Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Ikan Kakap Putih per Kilo (Segar, Fillet, dan Kepala)

Update Harga Ikan Kakap Putih per Kilo (Segar, Fillet, dan Kepala)

Selain ada ikan kakap merah dan hitam, kakap putih tak kalah laris di pasaran. Juga dikenal dengan nama barramundi, harga ikan kakap putih 2022 di pasar per kilo relatif mahal dibandingkan kakap merah.

Harga ikan barramundi per kg memang tidak murah, karena cara mendapatkannya juga terbilang sulit. Hewan air laut ini harus dipancing dengan umpan khusus atau dijaring menggunakan jala berukuran super besar.

Asal Ikan Kakap Putih 

Hewan ini juga dikenal dengan nama ikan cukil, petehan, pica-pica, talungsur, paleak, dan kaca-kaca. Termasuk idola nelayan, ikan ini memiliki nama ilmiah Lates calcarifer.

Merupakan jenis ikan berpindah, hewan air laut ini berasal dari keluarga Latidae. Jenis ikan ini mudah ditemukan di perairan Hindia-Pasifik Barat. 

Hindia-Pasifik Barat meliputi lautan Asia Tenggara hingga Papua New Guinea dan Australia Utara. Memiliki banyak sebutan, kakap putih juga populer dengan nama Pla Kapong.

Baca Juga: Harga Obat Cacing Kucing (Wormix, Combantrin, Drontal, Dll)

Komunitas ilmiah Internasional juga menyebutnya sebagai Asian Sea bass dan Australian Sea Bass. Di Indonesia, ikan ini termasuk salah satu komoditas budidaya laut unggulan.

Budidaya Ikan Kakap Putih

Karena itu pula, harga ikan kakap putih laut terbilang mahal. Namun, beberapa orang mulai mencoba membudidayakan baramundi di air tawar.

Membudidayakan barramundi air tawar terbilang sulit, karena kakap termasuk ikan perairan laut dalam yang suka tinggal di batuan karang. Meskipun begitu, harga ikan kakap air tawar diketahui lebih murah daripada air laut.

Menurut beberapa nelayan, memang membudidayakan kakap putih lebih mudah di air laut. Biasanya, barramundi hasil tangkapan disortir terlebih dahulu.

Ikan yang tepat untuk dijadikan indukan akan dipijahkan. Lalu, telurnya akan ditetaskan dan larvanya dipelihara hingga menjadi bibit.

Bibit ikan kakap putih akan dibesarkan menggunakan keramba di laut lepas. Ada juga yang menggunakan kolam fiber.

Diketahui, budidaya barramundi sudah mendapatkan dukungan maksimal dari KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia). Ini adalah sebagai bentuk usaha untuk menambah lapangan pekerjaan di kawasan pesisir.

Hasil panen budidaya kakap putih tidak hanya bisa dijual per 1 kg, tetapi juga per ekor. Harga ikan kakap putih per ekor, tentunya bervariasi. Ini tergantung berat dan besarnya.

Semakin besar dan berat ikan, maka semakin tinggi nilai jualnya. Untuk kakap putih eceran, biasanya ditawarkan ke restoran atau hotel.


Update Harga Ikan Kakap Putih per Kilo (Segar, Fillet, dan Kepala)


Karakteristik Ikan Kakap Putih

Termasuk jenis ikan yang paling digemari pemancing, barramundi adalah perenang handal di laut lepas. Selain itu, hewan air laut ini memiliki sifat yang gigih dan ulet.

Keuletannya melepas pancing adalah sebuah tantangan bagi mancing mania untuk mendapatkan kakap putih. Inilah yang membuat para pemancing tertantang dan tertarik mendapatkan barramundi.

Sebagai ikan laut dalam, barramundi juga cukup agresif. Hewan air laut ini akan memangsa ikan-ikan kecil di sekitarnya.

Kesukaannya adalah ikan karang dan udang-udangan. Karena perenang yang handal, ikan ini juga suka dengan jenis pelagis kecil.

Merupakan karnivora, barramundi muda tidak mengenal waktu untuk berburu. Sementara itu, kakap putih tua lebih banyak diam untuk menunggu mangsanya lewat.

Hal ini yang membuat para pemancing jarang mendapatkan barramundi tua yang berukuran jumbo atau super besar. Umumnya, pemancing akan mendapatkan barramundi berukuran kecil atau sedang.

Ini juga yang membuat kakap putih menjadi incaran para pemancing adalah, pertahanan hidupnya. Giant perch ini memiliki daya tahan yang kuat, sehingga bisa dijual secara segar dan hidup. 

Beberapa orang juga menangkap barramundi untuk dipelihara di akuarium. Hal inilah yang membuat harga ikan kakap putih per kilo tidak murah.

Ciri Fisik Ikan Kakap Putih

Pagi kolektor ikan hias, keunikan barramundi terletak pada bentuk tubuhnya yang panjang dan bermoncong besar. Meskipun makanannya bukan ikan besar, hewan air laut ini memiliki rahang yang kuat dan gigi sangat tajam.

Rahang atasnya memanjang hingga ke belakang mata dengan tepi bawah tulang pipi bergerigi. Hewan ini juga dipenuhi duri tajam di sudut kepalanya. Untuk kakap putih besar, umumnya bersisik terang dengan pola sisir dan berukuran besar.

Baca Juga: Harga Anjing American Bully Anakan & Dewasa (Semua Jenis)

Maksimal, perenang handal ini mampu tumbuh hingga 12 meter. Untuk bobotnya sendiri bisa mencapai 60 kg.

Termasuk ikan yang adaptif, petehan mampu hidup di dasar perairan pesisir dan muara sungai. Tak hanya itu, beberapa nelayan kerap menemukannya di perairan payau dan laguna. 

Ikan ini juga bisa hidup di air dengan suhu 26-30 derajat Celcius. Sebagai ikan yang adaptif, hewan ini juga bisa hidup di tambak dan hulu sungai air tawar.

Keunikan lainnya dari kakap putih adalah termasuk hermafrodit. Hewan air laut ini mampu mengubah jenis kelaminnya dari jantan menjadi betina.

Perubahan genital barramundi dialami pada saat mereka berusia 3-4 tahun. Dapat disimpulkan, kakap putih betina hanya dapat kawin dengan barramundi jantan yang lebih muda.

Kemampuan hermafrodit kakap putih juga dipengaruhi lingkungan atau habitatnya. Sebagai contoh, barramundi yang hidup di air asin akan lebih cepat mengalami perubahan genital.

Review Ikan Kakap Putih

Tekstur Daging Ikan Kakap Putih

Tak hanya populer di kalangan pemancing, kakap putih menjadi primadona ibu rumah tangga. Termasuk ikan berdaging dan berserat tebal, barramundi kerap dijadikan hidangan yang lezat.

Selain langsung digoreng atau dipotong-potong, beberapa orang suka menjadikannya sebagai fillet goreng tepung. Harga ikan kakap putih fillet per slice juga relatif lebih murah dibandingkan barramundi utuh.

Tekstur daging yang cukup lembut, kenyal, dan tidak mudah hancur, membuatnya mudah untuk di-fillet. Anda hanya perlu memotong kepalanya, lalu memisahkan kulit, duri dan dagingnya.

Rasa Daging Ikan Kakap Putih

Daging ikan kakap putih juga tidak mudah keras jika digoreng tepung. Justru ikan ini memiliki tekstur crunchy di luar dan lembut serta juicy di dalam.

Rasa dagingnya sendiri tidak amis, cenderung gurih dan asin. Beberapa orang bahkan hanya menambahkan sedikit garam saat memasaknya.

Diketahui, daging barramundi tak hanya lezat, tetapi memiliki kandungan gizi lengkap. Sebelum membahas harga ikan kakap putih, berikut adalah kandungan nutrisi atau nilai gizinya per 100 gr.


Update Harga Ikan Kakap Putih per Kilo (Segar, Fillet, dan Kepala)


Kandungan Gizi Ikan Kakap Putih

  • 92 kkal Kalori.
  • 0,70 gr Lemak.
  • 9 mcg Vitamin A.
  • 5% Vitamin B.
  • 20 gr Protein.
  • 1,82% Kalsium.
  • 200 mg Fosfor.
  • 1 mg Zat Besi.
  • 77 gr Air.
  • 2,30 Abu.

Kandungan nutrisi yang lengkap pada daging barramundi, membuat ikan ini diklaim memiliki sejumlah manfaat. Diketahui, ikan ini mampu mendukung tumbuh kembang anak dan menurunkan risiko penurunan kognitif.

Tidak sulit menemukan ikan kakap putih di pasar, bahkan Anda bisa membeli benih atau bibitnya. Beberapa orang juga ada yang menjual barramundi per potong, mulai dari kepala, perut, hingga dagingnya saja. Lalu, berapa harga ikan kakap putih? Berikut rinciannya.

Harga Ikan Kakap Putih

Jenis Ikan Kakap Putih

Harga

Ikan Kakap Putih 500 gr

Rp37.200 - Rp50.000 per ekor

Ikan Kakap Putih Segar

Rp52.500 - Rp101.000 per kg

Ikan Kakap Putih Fillet

Rp81.100 - Rp97.000 per kg

Ikan Kakap Putih Kepala

Rp27.200 - Rp45.000 per pcs

Anda bisa membeli daging ikan kakap putih di supermarket atau pasar tradisional terdekat. Harga ikan kakap putih di atas, kami dapatkan dari situs jual beli online. 

Baca Juga: Harga Ikan Channa Pulchra Semua Ukuran (Anakan & Dewasa)

Perlu diketahui, harga ikan kakap putih bisa berbeda di tiap daerah dan berubah sewaktu-waktu. Untuk mengetahui nilai jual kakap putih teraktual, Anda bisa langsung ke pasar terdekat.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga ikan kakap putih per kilo tahun 2022 mengalami sedikit kenaikan. Sebagai contoh, ikan kakap putih segar yang semula dibanderol Rp50 ribu hingga 100 ribu per kg, naik sedikit menjadi Rp52.500 hingga Rp101.000 per kg.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Ikan Kakap Putih per Kilo (Segar, Fillet, dan Kepala)"