Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Anjing Dalmatian Anakan (Puppy) dan Dewasa per Ekor

Update Harga Anjing Dalmatian Anakan (Puppy) dan Dewasa per Ekor

Kelebihan anjing Dalmatian sudah tidak perlu diragukan lagi. Inilah yang membuat harga anjing Dalmatian tidak bisa dibilang murah. Tak hanya itu, dalmatian masuk list harga anjing termahal saat ini.

Asal Anjing Dalmatian

Anjing Dalmatian Kroasia

Jika dibandingkan dengan harga anak anjing husky, tentunya harga anjing dalmatian 2021 lebih mahal. Tak hanya itu, harga anjing labrador juga tersaingi dengan anabul ini.

Sebelumnya, tak banyak informasi mengenai ras Dalmatian. Namun, dari berbagai sumber menyatakan, Dalmatian adalah anjing dari Kroasia.

Baca Juga: Harga Ikan Koki Bibit dan Dewasa (Panda, Oranda, dan Lainnya)

Pertama kali, Dalmatian ditemukan di daerah Dalmatia di Pantai Adriatik. Selama berabad-abad, anabul ini digolongkan sebagai anjing pekerja. 

Manfaat Anjing Dalmatian

Sebagai golongan ras pekerja, Dalmatian kerap diajak berburu dan sebagai penjaga. Tak hanya itu, beberapa tentara mengajaknya berperang dan petugas pemadam kebakaran mengajaknya memadamkan api.

Dengan bentuk fisiknya yang unik, Dalmatian juga kerap tampil di acara TV dan populer. Di abad ke-18 dan ke-19, Dalmatian dipelihara untuk keperluan fashion.

Ini mirip dengan cerita 101 Dalmatian atau Cruella besutan Disney. Oleh orang kaya di Inggris, Dalmatian dikembangbiakkan sebagai referensi pembuatan busana. Ini juga yang membuat harga anjing Dalmatian semakin melejit.

Persebaran Anjing Dalmatian

Semakin populer, Dalmatian mulai masuk ke Amerika Serikat. Spesies ini juga mulai tersebar secara luas dan dijadikan sebagai simbol pemadam kebakaran.

Ras Dalmatian juga umum dijadikan pemimpin kuda yang menarik kereta di abad ke-19. Akhirnya, karena bentuk fisik yang unik si tutul ini dijadikan hewan peliharaan dan diklasifikasikan sebagai anjing show.

Pamor anjing Dalmatian semakin meroket berkat film-film yang mengusungnya. Ini juga membuat masyarakat di Indonesia ingin memeliharanya.

Umumnya, ras anabul ini didapatkan secara impor di Nusantara. Ada yang membelinya dari Inggris, Amerika, dan masih banyak lagi.

Untungnya, sudah banyak breeder asal Indonesia yang mencoba mengembangbiakkan Dalmation di Nusantara. Bahkan sudah ada iklan jual anjing Dalmatian Surabaya.

Tak hanya itu, anabul ini juga kerap memasuki situs hibah anjing Dalmatian. Karena beberapa breeder yang merasa kewalahan banyak anjing. 

Nah, sebelum membahas harga anjing dalmatian, Anda perlu mengetahui ciri-cirinya. Berikut adalah ciri fisik anabul ini.


Update Harga Anjing Dalmatian Anakan (Puppy) dan Dewasa per Ekor


Ciri Fisik Anjing Dalmatian

Bentuk Kepala Anjing Dalmatian

Tergolong anjing bertubuh medium, Dalmatian memiliki bentuk kepala menonjol di bagian dahi. Cenderung oval dengan rahang yang menonjol, anjing ini terlihat sangat tirus.

Moncongnya tidak terlalu panjang dan cenderung menempel dengan dahinya. Sementara itu hidungnya berbentuk segitiga dan agak besar.

Gigi Dalmatian tidak terlalu mencuat dan ini membuatnya terlihat sebagai anjing yang ramah. Mata anjing ini juga tidak terlalu besar dan cenderung bulat.

Telinga Dalmatian cenderung memanjang dan berbentuk segitiga. Umumnya, anabul ini suka membiarkan telinganya jatuh ke bawah.

Tubuh Anjing Dalmatian

Bukan termasuk jenis anjing yang terlalu sporty, badan Dalmatian cenderung kurus berotot. Postur tubuhnya tegap dan memanjang dengan dada yang membusung ke depan.

Anjing ini memiliki leher yang panjang dan ini yang membuat lolongannnya terdengar kencang. Sementara itu, kakinya jenjang dan cenderung tinggi.

Untuk anjing Dalmatian jantan bisa tumbuh dengan tinggi badan 58 cm hingga 61 cm. Sementara itu, betina lebih pendek, yakni mencapai 56 cm hingga 58 cm.

Berat badan anjing jantan bisa mencapai 15 kg hingga 32 kg. Sementara itu, betina lebih ringan, yakni 16 kg hingga 24 kg.

Bulu Anjing Dalmatian

Ciri khas yang paling utama dari Dalmatian adalah bulunya. Dilansir dari Kompas, anjing ini terlahir dengan bulu berwarna putih polos.

Seiring berjalannya waktu, muncul bintik-bintik atau totol berwarna hitam. Sekilas, motif bulu anjing ini mirip dengan sapi.

Baca Juga: Harga Kucing Toyger Asli (Anakan & Dewasa) di Indonesia

Bintik hitam dalmatian umumnya akan mulai muncul saat puppy berusia 2-3 minggu. Saat usianya lebih dari sebulan, akan ada totol hitam besar yang muncul.

Selain bertotol cokelat, ada juga Dalmatian berbintik cokelat. Namun, jenis ini sangat langka dan harga anjing dalmatian tersebut juga lebih mahal.

Bulu Dalmatian cenderung pendek dan halus. Sehingga, mudah disisir dan diatur, apalagi jika Anda sering merawatnya.

Kelainan Anjing Dalmatian

Meskipun Dalmatian cerdas dan sangat berbakat, nyatanya ham[ir 30% dari mereka mengalami gangguan genetik. Secara genetik, beberapa anjing mengalami tuli atau gangguan pendengaran.

Ada yang mengatakan, gangguan genetik ini berkaitan dengan binti-bintik hitam di bulunya. Meskipun begitu, beberapa orang tidak mempermasalahkannya.

Gen yang menimbulkan totol di bulunya, diketahui membuat pendengaran Dalmatian berkurang seiring bertambahnya usia. Ini karena bintik-bintik hitam tersebut membuat melanosit pada telinga dalam anjing berkurang.

Melanosit adalah sel penghasil melanin. Ini yang membuat hewan memiliki warna pada kulitnya.

Usia Anjing Dalmatian

Dengan ciri fisik yang menarik, tak heran banyak orang yang menginginkan Dalmation. Nah, sebelum mengetahui harga anjing Dalmatian, pastikan Anda mengetahui usia maksimalnya.

Memiliki nama ilmiah Canis lupus familiaris, Dalmatian tergolong anjing yang bisa hidup lama. Anda bisa menjadikannya sebagai teman mulai anakan hingga dewasa.

Dalmatian memiliki masa hidup mulai 10 tahun hingga 13 tahun. Namun, jika Anda memeliharanya dengan tepat, maka usianya bisa menjadi lebih panjang.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda mengadopsi Dalmatian. Berikut adalah cara memelihara anjing Dalmatian.

Cara Memelihara Anjing Dalmatian

  • Biarkan anjing berlarian dan bermain di dalam rumah. Karena Dalmatian suka kebebasan dan tidak ingin dikekang.
  • Berikan tempat khusus untuk anabul Anda bermain dan berlarian. Anda bisa menjadikan pekarangan rumah sebagai area bermain Dalmation.
  • Selalu ajak anabul Anda olahraga dan jalan-jalan. Ini agar mereka tidak stres dan bosan di rumah saja.
  • Bersihkan kandang anjing setiap hari minimal dua kali. Jangan lupa untuk mengganti air minumnya setiap hari sekali.
  • Untuk puppy dalmatian harus diberi makan sebanyak tiga kali sehari ditambah dengan susu anjing. Sementara itu, dalmatian dewasa membutuhkan makan dua kali sehari.
  • Pakan yang diberikan harus mengandung lemak, protein, dan vitamin yang lengkap. Ini akan membantu tumbuh kembangnya.
  • Suplemen, vitamin, dan vaksin harus diberikan secara rutin sesuai dosis dan kebutuhan. Anda juga harus membawanya ke dokter hewan setiap enam bulan sekali. 
  • Sangat penting mengecek kesehatan anjing. Karena Dalmatian memiliki kelainan genetik yang tak biasa.
  • Mandikan anjing minimal sebulan sekali dan menyisir bulunya setiap minggu. Ini supaya anjing bebas dari parasit dan jamur.
  • Jangan lupa untuk membersihkan telinga anjing setiap minggu.potong juga kukunya supaya tidak melukai Anda.

Perlu diketahui, meskipun memelihara Dalmatian terbilang mudah, Anda harus menyiapkan biaya yang tidak murah. Selain itu, Anda harus memahami sifat dan karakteristik anjing seperti berikut.

Baca Juga: Harga Anjing Tibetan Mastiff Anakan & Dewasa di Indonesia

Sifat Anjing Dalmatian

  • Energik dan sangat suka bermain dengan anak kecil.
  • Suka berlarian dan mengeksplorasi tempat baru.
  • Rasa penasaran tinggi dan selalu ingin tahu.
  • Suka mengikuti majikannya.
  • Manja dan suka dielus atau dipeluk.
  • Ramah dan setia kepada ownernya.

Sebagai anjing keluarga, Dalmatian kerap dijadikan babysitter dan membantu para ibu menjaga bayinya. Lalu, berapa harga anjing Dalmatian? Berikut rinciannya.


Update Harga Anjing Dalmatian Anakan (Puppy) dan Dewasa per Ekor


Harga Anjing Dalmatian

  • Puppy Anjing Dalmatian Non Stamboom: Rp3.950.000-Rp4.250.000 per ekor.
  • Anakan Anjing Dalmatian Stambboom: Rp4.500.000-Rp7.450.000 per ekor.
  • Anjing Dalmatian Dewasa Jantan atau Betina Non Stambum: Rp11.000.000-Rp13.000.000 per ekor.
  • Adult Dalmation Jantan atau Betina Stamboom: Rp17.000.0000-Rp30.000.000 per ekor.

Sebagai informasi, harga anjing Dalmatian di atas kami rangkum dari forum jual beli anjing dan situs e-commerce. Tentunya, harga anjing Dalmatian bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga anjing Dalmatian tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, puppy anjing Dalmatian non stamboom yang semula dibanderol Rp3,7 juta - Rp4 juta, naik menjadi Rp3,9 juta - Rp4,2 juta per ekor.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Anjing Dalmatian Anakan (Puppy) dan Dewasa per Ekor"