Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Ikan Bandeng Segar (per Per Kilo dan Ekor) di Pasaran

Update Harga Ikan Bandeng Segar (per Per Kilo dan Ekor) di Pasaran

Tak hanya dijual dalam bentuk olahan per ekor, bandeng juga kerap ditawarkan dalam bentuk segar. Harga ikan bandeng per kilo atau per kg 2022 relatif terjangkau. 

Ikan yang hidup di perairan payau ini biasa dipancing oleh nelayan. Namun, banyak juga yang sudah membudidayakan. 

Diketahui, harga ikan bandeng di tambak, konon lebih murah dibandingkan hasil tangkapan. Namun, sebelumnya, berikut asal ikan bandeng.

Asal Ikan Bandeng

Pemasaran Ikan Bandeng

Produk olahan maupun bandeng segar, tampaknya sudah tersebar luas di pasaran. Anda bahkan bisa menemukannya di Surabaya.

Baca Juga: Harga Ayam Petelur DOC dan Dewasa (per Box dan Ekor)

Selain itu, di pasar Gresik, dan Jakarta (Muara Angke), bandeng adalah ikan yang umum dijual. Ada juga yang menawarkannya di Semarang dan Lamongan.

Tak hanya cara menangkapnya yang menjadi faktor penentu nilai jual bandeng, tetapi juga ukurannya. Diketahui, harga ikan bandeng kecil lebih terjangkau daripada yang besar atau super jumbo.

Persebaran Ikan Bandeng 

Sebelumnya, memiliki nama ilmiah Chanos chanos, termasuk ikan yang populer di Asia Tenggara. Hampir di seluruh negara ASEAN, ikan ini ada dan dikonsumsi masyarakatnya

Biasanya diolah menjadi masakan berkuah atau digoreng. Hewan air ini juga diklaim sebagai satu-satunya spesies dari suku Chanidae yang masih hidup.

Meskipun ada enam hewan dari suku Chanidae yang masih ada, bandeng adalah jenis yang tidak pudah. Di beberapa daerah di Nusantara, hewan air payau ini juga dikenal dengan nama ikan bolu.

Habitat Ikan Bandeng 

Sementara itu, di pasar internasional, bandeng lebih dikenal sebagai milkfish. Mungkin karena warna dagingnya yang seputih susu.

Banyak ditemukan di Samudera Hindia dan Pasifik, bandeng umumnya ada di sekitar pesisir. Tak hanya itu, ikan tersebut suka hidup di dekat pulau dengan terumbu karang jenis koral.

Hidup di laut lepas, ikan bandeng muda yang baru menetas akan hidup ddi laut selama 2-3 minggu. Setelah cukup dewasa dan menjadi perenang handal, bandeng berpindah ke rawa-rawa.

Siklus Hidup Ikan Bandeng

Bandeng juga akan mencari adaerah dengan sumber air payau, seperti muara. Tak jarang pula ada bandeng yang memilih tinggal di banau berair asin.

Ikan tersebut akan kembali ke laut jika sudah dewasa. Biasanya, mereka akan kembali jika musim kawin tiba.

Memiliki ciri fisik yang khas, membuat bandeng tidak hanya dibudidayakan untuk kebutuhan bisnis. Beberapa orang juga memeliharanya sebagai bahan konsumsi keluarga.


Update Harga Ikan Bandeng Segar (per Per Kilo dan Ekor) di Pasaran


Ciri Fisik Ikan Bandeng

Bentuk Tubuh Ikan Bandeng

Berbeda dengan ikan air laut, ikan bandeng memiliki sisik yang cukup banyak. Tak hanya itu, ikan ini juga berbentuk seperti torpedo. 

Jika dilihat secara fisik, ikan ini juga tampak sangat berbeda dengan ikan air tawar. Sekilas, banyak orang yang mengira bandeng adalah hewan air tawar karena sisiknya.

Namun, bandeng memiliki kemampuan berenang super cepat yang sangat berbeda dengan ikan air tawar. Ini karena kebiasaan bandeng yang suka berpindah tempat dari laut ke sungai.

Di laut, bandeng kecil harus mampu melawan arus yang kuat. Hal ini yang membuat kemampuan berenangnya tak sebanding dengan air tawar. Apalagi, ikan air tawar umumnya lebih suka hidup di air yang tenang.

Ciri fisik ikan bandeng terletak di sirip ekornya yang pendek dan bercabang. Ini adalah tanda bahwa hewan air tersebut adalah perenang yang handal.

Warna Sisik Ikan Bendeng

Sisiknya berwarna keperakan dan akan mengilap saat tertimpa cahaya matahari. Seperti sisiknya, mulut perenang handal ini juga berwarna perak.

Memang seluruh tubuh bandeng dari ujung kepala hingga ekor didominasi dengan warna perak. Namun, di bagian paling ujung ekornya terdapat semburat oranye kemerahan.

Mulutnya terletak di bagian paling ujung kepalanya dengan rahang yang menonjol. Menyukai hewan kecil dan plankton, hewan air payau ini tidak memiliki gigi yang tajam dan cenderung ompong.

Seperti ikan lainnya, bandeng memiliki lubang hidung kecil di depan mata. Matanya sendiri dilapisi selaput bening yang disebut dengan subcutaneous.

Ukuran Tubuh Ikan Bendeng

Secara morfologi, hewan air payau ini bisa tumbuh hingga sepanjang satu meter di laut lepas. Namun, jika dibudidayakan di dalam tambak hanya mampu tumbuh sepanjang 50 cm.

Perbedaan ukuran ikan bandeng di tambak dan laut bisa berbeda, karena bandeng tidak bisa leluasa bergerak di tambak. Selain itu, jumlah pakan yang diterima bandeng di laut dan di tambak juga berbeda.

Baca Juga: Harga Ayam Poland Dewasa dan Anakan (Ori, Putih, Batik, Tanduk, dll)

Di lautan lepas, bandeng bisa mendapatkan lebih banyak makanan daripada di tambak. Apalagi, pakan di perairan lepas dinilai lebih bergizi. Ini juga yang membuat harga ikan bandeng tangkapan lebih mahal daripada bandeng tambak.

Cara Budidaya Ikan Bandeng di Tambak

  • Siapkan tambak untuk ikan bandeng yang sudah diberi kapur dan pupuk.
  • Isi tambak dengan air dan jangan terlalu penuh, karena bandeng bisa lompat tinggi.
  • Anda bisa memakai air dari sungai, danau, atau muara di sekitar lokasi.
  • Masukkan benih bandeng yang berkualitas dan unggul.
  • Waktu tebar benih yang tepat, yakni sekitar pukul 16.00 WIB-18.00 WIB.
  • Rawat bibit hingga masa panen dengan memberikan pakan yang tepat.
  • Pakan harus mengandung protein, karbohidrat, lemak, mineral, dan vitamin lengkap.

Panen bisa dilakukan jika ukuran bandeng sudah mencapai 30 cm-50 cm. Nah, seperti yang telah dijelaskan, harga ikan bandeng tambak lebih terjangkau. Hal ini membuat banyak orang lebih suka mengolahnya menjadi beragam hidangan, seperti berikut.


Update Harga Ikan Bandeng Segar (per Per Kilo dan Ekor) di Pasaran


Olahan Ikan Bandeng

  • Ikan Bandeng Juwana (Presto Semarang).
  • Olahan Ikan Bandeng Tanpa Duri.
  • Bandeng Goreng Tulang Lunak.
  • Masakan Ikan Bandeng Asap.
  • Otak-Otak Ikan Bandeng.

Memiliki rasa yang lembut dan gurih, ternyata olahan ikan bandeng juga mengandung banyak nutrisi. Berikut adalah kandungan daging ikan bandeng.

Kandungan Daging Ikan Bandeng

  • 20 gr Protein.
  • 4,8 gr Lemak.
  • 150 mg Fosfor.
  • 2 mg Zat Besi.
  • 67 mg Natrium.
  • 0,9 mg Zinc.
  • 271,1 mg Kalium.
  • 45 mcg Vitamin A.
  • 0,05 mg Thiamin.
  • 6 mg Niacin.

Selain itu, daging ikan bandeng mengandung kalsium, vitamin B1 dan vitamin B2. Dengan semua kandungannya, ikan bandeng diyakini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Makan Ikan Bandeng

  • Mampu menangkal radikal bebas yang bisa menurunkan risiko kanker.
  • Mengandung Omega-3, daging ikan bandeng diklaim baik untuk kesehatan jantung.
  • Protein yang ada pada daging ikan bandeng bisa mendukung perkembangan otak.
  • Bisa meningkatkan daya ingat dan konsentrasi pada anak.
  • Mencegah dan menurunkan risiko demensia pada lansia.

Meskipun memiliki banyak keunggulan, lantas tak membuat harga ikan bandeng mahal baik per ekor maupun per kg. Lalu, berapa harga ikan bandeng saat ini? Berikut referensinya.

Harga Ikan Bandeng per Kilo

Varian Ikan Bandeng

Harga per Kg

Ikan Bandeng Utuh atau Segar

Rp25.000 - Rp31.500

Ikan Bandeng tanpa Duri

Rp30.000 - Rp37.100

Harga Ikan Bandeng per Ekor

Varian Ikan Bandeng

Harga per Ekor

Ikan Bandeng Otak-Otak

Rp25.000 - Rp67.000

Ikan Bandeng Presto Semarang

Rp35.000 - Rp38.000

Perlu diketahui, harga ikan bandeng di atas kami kutip dari berbagai macam sumber. Tentunya, harga ikan bandeng bisa berubah sewaktu-waktu.

Baca Juga: Harga Ayam Cochin Anakan dan Dewasa (Mini, Kapas, Bantam, & Giant)

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga ikan bandeng tahun 2022 relatif stabil. Selain itu, seperti nilai jual ikan pada umumnya, harga ikan bandeng di tiap daerah bisa berbeda-beda.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Ikan Bandeng Segar (per Per Kilo dan Ekor) di Pasaran"