagai rubah. Namun, ketika sampai di rumah, orang tuanya berkata bahwa itu anjing.

Keluarga kecil tersebut berasumsi bahwa anjing itu adalah hadiah yang diberikan para peri. Kemudian, mereka merawatnya hingga anjing beranak pinak.

Anjing Corgi di Indonesia

Bukan termasuk anjing lokal, harga anjing corgi di Indonesia lebih mahal daripada di luar negeri. Umumnya, mamalia mungil ini dipasarkan di kota metropolitan seperti Jakarta dan Surabaya.

Namun, Ada juga yang menawarkannya di Bali, Medan, dan Bandung. Tentu nilai jual anabul ini tidak sama di setiap daerah.

Harga anjing Corgi Surabaya misalnya, bisa lebih murah atau mahal dibanding harga anjing Corgi di Bali. Namun, supaya jual anjing Corgi murah, beberapa breeder menjual anjing corgi mix.

Umumnya, anjing Corgi akan dikawinkan dengan ras anjing bertubuh mungil lainnya. Dengan trah yang tidak murni inilah biaya adopsinya bisa lebih miring.

Nah, sebelum membahas nilai jual anjing Corgi, Anda juga perlu mengetahui jenisnya. Ada dua jenis anabul ini yang beredar di pasaran seperti berikut.

Jenis Anjing Corgi

Cardigan Welsh Corgi

Merupakan jenis anjing Corgi yang paling tua, anjing ini termasuk populer di berbagai negara. Pertama kali ditemukan di tahun 1.200 SM dan dibawa ke Cardiganshire Wales oleh seorang pahlawan suku Celtik.

Awalnya, anjing ini dikelompokkan dalam keluarga anjing Tekel. Kemudian juga dimasukkan dalam kelompok anjing Dachshund.

Diketahui, harga Cardigan Welsh Corgi tidak lebih murah daripada jenis anjing Corgi lainnya. Apalagi, jenis anjing ini harus diimpor dari negara asalnya. Belum banyak breeder Tanah Air yang mengembangbiakkannya.

Pembroke Welsh Corgi

Berdasarkan kepercayaan orang Britania Raya, Pembroke Welsh Corgi pertama kali sampai di Inggris dibawa etnis Flemish. Suku itu berasal dari Jerman dan berimigrasi ke Inggris pada abad ke-12.

Ada juga yang percaya, spesies ini adalah keturunan Vallhund. Ini adalah anjing penggembala Swedia yang dibawa bangsa Viking ke Wales.

Berdasarkan mitosnya, bangsa Viking pergi ke Wales pada abad 9 dan 10. Kemudian Vallhund dikawinkan dengan ras anjing berkaki pendek dan menghasilkan anakan Pembroke Welsh Corgi.

Terbilang lebih umum dan banyak ditemukan di pasaran, harga anjing Pembroke Welsh Corgi mampu mencapai belasan juta rupiah. Itu adalah harga anak anjing Corgi yang belum divaksin.

Meskipun memiliki asal usul yang berbeda, dua jenis Corgi pertama kali dipamerkan di tahun 1925. Dua spesies ini dikenalkan sebagai ras yang sama.

Lalu, pada 1934, Kennel Club menyebutkan, Pembroke dan Cardigan Corgi adala dua ras yang berbeda. Selanjutnya, Pembroke Welsh Corgi dikenalkan ke Amerika pada 1936.

Baca Juga: Harga Kucing 3 Warna Jantan dan Betina (Persia, Domestik, Munchkin)

Setelah dibawa ke Amerika, anjing Corgi menjadi semakin populer. Selain itu, pamornya makin melejit di daerah asalnya. Bagi Anda yang penasaran dengan bentuk dua jenis anjing Corgi tersebut, berikut ulasannya. 


Update Harga Anjing Corgi Kesayangan Ratu Elizabeth II (Puppy dan Dewasa)


Ciri-Ciri Anjing Corgi

Cardigan Welsh Corgi

  • Tingggi badan bisa mencapai 10,5-12,5 inci atau sekitar 27 cm-32 cm.
  • Memiliki bobot maksimal 13,7 kg hingga 17 kg untuk Corgi dewasa.
  • Tubuh cenderung memanjang dan ramping.
  • Bertelinga besar dan membulat di bagian ujungnya, serta tidak terlalu tegak.
  • Bulu didominasi dengan warna hitam, putih, kecokelatan, dan berpola garis putih.
  • Ekornya panjang dengan bulu yang tebal dan lembut.

Pembroke Welsh Corgi

  • Tinggi badan sekitar 10-12 inci atau sekitar 25,5-30,5 cm.
  • Berat badan hanya mempu mencapai 12,7-13,7 kg untuk Corgi dewasa.
  • Badannya cenderung pendek dan agak gembul di bagian perut.
  • Bertelinga runcing, kecil, dan tegak menghadap atas.
  • Bulunya didominasi dengan warna merah, kehitaman, kecokelatan, hitam, dan ada semburat putih.
  • Cenderung berekor pendek atau tidak memiliki ekor.

Dari ciri fisik di atas, tentunya Anda sudah mengetahui perbedaan Cardigan Welsh dan Pembroke Welsh Corgi. Sementara itu, untuk persamaannya adalah kakinya yang pendek dan berbulu ganda.

Mengetahui morfologi anjing yang tak biasa, beberapa orang kebingungan dengan cara merawatnya. Memelihara anjing Corgi tidak bisa sembarangan karena ini termasuk ras langka di Indonesia.

Tak hanya itu, harga anjing Corgi yang mahal akan sangat disayangkan jika Anda menyia-nyiakannya. Lalu, bagaimana cara memelihara anjing Corgi, berikut rinciannya.

Cara Memelihara Anjing Corgi

  • Kandang harus dibersihkan setiap hari minimal dua kali sehari bersamaan dengan mengganti air minumnya.
  • Anjing tidak bisa dikekang dan harus dibiarkan berjalan di dalam rumah.
  • Berikan diet sehat dan rendah lemak karena Corgi mudah gembul dan berisiko obesitas.
  • Jangan pernah memberikan makanan manusia kepada Corgi karena bisa menjadi racun.
  • Corgi harus diawasi dengan serius karena suka memasukkan benda-benda ke dalam mulutnya.
  • Sikat gigi anjing ini setiap minggu karena Corgi rentan terhadap sakit gigi.
  • Telinga harus dibersihkan setiap minggu untuk menjaga kesehatannya.
  • Tidak disarankan untuk meletakkan Corgi di tempat tinggi karena anjing tidak bisa melompat.
  • Ajak Corgi jalan-jalan secara rutin supaya tidak stres dan bosan.

Selain itu, Anda harus rutin membawa Corgi ke dokter hewan untuk vaksin, pemberian vitamin, dan cek kesehatan. Inilah yang membuat biaya perawatan anjing Corgi tidak murah. Sementara itu, berikut adalah sifat spesies tersebut.

Sifat Anjing Corgi

  • Cerdas.
  • Bandel.
  • Keras kepala.
  • Gesit.
  • Aktif.
  • Penyayang.
  • Cerewet.
  • Loyal.
  • Setia.
  • Mudah beradaptasi.

Sifat Corgi yang menggemaskan tidak pernah membuat ownernya merasa bosan. Menurut review wanita yang pernah memeliharanya, memelihara Corgi seperti memiliki anak perempuan kecil.

Sementara memiliki sifat dan fisik yang menggemaskan, beberapa pencinta anabul tidak mempermasalahkan biaya adopsinya. Lalu, berapa harga anjing Corgi saat ini? Berikut rinciannya.


Update Harga Anjing Corgi Kesayangan Ratu Elizabeth II (Puppy dan Dewasa)


Harga Anjing Corgi

  • Puppy Corgi Jantan atau Betina: Rp7.250.000 - Rp12.500.000 per ekor.
  • Anjing Corgi Dewasa (Indukan) Betina atau Jantan: Rp16.000.000 - Rp22.000.000 per ekor.

Sebagai informasi, harga anjing Corgi di atas kami rangkum dari forum jual beli anjing. Tentunya, harga anjing tersebut bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga anjing Corgi tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, puppy crgi jantan atau betina yang dibanderol Rp7 juta hingga Rp12 juta per ekor tahun 2021, naik menjadi Rp7,2 jutaan - Rp12,5 jutaan per ekor.

Baca Juga: Harga Anjing Pudel (Tiny, Toy, Teacup) Dewasa & Anakan

Bagi Anda yang ingin mengetahui harga anjing Corgi teraktua, bisa mengunjungi forum jual beli anjing. Selain itu, Anda bisa langsung menjelajahi situs e-commerce khusus yang menawarkan anjing impor.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Anjing Corgi Kesayangan Ratu Elizabeth II (Puppy dan Dewasa)"