Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Kucing Siberia 2022, Mirip Punya Ibu Nagita Slavina

Harga Kucing Siberia 2022, Mirip Punya Ibu Nagita Slavina

Sering disangka Persia, kucing Siberia atau Siberian cat nyatanya bukan kucing ras rumahan, melainkan kucing hutan. Hal ini yang membuat harga kucing Siberia anakan taua kitten maupun dewasa di Indonesia tidaklah murah. Umumnya, kucing ini juga disebut dengan kucing Siberian forest.

Baca Juga: Harga Kucing Toyger Asli (Anakan & Dewasa) di Indonesia

Kucing Siberia Miliki Ibunda Nagita Slavina

Termasuk kucing ras dengan harga termahal selain Ragdoll dan Scottish fold, umumnya nabaul ini dibeli atau diadopsi oleh kalangan menengah atas. Salah satu selebriti cukup ternama di Tanah Air dan memelihara kucing ini adalah Rieta Amalia, ibunda Nagita Slavina.

Harga kucing Siberia milik rita, konon sangat mahal dan sempat ditawar Rp1 milyar, karena bulunya yang unik. Keunikan bulu Siberian cat tersebut adalah adanya pola yang membentuk wajah manusia di bagian kakinya.

Juga dikenal dengan nama kucing bulu setengah panjang moskwa, Siberian car merupakan hewan domestik yang muncul secara alami di Kutub Utara, Siberia, Rusia. Berasal dari trah alami, tentunya ini cukup mengherankan.

Seperti yang kita ketahui, kebanyakan jenis kucing hutan memiliki bulu yang pendek, kaku, dan memiliki ukuran tidak terlalu besar. Namun, kucing Siberia justru sebaliknya, yakni berbulu medium dan bertubuh agak besar.

Sekilas, mungkin Anda akan melihat keberadaan ras Anggora atau Persia, tetapi nyatanya kucing ini bukan hasil rekayasa genetik. Dengan ini, mamalia berbulu tersebut mendapatkan pengakuan resmi dari FIFe (Federation International Feline).

Asal Kucing Siberia

Memiliki ciri-ciri fisik menyerupai Maine coon, Siberian cat juga sering dianggap sebagai kembaran anabul berbulu besar tersebut. Padaha, secara karakter dan sifatnya cukup berbeda. Tak hanya itu, diketahui harga kucing Siberia juga terbilang lebih mahal dibanding Maine coon.

Termasuk jenis kucing yang sudah lama ada, diperkirakan Siberian cat telah menghuni bumi sejak 1000 tahun sebelum Masehi. Namun, jumlahnya masih sedikit dan belum diketahui banyak orang.

Dilihat dari bentuk fisiknya dan kemunculannya, banyak orang mengatakan bahwa anabul ini ada keterkaitan dengan Norwegian forest cat. Karena, keduanya memiliki banyak persamaan dalam hal bertahan hidup di Eropa Utara.

Baca Juga: Harga Anjing Tibetan Mastiff Anakan & Dewasa di Indonesia

Diketahui pula, Siberian cat populer berkat pertunjukan hewan yang digelar pada 1870-an. Lalu, pada akhir 1980-an, beberapa kucing diperjualbelikan ke negara-negara Eropa lainnya dan Amerika serikat. 

Sukses di negara-negara tersebut, akhirnya persebaran Siberian cat semakin luas hingga masuk ke Indonesia dengan cara ekspor dan impor. Tak hanya mendapatkan pengakuan penuh dari FiFe, tetapi juga TICA (The International Cat Association).

Jenis Kucing Siberia

Seperti kucing ras murni lainnya, Siberian cat juga dibedakan berdasarkan jenisnya. Tidak banyak varian kucing Siberia, umumnya dibedakan berdasarkan pola, corak, dan warna bulunya.

Salah satu jenis Siberian cat yang cukup terkenal adalah Siberian husky cat atau kucing Husky. Ini memiliki ciri bulu dengan warna, corak, dan pola yang sangat mirip anjing Siberian husky.

Pola yang ada pada bulu anabul ini muncul ketika usia satu bulan ke atas (anak kucing). Harga jual kucing Husky tidaklah murah dan umumnya lebih dari jutaan rupiah.

Selain itu, masih ada jenis Siberian cat lainnya, seperti hitam, putih, belang telon, dan abu-abu. Khusus untuk kucing belang telon, umumnya adalah betina dan sangat jarang ada Siberian cat belang telon jantan.

Keunikan kucing tersebut tidak hanya dilihat dari bulunya, tetapi juga bagian tubuh lainnya. Untuk lebih jelas, berikut adalah ciri-ciri fisik kucing Siberia.


Harga Kucing Siberia 2022, Mirip Punya Ibu Nagita Slavina


Ciri Fisik Kucing Siberia

Bentuk Kepala Kucing Siberia

Seperti anabul besar pada umumnya, kucing Siberia memiliki kepala yang cenderung bundar, agak lebar, dan berukuran besar dibandingkan kucing kampung. Hal ini pula yang membuatnya terlihat gembul dan menggemaskan.

Tertutup dengan bulu yang agak tebal, bagian pipi kucing ini terbilang cukup chubby. Hidungnya juga agak lebar dan memanjang, sekilas mirip dengan boneka beruang.

Moncong mamalia mungil ini tidak terlalu panjang dengan mulut yang lebar dan seolah tersenyum. Lalu, telinganya yang panjang menghadap ke atas seperti corong yang ditutup bulu tebal.

Termasuk kucing domestik di negeri asalnya, anabul ini memiliki mata yang bulat berukuran sedang. Warna matanya bervariasi, mulai dari hijau, emas, hijau keemasan, tembaga, hingga biru.

Bulu Kucing Siberia

Seperti yang telah dijelaskan mamalia mungil ini memiliki bulu medium dengan corak dan warna bervariasi. Hal ini yang membuat harga kucing Siberia tidak bisa dibilang murah, apalagi jika polanya unik dan nyeleneh.

Tak seperti kucing hutan pada umumnya, kucing Siberia berbulu lembut dan mudah disisir. Namun, saat memasuki pergantian musim atau pancaroba, bulunya akan menipis atau mengalami kerontokan.

Beberapa kucing juga memiliki bulu yang fluffy, dan terlihat seperti karpet. Supaya terjaga keindahannya, kucing harus dirawat dengan tepat dan melakukan grooming secara rutin.

Selain itu, kucing ini memiliki bulu yang bersifat hypoallergenic, sehingga terbilang cocok bagi Anda yang ingin memelihara kucing, tetapi mengidap alergi terhadap bulunya. Diketahui, kucing ini memiliki kadar FEL D1 (penyebab alergi) yang rendah.

Tubuh Kucing Siberia

Lengan kucing ini memang tidak terlalu panjang dalam kelas kucing besar, tetapi cukup panjang jika dibandingkan kucing lokal. Tertutup dengan bulu yang lebat, kakinya juga berotot dan kekar.

Bahu anabul ini juga terbilang lebar dan di-cover bulu medium, sehingga membuatnya terlihat gendut. Padahal, kucing ini tidak terlalu berlemak.

Umumnya, Siberian cat mampu tumbuh hingga ketinggian 33 cm dengan berat 4,5 kg-9 kg. Kucing Siberia jantan dewasa lebih tinggi dan berat dibandingkan anabul betina.

Baca Juga: Harga Ikan Channa Auranti Semua Ukuran (Dewasa & Anakan)

Mampu bertahan di cuaca yang ekstrem dan memiliki masa hidup panjang, yakni 10 tahun hingga 18 tahun, tak heran jika harga kucing Siberia mahal. Selain itu, anabul ini memiliki sifat yang tak kalah menggemaskan dengan kucing lainnya.

Sifat Kucing Siberia

  • Aktif dan suka bermain.
  • Suka berlarian di dalam rumah.
  • Tidak suka dikekang atau terlalu lama dimasukkan kandang.
  • Mudah ramah dengan manusia.
  • Setia dan penurut.
  • Mampu beradaptasi dengan cepat terhadap lingkungan.
  • Bisa dipelihara bersama kucing ras lain.
  • Relatif pendiam dan suka dielus.
  • Suka bermain air.

Perlu diingat, harga kucing Siberia tidak murah, sehingga Anda juga perlu memperhatikan cara merawatnya dengan tepat. Berikut rincian cara memelihara kucing Siberia dengan tepat.


Harga Kucing Siberia 2022, Mirip Punya Ibu Nagita Slavina


Cara Merawat Kucing Siberia

  • Bersihkan kotoran kucing setiap hari dan ganti air minumnya.
  • Lakukan grooming secara rutin, minimal seminggu sekali untuk memotong kuku dan membersihkan telinganya.
  • Mandikan kucing minimal seminggu sekali dan maksimal sebulan sekali. 
  • Pastikan kucing selalu berada di ruangan dengan AC.
  • Pakan harus diberikan secara rutin maksimal sehari tiga kali dan harus mengandung protein, vitamin, serat, dan lemak yang cukup.
  • Sisir bulu kucing setiap 2-4 hari sekali supaya terhindar dari kutu dan jamur.
  • Vaksin dan vitamin harus diberikan secara rutin diimbangi dengan cek kesehatan setiap 2-6 bulan sekali.

Merawat kucing Siberia memang gampang-gampang sulit. Selain itu, semakin baik Anda merawatnya, maka semakin lama pula masa hidup kucing tersebut. Lalu, berapa harga kucing Siberia saat ini? Berikut ulasannya.

Harga Kucing Siberia

  • Kitten Siberian Cat usia 3 bulan Non Pedigree: Rp6.000.000-Rp8.000.000 per ekor.
  • Kucing SIberia Anakan Usia 3 bulan Ped: Rp8.000.000-Rp12.000.000 per ekor.
  • Siberian Cat Dewasa Usia 1 tahun Non Ped: Rp12.516.000-Rp15.000 per ekor.
  • Adult Siberian Cat Usia 1 tahun Pedigree: Rp15.000.0000-Rp25.000.000 per ekor.

Sebagai info, harga kucing Siberia di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online atau situs e-commerce di Indonesia. Perlu diketahui, harga kucing Siberia tersebut bisa berbeda di setiap daerah dan berubah sewaktu-waktu. 

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga kucing Siberia tahun 2022 masih relatif stabil. Untuk informasi lebih teraktual mengenai harga kucing Siberia, Anda bisa mengunjungi breeder kucing terdekat.


Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Kucing Siberia 2022, Mirip Punya Ibu Nagita Slavina"