Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Ikan Manyung per Kg (Asap, Asin, Segar, Kepala, & Telur)

Harga Ikan Manyung per Kg (Asap, Asin, Segar, Kepala, & Telur)

Ikan manyung menjadi salah satu sumber protein pilihan dengan rasa yang lezat dan gurih. Di pasaran sendiri, harga ikan manyung per kg relatif terjangkau.

Karakteristik Ikan Manyung

Secara ilmiah, ikan manyung termasuk famili Ariidae. Sekilas, bentuk tubuhnya mirip dengan ikan patin, hanya saja sangat besar dengan bagian ujung kepala runcing.

Juga dikenal dengan nama jambal roti, ikan manyung termasuk jenis ikan laut berdaging. Ukuran tubuhnya juga terbilang besar dan bangsa ikan berkumis.

Baca Juga: Harga Benadryl Obat Batuk Kering Varian Sirup di Apotek

Sebagai ikan jenis konsumsi, ikan manyung sebenarnya memiliki rupa yang agak menyeramkan. Namun, tidak semenyeramkan ikan laut besar lainnya, karena mudah ditangkap.

Selain kepala yang meruncing, sirip punggung ikan manyung agak lancip. Ini yang membuat para nelayan perlu berhati-hati saat menangkapnya.

Tubuh ikan manyung tidak hanya besar, tetapi juga tidak bersisik. Ini yang membuat ikan jambal roti mudah diolah dan disukai banyak orang.

Olahan Ikan Manyung

Ikan Asin

Salah satu olahan jambal roti yang paling populer adalah ikan asin. Banyak orang yang cukup familiar dengan olahan ikan asin jambal roti.

Memang, sebagai ikan air asin, jambal roti sangat lezat untuk diasinkan. Cara mengasinkan ikan manyung juga cukup sederhana.

Ikan manyung segar harus dibersihkan dulu dan dipisahkan dari tulang serta ekornya. Supaya lebih mudah diolah, pisahkan juga durinya.

Setelah itu, ikan dimasukkan ke dalam air garam selama beberapa jam. Daging ikan kemudian digantung pada tali dan dijemur di bawah terik matahatri.

Ada juga yang langsung menjemur daging ikan jambal roti tanpa direndam air garam. Namun, daging ikan dibalur dengan garam hingga merata.

Tak hanya untuk membuat rasa ikan manyung menjadi lezat, pengasinan adalah salah satu cara mengawetkannya. Dengan begini, daging ikan jambal roti bisa bertahan berbulan-bulan.

Gulai Kepala Ikan Manyung

Bagi Anda pencinta pedas, jangan lewatkan kelezatan gulai kepala ikan manyung. Ini merupakan salah satu olahan yang paling banyak dicari orang.

Kepala ikan jambal roti yang ukurannya cukup besar, tentunya menggugah selera. Namun, harga gulai kepala ikan manyung ini tidak bisa dibilang murah.

Itu juga tergantung dari ukuran kepala ikan manyung segar yang diolah. Semakin besar ukurannya, maka semakin mahal nilai jualnya.

Nah, salah satu penjual kepala ikan manyung yang cukup legendaris hingga saat ini adalah bu Fat. Lapak kepala manyung bu Fat ini juga cukup populer.

Baca Juga: Harga Sosis Babi Lapchiong (Non Halal) Semua Merk di Pasaran

Hal tersebut karena rasa gulai kepala jambal roti bu Fat yang terkenal lezat dan porsinya banyak. Anda bisa membelinya dengan datang langsung ke kedainya.

Ikan Manyung Asap

Selain kerap dijadikan asinan, jambal roti sangat umum dijadikan ikan asap. Olahan ini bahkan katanya sudah cukup terkenal hingga ke luar negeri.

Olahan ikan manyung asap juga memiliki daya tahan tak kalah lama dengan ikan asin. Diketahui, ikan manyung asap bisa bertahan hingga berminggu-minggu.

Cara mengasap ikan manyung sama seperti mengasap ikan pari atau pe. Hanya saja, waktunya lebih lama dan membutuhkan banyak batok kelapa atau arang.

Dengan bahan bakar yang berkualitas, cita rasa ikan manyung asap akan terjaga dan lebih smoky. Tak heran jika banyak yang menyukainya.

Bisa diolah menjadi aneka hidangan lezat, mulai dari ikan manyung goreng telur hingga mangut, bagaimana tekstur dagingnya? 


Harga Ikan Manyung per Kg (Asap, Asin, Segar, Kepala, & Telur)


Tekstur Daging Ikan Manyung

Seperti namanya, ikan jambal roti memiliki tekstur daging tebal seperti roti. Meskipun begitu, teksturnya tidak keras dan empuk.

Menurut review konsumen, ikan manyung memiliki tekstur daging yang juicy jika dimasak dengan baik. Namun, ikan jambal roti asin agak keras jika digoreng terlalu lama.

Sebaiknya, ikan manyung dimasak dengan kuah. Ini akan membuat tekstur dagingnya lembut dan mudah dikunyah.

Namun, dibandingkan bagian perut dan tubuhnya, daging ekor ikan manyung lebih empuk. Sangat empuk lagi daging bagian kepala.

Ini juga yang menyebabkan banyak orang lebih suka mengonsumsi kepala ikan manyung. Meskipun begitu, makan kepala ikan jambal roti agak merepotkan bagi beberapa orang.

Baca Juga: Harga Minuman Soju per Botol (Semua Merek dan Varian Kadar Alkohol)

Tak hanya lezat dan bisa diolah dengan praktis, sebagian orang suka ikan jambal roti karena kandungan gizinya. Berikut kandungan nutrisi ikan manyung.

Kandungan Gizi Ikan Manyung

  • 97 kal Kalori.
  • 17,9 gr Protein.
  • 2 gr Lemak.
  • 0,4 gr Karbohidrat.
  • 40 gr Kalsium.
  • 100 mg Fosfor.
  • 2,5 gr Zat Besi.

Selain itu, daging jambal roti mengandung vitamin A, vitamin B, dan omega tiga. Dengan semua kandungannya, ikan ini diklaim memiliki banyak manfaat.

Manfaat Ikan Manyung

  • Menyembuhkan Nyeri Sendi.
  • Meningkatkan Trombosit.
  • Memelihara Kesehatan Kulit.
  • Menurunkan Gejala Diabetes Melitus.
  • Menurunkan Obesitas.
  • Mengatasi Kekurangan Gizi.
  • Mencegah Penyakit Stroke.

Semua manfaat daging ikan manyung di atas bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsinya. Tentunya dalam porsi yang pas, lalu berapa harga ikan manyung per kg?


Harga Ikan Manyung per Kg (Asap, Asin, Segar, Kepala, & Telur)


Harga Ikan Manyung per Kg

Varian Ikan Manyung

Harga Ikan Manyung per Kg

Kepala Ikan Manyung Segar 

Rp30.000

Tetelan Ikan Manyung Segar 

Rp47.500

Daging Ikan Manyung Segar 

Rp65.000

Ikan Manyung Asap 

Rp90.000

Ikan Manyung Asin 

Rp92.500

Telur Ikan Manyung 

Rp130.000

Gelembung Perut Ikan Manyung 

Rp690.000

Sebagai informasi, harga ikan manyung per kg di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber. Tentunya, harga ikan jambal roti bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di berbagai daerah. Itu sama seperti harga gurita per ekor.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Ikan Manyung per Kg (Asap, Asin, Segar, Kepala, & Telur)"