Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Kerang Bambu per Kg dan 500 Gr (Segar, Hidup, Frozen, & Matang)

Harga Kerang Bambu per Kg dan 500 Gr (Segar, Hidup, Frozen, & Matang)

Ada banyak jenis kerang yang populer di pasaran dan salah satunya kerang bambu. Memiliki rasa yang lezat, harga kerang bambu per kg beragam, baik fresh atau segar, frozen, dan matang.

Salah satu yang mempengaruhi perbedaan kerang bambu adalah kondisinya. Biasanya, kerang bambu hidup agak mahal karena kondisinya yang sangat fresh.

Meskipun begitu, nilai jual kerang bambu di Indonesia lebih mahal daripada harga kerang dara. Ini karena dua jenis kerang tersebut sama-sama populer.

Baca Juga: Harga Jual Teh Rosela Merah dan Ungu di Pasaran serta Njon Mart Online

Beberapa pedagang juga mengatakan, nilai jual kerang bambu cukup bersaing dengan harga kerang simping. Namun, agak mahal kerang bambu sedikit.

Sebagai jenis seafood lokal, banyak juga yang menanyakan kerang bambu bahasa Inggris. Dilansir dari Wikipedia, kerang ini juga disebut bamboo shells.

Nah, sebagai jenis seafood yang memiliki karakteristik unik, mungkin Anda sedikit bingung. Kerang bambu dimasak apa? Sebenarnya kerang jenis ini bisa dimasak apa saja.

Karakteristik Kerang Bambu

Meskipun sekarang banyak restoran yang menawarkan kerang bambu, sebenarnya ini termasuk jenis kerang yang sulit di dapat. Tidak semua pantai atau area perairan menjadi habitat kerang bambu.

Dilansir dari TaniHub, kerang bambu umumnya hidup di daerah yang dangkal dan berlumpur. Itu seperti di kawasan muara dan teluk.

Seperti namanya, kerang bambu bentuknya mirip dengan batang pohon bambu. Hanya saja, ukurannya lebih kecil dan tekstur cangkangnya sangat keras.

Secara tampilan, kerang bambu mempunyai dua cangkang persegi panjang. Namun, ada juga yang bercangkang melengkung.

Warna cangkang kerang bambu cukup beragam, mulai dari hijau, hijau kekuningan, hingga cokelat. Sekilas, memang mirip dengan warna bambu yang beragam.

Keunikan bentuk cangkangnya, membuat kerang bambu harga jualnya tidak semurah kerang lainnya. Tak hanya itu, beberapa lapak jual kerang bambu terdekat biasanya tidak memiliki banyak stok.

Tak hanya unik dan lezat, kandungan gizi kerang bambu juga melimpah. Berikut rinciannya.

Kandungan Kerang Bambu per 100 Gr

  • 88 kkal Kalori.
  • 63 mg Kolesterol.
  • 0,6 gr Karbohidrat.
  • 17,9 gr Protein.
  • 46 mg Vitamin A.

Selain itu, kerang bambu dipercaya mengandung vitamin B12 dan vitamin C. Ada juga kandungan sodium, kalsium, zat besi, kalsium, dan magnesium.

Baca Juga: Harga Bunga Telang Kering, Segar, Bubuk di Pasaran dan Njon Mart Online

Dengan kandungannya, tentunya kerang bambu memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Berikut rinciannya.


Harga Kerang Bambu per Kg dan 500 Gr (Segar, Hidup, Frozen, & Matang)


Manfaat Makan Kerang Bambu

Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam kerang bambu termasuk salah satu nutrisi sangat penting bagi mata. Ini yang membuat kerang bambu diklaim baik menjaga kesehatan mata.

Tak hanya itu, vitamin A dalam kerang bambu diklaim mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga, Anda tidak mudah tertular penyakit.

Menjaga Kesehatan Saraf

Dikutip dari IDN Times, kerang bambu kaya vitamin B12. Ini yang membuat kerang bambu diketahui baik untuk menjaga kesehatan sistem saraf.

Tak hanya itu, kandungan vitamin B12 dalam kerang bambu diprediksi mampu meningkatkan jumlah sel darah merah. Ini tentu cukup baik bagi Anda yang sering terserang anemia.

Menurunkan Risiko Kanker

Tak hanya kaya vitamin A, kerang bambu diketahui kaya vitamin C dan E. Semua vitamin ini bersifat antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas.

Radikal bebas merupakan salah satu penyebab umum dari kerusakan sel yang memicu kanker. Mengonsumsi kerang bambu juga diklaim mampu menurunkan risiko kanker.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Termasuk jenis pangan laut, kerang bambu juga mengandung asam lemak omega-3. Ini yang membuat kerang bambu dipercaya baik untuk kesehatan jantung.

Selain itu, omega-3 merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk mendukung perkembangan otak. Anda bisa mengonsumsi kerang bambu secara cukup.

Hingga saat ini, memang belum ada penelitian lebih lanjut mengenai bahaya kerang bambu. Namun, sebaiknya Anda mengonsumsi kerang bambu sesuai kebutuhan.

Cara Mengolah Kerang Bambu

Sebagai bahan pangan laut, kerang bambu termasuk jenis yang mudah dimasak. Anda tidak perlu memilih resep yang sulit.

Bahkan, kerang bambu yang direbus atau dikukus tanpa bumbu sudah lezat. Apalagi dengan teksturnya yang kenyal, lembut, dan rasa yang gurih manis.

Namun, beberapa orang lebih suka memasaknya menjadi kerang kuah pedas. Jika kurang menarik, Anda bisa memasaknya menjadi kerang bakar dan kerang saus padang.

Sebelum dimasak, pastikan kerang bambu sudah dicuci bersih. Sikat bagian cangkangnya supaya lebih higienis.

Tak hanya itu, jika Anda membeli kerang segar atau hidup, rendamlah di air selama 30 menit. Ini akan menetralisir racun atau yang ada di dalam kerang.

Baca Juga: Harga Teh Herbal di Alfamart, Indomaret, dan Njon Mart Online

Tentunya, sebelum membuat masakan di atas, Anda membutuhkan kerang bambu. Lalu, berapa harga kerang bambu saat ini?


Harga Kerang Bambu per Kg dan 500 Gr (Segar, Hidup, Frozen, & Matang)


Harga Kerang Bambu

Varian Kerang Bambu

Harga Kerang Bambu

Kerang Bambu Frozen 500 gr 

Rp26.000

Kerang Bambu Segar Fresh 500 gr 

Rp35.000

Kerang Bambu Hidup 500 gr

Rp40.000

Kerang Bambu Frozen 1 kg 

Rp45.000

Kerang Bambu Matang 500 gr

Rp50.000

Kerang Bambu Segar 1 kg 

Rp48.000

Kerang Bambu Segar Hidup 1 kg 

Rp60.000

Kerang Bambu Rebus Matang 1 kg 

Rp72.500

Sebagai informasi, harga kerang bambu tersebut kami rangkum dari berbagai macam sumber. Tentunya, harga kerang bambu bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap tempat. Sama seperti harga kerang hijau.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Kerang Bambu per Kg dan 500 Gr (Segar, Hidup, Frozen, & Matang)"