Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Anjing Papillon Anakan dan Dewasa (Jepang & Perancis)

48 Harga Anjing Papillon Anakan dan Dewasa (Jepang & Perancis) https://www.pochinpochini.com/2021/12/harga-anjing-papillon-toy-dog.html

Termasuk toy dog atau anjing mainan, sifat anjing papillon terbilang sangat menggemaskan. Meskipun harga anjing papillon tidak murah, tetapi tidak menjadi masalah bagi pencinta anabul.

Selain bisa bersaing dengan harga anjing Chihuahua, nilai jual Papillon juga kerap disandingkan dengan harga anjing Saint bernard. Karena anakan dan indukan Papillon bisa ditawar di atas Rp10 juta per ekor.

Jenis anjing papillon memang jarang di Indonesia. Kebanyakan breeder lebih suka menawarkan jual anjing collie atau jual english bulldog.

Baca Juga: Harga Anjing Tibetan Mastiff Anakan & Dewasa di Indonesia

Beberapa orang juga ada yang lebih suka mengiklankan jual anakan rough collie daripada papillon. Karena mengembangbiakkan anabul tersebut terbilang gampang-gampang sulit.

Namun, Anda bisa mendapatkan Papillon dengan mudah secara impor. Lebih banyak breeder di luar negeri yang menawarkan Papillon daripada breeder lokal.

Nah, sebelum membahas harga anjing Papillon, sebaiknya Anda mengetahui asal usulnya. Ini berkaitan dengan alasan tidak banyak orang yang memeliharanya di Indonesia.

Asal Anjing Papillon

Anjing Papillon Peliharaan Bangsawan

Termasuk ras anjing berukuran kecil, Papillon berasal dari Jepang. Lalu, pada abad ke-16 berimigrasi ke Jepang.

Di awal tahun 70-an, Papillon naik daun di Jepang dan menjadi trend ikon fashion. Ini karena bentuk fisiknya yang unik dan tak biasa.

Umumnya, dulu Papillon adalah peliharaan para bangsawan. Ini juga populer berkat dipelihara Marie Antoinette dan Madame Pompadour.

Tak hanya sebagai hewan peliharaan, si mungil ini dijadikan sebagai hewan hiasan atau dekoratif. Fungsinya, tentu saja untuk menarik perhatian sosial dan menaikkan popularitas.

Anjing Papillon Termasuk Ras Kuno

Berasal dari Perancis, nama spesies ini diambil dari bahasa Negara Les Bleus. Diketahui, Les Bleus adalah julukan Perancis.

Istilah Papillon dalam bahasa Perancis berarti kupu-kupu. Nama ini diberikan pada anjing karena bentuk telinga yang menyerupai kupu-kupu.

Namun, untuk jenis Papillon yang memiliki telinga terkulai lebih dikenal sebagai Phalene. Ini adalah istilah yang berarti ngengat dalam bahasa Perancis.

Termasuk ras kuno, anjing Papillon sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Sudah menjadi toy dog selama ratusan tahun, anabul ini terlihat pada sebuah lukisan berusia 1400-an tahun lalu.

Anjing Papillon Indonesia

Seperti yang telah dijelaskan, anjing kupu-kupu ini sudah umum di Jepang. Sayangnya, hanya sedikit yang mengembangbiakkanya di Indonesia.

Karena itu, umumnya anjing Papillon hanya bisa ditemukan di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Ini pula yang membuat harga anjing Papillon bisa bersanding dengan harga anjing Belgian malinois.

Sering kali iklan adopsi Papillon juga disandingkan dengan jual beli anjing great dane. Karena, spesies anjing-anjing tersebut tergolong anjing hias.

Termasuk ras anjing termahal di Indonesia, kisaran harga anjing Papillon tidak murah. Namun, sebelumnya Anda juga perlu mengetahui ciri fisiknya.

Ciri-Ciri Anjing Papillon

Wajah Anjing Papillon

Jika diperhatikan dengan baik, Pallion memiliki wajah yang sangat imut. Kepala anjing ini berbentuk segitiga dengan rahang yang menonjol.

Meskipun sebenarnya tirus, karena bulunya yang panjang, Pallion terlihat gembul. 

Moncong anjing kupu-kupu ini sangat pendek dengan hidung yang mungil. Giginya juga tidak menonjol, sehingga terlihat ramah.

Untuk ukuran ras mungil, Pallion memiliki mata yang cukup besar. Bentuknya seperti biji almond, hanya saja sudutnya lebih tajam.

Telinga Anjing Papillon

Yang membuat pamor Papillo meroket adalah bentuk telinganya. Anjing ini bertelinga besar dan ditutupi dengan bulu yang berjumbai.

Sekilas, Anda akan melihat telinganya seperti surai. Nah, surai ini menutupi pipi hingga dagunya.

Jika Anda memperhatikannya dengan detail, bentuk telinga Papillon dan surainya mirip dengan sayap kupu-kupu.

Seolah, kepala anjing ini memiliki sayap yang lebar. Tak heran jika orang ingin mengadopsinya.

Bentuk sayap kupu pada telinga Papillon akan muncul dan berkembang saat anjing mulai menginjak usia 3 bulan. Ini juga yang membuat harga anjing puppy Papillon usia satu bulan lebih murah dibandingkan dewasa.

Tubuh Anjing Papillon

Juga disebut sebagai toys limited edition, Papillon bertubuh kurus dan mungil. Namun, tak jarang ditemui anjing yang gembul.

Tak bisa tumbuh besar, butterfly dog ini hanya bisa tumbuh sekitar 20 cm hingga 28 cm. Sementara itu, beratnya hanya mampu mencapai 4 kg hingga 5 kg.

Jika diperhatikan, ukuran tubuhnya mirip dengan kucing dewasa. Beberapa orang juga ada yang menyebutnya sebagai squirrel dog.

Bulu Anjing Papillon

Hal ikonik lainnya dari Papillon adalah bulunya yang panjang dan berjumbai seperti rambut. Untuk teksturnya sendiri lembut dan mudah disisir.

Perlu diketahui, bulu butterfly dog ini tampak berkilau jika terkena cahaya dan mirip dengan rambut. Supaya lebih menarik, beberapa owner akan menyematkan pita atau jepit rambut di bulunya.

Meskipun begitu, bulu anjing ini mudah rontok dan memerlukan perawatan ekstra. Ini juga yang membuat biaya adopsi dan perawatan Papillon mahal.

Baca Juga: Harga Ikan Channa Auranti Semua Ukuran (Dewasa & Anakan)

Sementara itu, berdasarkan warna bulunya, Papillon terbagi menjadi dua jenis, yakni asal Jepang dan Prancis.


48 Harga Anjing Papillon Anakan dan Dewasa (Jepang & Perancis) https://www.pochinpochini.com/2021/12/harga-anjing-papillon-toy-dog.html


Jenis Anjing Papillon

Papillon Jepang

Papillon Jepang berbulu cokelat dan ada sedikit kombinasi putih di bagian telinga. Bulu berwarna putih ini juga muncul di leher, dada, dan ujung kaki.

Namun, ada juga Papillon Jepang yang berbulu putih di bagian pantat dan ekornya. Tentunya, ini sangat menggemaskan bukan?

Bulu ekor pada spesies ini dikatakan lebih panjang dibandingkan bulu tubuhnya. Ini membuat bentuk ekornya seperti air mancur.

Papillon Prancis

Tak seperti Papillon Jepang, spesies dari Prancis mempunyai warna bulu putih lebih dominan. Untuk warna campurannya, yakni hitam dan cokelat.

Selain ditemukan butterfly dog dua warna, ada juga yang berbulu campuran tiga warna. Umumnya, semakin banyak warna pada bulu anjing, maka nilai jualnya semakin tinggi.

Anjing Papillon Prancis dengan tiga warna campuran sangat jarang dan terbilang langka. Sebagian besar squirrel dog asal Prancis berbulu putih dan hitam atau putih dan coklat.

Bukan ras anjing murah tahun ini, Papillon juga membutuhkan perawatan yang tidak mudah. Nah, sebelum mengetahui harga anjing Papillon, berikut adalah cara memelihara anjing tersebut.

Cara Memelihara Anjing Papillon

  • Siapkan tempat khusus untuk anjing tidur.
  • Papillon sebenarnya tidak memerlukan kandang, namun Anda bisa menempatkannya di kandang berukuran besar.
  • Selalu jaga kebersihan kandang anjing dan ganti air minumnya setiap hari.
  • Pakan harus diberikan secara rutin sebanyak dua kali sehari.
  • Ajak anjing bermain setidaknya 15 menit setiap hari.
  • Biarkan anjing berlarian di dalam rumah.
  • Berikan snack anjing untuk mengatasi kebosanannya.
  • Mandikan anjing setidaknya 2-4 minggu sekali.
  • Potong kuku dan bersihkan telinga anjing sebelum memandikannya.
  • Vaksin dan vitamin harus diberikan sesuai kebutuhan anjing.
  • Selalu ajak Papillon ke dokter hewan setiap 6 bulan sekali untuk cek kesehatan.

Memang memelihara Papillon membutuhkan banyak perjuangan. Namun, ini supaya anjing bisa bertahan hidup lebih lama.

Umumnya, Papillon bisa hidup selama 13 tahun. Namun ada juga yang berusia hingga 28 tahun dan ini tergantung bagaimana Anda merawatnya. Lalu, berapa harga anjing Papillon? Berikut rinciannya.


48 Harga Anjing Papillon Anakan dan Dewasa (Jepang & Perancis) https://www.pochinpochini.com/2021/12/harga-anjing-papillon-toy-dog.html


Harga Anjing Papillon

  • Papillon Anakan (Puppy): Rp20.000.000-Rp35.000.000 per ekor.
  • Anjing Papilon Dewasa (Adult) Jantan atau Betina: Rp45.000.000-Rp78.000.000 per ekor.

Sebagai informasi, harga anjing papillon di atas hanya kisarannya saja. Namun, bisa dijadikan sebagai referensi untuk Anda yang tertarik mengadopsinya.

Untuk harga anjing papillon di atas telah kami rangkum dari forum jual beli anjing. Tentunya, nilai jual butterfly dog tersebut bisa berbeda di tiap tempat.

Baca Juga: Harga Kucing 3 Warna Jantan dan Betina (Persia, Domestik, Munchkin)

Selain itu, harga anjing papillon bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk mengetahui harga anjing papillon teraktual, Anda bisa mengunjungi situs e-commerce khusus hewan impor. Namun, jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga anjing papillon tahun 2022 ini relatif stabil.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Anjing Papillon Anakan dan Dewasa (Jepang & Perancis)"