Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Cumi per Kg Semua Varian (Basah, Segar, Frozen, Kering, & Asin)

Harga Cumi per Kg Semua Varian (Basah, Segar, Frozen, Kering, & Asin)

Bagi Anda pencinta seafood, pastinya sangat familiar dengan cumi. Nah, harga cumi per kg cukup beragam, baik basah atau segar, frozen, dan kering asin.

Penentu Harga Cumi per Kg

Menurut beberapa sumber, harga cumi cumi bisa ditentukan dari ukurannya. Semakin besar, maka semakin mahal nilai jualnya.

Karena ukuran cumi beragam, tak heran beberapa orang bingung dengan cumi 1 kg isi berapa. Tentunya ini tergantung dari ukurannya.

Tak hanya itu, harga cumi per kg 2022 ditentukan dari kondisinya. Diketahui, harga cumi basah per kg lebih mahal daripada yang frozen.

Itu juga berlaku untuk harga cumi seperempat dan harga cumi 500gr. Namun, pastinya akan lebih murah harga cumi setengah kg daripada harga cumi cumi 1 kg.

Cumi cumi harga jualnya juga ditentukan daerah penghasil. Sebagai contoh, harga cumi 1 kg Sidoarjo berbeda dengan harga cumi cumi di Medan.

Nah, beda lagi jika Anda beli cumi di Superindo, Carrefour, Alfamart, dan Indomaret. Selain ada cumi segar, ada juga cumi kering asin.

Baca Juga: Harga Gurita per Kg di Pasaran (Fresh dan Frozen) Berbagai Ukuran

Untuk harga pasaran cumi asin juga bisa dibilang lebih murah daripada cumi segar. Apalagi jika Anda beli di lapak jual cumi asin terdekat.

Jenis cumi-cumi juga mempengaruhi harga jualnya. Umumnya, cumi-cumi di pasaran terbagi menjadi dua jenis, yakni cumi batu dan air laut dalam atau biasa disebut cumi tube.

Biasa disebut sotong, harga cumi sotong 1 kg dikenal lebih murah daripada cumi tube. Beberapa pedagang ada yang menawarkan harga sotong per kg di bawah Rp100 ribu.

Selain dua jenis cumi tersebut, masih ada banyak jenis cumi yang diperjualbelikan. Berikut ulasannya.

Jenis-Jenis Cumi

Cumi Batu

Bagi Anda yang ingin makan cumi berdaging tebal, bisa memilih cumi batu. Ini merupakan jenis cumi dengan bentuk tubuh bulat.

Di bagian atas kepalanya terdapat tentakel yang tak terlalu panjang. Ukuran tulangnya juga lebih besar dibandingkan cumi biasa.

Cumi Atlantik

Seperti namanya, ini adalah jenis cumi yang ditemukan di Samudera Atlantik. Umumnya dikonsumsi masyarakat Eropa, tetapi tidak boleh diperjualbelikan secara massive.

Baca Juga: Harga Telur Ayam Kampung Per Kg Hari Ini di Berbagai Daerah

Ini karena pemerhati lingkungan menyarankan untuk menangkap cumi atlantik sesekali. Selain itu, cumi atlantik ditangkap bukan sebagai tangkapan utama.

Cumi Terbang Jepang

Paling banyak dijumpai di bagian barat Laut Pasifik, cumi terbang jepang menjadi tangkapan utama para nelayan. Lebih dikenal sebagai todarodes pacificus, cumi ini kerap dihidangkan di masakan Jepang.

Ciri fisiknya, cumi terbang jepang memiliki tentakel panjang dengan sirip ekor tipis. Tak hanya itu, cumi ini bisa loncat dari air saat berenang, sehingga terlihat seperti terbang.

Cumi Bangka

Memiliki nama ilmiah Pho Loligo chinensis, cumi bangka berasal dari laut Bangka Belitung. Ini adalah jenis cumi yang kerap dijumpai di pasaran.

Ciri khasnya adalah tubuh yang bercorak merah keunguan dengan sirip yang lebar. Selain dimasak dengan kuah pedas, banyak yang menjadikannya kerupuk.

Cumi Sirip Besar

Biasa dikenal sebagai big fin reef squid, cumi sirip lebar agak jarang ditemukan di pasaran. Meskipun begitu, ini adalah jenis cumi asal Indonesia.

Baca Juga: Harga Telur Puyuh 1 Kg Hari Ini dan Kemasan lainnya (1 butir & Pack)

Umumnya, cumi ini ditemukan di antara karang atau padang lamun. Ciri khasnya adalah bagian sirip ekor yang lebar dengan tentakel yang panjang.

Sebelum mengulik lebih rinci mengenai nilai jual cumi, Anda juga perlu mengetahui kandungan gizinya. Berikut rinciannya.


Harga Cumi per Kg Semua Varian (Basah, Segar, Frozen, Kering, & Asin)


Kandungan Gizi Cumi per 100 Gr

  • 92 kkal Kalori.
  • 1,38 gr Lemak.
  • 233 mg Kolesterol.
  • 15,58 gr Protein.
  • 3,08 gr Karbohidrat.
  • 44 mg Sodium.
  • 246 mg Kalium.

Dengan kandungan gizinya yang melimpah, tak heran banyak yang menyukai cumi. Apalagi jika rasanya lezat dan cara mengolah yang mudah.

Anda bisa membuat cumi panggang, cumi goreng tepung, hingga cumi saus padang. Namun, semua hidangan ini bisa dibuat jika Anda sudah beli cumi.

Sudah bisa dibeli di berbagai pusat belanjaan hingga situs jual beli online, Anda tidak perlu bingung mencari cumi. Lalu, berapa harga cumi per kg saat ini? Tentunya berbeda dengan harga daging kambing.

Harga Cumi per Kg

Jenis Cumi

Harga Cumi per Kg

Cumi Ring Frozen 

Rp35.000

Cumi Tube Kupas Bersih Frozen 

Rp58.000

Cumi Filet Segar 

Rp60.000

Baby Cumi Kering Asin 

Rp67.000

Cumi Flower Frozen 

Rp67.000

Baby Cumi Medan 

Rp65.575

Cumi Asin Frozen 

Rp75.000

Cumi Sotong Segar Mentah 

Rp84.000

Cumi Sotong Kering Asin 

Rp89.000

Cumi Bangka Frozen 

Rp95.000

Cumi Bangka Segar Mentah 

Rp120.000

Sebagai informasi, harga cumi per kg telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. Tentunya, harga cumi per kg bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah. Sama seperti harga telur ayam ras.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Cumi per Kg Semua Varian (Basah, Segar, Frozen, Kering, & Asin)"