Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Gurita per Ekor (Fresh, Hidup, Rebus, dan Frozen) di Pasaran

Harga Gurita per Ekor (Fresh, Hidup, Rebus, dan Frozen) di Pasaran


Gurita asam manis dan gurita bakar menjadi hidangan yang cukup laris di pasaran. Meskipun begitu, harga gurita per ekor, baik fresh atau segar, rebus, dan frozen tidaklah murah.

Penentu Harga Gurita per Ekor

Sebelum mengetahui harga gurita per kg 2022, Anda perlu mengetahui faktor yang mempengaruhi harganya. Nilai jual gurita per ekor dipengaruhi dari ukurannya.

Untuk harga gurita kecil, tentunya lebih murah daripada harga gurita jumbo. Anda bisa memastikannya sendiri di lapak penjual gurita terdekat.

Daerah penjualan juga menentukan nilai jual gurita terdekat. Sebagai contoh, harga gurita di Medan berbeda dengan harga gurita di Bali.

Baca Juga: Harga Ikan Pari Hias dan Konsumsi (Hidup, Frozen, Segar, Asap, dll)

Tempat atau lapak dagang juga menjadi faktor mahalnya gurita. Tentunya, harga gurita di Superindo bisa lebih mahal daripada di pasar ikan.

Bahkan kondisi gurita ikut andil dalam menentukan harganya. Harga gurita frozen bisa lebih murah daripada gurita fresh, tetapi cukup bersaing dengan harga kerang hijau.

Menjadi salah satu makanan laut yang cukup mewah, nilai jual gurita tidak bisa disepelekan. Apalagi jika bahan pangan ini memiliki banyak kandungan gizi.

Kandungan Gizi Gurita per 100 Gr

  • 82 kkal Kalori.
  • 1,04 gr Lemak.
  • 2,2 gr Karbohidrat.
  • 14,91 gr Protein.
  • 80,25 gr Air.
  • 53 mg Kalsium.
  • 186 mg Fosfor.
  • 5,3 mg Zat Besi.
  • 230 mg Natrium.
  • 350 mg Kalium.
  • 0,435 mg Tembaga.
  • 30 mg Magnesium.
  • 1,68 mg Seng.
  • 45 mcg Vitamin A (Retinol).
  • 0.03 mg Vitamin B1 (Thiamin).
  • 0.04 mg Vitamin B2 (Riboflavin).
  • 2,1 mg Vitamin B3 (Niacin).
  • 5 mg Vitamin C.

Setelah melihat kandungan nutrisi gurita, tentunya tidak heran jika harga gurita per ekor tidak murah. Apalagi dengan kandungannya, gurita memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.


Harga Gurita per Ekor (Fresh, Hidup, Rebus, dan Frozen) di Pasaran


Manfaat Makan Gurita

Menjaga Kesehatan Jantung

Gurita juga diklaim mengandung omega-3 yang baik untuk kesehatan tubuh, khususnya jantung. Anda bisa mengonsumsi gurita untuk menjaga kesehatan jantung.

Meskipun begitu, Anda tidak dianjurkan terlalu banyak mengonsumsi gurita. Karena, bisa memicu gangguan tekanan darah tinggi.

Mendukung Pertumbuhan dan Perkembangan

Kandungan fosfor dan kalsium dalam gurita dipercaya sangat baik untuk perkembangan dan pertumbuhan. Ini sangat baik, terutama bagi anak-anak.

Selain itu, fosfor dan kalsium terbilang bagus untuk menjaga kesehatan tulang. Dipercaya, gurita juga mampu membantu memperlambat proses pengeroposan tulang.

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Dilansir dari hellosehat, gurita mengandung banyak vitamin yang bersifat sebagai antioksidan. Inilah yang dipercaya mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Baca Juga: Harga Kerang Bambu per Kg dan 500 Gr (Segar, Hidup, Frozen, & Matang)

Anda bisa mengonsumsi gurita untuk mencegah maupun menurunkan risiko kanker. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara direbus atau dikukus.

Mengurangi Risiko Penyakit Alzheimer

Salah satu penyakit yang umum di kalangan lansia adalah demensia dan alzheimer. Untuk mengurangi risikonya, Anda dianjurkan mengonsumsi makanan berprotein tinggi seperti gurita.

Selain itu, kandungan antioksidan dan omega-3 pada gurita dipercaya bisa meningkatkan kesehatan saraf. Kandungan tersebut juga diklaim mampu meningkatkan daya ingat.

Untuk mendapatkan semua manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi gurita yang diolah dengan berbagai macam cara.

Tips Mengolah Gurita

Termasuk jenis seafood, gurita tidak boleh dimasak terlalu lama. Ini akan membuat tekstur dagingnya menjadi keras.

Daging gurita mudah matang dan lembek jika dimasak dengan suhu pas dan waktu yang tepat. Untuk gurita yang sudah dipotong kecil-kecil, sebaiknya tidak dimasak lebih dari lima menit.

Sementara itu, untuk gurita berukuran jumbo, Anda bisa memasaknya selama 15-30 menit. Itu tergantung dari seberapa besar gurita yang dimasak.

Jika Anda ingin memasak gurita jumbo, sebaiknya direbus setengah matang sebelum diolah. Setelah itu, Anda bisa memarinasinya dengan bumbu dan dipotong-potong untuk dimasak lagi.

Baca Juga: Harga Jual Teh Rosela Merah dan Ungu di Pasaran serta Njon Mart Online

Mengetahui cara mengolah gurita yang gampang-gampang sulit, banyak yang tertarik untuk memasaknya. Sementara itu, berapa harga gurita per ekor? Tentunya berbeda dengan harga teh herbal.


Harga Gurita per Ekor (Fresh, Hidup, Rebus, dan Frozen) di Pasaran


Harga Gurita per Ekor

Ukuran Gurita per Ekor

Harga Gurita per Ekor

Baby Gurita Frozen Kecil 100 gr 

Rp10.000

Gurita Segar atau Fresh Baby 100 gr 

Rp12.555

Gurita Segar 300 gr 

Rp30.000

Gurita Segar 500 gr 

Rp40.000

Gurita Rebus 400 gr 

Rp45.000

Gurita Hidup 500 gr 

Rp75.000

Gurita Frozen 1 kg 

Rp110.000

Gurita Segar 1 kg 

Rp140.000

Sebagai informasi, harga gurita per ekor di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Tentunya, harga gurita per ekor bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah. Sama seperti harga bunga telang.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Gurita per Ekor (Fresh, Hidup, Rebus, dan Frozen) di Pasaran"