Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Anjing Maltese Anakan (Puppy) dan Dewasa Asli per Ekor

Update Harga Anjing Maltese Anakan (Puppy) dan Dewasa Asli per Ekor

Selain Cihuahua dan Yorkshire Terrier, anjing Maltese menjadi incaran pencinta anabul kecil. Harga anjing Maltese 2022 bukan mix, anakan atau puppy dan dewasa memang tidak murah. Namun, karena ukurannya yang mini dan dan menggemaskan, sehingga tidak masalah bagi sebagian orang. Anjing maltese memiliki bulu bervariasi, mulai dari putih, coklat dan hitam.  

Asal Anjing Maltese

Sebutan Anjing Maltese

Termasuk anjing kuno, Maltese atau Maltase sudah dikenal selama berabad-abad. Dengan nama latin atau ilmiah Canis Melltaeus, anabul ini juga dikenal dengan nama anjing kuno Malta.

Beberapa negara juga menyebutnya sebagai Romawi Ladies dan Anjing Singa Malta. Bahkan, Maltese juga dikenal dengan Bichon.

Pada abad ke-19, The Kennel Club menetapkannya dengan nama Malta. Mamalia kecil berbulu ini diperkirakan merupakan keturunan anjing Spitz.

Spitz adalah anjing yang populer di Swiss dan memiliki ukuran tubuh yang mungil. Ada juga yang menyebutkan, Spitz berasal dari Asia dan dikaitkan dengan Tibetan Terrier.

Namun, ternyata asal usul Spitz tidak pasti. Beberapa argumen muncul, proto Malta ini digunakan untuk mengusir binatang pengerat. Anjing tersebut merupakan alternatif pengganti kucing.

Anjing Maltese Kuno

Hingga sebuah catatan menjadi bukti, Maltese tertua ditemukan di Kota Etruscan. Tepatnya, di kota Vulci pda Greek Amphora.

Digambarkan di sebuah benda bersama kata Melltale, diperkirakan Maltese muncul pada 500 sebelum masehi. Catatan tersebut diambil dari karya sastra Yunani dan Romawi Kuno.

Merupakan orang pertama yang menyebut Maltese sebagai Melltael Catell, Aristoteles membandingkannya dengan sebuah Mustelidae pada 370 sebelum masehi. Diperkirakan, namanya diambil dari Pulau Adriatic.

Baca Juga: Harga Anjing Beagle (Dewasa & Anakan) dan Cara Memeliharanya

Termasuk anjing ras yang populer, Maltese berwarna putih solid muncul dalam acara di Inggris pada 1902 hingga 1913. Terakhir, anjing ini muncul di acara TV di Victoria Australia pada 1950.

Anjing Maltese kuno dan keturunannya, umumnya berwarna putih. Sementara itu, anabul Maltese berwarna lebih sering ditemukan di Perancis Selatan.


Update Harga Anjing Maltese Anakan (Puppy) dan Dewasa Asli per Ekor


Anjing Maltese Milik Artis K-Pop

Bukan termasuk ras anjing lokal, membuat harga anjing Maltese di Indonesia mahal. Sehingga, banyak breeder yang mengembangbiakkannya dengan anjing ras lain.

Namun, daripada Maltese mix, kebanyakan orang lebih suka memelihara Maltese murni. Bahkan sudah banyak selebriti yang memeliharanya, seperti Jisoo Blackpink, Joy Red Velvet, Dahyun Twice, Youngjae GOT7, Tiffany Girls Generation, dan masih banyak lagi.

Diberi nama Dalgona, Maltese milik Jisoo Blackpink (BP) berwarna putih dan menggemaskan. Mamalia berbulu ini sudah berusia lebih dari 5 tahun dan selalu menjadi teman tidur Jisoo BP.

Tak kalah menggemaskan dari Dalgona, Maltese milik Joy Red Velvet yang diberi nama Haetnim ternyata sudah memiliki akun instagram sendiri. Anjing berwarna putih itu sudah berusia dua tahun lebih dan memiliki follower lebih dari 100K.

Tak kalah dengan dua idol K-Pop tersebut, Dahyun Twice juga memiliki Maltese. Anjing yang diberi nama Ari tersebut, kini berusia lebih dari tiga tahun.

Pelantun lagu dengan judul "Because You Waited," Youngjae GOT7 ternyata juga memelihara Maltese. Anabul putih yang diberi nama Coco itu terlihat sangat setia dengan tuannya.

Ada juga Princess Fluffy, Maltese milik Tiffany Girls Generation. Tak hanya itu, idol K-Pop ini memiliki dua Maltese dan yang satunya diberi nama Prince Fluffy.

Sangat populer, karena menjadi binatang favorit para idol K-Pop, harga anjing Maltese original terbilang mahal. Namun, Anda perlu waspada jika ingin membelinya yang asli.

Banyak oknum yang menawarkan anjing Maltese mix, tetapi diberi embel-embel ras murni. Nah, supaya Anda tidak salah ketika ingin mengadopsi Maltese, berikut ciri-ciri fisiknya.

Ciri Fisik Anjing Maltese

Bentuk Kepala Anjing Maltese

Memiliki tengkorak yang agak membulat, kepala Maltese terlihat seperti kepala boneka dengan hidung berwarna hitam. Inilah yang membuatnya memiliki wajah menggemaskan.

Moncong Maltese tidak sepanjang anjing jenis lain dan cenderung pendek. Ukurannya hanya sepertiga dari panjang kepalanya dan agak meruncing.

Maltese juga memiliki hidung yang disebut "hidung musim dingin." Karena, bisa memudar menjadi cokelat kemerahan saat terkena cahaya matahari.

Lingkar mata anjing ini lembut, namun tetap waspada. Matanya sendiri sangat gelap, sehingga membuat wajahnya terlihat ekspresif.

Sementara itu, telinga anabul ini lebar dan turun ke bawah. Telinganya juga berjarak lebar dan dipenuhi bulu yang lembut.

Bulu Anjing Maltese

Ciri khas Maltese adalah bulunya yang panjang dan lebat. Sekilas, Anda mungkin akan mengira, anjing ini adalah anjing salju.

Hanya terdiri dari satu lapis atau termasuk anjing dengan bulu berlapis tunggal, Maltese terlihat seperti bola bulu yang bergerak. Tekstur bulunya juga halus dan mudah dirapikan.

Secara visual, Maltese memiliki bulu berwarna putih atau ivory muda yang panjang, lurus, dan fluffy. Bulunya bisa tumbuh dengan panjang 8 cm hingga 20 cm.

Sering diikutkan dalam acara anjing show, beberapa orang akan memanjangkan bulu Maltese hingga 22 cm. Ini akan membuat tampilan anabul tersebut semakin cantik.

Tubuh Anjing Maltese

Seperti yang telah dijelaskan, anjing Maltese memiliki ukuran tubuh yang mungil. Sehingga, anabul ini kerap disebut sebagai anjing mainan atau toy dog.

Maltese dewasa jantan memiliki badan yang lebih padat daripada betina, dengan ukuran mulai 21 cm hingga 25 cm. Sementara itu, Maltese betina mampu tumbuh dengan ukuran tubuh 20 cm hingga 23 cm saja.

Ada juga jenis Maltese Teacup yang hanya memiliki tinggi badan di bawah 15 cm. Anjing Teacup ono beratnya tidak sampai 1,5 kg dan harga anjing Maltese ini lebih mahal daripada rasa murni.


Update Harga Anjing Maltese Anakan (Puppy) dan Dewasa Asli per Ekor


Usia Hidup Anjing Maltese

Meskipun ukuran tubuhnya cenderung mungil, Maltese memiliki usia hidup yang panjang. Anabul ini mampu menemani tuannya selama 12 tahun hingga 15 tahun. 

Baca Juga: Harga Ikan Koki Bibit dan Dewasa (Panda, Oranda, dan Lainnya)

Memiliki umur hidup yang panjang, nilai jual dan beli anjing Maltese tidak murah. Kisaran harga anjing Maltese sendiri berdasarkan dari usia dan jenis atau variannya.

Tak hanya dijual di kota metropolitan seperti Surabaya dan Jakarta, anjing Maltese juga ditawarkan di Medan, Denpasar, dan Malang. Ada juga yang menjualnya ke luar negeri atau export, seperti ke Malaysia. 

Nah, selain memiliki usia yang panjang dan bentuk fisik lucu, Maltese juga memiliki sifat yang tak kalah imut dengan penampilannya. Berikut adalah sifat anjing Maltese.

Sifat Anjing Maltese

  • Enerjik, aktif, dan suka bermain.
  • Tidak suka dikekang dan lebih suka berlarian di dalam atau luar rumah.
  • Suka melompati genangan air.
  • Cerdas dan mudah dilatih.
  • Setia dan loyal kepada tuannya.
  • Keras kepala dan bandel.
  • Selalu ceria dan percaya diri.
  • Manja dan suka digendong.
  • Sedikit agresif dan bisa mengalami toy dog syndrome.

Meskipun anjing Maltese bisa hidup hingga bertahun-tahun, Anda juga perlu merawatnya dengan tepat. Anda harus ingat, harga anjing Maltese tidak murah dan membutuhkan perawatan khusus, seperti berikut.

Cara Merawat Anjing Maltese

  • Bersihkan wajah Maltese setiap hari supaya warna bulu matanya tidak menguning akibat noda air mata.
  • Sikatlah bulu Maltese setiap hari supaya tidak menggumpal dan berkutu.
  • Janggut Maltese harus dilap setiap hari setelah makan, supaya tetap bersih.
  • Mandikan anjing setiap 1-2 bulan sekali.
  • Wajib untuk mengeringkan bulu Maltese setelah mandi menggunakan hairdryer untuk mencegah parasit.
  • Pakan, vitamin, dan vaksin harus diberikan dengan tepat.
  • Selalu cek kesehatan Maltase, minimal 3 bulan sekali dan maksimal 6 bulan sekali.

Membutuhkan perawatan yang terbilang ribet, anjing Maltese memang harus diperhatikan secara khusus. Sementara itu, berapa harga anjing Maltese tahun 2022? Berikut referensinya.


Update Harga Anjing Maltese Anakan (Puppy) dan Dewasa Asli per Ekor


Harga Anjing Maltese

  • Anak Anjing Maltese Jantan Usia 2 bulan hingga 3 bulan: Rp1.500.000-Rp3.000.000 per ekor.
  • Maltese Betina Puppy Usia 2 bulan hingga 3 bulan: Rp2.000.000-Rp3.500.000 per ekor.
  • Anjing Maltese Jantan Dewasa: Rp3.800.000-Rp5.000.000 per ekor.
  • Adult Maltese Betina: Rp4.500.000-Rp6.000.000 per ekor.

Perlu diketahui bahwa harga anjing Maltese jantan dan betina di atas telah kami dapatkan dari situs jual beli online atau situs e-commerce Indonesia. 

Seperti tarif adopsi anjing pada umumnya, harga anjing Maltese tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga anjing Maltase tahun 2022 relatif stabil.

Baca Juga: Harga Kucing Toyger Asli (Anakan & Dewasa) di Indonesia

Nah, bagi Anda yang membutuhkan informasi detail mengenai harga anjing Maltese di Indonesia, Anda bisa langsung ke breeder Maltese terdekat. Anda juga bisa mengunjungi toko hewan terdekat untuk mengetahui harga anjing Maltese teraktual.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Anjing Maltese Anakan (Puppy) dan Dewasa Asli per Ekor"