Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Tabung Oksigen Kecil untuk Sesak Nafas dan Cara Pakainya

Harga Tabung Oksigen Kecil untuk Sesak Nafas dan Cara Pakainya

Jika Anda memiliki riwayat asma, tabung oksigen kecil menjadi salah satu piranti wajib. Nah, harga tabung oksigen kecil untuk sesak nafas ini relatif terjangkau. 

Ada banyak faktor penyebab sesak napas seperti asma, flek paru, TBC, hingga COVID-19 atau coronavirus. Bagi penderitanya, diharapkan untuk menyiapkan tabung oksigen kecil di rumah. 

Tabung Oksigen Kecil Portable untuk Sesak Napas

Seseorang dengan kadar oksigen yang sangat rendah di tubuhnya sudah semestinya menyediakan tabung oksigen kecil. Karena sewaktu-waktu sesak nafasnya bisa kambuh. 

Keadaan ini disebut sebagai hipoksia. Hal ini biasanya ditandai dengan seringnya kelelahan, sesak nafas, keringat dingin, dan biasanya tampak pucat pada area bibir dan ujung jari.

Gangguan sistem pernafasan ini disebabkan penyempitan saluran pernapasan. Ini yang menyebabkan sedikitnya oksigen yang masuk ke dalam paru-paru.

Baca Juga: Harga minuman Oronamin C (di Alfamart, Indomaret, dan E-Commerce)

Jika tidak cepat diberikan pertolongan pertama bahkan bisa merenggut nyawa seseorang. Oleh karena itu, tabung oksigen kecil harus selalu stand by di rumah. 

Adapun alat bantu lainnya yang juga direkomendasikan adalah inhaler, nebulizer, dan suction machine. Selain itu, ada juga  air cleaner, oxygen concentrator, dan banyak lainnya.

Anda sudah pasti sering mendengar istilah tabung oksigen kecil. Itu juga biasa disebut dengan tabung oksigen portable apalagi disaat pandemi Covid-19 seperti saat sekarang ini. 

Tabung Oksigen Kecil untuk COVID-19

Tabung oksigen mulai menjadi makanan sehari-hari semenjak Covid-19 melonjak tinggi. Depot tabung oksigen selalu menjadi sasaran utama selama pandemi Covid-19. 

Namun, apalah daya stok yang tidak sebanding dengan melonjaknya kasus. Tingginya peminat gas oksigen membuat ketersediaannya di masyarakat semakin langka. 

Oleh karena itu, jika stok tersedia anda harus punya stok sendiri agar tidak repot sewaktu-waktu. Karena kita tidak akan pernah tahu kapan penyakit akan menyerang tubuh.

Kapasitas rumah sakit yang sudah penuh menjadi pemicu meningkatnya jumlah permintaan tabung oksigen di pasaran. Sehingga, pasien harus diisolasi sendiri di rumah.

Ada juga yang terpaksa membeli tabung oksigen sendiri. Itu untuk mengatasi gejala sesak nafasnya terutama untuk pasien terjangkit Covid-19 dengan gejala berat ini.

Pemerintah juga sudah mulai kewalahan menghadapi Covid-19. Jumlah kasus yang melonjak dan ditambah dengan pasokan tabung gas oksigen yang semakin hari semakin menipis. 

Penerapan pembatasan kegiatan yang dilakukan pemerintah tidak terlalu berjalan signifikan. Karena masih saja ada oknum yang melanggar.

Sehingga tidak berjalan optimal dan angka Covid-19 hingga detik ini masih terus meningkat. Lalu, bagaimana kita bisa tahu oksigen dalam darah kurang? Anda bisa menggunakan alat penunjang Oximeter. 

Oximeter berfungsi sebagai alat pengukur kadar oksigen di dalam darah. Sehingga, Anda bisa cek apakah kadar oksigen masih dalam rentang yang normal atau tidak.

Sekarang oximeter sudah tersedia dalam bentuk jam tangan dan sangat fleksibel sekali untuk dibawa kemana-mana. Alat ini terhubung dengan sensor untuk mengukur kadar oksigen di jari Anda. 

Dengan alat tersebut, Anda bisa memutuskan apakah harus membeli tabung oksigen atau tidak. Tentunya, harga tabung oksigen kecil untuk sesak nafas biasanya lebih murah dibandingkan ukuran besar.


Harga Tabung Oksigen Kecil untuk Sesak Nafas dan Cara Pakainya


Harga Tabung Oksigen Kecil untuk Sesak Nafas

Tabung oksigen kecil memiliki ukuran 500 ml dengan tekanan 1.0 Mpa. Ini biasanya berat isi tabung ini sekitar 2,5 kg dengan ukuran dimensi tabung 36 cm x 7 cm. 

Durasi pemakaian maksimal untuk tabung kecil ini bisa mencapai 30 menit dan paling lama satu jam. Salah satu merek tabung oksigen kecil portable kapasitas 500 ml yang dijual dipasaran adalah Oxycan. 

Harga tabung oksigen kecil untuk sesak nafas Oxycan ini berkisar Rp51 ribu hingga Rp60 ribu per tabung. Sementara itu, merk Senos Pure Oxygen ditawarkan mulai Rp63 ribu per satuan.

Perlu Anda ketahui, harga tabung oksigen kecil untuk sesak nafas di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. Itu termasuk situs jual beli online. 

Pastinya, harga tabung oksigen kecil untuk sesak nafas tersebut tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Harga tabung oksigen kecil untuk sesak nafas memang terbilang cukup terjangkau. 

Tabung oksigen ini telah dijual bebas di pasaran. Sehingga, Anda tidak perlu meminta resep atau rekomendasi dari dokter ketika hendak membelinya. 

Baca Juga: Biaya BPJS Kelas 3, 2, dan 1 Tahun 2022 dan Cara Mendaftarnya

Anda bisa jumpai di apotek-apotek terdekat atau membeli secara online di marketplace. Namun, sebelum membelinya, pastikan Anda mengecek harga tabung oksigen kecil untuk sesak nafas.

Tingginya permintaan pasar untuk tabung gas kecil ini juga meningkatkan resiko munculnya tabung gas palsu. Sebagai tipsnya Anda sebaiknya membeli tabung gas yang ada garansi dan jaminan. 

Karena ini untuk keselamatan, sehingga tidak ada salahnya selalu cross and check untuk masalah ini. Harga tabung oksigen kecil untuk sesak nafas yang terjangkau bukanlah salah satu kelebihannya.

Itu karena masih ada beberapa keunggulan lainnya. Kelebihan tabung oksigen kecil ini adalah bisa dibawa kemana-mana sehingga sangat fleksibel. 

Perlu diingat sebelum menggunakan tabung gas kecil apalagi untuk berpergian jauh Anda harus menanyakan petunjuk pemakaiannya. Anda juga bisa baca dan pahami petunjuk berikut.


Harga Tabung Oksigen Kecil untuk Sesak Nafas dan Cara Pakainya


Tips Saat Menggunakan Tabung Oksigen Kecil

  • Sebelum membuka tutup tabung oksigen pastikan tangan Anda sudah bersih dan kering
  • Jangan menggunakan alat bertegangan listrik saat akan atau sedang menggunakan tabung oksigen.
  • Jangan menggunakan lotion atau pelembab lainnya yang berbahan minyak terutama di area bibir dan hidung.
  • Pastikan masih ada stok oksigen yang cukup di dalam tabung dan periksa tekanannya.
  • Jika sudah aman, mulailah untuk membuka tutup tabung oksigen.
  • Tutup tabung diletakkan pada kepala kaleng dan digunakan seperti masker
  • Gunakan tutup kaleng untuk menutup hidung Anda
  • Tekan kepala kaleng dan mulai menghirup oksigen kira-kira selama kurang lebih dua detik
  • Perlakuan tersebut bisa Anda ulangi 5 hingga 10 kali namun harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Cara Menyimpan Tabung Oksigen Kecil yang Aman

  • Anda harus menyimpannya dalam keadaan tegak bukan terbaring. 
  • Tujuannya adalah untuk menghindari jika tabung gas ini bocor. 
  • Agar lebih aman Anda bisa simpan di atas troli supaya tidak tersenggol dan pecah.
  • Tabung oksigen harus dijauhkan dengan peralatan yang memiliki sumber api misalnya kompor, korek api, lilin, dan lainnya dengan jarak minimum tiga meter. 
  • Apalagi jika Anda seorang perokok diharapkan tidak merokok dalam jarak yang dekat dengan tabung gas.
  • Jika terjadi kerusakan tabung gas, Anda jangan mencoba-coba untuk memperbaikinya sendiri baik kerusakan pada regulator, selang, maupun muncul suara  berdesis dari tabung. 
  • Anda harus cepat memanggil petugas untuk memperbaikinya. 
  • Selain itu, penggunaan alat pendeteksi asap akan lebih aman jika ada dirumah Anda untuk mencegah terjadinya kebakaran.
  • Pastikan regular oksigen sudah dalam keadaan mati jika Anda tidak sedang menggunakannya.
  • Jangan sesekali Anda mencoba menutup oksigen dengan kain.
  • Tabung oksigen cukup Anda bersihkan dengan air, jangan dengan minyak atau cairan lainnya yang menjadi pemicu kebakaran.
  • Jika ada aliran listrik di rumah yang rusak, cepat beritahu petugas untuk memperbaikinya.

Namun, Jika setelah menggunakan tabung oksigen sesak nafas Anda atau keluarga tidak kunjung berhenti, segera hubungi dan bawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Baca Juga: Harga Prenagen Emesis di Indomaret dan Alfamart (200gr & 400gr)

Tabung oksigen kecil atau portable ini benar-benar sangat praktis. Itu jika dibandingkan dengan mesin konsentrator oksigen, baik untuk pertolongan darurat maupun saat Anda bepergian jauh.

Namun, Anda juga harus stok alat bantu pernapasan lainnya. Karena kita tidak bisa hanya mengandalkan satu alat saja.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Tabung Oksigen Kecil untuk Sesak Nafas dan Cara Pakainya"