Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Anjing Rottweiler (Puppy & Dewasa) dan Cara Memeliharanya

Update Harga Anjing Rottweiler (Puppy & Dewasa) dan Cara Memeliharanya

Selain doberman dan herder, beberapa orang memilih memelihara rottweiler untuk dijadikan hewan penjaga. Meskipun harga anjing rottweiler tidak murah, tetapi kemampuannya untuk menjaga rumah tak perlu diragukan lagi.

Umumnya, orang akan memelihara anabul ini dari kecil atau puppy, sehingga mudah dilatih. Harga anak anjing rottweiler juga lebih murah dibanding harga anjing rottweiler besar atau dewasa.

Adopsi anjing rottweiler dari anakan juga tidak terlalu sulit. Karena anjing tidak terlalu rewel.

Baca Juga: Harga Burung Lovebird Anakan dan Dewasa (Biola, Violet, Albino, dll)

Sebelum membahas daftar harga anjing rottweiler dan cara merawatnya, pastikan Anda mengetahui asal hewan ini. Berikut penjelasannya.

Asal Rottweiler

Tugas Utama Rottweiler

Termasuk anjing domestik bertubuh medium to large, rottweiler konon berasal dari Jerman. Memiliki nama Rottweiler merzgerhud, ini adalah spesies yang kerap dijadikan sebagai anjing gembala.

Juga sebagai alternatif anjing gembala jerman, kepiawaian rottweiler menjaga ternak patut diacungi jempol. Tak hanya itu, anabul ini tergolong sebagai anjing penjagal.

Tugas utama rottweiler selain menggembala ternak adalah menarik gerobak hasil jagalan. Gerobak berisi daging hewan ternak segar ditarik anjing ini untuk dijual ke pasar.

Saat kereta api mulai berkembang, rottweiler tak lagi menjadi penarik gerobak. Meskipun begitu, tugas sebagai penjaga ternak tetap berlangsung.

Termasuk hewan yang mempunyai tingkat waspada tinggi, anjing ini kemudian dimanfaatkan untuk keperluan militer. Beberapa orang juga menjadikannya sebagai anjing penyelamat dan pelacak.

Merupakan salah satu jenis anjing yang cerdas, rottweiler kemudian dimasukkan dalam list 20 anjing terpopuler di Amerika. Tak hanya itu, kini spesies tersebut diperjualbelikan ke berbagai negara.

Persebaran Anjing Rottweiler

Di Indonesia, rottweiler asli umumnya diimpor langsung dari Jerman. Tetapi sudah ada yang mengembangbiakkannya secara lokal.

Tentunya, nilai jual rottweiler di tiap daerah tak sama. Harga anjing rottweiler di Bali misalnya, tidak sama dengan nilai jual anjing rottweiler di Surabaya. 

Selain itu, setiap tahun, nilai jual anjing ini berubah atau fluktuatif. Harga rottweiler puppy tahun 2021 terbilang lebih murah dibandingkan nilai jual anjing rottweiler anakan tahun 2022.

Selain umum dijual di Jakarta dan Surabaya, rottweiler ditawarkan di Denpasar, Malang, Medan, dan Bogor. Selain itu, ada breeder yang menawarkan harga anjing rottweiler Malaysia dengan harga agak murah. Karena untuk mengurangi jumlah anjing yang dipelihara.

Tak hanya diadopsi karena cerdas, rottweiler juga memiliki bentuk fisik yang unik. Berikut adalah ciri fisik anjing tersebut.

Ciri Fisik Anjing Rottweiler

Bentuk Kepala Anjing Rottweiler

Termasuk anjing besar, rottweiler mempunyai kepala berbentuk bulat dengan tulang pipi menonjol. Moncongnya tidak terlalu panjang dan cenderung masuk ke dalam.

Mata anjing ini tidak terlalu besar dan berbentuk biji almond. Warna matanya cokelat tua dan berkilau.

Jika Anda menemukan rottweiler bermata kuning, tandanya anabul ini sedang tidak sehat. Segera bawa anjing Anda ke klinik hewan terdekat.

Telinga anjing ini juga lebar dan tidak terlalu panjang. Biasanya, anjing akan menekuk telinganya ke bawah dan ini membuatnya terlihat imut.

Berat Anjing Rottweiler

Tubuh rottweiler cenderung tegap, kokoh, dan berotot. Selain itu, anjing ini mempunyai badan yang cenderung panjang.

Untuk anjing rottweiler jantan bisa tumbuh setinggi 61 cm hingga 70 cm. Sementara betina lebih pendek, yakni 56 cm hingga 63 cm.

Sementara itu, berat anjing jantan dewasa bisa sekitar 50 kg hingga 60 kg. Untuk anjing betina dewasa lebih ringan, yaitu sekitar 35 kg hingga 48 kg.

Baca Juga: Harga Burung Murai Anakan dan Dewasa (Batu, Air, Albino, dll)

Jika anabul memiliki berat badan melebihi standar tersebut, maka anjing berisiko obesitas. Sementara itu, jika anjing memiliki berat di bawah standar ini, maka dikatakan malnutrisi.

Bulu Anjing Rottweiler

Termasuk jenis anjing pekerja, rottweiler memiliki bulu yang tipis dan lebat. Pada bagian leher, bulunya cenderung lebih panjang dan terlihat seperti jenggot.

Ekornya juga tertutup bulu yang agak panjang dibandingkan bulu tubuhnya. Sementara itu, bulu di bagian kaki dan tangannya sangat pendek.

Tekstur bulu anjing ini sangat lembut, mudah disisir, dan jarang rontok. Untuk warnanya beragam, tetapi umumnya hitam, cokelat tua, dan coklat susu. 

Meskipun memiliki bentuk fisik yang garang, ternyata Rottweiler termasuk hewan yang ramah. Untuk lebih jelas mengenai sifatnya, Anda bisa melihat rincian berikut.


Update Harga Anjing Rottweiler (Puppy & Dewasa) dan Cara Memeliharanya


Sifat Anjing Rottweiler

  • Sifat teritorial tinggi untuk melindungi keluarga dan rumah.
  • Sangat protektif kepada ownernya.
  • Tidak bisa cepat akrab dengan orang asing.
  • Selalu waspada dan berhati-hati terhadap orang asing.
  • Peka dan bisa membedakan orang baik dan jahat.
  • Sedikit agresif dan bisa menyerang orang asing serta anjing lain.
  • Loyal terhadap majikannya.
  • Bersahabat dengan orang yang dikenal. 
  • Senang bermain dengan anak-anak.
  • Penyayang dan ramah kepada ownernya.
  • Dingin dan tidak peduli dengan orang asing.
  • Energik dan suka berlarian.
  • Mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar.
  • Bukan jenis anjing yang manja dan ketergantungan dengan ownernya.

Tak hanya itu, rottweiler termasuk anjing yang setia kepada ownernya. Inilah yang membuat harga anjing rottweiler 2022 tidak bisa dibilang murah. Sementara itu, berapa lama usia anjing rottweiler? Berikut ulasannya.

Usia Anjing Rottweiler

Memiliki daya tahan tubuh tinggi, rottweiler termasuk anjing yang jarang terkena penyakit. Umumnya, mamalia ini bisa bertahan hidup selama 8-10  tahun.

Namun, beberapa owner mengungkapkan bahwa anjing rottweiler mereka mampu bertahan hingga 15 tahun. Semua ini tentu juga berkaitan dengan cara memeliharanya.

Semakin baik dan tepat Anda memelihara anjing, maka semakin panjang usianya. Selain itu, anjing juga membutuhkan vitamin supaya daya tahan tubuhnya semakin meningkat.

Sebelum mengetahui harga anjing rottweiler asli anakan dan indukan, Anda perlu mengetahui cara merawatnya. Meskipun termasuk anjing domestik, hewan ini harus dipelihara dengan tepat seperti berikut.

Baca Juga: Harga Burung Kepodang (Emas, Kuning, Batu, Jawa, Sumatera, Dll)

Cara Memelihara Anjing Rottweiler

  • Ajak anabul Anda berjalan-jalan secara rutin untuk membantu menjaga berat badannya. Karena bobot anjing tersebut mudah bertamah, sehingga badannya menjadi mudah gemuk.
  • Supaya rottweiler tidak bosan, ajaklah mereka bermain lempar tangkap. Anda juga bisa mengajaknya untuk latihan mencari benda atau sekadar kejar-kejaran.
  • Bersihkan kandang anjing setiap hari minilam dua kali. Sambil membersihkan kandang, jangan lupa untuk mengganti air minumnya.
  • Merawat bulu rottweiler sangat mudah, karena Anda hanya perlu menyisirnya setiap minggu. Ini untuk meminimalkan kerontokan dan mencegah kutu.
  • Anda juga harus rajin memandikan anjing menggunakan shampo dan kondisioner khusus. Lakukan perawatan ini maksimal sebulan sekali.
  • Supaya anjing selalu bersih, anda harus memotong kuku dan membersihkan telinganya. Ini sangat penting supaya anjing bebas penyakit menular dan parasit.
  • Berikan pakan dengan kandungan lemak, protein, dan vitamin yang lengkap. Namun, sebaiknya Anda memberikan jenis pakan rendah lemak.
  • Supaya rottweiler tidak bosan, secara berselang-seling berikan pakan basah. Anda juga boleh menambahkan susu supaya anjing mendapatkan nutrisi cukup.
  • Pakan anjing harus diberikan sebanyak dua kali sehari dan disesuaikan dengan usianya. Anda juga bisa memberinya snack untuk meningkatkan nafsu makannya.

Cara merawat anjing rottweiler memang tidak sulit, tetapi membutuhkan biaya yang tidak murah. Selain itu, Anda harus mengajaknya ke dokter untuk vaksin dan melakukan cek kesehatan. Lalu, berapa harga anjing rottweiler saat ini? Berikut rinciannya.


Update Harga Anjing Rottweiler (Puppy & Dewasa) dan Cara Memeliharanya


Harga Anjing Rottweiler

Kategori Anjing Rottweiler

Harga

Anjing Rottweiler Puppy Non Stamboom

Rp1.200.000-Rp3.000.000 per ekor

Anjing Rottweiler Puppy Stamboom

Rp3.200.000-Rp3.800.000 per ekor

Anjing Rottweiler Dewasa Jantan atau Betina Non STB

Rp5.500.000-Rp8.100.000 per ekor

Anjing Rottweiler Dewasa Jantan dan Betina Stamboom

Rp9.000.000-Rp13.200.000 per ekor

Sebagai informasi, harga anjing rottweiler di atas telah kami rangkum dari situs jual beli online. Perlu diingat, harga anjing rottweiler tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Jika dibandingkan tahun 2021, anjing rottweiler harga jualnya tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, sebelumnya, Anda bisa beli anjing rottweiler non stamboom seharga Rp1 juta hingga Rp2,7 jta per ekor. Nah, pada tahun ini, dibanderol Rp1,2 juta hingga Rp3 juta per ekor.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Anjing Rottweiler (Puppy & Dewasa) dan Cara Memeliharanya"