Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Anjing Samoyed Anakan (Puppy) dan Dewasa per Ekor

Update Harga Anjing Samoyed Anakan (Puppy) dan Dewasa per Ekor

Selain Siberian Husky dan Alaskan malamute, Samoyed diklaim sebagai anjing salju terindah di dunia. Tak heran, jika harga anjing Samoyed tidaklah murah, baik itu puppy atau anakan dan dewasa jantan atau betina. 

Bukan termasuk anjing lokal, di Indonesia, Samoyed mulai dikembangbiakkan secara ilegal dan persebarannya mulai dari Jakarta, Surabaya, Hingga Bali. Meskipun harga anjing Samoyed tidak murah, beberapa orang mengadopsinya karena bentuk fisik yang lucu.

Baca Juga: Harga Anjing Shiba Inu Jepang (Puppy dan Dewasa) 2022

Meskipun perawakannya tidak terlalu besar dan cenderung kecil, anak anjing dan Samoyed dewasa bisa bersaing dengan anjing ras lain, seperti Golden retriever untuk soal biaya adopsi. Tak hanya itu, tarif perawatan anabul ini juga tak kalah dengan anjing Chow-Chow dan Lakeland terrier.

Asal Anjing Samoyed

Bukan anjing lokal atau domestik, Samoyed berasal dari Siberia, Asia Utara. Penamaannya sendiri diambil dari nama salah satu suku yang terkenal membiakkannya, yakni suku Samoyed.

Suku Siberia tersebut sebenarnya tidak menggunakan Samoyed sebagai hewan peliharaan rumah seperti sekarang. Namun menjadikan Samoyed sebagai anjing pekerja untuk menarik kereta.

Faktanya, karena dijadikan anjing penarik kereta salju, banyak orang yang mengenai anabul ini dari cerita klasik Sinta Claus. Anjing berbulu putih dalam cerita khas saat Natal tersebut adalah Samoyed.

Sementara Samoyed di Eropa dan Asia Utara berasal dari Siberia, tidak di Indonesia. Untuk lebih mempermudah breeding Samoyed di Nusantara, anjing di-impor dari Thailand.

Setelah beberapa waktu, akhirnya Samoyed di Indonesia tidak hanya diimpor dari thailand, tetapi juga ada Samoyed Indonesia. Meskipun bukan lokal, berkat adanya Samoyed Indonesia, pencinta anabul tidak perlu repot meng-impornya.

Namun, jika Anda ingin memiliki Samoyed Eropa, Amerika, dan Rusia, Anda harus merogoh kocek sangat mahal. Diketahui, harga anjing Samoyed impor seperti ini puluhan kali dari tarif adopsi Samoyed Nusantara.

Sekilas, mungkin Anda akan heran dengan fakta jika Samoyed adalah anjing pekerja, karena bentuk fisiknya. Secara fisik, anabul ini memang tidak seperti anjing pekerja dan inilah yang membuatnya dijadikan hewan peliharaan rumahan saat ini. 

Bentuk tubuhnya yang unik dan menggemaskan membuat banyak owner anjing jatuh hati. Berikut adalah ciri fisik anjing Samoyed.

Ciri-Ciri Anjing Samoyed

Bentuk Kepala Anjing Samoyed

Disebutkan bahwa Samoyed termasuk anjing paling kuno di dunia, anabul ini memiliki bentuk kepala mirip Serigala. Seperti kebanyakan anjing Siberian, dengan kepala seperti Serigala, tak heran jika anabul ini dimanfaatkan sebagai pekerja.

Berdasarkan penelitian yang sudah ada, meskipun memiliki perangai wajah mirip Serigala, Samoyed tidak memiliki keturunan, bahkan DNA Serigala. Mamalia berbulu ini murni adalah ras anjing.

Benar-benar mirip Serigala, bahkan Samoyed memiliki telinga yang runcing dengan bulu yang tebal. Dipercaya jika telinganya sedang menghadap atas dan tegak lurus, Samoyed sedang waspada dengan lingkungannya.

Memiliki julukan 'The Smile Dog,' bagian mulut Samoyed akan tertarik ke atas saat menjulurkan lidah. Sekilas, ini membuatnya seperti tersenyum. Ini pula yang membuat harga anjing Samoyed tinggi.

Mata Anjing Samoyed

Meskipun termasuk anjing pekerja, Samoyed bukan anjing berburu dan ini dapat dilihat dari bentuk matanya. Cenderung tidak terlalu tajam jika dibandingkan dengan Labrador retriever, Beagle, dan Bloodhound, mata Samoyed yang membuat hewan ini terlihat ramah.

Tidak terlalu tajam, tetapi mata samoyed agak meruncing di bagian sudutnya. Sementara itu, bagian pinggirnya tertutup bulu yang tebal dan inilah alasan mengapa Anda harus memotong sedikit bulu di area mata Samoyed, supaya mereka bisa melihat dengan jelas.

Berwarna cokelat gelap dan jernih, anjing salju ini terlihat seperti boneka dan lebih bersahabat. Tak heran, jika banyak penggemarnya.

Tubuh Anjing Samoyed

Termasuk anjing berbulu tebal, Samoyed terlihat gembul. Padahal, mereka tidak terlalu gemuk untuk ukuran anjing.

Kaki anjing Samoyed memang tidak jenjang, tetapi cukup berotot dan kekar. Namun, ototnya tertutupi bulu, sehingga tidak terlihat dan inilah yang membuat orang heran dengan pekerjaan Samoyed dulunya.

Baca Juga: Harga Kucing Ragdoll Asli Kitten & Dewasa (Pedigree & Non-Ped) 2022

Sementara itu, ekor samoyed yang panjang melengkung ke belakang dan dipenuhi bulu yang panjang. Sekilas, ekornya mirip dengan kemoceng dan terlihat lucu saat digerakkan.

Diketahui, Samoyed jantan mampu tumbuh dengan panjang tubuh 21-23,5 inci. Beratnya sendiri mampu mencapai 20-32,5 kg.

Sementara itu, Samoyed betina dewasa mampu tumbuh dengan panjang tubuh 19-21 inci. Bobot Samoyed betina lebih rendah dibanding Samoyed Jantan, yakni sekitar 17-25 kg.

Bulu Anjing Samoyed

Seperti yang telah dijelaskan, Samoyed memiliki bulu yang tebal dan berwarna putih seperti salju. Teksturnya sendiri sangat lembut dan mudah diatur, apalagi jika Anjing sering dimandikan dan melakukan grooming.

Sementara itu, untuk membuat warna bulu anabul ini lebih beragam, beberapa breeder membuat Samoyed hibrida. Ini menghasilkan Samoyed berbulu krem, putih gading, kuning pucat, dab emas. 

Namun, dari semua anabul tersebut, Samoyed ras murni berwarna putih salju masih terbilang lebih populer. Hal ini pula yang membuat harga anjing Samoyed putih relatif mahal dibanding peranakan Samoyed.

Selain memiliki bentuk fisik yang menggemaskan, sifat Samoyed juga ramah sebagai hewan peliharaan. Untuk lebih jelas, berikut rincian sifatnya.


Update Harga Anjing Samoyed Anakan (Puppy) dan Dewasa per Ekor


Sifat Anjing Samoyed

  • Ramah dan loyal kepada ownernya.
  • Aktif dan atraktif, yakni suka berlarian serta bermain.
  • Suka dengan cahaya matahari, apalagi jika cuaca sedang dingin.
  • Tidak terlalu suka dengan cuaca yang panas.
  • Suka mengikuti ownernya ke mana pun pergi.
  • Gemar mengejar apapun, khususnya hewan kecil dan serangga.
  • Cerdas, penurut, dan mudah dilatih.
  • Tidak suka ditinggal sendiri.
  • Suka tidur dengan pemiliknya.
  • Tidak terlalu manja, tetapi suka dielus.

Sifat anjing Samoyed tersebut membuat para pencinta anjing menjadi jatuh hati. Selain itu, sifatnya juga membuat ownernya tidak kerepotan untuk memeliharanya.

Meskipun usia Samoyed tergolong panjang, yakni 12-14 tahun, Anda harus merawatnya dengan tepat. Karena mamalia berbulu ini juga bisa mengalami sakit bawaan, di antaranya glaucoma, hip dysplasia,patellar luxation, hypothyroidism,diabetes mellitus, atau cancer.

Risiko yang tinggi terhadap penyakit genetik tersebut yang membuat biaya perawatan Samoyed tidak murah. Nah, berikut adalah cara merawat anjing Samoyed supaya tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Cara Merawat Anjing Samoyed

  • Jangan terlalu sering mengurung Samoyed, apalagi dalam kandang yang sempit.
  • Sesekali, biarkan anjing jalan-jalan di dalam rumah untuk mengenali lingkungannya.
  • Ajak Samoyed jalan-jalan secara rutin setiap hari, maksimal pagi dan sore.
  • Batasi aktivitas anjing saat cuaca sedang panas dan biarkan mereka berada di ruangan yang ber-AC.
  • Pemberian pakan harus dilakukan secara rutin dan sesuai usia, berat badan, metabolisme, dan aktivitas Samoyed.
  • Berikan makanan berprotein dengan kadar 22%-24% dan berlemak dengan kadar 12%-15%.
  • Jaga kebersihan kandang anjing dan anjing dengan baik.
  • Anjing harus dimandikan untuk menghindari rontok bulu dan bakteri sebanyak dua kali seminggu.
  • Pemberian vaksin dan vitamin harus rutin seiring dengan cek kesehatan, minimal setiap 5-6 bulan sekali.

Sebagai tips supaya anjing lebih menawan, lakukan grooming secara rutin. Sementara itu, berapa harga anjing Samoyed tahun 2022? Sepertinya lebih mahal dibandingkan tahun 2021, berikut rinciannya.

Baca Juga: Harga Kucing Scottish Fold Mirip Punya Nagita Slavina 2022

Harga Anjing Samoyed

  • Puppy Samoyed Non Stambum: Rp6.520.000-Rp8.500.000 per ekor.
  • Anjing Samoyed Anakan Stambum: Rp7.100.000-Rp12.000.000 per ekor.
  • Samoyed Indukan Jantan atau Betina Non STB: Rp7.500.000-Rp17.000.000 per ekor.
  • Adult Samoyed Jantan atau Betina Stambum: Rp12.200.000-Rp27.000.000.

Perlu diingat, harga anjing Samoyed di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu diketahui, harga anjing Samoyed tersebut bisa berbeda di tiap daerah dan berubah sewaktu-waktu. 

Untuk informasi lebih jelas tentang harga anjing Samoyed, Anda bisa langsung ke breeder Samoyed terdekat. Anda juga bisa mengunjungi forum jual beli hewan peliharaan terpercaya.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga anjing Samoyed tahun 2022 mengalami kenaikan. Contohnya, puppy Samoyed non stambum yang semula dibanderol Rp6 juta, naik menjadi Rp6 jutaan - Rp8,5 juta per ekor.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Anjing Samoyed Anakan (Puppy) dan Dewasa per Ekor"