Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Burung Prenjak (Jali, Emas, Kristal, Kepala Merah, dll) Terbaru

Harga Burung Prenjak (Jali, Emas, Kristal, Kepala Merah, dll) Terbaru

Pastinya Anda sudah sangat familier dengan burung prenjak. Dengan suara kicaunya yang merdu, tak heran banyak yang ingin memeliharanya. Apalagi, harga burung prenjak, baik anakan maupun dewasa, relatif terjangkau.

Sebagai jenis burung yang banyak ditemukan di alam, sebetulnya prenjak termasuk hama pertanian. Burung yang mahir berkicau ini dianggap sebagai musuh petani padi.

Meskipun begitu, banyak pencinta burung kicau yang menyukainnya. Hal ini karena burung prenjak mudah didapatkan.

Baca Juga: Harga Burung Nuri Kepala Hitam (Anakan, Dewasa, per Ekor, & Pasang)

Bagi Anda yang tinggal di pedesaan atau lingkungan yang masih asri, Anda bisa menemukan prenjak di atas genting rumah. Namun, kebanyakan prenjak lebih suka hinggap di pepohonan besar.

Namun, bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan, mungkin sulit menemukan prenjak liar. Anda baru bisa menemukannya di pasar burung.

Sebelum membelinya, pastikan Anda mengetahui jenis prenjak yang paling bagus untuk dipelihara. Jenis burung prenjak sangat bergam, berikut ulasannya.

Jenis-Jenis Burung Prenjak

Burung Prenjak Jawa

Biasa disebut ciblek atau prenjak jali, burung prenjak jawa termasuk yang paling umum di pasaran.

Harga ciblek juga terbilang relatif terjangkau. Tak jarang ada yang menawarkan harga prenjak jali mulai puluhan ribu rupiah. Berbeda dengan harga burung kacer.

Ciri burung ciblek adalah ukuran tubuhnya yang bisa mencapai 12 cm dengan bulu berwarna kecokelatan. Sekilas, itu mirip burung gereja, hanya saja ekornya lebih panjang.

Selain itu, terdapat bulu putih di bagian dada, sayap dan ujung ekornya. Untuk suaranya terbilang lantang dan merdu.

Burung Prenjak Lumut

Termasuk jenis burung kicau mungil, prenjak lumut mampu tumbuh hingga 10 cm. Bukan termasuk harga burung prenjak termahal, banyak yang mengincar jenis ini.

Nah, supaya burung prenjak lumut bisa berkicau lantang, berikan makanan burung prenjak yang sehat. 

Anda bisa memberikan voer dan serangga. Namun, lebih disarankan memberikan pakan hidup supaya burung mendapatkan gizi cukup.

Burung Prenjak Kepala Merah

Jenis prenjak yang satu ini kerap dijumpai di sekitar hutan dan rumpun bambu. Termasuk yang populer, harga burung prenjak merah ini cukup mahal.

Apalagi, untuk harga burung prenjak kepala merah gacor. Harga burung prenjak kepala merah bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Seperti namanya, ciri khas burung ini adalah warna kepalanya yang merah. Selain itu, kicauan burung ini cenderung panjang dan jernih.

Burung Prenjak Kristal

Juga termasuk jenis prenjak yang populer, prenjak kristal memiliki karakter suara yang bagus. Itu juga yang membuat harga burung prenjak kristal agak mahal di pasaran. Namun, masih murah dibandingkan harga burung kakatua.

Kerap disebut sebagai ciblek putih banyak yang menawarkannya dalam usia remaja. Harga burung prenjak putih bisa mencapai ratusan ribu rupiah per ekor.

Mampu tumbuh sepanjang 15 cm, ciblek kristal mempunyai ekor lebih panjang dari jenis prenjak lainnya. Di bagian ujung ekornya berwarna putih tulang.

Sementara itu, bagian punggung burung berwarna biru kehitaman. Ciri khas ciblek kristal asli adalah terdapat garis putih di lehernya.

Burung Prenjak Tebu

Seperti namanya, burung prenjak tebu kerap dijumpai di kebun tebu. Burung ini akan muncul saat waktunya panen tebu.

Memiliki suara yang merdu, prenjak tebu umumnya ditangkap para petani tebu untuk dipelihara. Ciri khasnya adalah warna kucing cerah pada bulunya,

Selain itu, bagian kepala hingga punggungnya berwarna keabu-abuan. Untuk leher hingga dadanya berwarna putih.

Burung Prenjak Padi

Dari semua jenis prenjak yang ada, prenjak padi merupakan musuh terbesar petani. Meskipun begitu, banyak yang menyukainya karena kepiawaiannya dalam berkicau.

Baca Juga: Harga Burung Merpati Balap (Anakan, Dewasa, per Ekor, & Pasang)

Ciri khas prenjak padi adalah bulunya yang berwarna coklat. Selain itu, alisnya berwarna putih.

Namun, ada juga ciblek sawah yang berbulu kuning tua di bagian dadanya. Tak hanya itu, beberapa prenjak padi berbulu merah kekuningan di bagian perutnya.


Harga Burung Prenjak (Jali, Emas, Kristal, Kepala Merah, dll) Terbaru


Burung Prenjak Gunung

Sekilas, prenjak gunung mirip dengan prenjak jawa. Hanya saja, burung ini lebih sering ditemukan di gunung.

Selain itu, terdapat bulu berwarna keabu-abuan di bagian punggungnya. Untuk suara kicaunya sendiri cenderung rapat dan jernih.

Itu karena ujung paruh prenjak gunung yang lebih pendek dibandingkan jenis lainnya. Sementara itu, dadanya berwarna abu-abu.

Burung Prenjak Emas

Bagi Anda yang mencari prenjak dengan bulu dan suara kicau indah, cobalah untuk memelihara prenjak emas. Burung ini mempunyai paruh berwarna hitam di bagian atas dan coklat di bagian bawah.

Sementara itu, bulu bagian punggung dan sayapnya berwarna cokelat. Lalu, bagian dada dan bawah tubuhnya berwarna kuning cerah.

Mempunyai tubuh sepanjang 12 cm, prenjak emas bisa mempunyai suara yang merdu. Ini juga yang membuatnya kerap diikutkan kontes kicau.

Burung Prenjak Kebun

Seperti namanya, prenjak kebun kerap muncul di area perkebunan, seperti kebun kopi atau coklat. Burung ini mempunyai ekor panjang dengan warna zaitun.

Bagian leher hingga bawah ekor burung kicau ini berwarna putih. Ciri khas prenjak kebun adalah semburat putih di sayapnya.

Dengan suaranya yang merdu, kadang keberadaan prenjak kebum mampu mengusir lelah para pekerja di perkebunan. Itu juga yang membuatnya kerap dijadikan peliharaan.

Burung Prenjak Alang-Alang

Dibandingkan dengan jenis prenjak lainnya, prenjak alang-alang adalah jenis yang paling kecil. Meskipun mungil, unggas kicau tersebut mempunyai suara yang merdu dan unik.

Hampir mirip dengan burung gereja, ekor dan paruh prenjak alang-alang cenderung lebih panjang. Sementara itu, bulu bagian leher hingga bawah ekornya berwarna putih kekuningan.

Tidak sulit menemukan prenjak alang-alang, karena sudah banyak yang jual prenjak gacor untuk jenis ini. Anda juga bisa menangkapnya langsung di alam liar.

Itulah jenis-jenis burung prenjak yang kerap ditemukan di pasaran. Sebelum mengetahui harga burung prenjak, sebaiknya Anda mempelajari cara atau tips memeliharanya. Tentunya, itu berbeda dengan yang ada di dalam jual cucak ijo OLX.


Harga Burung Prenjak (Jali, Emas, Kristal, Kepala Merah, dll) Terbaru


Tips Memelihara Burung Prenjak

  • Sediakan sangkar atau kandang khusus untuk memelihara prenjak.
  • Pastikan sangkar diletakkan di tempat dengan pencahayaan cukup.
  • Pasang tempat makan dan minum secara terpisah dalam sangkar.
  • Selalu bersihkan kandang atau sangkar prenjak, minimal sekali sehari.
  • Ganti air minum burung setiap pagi dan sore.
  • Pakan harus diberikan secara rutin dan teratur.
  • Berikan cacing sutra dan serangga untuk pakan.
  • Ajari burung prenjak untuk berkicau menggunakan masteran.
  • Mandikan burung prenjak menggunakan spray.
  • Setelah dimandikan, jemur burung selama 15 menit.
  • Vitamin boleh diberikan untuk mendukung daya tahan tubuh prenjak.

Lakukan tips di atas supaya prenjak yang Anda pelihara tidak mudah sakit. Lalu, berapa harga burung prenjak saat ini?

Baca Juga: Harga Burung Wambi (Anakan, Dewasa, per Ekor, & per Pasang)

Harga Burung Prenjak

Jenis Burung Prenjak

Harga per Ekor

Burung Prenjak Padi 

Rp30.000 - Rp200.000

Burung Prenjak Jawa (Jali) 

Rp57.000 - Rp200.000

Burung Prenjak Lumut 

Rp35.000 - Rp200.000

Burung Prenjak Kepala Merah 

Rp37.000 - Rp200.000

Burung Prenjak Tebu 

Rp85.000 - Rp200.000

Burung Prenjak Kebun 

Rp50.000 - Rp200.000

Burung Prenjak Alang-Alang 

Rp50.000 - Rp200.000

Burung Prenjak Emas 

Rp50.000 - Rp300.000

Burung Prenjak Gunung 

Rp200.000 - Rp600.000

Burung Prenjak Kristal 

Rp200.000 - Rp700.000

Sebagai informasi, harga burung prenjak di atas telah kami rangkum dari forum jual beli burung kicau. Tentunya, harga burung prenjak bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah. Itu seperti harga burung serindit.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Burung Prenjak (Jali, Emas, Kristal, Kepala Merah, dll) Terbaru"