Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Daechang Halal dan Bedanya dengan Gopchang (Usus Sapi Korea)

Harga Daechang Halal dan Bedanya dengan Gopchang (Usus Sapi Korea)

Cukup banyak makanan asal Korea yang viral di Tanah Air, salah satunya daechang. Hidangan usus sapi bakar ini cukup diminati banyak orang, apalagi bagi mereka yang doyan jeroan. Meskipun begitu, harga daechang halal di Indonesia terbilang agak mahal.

Sempat di-review banyak food vloger, sudah banyak yang jual daechang terdekat. Anda tidak perlu bersusah payah bertanya-tanya, daechang beli dimana?

Baca Juga: Harga Coklat SilverQueen di Indomaret, Alfamart, dan Superindo

Hampir semua restoran Korea di Indonesia menawarkan daechang. Selain daechang ada juga gopchang. Beberapa lapak K-Food bahkan jual gopchang yang sudah dibumbui dan tinggal dibakar.

Umumnya, daechang sapi yang dipasarkan sudah dipotong-potong dan dicuci bersih. Untuk daechang frozen juga bisa langsung dimasak. Namun, perlu Anda ketahui bahwa daechang Korea seperti ini harganya lebih mahal jika sudah masuk restaurant.

Bahkan, dilansir dari beberapa sumber, daechang restaurant bisa dibanderol Rp500 ribu lebih. Meskipun begitu, itu tidak membuat para penikmat jeroan ciut nyalinya.

Rasanya yang terbilang lezat dengan tekstur yang kenyal, membuat lapak jual daechang di Nusantara laris manis. Bahkan, sebagai inovasi menarik, beberapa pedagang menawarkan daechang crispy.

Sebelum Anda mengetahui harga daechang halal, Anda perlu mengetahui gambaran harganya. Tentunya, untuk nilai jual daechang Semarang berbeda dengan nilai jual daechang Semarang. Begitu pula dengan harga gopchang Jakarta.

Sementara itu, bagi Anda yang masih sangat awam dengan jeroan dan K-Food, Anda perlu mengetahui seluk beluk daechang. Apalagi, banyak orang yang kesulitan membedakan daechang dengan gopchang dan makchang.


Harga Daechang Halal dan Bedanya dengan Gopchang (Usus Sapi Korea)


Perbedaan Daechang, Gopchang, dan Makchang

Karakteristik Daechang

Dikutip dari berbagai sumber, daechang, gopchang, dan makchang merupakan usus sapi. Perbedaannya adalah jenis usunya. Untuk daechang sendiri merupakan usus besar sapi yang ukurannya lebih besar dari gopchang dan makchang.

Dari teksturnya, daechang terbilang lebih kenyal dan memiliki daya membal lebih kuat. Selain itu, bagian ini lebih tebal dan berlemak. Meskipun begitu, banyak orang yang menyukainya.

Umumnya, daechang dibakar dengan bara api. Namun, beberapa orang ada yang menggorengnya dengan api panas supaya permukaannya menjadi krispi. Bagian dalam daechang umumnya diisi lemak sapi, sehingga menghasilkan rasa yang gurih dengan aroma tajam.

Jika dimasak dengan tepat, maka daechang memiliki tekstur krispi di luar dan lembut di dalam. Selain itu, lemak dalam usus akan meleleh di mulut saat digigit. Sensasi inilah yang membuat orang ketagihan.

Karakteristik Gopchang

Berbeda dengan daechang yang ukurannya besar, gopchang lebih kecil. Ini merupakan bagian dari usus kecil sapi. Gopchang biasanya juga disandingkan dengan daechang dan ini yang membuat beberapa orang kebingungan.

Seperti daechang, gopchang biasanya diisi dengan lemak sapi yang kenyal. Bagi para pencinta jeroan, mungkin gopchang kurang disukai. Ini karena teksturnya yang kurang kenyal. Meskipun begitu, gopchang memiliki serat yang lebih lembut dan mudah digigit.

Baca Juga: Harga Topokki di Indomaret, Alfamart, dan Superindo (Semua Merk)

Untuk kreasi yang menarik, beberapa orang akan mengisi gopchang dengan daging, tahu, telur, dan mi. Ini juga supaya ukuran gopchang tidak terlalu menyusut saat dibakar. Untuk tekstur luarnya juga krispi dengan bagian tengah yang lembut jika dimasak dengan tepat.

Karakteristik Makchang

Jika Anda bukan pencinta jeroan, tetapi penasaran dengan rasa usus sapi, Anda bisa memulai dengan hidangan makchang. Sekilas, ini mirip dengan gopchang, hanya saja ukurannya lebih kecil. 

Bisa dibilang, makchang adalah bagian usus sapi yang paling kecil di antara gopchang dan daechang. Ini juga sangat umum di kalangan pemula yang belum biasa makan jeroan. Juga disandingkan dengan gopchang dan daechang, rasanya tak kalah lezat.

Bagian luar makchang lebih krispi dibandingkan daechang dan gopchang. Sementara itu, dalamnya terbilang lembut dan sedikit kenyal. Jarang diisi dengan lemak, hidangan ini rasanya hampir mirip dengan usus ayam, hanya saja lebih berserat.


Harga Daechang Halal dan Bedanya dengan Gopchang (Usus Sapi Korea)


Tips Memasak Daechang

Mengetahui karakteristik daechang yang berbeda dengan makchang dan gopchang, Anda tidak bisa memasaknya sembarangan. Jika kurang tepat mengolah usus sapi ini, maka teksturnya akan alot dan keras.

Tak hanya itu, daechang berbeda dengan hidangan jeroan lainnya. Jika umumnya usus sapi harus direbus dulu, daechang tidak perlu direbus. Anda bisa langsung memanggangnya di atas bara api. Untuk bumbunya juga cukup diolesi minyak dan kecap asin.

Beberapa orang juga ada yang memarinasinya terlebih dahulu dalam minyak cabai, bawang putih, garam, dan potongan daun ketumbar. Namun, jika Anda ingin merasakan daechang ala Korea, Anda bisa memarinasinya dalam bumbu gochujang atau bumbu BBQ ala Korea.

Baca Juga: Harga Jamur Enoki per 100 Gr di Superindo, Alfamart, Indomaret, Dll

Sementara itu, daechang juga bisa dimasak menjadi hidangan berkuah. Untuk mengolahnya, daechang harus dipotong-potong dan dimasukkan dalam kuah mendidih. Hindari memasak daechang terlalu lama, karena bisa membuat teksturnya keras.

Sebagai hidangan jeroan, daechang cukup sulit ditemukan di minimarket dan pasar tradisional. Sehingga, untuk mengetahui harga daechang halal sekaligus membelinya, Anda bisa mengakses e-commerce. 

Sudah banyak lapak online yang menawarkan harga daechang halal dalam berbagai kemasan, mulai 200 gr, 500 gr, hingga 1 kg. Untuk merk dan varian rasanya juga cukup beragam, berikut rinciannya.

Harga Daechang Halal

Varian/Kemasan Daechang

Harga Daechang Halal

Daechang Halal 500 gr 

Rp40.000

Daechang Halal 1 kg 

Rp75.000

Kimchi Heaven Daechang Original 200 gr 

Rp167.000

Kimchi Heaven Daechang Original 500 gr 

Rp343.000

Kimchi Heaven Daechang Original 1 kg 

Rp614.000

Kimchi Heaven Daechang Cabe Pedas 200 gr 

Rp187.300

Kimchi Heaven Daechang Cabe Pedas 500 gr 

Rp361.000

Kimchi Heaven Daechang Cabe Pedas 1 kg 

Rp631.000

Fresh Meat Daechang/Gopchang Frozen Cabe Pedas 200 gr 

Rp544.000

Fresh Meat Daechang/Gopchang Frozen Kecap Original 200 gr

Rp544.000

Fresh Meat Daechang/Gopchang Frozen Cabe Pedas 500 gr 

Rp754.000

Fresh Meat Daechang/Gopchang Frozen Kecap Original 500 gr

Rp754.000

Fresh Meat Daechang/Gopchang Frozen Cabe Pedas 1 kg 

Rp1.094.000

Fresh Meat Daechang/Gopchang Frozen Kecap Original 1 kg 

Rp1.094.000

Sebagai informasi, harga daechang halal di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber. Tentunya, harga daechang halal bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Posting Komentar untuk "Harga Daechang Halal dan Bedanya dengan Gopchang (Usus Sapi Korea)"