Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Anjing Chow Chow Dewasa dan Anakan (Puppy) di Indonesia

Update Harga Anjing Chow Chow Dewasa dan Anakan (Puppy) di Indonesia

Tak hanya Samoyed dan Siberian husky yang terbilang populer, tetapi juga anjing chow chow. Meskipun harga anjing chow chow 2022 baik dewasa atau anak tidak murah, banyak yang memburunya.

Bentuk fisiknya yang menggemaskan tak membuat harga anjing chow chow di Indonesia menjadi masalah bagi pencinta anabul. Selain dijual di Surabaya, hewan ini juga ditawarkan di Bandung, Jakarta, dan Bali.

Asal Anjing Chow Chow

Anjing Chow Chow China

Sebelum anjing chow chow dijual di Nusantara, hewan ini masih belum tersebar luas. Keberadaannya juga tidak sepopuler saat ini karena belum banyak yang memeliharanya.

Baca Juga: Harga Ayam Onagadori Anakan dan Dewasa (per Ekor & Pasang)

Diketahui, asal anjing chow chow sendiri belum diketahui kejelasannya. Namun, ini adalah spesies dari ras anjing yang cukup tua.

Faktanya, fosil chow chow pertama kali ditemukan di China. Diketahui, usia fosil yang mirip anabul ini sudah berusia lebih dari satu juta tahun lalu.

Tak hanya itu, terdapat sebuah keramik China dengan usia 206 tahun bergambar chow chow. Ini juga membuktikan bahwa spesies ini telah ada sejak tahun itu.

Anjing Chow Chow Bukan Ras Biasa

Dipercaya, chow chow masih ada kaitannya dengan Chinese Shar-Pei. Dua hewan ini memiliki bentuk mulut yang sama. 

China Shar-Pei juga berasal dari China dengan ciri khas mulut berwarna hitam dan biru. Ini juga yang membuat bentuknya unik dan menarik.

Tak hanya itu, terdapat kemungkinan, anjing tersebut masih berkaitan dengan Samoyed dan Keeshond. Ada juga yang beranggapan, chow chow masih serumpun dengan Norwegian elkhound dan Pomeranian.

Fakta menarik dari ras chow chow adalah mulai dikenal karena adanya domestikasi anjing kerajaan. Anabul ini termasuk dalam ras anjing Aia Timur.

Berbeda dengan anjing ningrat lainnya, chow chow dianggap sebagai model patung batu singa penjaga kuil. Patung chow chow dianggap memiliki energi positif dan beberapa ada yang percaya bahwa itu adalah bagian dari dewa.

Secara general, chow chow juga masih terhubung dengan serigala abu-abu, ras Akita, dan Shiba inu. Dipelihara sejak 33.000 tahun lalu, chow chow baru tersebar luas di Asia Tenggara pada 15.000 tahun kemudian.

Manfaat Anjing Chow Chow

Juga terkenal sebagai hewan kuno asal Tiongkok, chow chow sebenarnya adalah anjing pekerja. Anabul ini sudah dimanfaatkan untuk melakukan beberapa jenis pekerjaan rumah sejak ribuan tahun lalu.

Dulunya, chow chow membantu orang untuk melakukan berbagai macam pekerjaan berat. Dengan ukuran tubuhnya yang cukup besar, hewan ini mampu menarik kereta.

Tak hanya itu, chow chow juga kerap diajak berburu dan menjaga ternak. Beberapa orang juga menjadikannya sebagai penjaga rumah.

Namun, yang lebih ekstrem, anabul ini dimasukkan ke dalam golongan hewan ternak. Beberapa warga China menjadikannya sebagai bahan makanan dan menggunakan bulunya untuk mantel.

Memiliki banyak manfaat, tak heran jika harga anjing chow chow di Indonesia tidak murah. Nah, sebelum memeliharanya, sebaiknya Anda mengetahui ciri fisiknya.


Update Harga Anjing Chow Chow Dewasa dan Anakan (Puppy) di Indonesia


Ciri-Ciri Anjing Chow Chow

Bentuk Wajah Anjing Chow Chow

Diketahui, memang asal anjing chow chow dari Tiongkok, tetapi anabul ini dibedakan menjadi dua jenis, yakni Amerika dan Eropa. Dua jenis anjing tersebut bisa dibedakan dari bentuk wajahnya.

Anjing chow chow Eropa bermoncong pesek dengan kulit wajah berkerut. Sementara jenis Amerika bermoncong agak menonjol dan tidak memiliki banyak kerutan di wajah.

Meskipun begitu, bentuk tulang rahangnya sama, yakni sedikit menonjol dan tertutup bulu tebal. Bagian dagunya membulat, sehingga membuat spesies ini terlihat seperti beruang.

Jika dilihat sekilas, mungkin Anda akan mengiranya sebagai boneka beruang yang lucu. Lalu, matanya sendiri cenderung sipit dan tertutup bulu tebal.

Bulu Anjing Chow Chow

Ciri khas dari anjing chow chow juga tampak dari bulunya. Secara morfologi, bulu anabul ini panjang dan tebal. Tak heran jika beberapa orang di China memanfaatkannya sebagai mantel.

Selain itu, bulunya halus, lembut, dan mudah disisir. Namun, Anda harus rajin menyisir dan memotongnya, supaya tidak menggumpal dan rontok.

Umumnya, chow chow mempunyai bulu berwarna hitam, putih, dan abu-abu. Ada juga yang berwarna biru tua, krem, dan putih.

Untuk jenis chow chow peranakan dengan anjing lain, umumnya berbulu cokelat. Beberapa pencinta anabul juga ada yang memelihara chow chow berbulu emas, merah, dan merah kecokelatan.

Masa Hidup Anjing Chow Chow

Diperkirakan, anjing chow chow bisa hidup selama 9 tahun. Tak jarang pula, mamalia berbulu tebal ini bisa hidup hingga 15 tahun.

Sementara itu, berat badan anjing ini bisa mencapai 25 kg untuk jantan dewasa. Namun, ada pula yang memeliharanya hingga memiliki bobot 32 kg.

Baca Juga: Harga Ayam Pheasant Anakan dan Dewasa (Semua Jenis)

Lalu, chow chow betina memiliki berat badan lebih ringan, yakni sekitar 20 kg. Paling berat, anjing ini bisa mencapai berat 56 kg.

Untuk tinggi badanya, chow chow jantan bisa tumbuh hingga 48 cm hingga 56 cm. Sementara itu, anjing betina mampu tumbuh dengan panjang 46 cm hingga 51 cm.

Tak hanya bentuk fisiknya yang unik, tetapi juga karakteristik yang menarik. Ini yang membuat harga anjing chow chow bisa tembus jutaan rupiah per ekor.

Karakteristik Anjing Chow Chow

Juga kerap disebut singa mini, chow chow terkenal ramah dan penyayang. Selain itu, anjing juga penurut dan cerdas.

Anda bisa melatih spesies ini untuk dijadikan teman bermain dan curhat. Beberapa orang juga kerap mengajaknya jalan-jalan sambil bermain lempar tangkap.

Bermain dengan chow chow terbilang sangat menyenangkan baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Memiliki sifat penyayang dan sabar, umumnya chow chow juga dijadikan sebagai babysitter.

Namun, ada hal yang harus Anda waspadai. Anjing yang sangat ramah dan baik ini bisa berubah menjadi galak dan pendendam.

Perubahan karakteristiknya bisa disebabkan banyak faktor. Sebaiknya, Anda menghindari membentak, memarahi, dan menjahilinya secara berlebihan.

Dengan memahami karakteristik chow chow, tentunya Anda bisa merawatnya dengan mudah. Berikut adalah cara memelihara chow chow.

Cara Merawat Anjing Chow Chow

  • Sisir bulu anjing secara rutin, minimal seminggu sekali.
  • Mandikan chow chow dengan shampo dan kondisioner khusus anjing sebulan sekali.
  • Bersihkan telinga anabul kesayangan Anda setiap dua minggu sekali.
  • Untuk melindungi anjing dari goresan, potong kukunya setiap 1-2 minggu sekali. 
  • Anda bisa memotong kukunya setelah memandikannya.
  • Ajak chow chow jalan-jalan dan lari pagi setiap hari, minimal 10 menit.
  • Supaya anjing tidak stres, ajak mereka melakukan aktivitas fisik di dalam ruangan.
  • Berikan pakan anjing yang rendah lemak supaya tidak mengalami obesitas.
  • Vaksinasi harus diberikan secara rutin untuk mencegah serta mengobati penyakit.
  • Setiap enam bulan sekali, chow chow harus melakukan pemeriksaan kesehatan rutin.

Lakukan langkah di atas supaya chow chow Anda tetap sehat. Harga perawatan anjing chow chow memang mahal, tetapi itu harus dilakukan. 

Tujuannya, supaya anjing bisa menjadi teman Anda dalam jangka waktu yang panjang. Mengetahui cara memelihara chow chow gampang-gampang susah, berapa harga anjing chow chow 2022 saat ini? Berikut ulasannya.


Update Harga Anjing Chow Chow Dewasa dan Anakan (Puppy) di Indonesia


Harga Anjing Chow Chow

Jenis Anjing Chow Chow

Harga

Anjing Chow Chow Non Stambum Vietnam Anakan

Rp7.250.000 - Rp12.100.000 per ekor

Anjing Chow Chow Puppy Stambum Indonesia

Rp5.100.000 - Rp14.000.000 per ekor

Anjing Chow Chow Non Stambum Thailand Anakan

Rp10.010.000 - Rp15.000.000 per ekor

Anjing Chow Chow Asli China Anakan

Rp10.125.000 - Rp15.000.000 per ekor

Anjing Chow Chow Anakan Stambum Vietnam

Rp12.200.000 - Rp20.000.000 per ekor

Anjing Chow Chow Stambum Thailand Anakan

Rp15.050.000 - Rp25.000.000 per ekor

Anjing Chow Chow Stambum Thailand Dewasa

Rp20.000.00 – Rp35.000.000 per ekor

Sebagai informasi, harga anjing chow chow di atas telah kami dapatkan dari berbagai macam sumber. Nah, seperti harga hewan peliharaan pada umumnya, harga anjing chow chow di setiap daerah tidak sama.

Baca Juga: Harga Ayam Petelur DOC dan Dewasa (per Box dan Ekor)

Selain itu, harga anjing chow chow bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk mengetahui harga anjing chow chow teraktual, Anda bisa mengunjungi pet shop terdekat.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga anjing chow chow tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, anjing chow chow non stambum Vietnam anakan yang sebelumnya dibanderol Rp7 juta hingga Rp12 juta, naik menjadi Rp7,2 jutaan hingga Rp12,1 juta.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Anjing Chow Chow Dewasa dan Anakan (Puppy) di Indonesia"