Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Ikan Lele per Kilo dan Tips Budidayanya untuk Pemula

 

Update Harga Ikan Lele per Kilo dan Tips Budidayanya untuk Pemula

Ikan lele merupakan jenis ikan konsumsi yang biasa dikenal sebagai catfish. Harga ikan lele per kilo atau 1 kg pada 2022 ini relatif terjangkau. 

Umumnya, di pasaran, ikan ini dijual secara segar dan masih hidup. Namun, Anda juga bisa membelinya dalam bentuk bibit. Beberapa orang juga menjual indukan untuk lele untuk budidaya.

Isi Ikan Lele per 1 Kg

Beberapa orang menanyakan, 1 kg ikan lele berapa ekor? Ini tergantung dari ukurannya. Untuk yang size kecil, biasanya berisi 16-20 ekor. 

Lalu, ukuran sedang sekitar 14-16 ekor. Sementara itu, ukuran besar atau jumbo sekitar 7-10 ekor.

Umumnya, lele kecil berukuran 15 cm dan beratnya hanya 60 gr hingga 70 gr. Lalu, ukuran medium, panjangnya 20 cm dengan berat sekitar 70 gr hingga 80 gr. Sementara itu, lele jumbo bobotnya sekitar 100 gr dengan panjang sekitar 30 cm. 

Sebagai ikan konsumsi, beberapa orang membeli lele per kg untuk pecel lele. Ini memang jenis ikan yang lezat untuk disajikan dengan lalapan dan sambal, seperti pecel.

Baca Juga: Harga Kucing Serval (Anakan & Dewasa), Mirip Punya Rachel Vennya

Selain itu, karena bentuknya yang cukup unik, beberapa orang menjadikannya sebagai hewan peliharaan. Apalagi, ikan lele memiliki jenis yang beragam, termasuk albino. Meskipun ada banyak macamnya, harga ikan lele per ekor maupun kg terjangkau.


Update Harga Ikan Lele per Kilo dan Tips Budidayanya untuk Pemula


Jenis-Jenis Ikan Lele

Ikan Lele Jawa

Termasuk predator air tawar lokal, lele Jawa berasal dari spesies Clarias. Umumnya, lele ini dikonsumsi dan dijual dalam bentuk segar.

Ukuran hewan air ini terbilang lebih kecil dibandingkan jenis lain. Lele tersebut memiliki ciri tak bersisik dan bersungut panjang.

Warna tubuhnya cenderung gelap di bagian atas. Sementara itu, bagian perutnya berwarna putih.

Memiliki pertumbuhan lebih lambat dibanding jenis lainnya, lele lokal ini jarang dibudidayakan. Biasanya dipelihara untuk konsumsi lokal, karena masa panen yang cukup lama.

Ikan Lele Dumbo

Termasuk sebagai jenis lele yang cukup populer, hewan ini banyak disukai petani. Pasalnya, lele dumbo termasuk hewan hibrida unggulan.

Lele tersebut tidak hanya ditawarkan di Jakarta, tetapi juga Jawa Timur. Beberapa pedagang juga menjualnya di Medan dan sekitarnya.

Memiliki pertumbuhan sangat cepat jika diberi pakan yang tepat, beberapa petani memberikan pelet per karung tiap bulannya. Ini tergantung dari jumlah bibit atau benih yang dibesarkan.

Ciri ikan lele dumbo adalah, memiliki empat singut panjang di sisi kanan dan kiri. Warna ikan ini tidak terlalu gelap dan bercorak abu-abu kehitaman.

Ikan Lele Sangkuriang

Masih keturunan lele dumbo, sangkuriang terbilang cocok dibudidayakan dan dijadikan indukan. Pasalnya, predator air tawar ini dinilai sangat produktif.

Termasuk produk unggulan, harga lele sangkuriang terbilang lebih mahal dibandingkan lele dumbo. Apalagi, lele sangkuriang jumbo yang akan dijadikan indukan.

Harga ikan lele hari ini (sangkuriang), bisa mencapai Rp25 ribu sekilo. Tidak menutup kemungkinan, ada daerah lain yang membanderolnya lebih mahal.

Ciri khas lele sangkuriang adalah, memiliki corak hampir sama seperti dumbo. Namun, bagian bawah perutnya berwarna putih seperti lele jawa.

Ikan Lele Masamo

Termasuk produk hibrida, lele masamo dikembangkan dari tujuh genetik catfish dari berbagai negara. Awalnya, hewan air tawar ini dikembangkan di Mojokerto pabrikan pakan ikan.

Diklaim cepat panen, lele Masamo memiliki daya imun tinggi. Ikan ini juga efisien dalam pakan, sehingga beberapa petani memilihnya untuk dibudidayakan. Hal ini pula yang membuat nilai jual lele masamo melambung tinggi dari tahun 2020 lalu.

Ciri khas dari lele masamo adalah ukuran kepalanya yang lebih besar dibanding jenis lain. Tak hanya itu, lele ini sangat gesit dan suka bersembunyi di pinggir kolam.

Ikan Lele Phyton

Merupakan ikan hasil persilangan lele dumbo f6 jantan dan lele Thailand betina, lele phyton diklaim sebagai produk unggulan. Dikembangkan di daerah Pandeglang, lele ini sudah tersebar ke berbagai daerah di Indonesia.

Diketahui, lele ini memiliki daya tahan tinggi terhadap cuaca dingin. Sehingga, petani tidak akan rugi akibat mati massal pada lele karena cuaca.

Sama seperti predator air tawar lainnya, lele ini bisa beradaptasi dengan mudah. Tak hanya itu, phyton mampu dibesarkan di kolam yang berlumpur.

Ikan Lele Mutiara

Termasuk jenis ikan yang cukup populer, hewan air tawar ini adalah hasil persilangan lele Mesir, phyton, dumbo, dan sangkuriang. Konon, produk hibrida ini bisa tumbuh 10%-40% lebih cepat daripada benih lele lainnya.

Daya tahan dan tingkat produktivitasnya tinggi, sehingga lele mutiara dewasa pas dijadikan indukan. Anda bisa menjadikannya sebagai ikan peliharaan untuk dibudidayakan.

Diklaim sebagai lele dengan kualitas di atas rata-rata, mutiara dikembangkan di Subang, Jawa Barat. Hewan air tawar ini diperkenalkan BPPI (Balai Penelitian Pemuliaan Ikan) Sukamandi.

Ikan Lele Albino/Bule

Meskipun lahir dari ikan lele konsumsi, si bule ini lebih kerap dijadikan peliharaan di rumah. Sebagai hiasan di akuarium, lele albino tidak dijual per kilo, melainkan per ekor.

Keberadaannya yang langka, membuat harga ikan albino lebih mahal dibanding ikan lele pada umumnya. Ikan ini sudah termasuk ikan hias golongan menengah. Hewan ini bisa ditawar dengan harga mulai cukup mahal.

Ciri khas ikan lele albino terletak pada warna tubuh dan matanya. Lele bule asli berwarna putih dari ujung kepala hingga ekor. Warna matanya merah, tak seperti ikan lele biasa.

Harga ikan lele saat ini memang fluktuatif. Namun, cukup menjanjikan jika dibudidayakan dan menjadi bisnis.

Baca Juga: Harga Anjing Great Dane Scooby Doo (Puppy dan Dewasa)

Nah, bagi Anda yang ingin mencari peluang dari bisnis ternak lele, Anda tidak hanya perlu memilih jenis lele yang tepat. Namun, melakukan tips sukses ternak lele seperti berikut.


Update Harga Ikan Lele per Kilo dan Tips Budidayanya untuk Pemula


Tips Budidaya dan Ternak  Lele

  • Pilih media budidaya yang praktis jika Anda pemula, seperti kolam terpal.
  • Harga terpal ikan lele sendiri dihitung per meter, sehingga Anda juga perlu mengukur wadah atau alasnya.
  • Siapkan jaring sebelum panen, harga jaring ikan lele juga dihitung sesuai dengan panjang kolam.
  • Pakan harus diberikan secara rutin dan tidak boleh telat.
  • Anda bisa memilih harga pakan ikan lele per karung supaya lebih hemat.
  • Ada juga yang menawarkan harga pelet ikan lele per kg.
  • Namun, ini lebih cocok untuk mereka yang memelihara lele untuk konsumsi pribadi.
  • Pilihlah bibit atau benih yang sehat dan tidak cacat.
  • Perlu diketahui, harga bibit ikan lele bervariasi, sehingga sesuaikan dengan budget Anda.

Anda bisa mendapatkan anakan lele untuk budidaya di petani langsung atau toko benih ikan. Selain itu, beberapa orang memilih untuk memancing ikan lele indukan jantan dan betina. 

Harga Essen Ikan Lele

Indukan akan dipijahkan untuk mendapatkan lele baby yang akan dibudidaya. Proses pemijahan ini umumnya dilakukan secara alami di kolam khusus.

Memancing lele indukan unggul tidak mudah, apalagi di sungai dan rawa. Anda memerlukan umpan yang tepat.

Beberapa pemancing juga kerap menggunakan essen ikan lele. Ada banyak varian atau jenis essen yang beredar di pasaran. Namun, umumnya, harga essen ikan lele tahun 2022 terpaut Rp25 ribu hingga Rp60 ribu, lebih mahal dibandingkan tahun 2021 yang dibanderol Rp20 ribu hingga Rp50 ribu per botol.

Nah, bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk memancing atau budidaya, Anda bisa membelinya langsung di pasaran. Sudah banyak yang menjual lele, seperti ikan lainnya dalam kondisi segar dan siap konsumsi. Berikut rincian harga ikan lele.


Update Harga Ikan Lele per Kilo dan Tips Budidayanya untuk Pemula


Harga Ikan Lele per Kg

Jenis Ikan Lele

Harga per Kg

Ikan Lele Jawa atau Lokal

Rp17.000 - Rp25.000

Ikan Lele Dumbo

Rp18.000 - Rp27.000

Ikan Lele Sangkuriang

Rp19.000 - Rp26.000

Ikan Lele Masamo

Rp20.000 - Rp27.000

Ikan Lele Mutiara

Rp22.000 - Rp26.000

Harga Ikan Lele per Ekor

Jenis Ikan Lele

Harga per Ekor

Ikan Lele Bibit

Rp100 - Rp500

Ikan Lele Segar

Rp2.500 - Rp8.000

Ikan Lele Albino/Bule Indukan

Rp800.000 - Rp900.000

Harga Ikan Lele di Situs Jual Beli Online

Jenis Ikan Lele

Harga

Ikan Lele Asap 1 ekor

Rp10.000

Ikan Lele Segar 500 gr

Rp11.500 - Rp16.000

Ikan Lele Frozen tanpa Kepala 4 pcs

Rp21.990

Ikan Lele Siap Makan Bumbu Kuning

Rp22.000

Ikan Lele Segar 1 kg

Rp22.000 - Rp25.000

Ikan Lele Fillet tanpa Kulit dan Tulang

Rp28.000

Ikan Lele Sidempuan Asap 500 gr

Rp65.000

Ikan Lele Mangut Khas Jogja Frozen

Rp59.000 - Rp100.000

Semua harga lele di atas kami dapatkan dari internet. Seperti ikan konsumsi lainnya, harga ikan lele di tiap daerah bisa berbeda-beda.

Baca Juga: Harga Ikan Tuna 1 Kg (Sirip Biru, Kuning, Segar & Olahan)

Selain itu, harga ikan lele tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Meskpun begitu, harga ikan lele tahun 2022 masih stabil dibandingkan tahun 2021. Untuk mengetahui harga ikan lele teraktual, Anda bisa ke pasar terdekat.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Ikan Lele per Kilo dan Tips Budidayanya untuk Pemula"