Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Ikan Arapaima Gigas (Pirarucu) Bibit, Dewasa, dan Jumbo

Update Harga Ikan Arapaima Gigas (Pirarucu) Bibit, Dewasa, dan Jumbo

Selain ikan channa dan arwana, arapaima juga tak kalah uniknya dengan dua predator air tawar tersebut. Harga ikan arapaima gigas bibit, dewasa, dan jumbo 2022 memang tidak murah. 

Apalagi, untuk jenis platinum baby atau kecil di pasaran Indonesia yang cukup langka. Namun, karena keunikannya, hal itu tak menjadi masalah bagi sebagian orang.

Jual Beli Ikan Arapaima Gigas 

Juga dikenal dengan nama pirarucu atau paiche, arapaima gigas termasuk predator air tawar termahal. Karena, ikan ini tidak bisa didapatkan secara sembarangan. 

Ada banyak hal yang harus dipenuhi untuk memperjualbelikannya. Supaya proses jual beli arapaima muda, beberapa orang menjualnya lewat situs e-commerce.

Baca Juga: Harga Kucing Serval (Anakan & Dewasa), Mirip Punya Rachel Vennya

Banyak orang menjual pirarucu secara online supaya lebih praktis. Situs jual beli online yang kerap dipakai untuk menawarkan ikan ini salah satunya OLX. Disusul dengan tokopedia, shopee, dan masih banyak lagi.

Pedagang arapaima gigas tidak hanya berasal dari pusat perekonomian Indonesia, Jakarta. Namun, ada juga dari Malang, Bandung, Surabaya, dan Kalimantan.

Tak hanya itu, lebih banyak pelapak berasal dari luar negeri, seperti Malaysia dan Singapura. Harga pasaran ikan arapaima tergantung dari ukurannya.

Harga anak ikan arapaima saja bisa mencapai ratusan ribu, apalagi yang sudah indukan pasti lebih mahal. Sebelum membahas lebih dalam mengenai harga ikan arapaima gigas, berikut ulasan mengenai asalnya.

Asal Ikan Arapaima Gigas

Persebaran Ikan Arapaima Gigas

Merupakan jenis ikan air tawar terbesar, arapaima gigas berasal dari lembah sungai Amazon. Daerah tersebut meliputi Bolivia, Brasil, Komlombia, Guyana, dan Peru.

Termasuk predator yang ganas, di Bolivia, ikan oni dianggap sebagai spesies invasif. Tak hanya itu, paiche kerap diwaspadai, karena bisa merusak ekosistem.

Telah tersebar ke berbagai negara, termasuk Asia Timur,pirarucu juga dijadikan hewan peliharaan. Diketahui, fosil paiche ditemukan di beberapa negara Asia Timur. Ini berasal dari zaman Miosen.

Sementara itu, monster ikan air tawar tersebut sudah memasuki perairan nusantara pada beberapa tahun lalu. Ini ditemukan di sekitar aliran sungai Brantas, Sidoarjo.

Ikan Arapaima Gigas Asal Sungai Brantas

Diperkirakan, jumlah ikan paiche yang ada di perairan Brantas ada 13 ekor. Tentunya, ini sempat membuat geger jagad raya.

Dikhawatirkan dapat melukai warga sekitar, ikan tersebut akhirnya dipindahkan ke kebun binatang dan tempat penangkaran lainnya. Pasalnya, ikan ini bisa tumbuh hingga tiga meter dan mampu menelan manusia.

Dilansir dari berbagai macam sumber, sebelumnya, ikan pirarucu sempat dibudidayakan di Nusantara. Ikan ini dipelihara di kebun binatang dan akuarium Indonesia.

Sebelum membahas harga ikan arapaima gigas, Anda bisa mengetahui persebarannya di Indonesia. Ikan ini sudah dipelihara di beberapa tempat wisata edukasi seperti berikut.

Di Mana Bisa Menemukan Ikan Arapaima Gigas?

Bagi Anda yang penasaran dengan wujud arapaima gigas, Anda bisa mengunjungi Sea World Jakarta. Anda juga bisa melihatnya di River World Purbalingga, SKI Binarum Bogor, dan Eco Green Park Malang.

Tak hanya itu, arapaima gigas juga sudah hadir di Gembira Loka Jogja. Atau Anda bisa pergi ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Elephant Safari Park Bali.

Tentunya, ikan paiche yang dipelihara di tempat-tempat tersebut, kecuali Sungai Brantas sangat aman. Karena, sudah diletakkan di akuarium atau kolam besar dengan penjagaan ketat. 

Selain itu, ikan-ikan tersebut sudah ditangani oleh tenaga profesional. Anda bisa mengajak anak-anak untuk melihatnya sebagai bahan edukasi terkait binatang air.

Kerap ditawarkan juga di situs jual beli online, harga ikan arapaima gigas tidak murah. Sebelumnya, Anda perlu mengetahui ciri-cirinya seperti berikut.


Update Harga Ikan Arapaima Gigas (Pirarucu) Bibit, Dewasa, dan Jumbo


Ciri Fisik Ikan Arapaima Gigas

Merupakan ikan air tawar terbesar di dunia, ikan arapaima gigas mampu melebihi panjang tubuh manusia. Pirarucu bisa tumbuh mencapai 3-4,5 meter dengan berat 200 kg.

Meskipun begitu, di Indonesia, jarang ditemukan paiche yang tumbuh lebih dari 2 m. Karena, ikan ditangkap dan dipelihara di media pemeliharaan yang kurang luas.

Jika ikan dibiarkan di alam liar, tidak menutup kemungkinan paiche bisa menjadi raksasa air tawar. Namun, sifat ganas dan karakternya yang agresif disebut mampu membahayakan nyawa manusia.

Di Nusantara, arapaima gigas termasuk 152 jenis ikan yang berbahaya. Sebenarnya, paiche dilarang masuk ke wilayah perairan lokal, karena mampu mengganggu ekosistem alam.

Secara morfologi, arapaima gigas bertubuh ramping dengan sirip punggung mengarah ke ekor. Tubuhnya yang raksasa berwarna abu-abu. 

Namun, ada juga paiche yang berwarna kehijauan. Ini karena ikan sudah hidup cukup lama dan sisiknya ditumbuhi lumut.

Terdapat bintik-bintik merah pada sisi di bagian ekornya. Ini membuat pirarucu juga dikenal sebagai ikan merah dalam bahasa Brasil.

Daging ikan paiche berwarna oranye kemerahan, sekilas mirip dengan daging salmon. Di tempat asalnya, hewan air tawar ini juga dijadikan sebagai ikan konsumsi.

Sementara itu, sisik arapaima jika diperhatikan lebih detail, terdiri dari dua lapis. Lapisan paling luar bertekstur keras, sedangkan lapisan bawahnya lentur.

Hal tersebut membuat sisik arapaima menyerupai baju zirah yang kuat. Dengan sisiknya, ikan ini terlindung dari serangan predator lain, seperti ikan piranha.

Karakteristik Ikan Arapaima Gigas

Hidup di perairan Amazon, membuat arapaima gigas memiliki karakteristik yang kuat. Predator air tawar ini juga termasuk perenang handal, meskipun tubuhnya super jumbo.

Baca Juga: Harga Anjing Great Dane Scooby Doo (Puppy dan Dewasa)

Seperti yang telah dijelaskan, hewan ini sangat agresif dan suka memangsa hewan mungil di sekitarnya. Bahkan, paiche akan melompat ke atas permukaan untuk memangsa katak. Lompatannya yang tinggi juga mampu menyaingi belalang dan burung.

Dengan ukurannya yang super besar, arapaima juga mampu membalikkan kapal nelayan. Tak hanya itu, paiche kerap muncul di permukaan untuk menarik perhatian mangsanya.

Ditemukan di abad ke-18, arapaima gigas termasuk hewan kuno. Spesies yang sudah ada sejak zaman purba ini bisa menyerang manusia jika merasa terancam atau kelaparan.

Meskipun ditakuti, monster air tawar ini populasinya terus menurun dari tahun 2022 hingga saat ini. Karena banyak yang menangkapnya supaya tidak merusak ekosistem.

Selain itu, beberapa orang memperjualbelikannya kepada kolektor ikan hias. Oleh sebab itu, di negara asalnya dan Amerika Selatan, pache termasuk hewan yang dilindungi. Hal itu pula yang membuat harga ikan arapaima mahal, ketika masuk Indonesia. 

Tekstur Daging Ikan Arapaima

Tak hanya ditangkap untuk dikoleksi, paiche kerap dijadikan hidangan lezat di atas meja makan. Seperti yang telah dijelaskan, sekilas, daging paiche mirip dengan salmon. Hanya saja, lebih tebal dan berserat.

Diketahui, daging arapaima sangat lezat dan gurih. Satu ekor ikan paiche mampu menghasilkan daging sebanyak 70 kg hingga 100 kg.

Banyaknya daging tergantung dari ukurannya. Semakin besar tubuhnya, maka semakin banyak pula daging yang bisa dipanen.

Jumlah daging yang terkumpul, tentunya tidak termasuk dengan ekor, sisik, kepala, dan tulang atau durinya. Biasanya, sebelum diolah, daging akan dibakar dulu.

Selain bertujuan untuk menghilangkan lemak dan aroma amisnya, pembakaran dilakukan untuk mengawetkan daging ikan. Ini termasuk cara tradisional yang dilakukan masyarakat sekitar sungai Amazon.

Tak hanya dagingnya, lidah ikan paiche diklaim memiliki manfaat. Masyarakat sekitar percaya, daging lidah arapaima ampuh untuk membasmi cacing di dalam tubuh.

Bisa dipelihara dan dikonsumsi, berapa harga ikan arapaima gigas? Tentunya tidak semurah hewan air tawar lainnya. Berikut rincian harga ikan arapaima gigas.


Update Harga Ikan Arapaima Gigas (Pirarucu) Bibit, Dewasa, dan Jumbo


Harga Ikan Arapaima Gigas

Ukuran Ikan Arapaima Gigas

Harga per Ekor

Ikan Arapaima Gigas Baby 10 cm - 15 cm

Rp900.000 - Rp1.000.000

Ikan Arapaima Gigas Bibit 20 cm -  40 cm

Rp1.250.000 - Rp2.000.000

Ikan Arapaima Gigas Kecil 50 cm - 60 cm

Rp2.250.000 - Rp3.120.000

Ikan Arapaima Gigas Anakan 70 - 80 cm

Rp3.750.000 - Rp4.210.000

Ikan Arapaima Gigas Dewasa Jantan atau Betina 100 cm - 120 cm

Rp4.725.000 - Rp5.245.000

Ikan Arapaima Gigas Dewasa Jantan atau Betina 150 cm - 200 cm

Rp6.721.000 - Rp8.222.000

Sebagai informasi, harga ikan arapaima gigas di atas kami dapatkan dari berbagai situs e-commerce. Seperti ikan predator lainnya, harga ikan arapaima gigas di tiap daerah tidak sama.

Selain itu, harga ikan arapaima gigas fluktuatif dan bisa berubah sewaktu-waktu. Harga ikan arapaima gias tersebut adalah kisaran di Indonesia.

Baca Juga: Harga Ikan Tuna 1 Kg (Sirip Biru, Kuning, Segar & Olahan)

Dibandingkan tahun 2021, harga ikan arapaima gigas tahun 2022 mengalami kenaikan. Misalnya, ikan arapaima gigas baby 10 cm-15 cm. Semula, ikan ini dibanderol Rp875 ribu hingga Rp900 ribu, naik menjadi Rp900 ribu hingga Rp1 juta per ekor. 

Jika Anda ingin membeli paiche di pasar internasional, tentu nilai jualnya lebih tinggi. Karena, harus membayar biaya atau tarif impor.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

1 comment for "Update Harga Ikan Arapaima Gigas (Pirarucu) Bibit, Dewasa, dan Jumbo"