Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Ikan Cakalang 1 Kg (Frozen, Suwir, Segar, dan Serut)

Update Harga Ikan Cakalang 1 Kg (Frozen, Suwir, Segar, dan Serut)

Memiliki bentuk fisik yang sama dengan tongkol dan tuna, ikan cakalang termasuk komoditi yang laris di pasaran. Harga ikan cakalang 1 kg atau per kilo tahun 2022 tergantung dari beratnya.

Umumnya, cakalang dijual dalam bentuk segar, frozen, dan suwir. Ada juga yang menawarkannya dalam bentuk kering dan serut. Namun, harga ikan cakalang suwir yang sudah dimasak menjadi abon, terbilang cukup mahal.

Perbedaan Tuna, Tongkol, Cakalang

Tuna

Umumnya, orang mengira, tongkol, tuna, dan cakalang itu sama. Karena bentuk fisik mereka yang mirip.

Padahal, tiga sebutan nama ikan itu merupakan jenis yang berbeda. Tuna, tongkol, dan cakalang mempunyai morfologis yang hampir sama karena berasal dari famili yang sama.

Tiga jenis ikan tersebut masih dalam rumpun Scombridae, hanya saja marganya berbeda. Tak hanya itu, jika diperhatikan lebih detail, Anda bisa menemukan perbedaannya dari segi fisik.

Baca Juga: Harga Ayam Poland Dewasa dan Anakan (Ori, Putih, Batik, Tanduk, dll)

Ikan tuna bertubuh super besar dan berat. Ini termasuk ikan pelagis besar yang bibitnya mampu mencapai berat lima kilo.

Sementara itu, tuna dewasa mampu mencapai 35 kg-350 kg di laut lepas. Hewan air laut ini termasuk salah satu primadona para pemancing.

Tongkol

Ikan tongkol memiliki tubuh agak kecil dibandingkan tuna. Panjangnya hanya mampu mencapai 60 cm di laut lepas.

Memiliki warna tubuh agak gelap, ikan ini juga terbilang lebih langsing dibandingkan tuna dan cakalang. Sementara itu, punggungnya berwarna biru gelap dengan garis-garis.

Cakalang

Selanjutnya, ikan cakalang yang dikenal paling mirip tongkol. Hewan air laut ini juga memiliki panjang 60 cm di pasaran. 

Namun, tubuhnya agak gemuk dan membulat, Punggungnya berwarna biru keunguan dan gelap.

Dibandingkan tongkol dan tuna, warna cakalang lebih terang. Selain itu, bagian ekornya lebih kurus dan ramping.

Asal Ikan Cakalang

Nama Lain Ikan Cakalang

Memiliki nama ilmiah Katsuwonus pelamis, cakalang masih satu keluarga dengan tuna (Scombridae). Namun, cakalang adalah satu-satunya spesies dari genus katsuwonus.

Nama genus cakalang berasal dari bahasa jepang, yakni katsue. Selain itu, cakalang dikenal dengan nama cakalan, cakang, kambojo, dan karamojo.

Ada juga yang menyebutnya sebagai ikan turingan. Sementara itu, di Eropa, ikan ini dikenal dengan skipjack tuna.

Habitat Ikan Cakalang

Seperti ikan tuna, cakang dapat ditangkap di laut dengan kedalaman 400 m. Habitat ikan pelagis ini adalah perairan dengan kadar garam atau salinitas 32-35 ppt.

Umumnya, cakalang ditemukan pada air bersuhu 17-31 derajat Celcius. Ikan cakalang berasal dari zona pelagik (tidak terlalu dekat dasar laut).

Tak hanya banyak dijumpai di lautan tropis, tetapi juga subtropis. Ini meliputi, Samudera Hindia, Pasifik, dan Atlantik. Sementara itu, jarang ditemukan di Laut Tengah.

Keberadaan Indonesia yang terletak di antara Samudera Pasifik dan Hindia, membuat lautan Nusantara kaya akan hasil laut. Salah satu komoditi laut yang cukup melimpah adalah cakalang.

Persebaran Cakalang di Indonesia

Hampir semua nelayan di Tanah Air menangkap ikan cakalang tiap harinya. Ikan cakalang tersebut, nantinya akan dijual ke berbagai daerah.

Namun, tentunya nilai jual cakalang di setiap daerah berbeda. Sebagai contoh, harga ikan cakalang Jogja bisa lebih murah daripada ikan cakalang Manado. 

Karena kebanyakan lapak ikan di Manado lebih suka menjual cakalang yang sudah diolah. Biasanya, orang Manado akan mengolahnya menjadi ikan asap atau lebih dikenal dengan cakalang fufu.

Persebaran cakalan di nusantara terbilang luas. Hewan air laut ini sudah diperjual belikan di pasar Surabaya, Jakarta, Pantai Depok, dan masih banyak lagi.

Untuk memperluas penyebarannya, beberapa orang menjual ikan cakalang mentah atau segar dengan cara online. Ini juga mempermudah mereka untuk mendapatkan banyak pelanggan.

Nah, supaya Anda tidak tertipu dengan rupa cakalang yang mirip tuna, Anda perlu mengetahui ciri morfologinya. Berikut adalah ciri fisik ikan cakalang.


Update Harga Ikan Cakalang 1 Kg (Frozen, Suwir, Segar, dan Serut)


Ciri Fisik Ikan Cakalang

Secara morfologi, cakalang memiliki tubuh yang agak bulat. Jika diperhatikan dengan detail, tubuhnya agak memanjang dengan bentuk fusiform.

Terdapat dua sirip di bagian punggungnya yang terpisah dengan jari-jari yang tajam dan lunak. Warna punggung ikan ini biru keunguan. Namun, ada juga yang gelap kehitaman.

Bagian bawah perut ikan cakalang berwarna perak dengan garis hitam memanjang. Garis ini berada di samping tubuhnya dan inilah yang menjadi ciri khas pelagis tersebut.

Baca Juga: Harga Ayam Cochin Anakan dan Dewasa (Mini, Kapas, Bantam, & Giant)

Sementara itu, sisik cakalang tidak sebanyak ikan laut pada umumnya. Anda hanya akan menemukan sisiknya di bagian barut badak. Sementara itu, hampir semua bagian tubuhnya tidak bersisik.

Di perairan bebas, ikan cakalang bisa tumbuh dengan panjang hingga satu meter. Sementara itu, beratnya mampu mencapai 18 kg.

Namun, jarang ada nelayan yang menjual ikan cakalang sebesar itu. Karena kebanyakan orang lebih suka membeli cakalang segar berukuran kecil.

Beberapa toko sushi juga lebih suka membeli cakang dengan berat 500 gr. Selain karena proses pemasakan yang sulit, semakin besar ukurannya, maka harga ikan cakalang akan semakin mahal.

Karakteristik Ikan Cakalang

Tak hanya memiliki morfologi yang unik, cakalang juga memiliki karakteristik yang tak biasa. Diketahui, penghuni zona pelagik ini berenang secara bergerombol.

Hidup dalam kawanan yang sangat besar, setiap kelompok terdiri dari lima puluh ribu ekor. Bisa dibayangkan, Anda seperti melihat halilintar laut saat berenang di dekatnya.

Kambojo akan memangsa berbagai macam ikan dan hewan laut berukuran kecil di sekitarnya. Meskipun ukurannya tak begitu besar, cakalan termasuk predator air laut sekelas hiu.

Terbilang usil, ikan pelagis ini juga suka mengejar hewan laut lain yang lebih lemah. Tak jarang pula, mereka suka menyesatkan penyu yang melintas.

Sifatnya yang bergerombol, membuat para nelayan mudah menangkapnya. Biasanya kambojo ditangkap menggunakan jaring raksasa dengan kapal khusus.

Setelah ditangkap, ikan akan langsung dimasukkan ke dalam kotak penyimpanan yang dipenuhi es. Ini akan membuat ikan tetap segar sampai di pasar. 

Masih serumpun dengan tongkol, cakalang segar yang baru diturunkan dari kapal tidak berbau. Selain itu, ukurannya membuktikan, penghuni zona pelagik ini memiliki daging melimpah.

Tekstur daging cakalang sangat berserat, tetapi lembut dan empuk. Apalagi setelah diolah menjadi sup atau sayur pedas. 

Selain lezat, ternyata daging kambojo memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Berikut rincian kandungan gizinya.

Kandungan Gizi Ikan Cakalang per 100 gr

  • 56,9 gr Air.
  • 204 kal Kalori.
  • 1,9 gr Karbohidrat.
  • 5,6 gr Lemak.
  • 176 mg Natrium.
  • 1,546 mcg Vitamin A.
  • 399 mg Fosfor.
  • 0,53 mg Vitamin B1.
  • 588 mg Kalium.
  • 0.07 Vitamin B2.

Selain itu, daging cakalang diperkaya omega-3 dan kalsium. Dengan kandungan gizi yang melimpah, tak heran jika harga ikan cakalang tidak murah. Berikut adalah manfaat makan daging ikan tersebut.


Update Harga Ikan Cakalang 1 Kg (Frozen, Suwir, Segar, dan Serut)


Manfaat Ikan Cakalang

  • Menjaga kesehatan jantung.
  • Mengontrol tekanan darah.
  • Memperkuat sel dan perkembangan otot.
  • Mencegah anemia.
  • Meningkatkan kesehatan tulang.
  • Mengurangi risiko kanker.
  • Mendukung tumbuh kembang anak.

Memiliki banyak manfaat dan kandungan, tentunya harga ikan cakalang tidak bisa dibilang terjangkau. Berikut adalah referensi nilai jual ikan tersebut.

Baca Juga: Harga Ayam Kalkun per Ekor Semua Jenis (Hidup & Potong)

Harga Ikan Cakalang

Varian Ikan Cakalang

Harga

Ikan Cakalang Frozen 500 gr

Rp22.500 - Rp27.000 per ekor

Ikan Cakalang Segar

Rp40.000 - Rp57.000 per kg

Ikan Cakalang Pedas

Rp62.000 - Rp78.000 per kg

Ikan Cakalang Fufu (Asap)

Rp72.000 - 90.000 per kg

Ikan Cakalang Abon

Rp232.000 - Rp250.000 per kg

Sebagai informasi, harga ikan cakalang di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Sama seperti komoditas air laut lainnya, harga ikan cakalang terbilang fluktuatif.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga ikan cakalang tahun 2022, mengalami sedikit kenaikan. Sebagai contoh, ikan cakalang frozen 500 gr yang semula dibanderol Rp22.000 hingga Rp25.000 per ekor, sedikit naik menjadi Rp22.500 - Rp27.000 per ekor.

Untuk mengetahui harga ikan cakalang teraktual, Anda bisa mengunjungi pasar terdekat. Anda juga bisa membeli ikan tersebut di minimarket atau pasar modern.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Ikan Cakalang 1 Kg (Frozen, Suwir, Segar, dan Serut)"