Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Burung Kutilang (Anakan, Dewasa, Emas, Jawa, Sutra, dll)

Harga Burung Kutilang (Anakan, Dewasa, Emas, Jawa, Sutra, dll)

Jika Anda mencari burung kicau berukuran mungil dan bersuara emas, tak ada salahnya memelihara kutilang. Harga burung kutilang, baik anakan maupun dewasa juga relatif terjangkau.

Juga disebut burung cangkurileung, ada alasan mengapa nilai jualnya beragam. Harga burung cangkurileung dibedakan berdasarkan suara, usia, populasi, dan jenis.

Penentu Harga Kutilang

Kicauan Burung Kutilang

Seperti burung kicau lainnya, burung kutilang memiliki tingkatan kicau. Untuk burung kutilang bakalan dan bahan, biasanya dibanderol murah.

Baca Juga: Harga Anjing Dachshund (Anakan, Dewasa, Jantan, & Betina)

Sementara itu harga burung kutilang gacor relatif lebih mahal. Apalagi untuk kutilang yang bersuara jernih dan berdurasi panjang.

Tak hanya itu, ada yang menawarkan harga burung kutilang jinak dan gacor mulai ratusan ribu rupiah. Karena, sangat jarang bisa menemukan kutilang seperti ini.

Usia Burung Kutilang

Yang paling menentukan murah mahalnya burung kutilang adalah usianya. Harga burung kutilang anakan, tentu lebih murah daripada dewasa.

Hal ini karena, kutilang anakan belum pandai berkicau dan masih memerlukan banyak latihan. Sementara untuk burung kutilang indukan, sudah bisa berkicau.

Bahkan, khusus kutilang jantan dewasa bisa langsung dilatih menjadi gacor. Namun, ini memerlukan waktu dan kesabaran.

Biasanya, yang termasuk dalam list burung kutilang termahal adalah yang sudah gacor. Namun, itu juga ditentukan dari populasinya.

Populasi Burung Kutilang

Ada banyak jenis burung kutilang yang dijual di pasaran. Setiap jenisnya memiliki ciri khas yang membuat nilai jualnya berbeda.

Tak hanya itu, setiap jenis kutilang mempunyai jumlah populasi beragam. Semakin sedikit populasinya di alam liar, maka semakin mahal harganya. Itu sama seperti harga burung serindit.

Tingkat populasi burung kutilang bisa dibuktikan dengan jumlah orang yang jual burung kutilang. Jika jumlah penjualnya sedikit, maka populasinya juga sedikit.

Nah, sebelum Anda mengetahui daftar harga burung kutilang, perhatikan jenis-jenisnya. Berikut jenis burung kutilang yang ada di pasaran.

Jenis-Jenis Burung Kutilang

Burung Kutilang Emas

Termasuk salah satu jenis burung lokal, kutilang emas dipercaya mampu mendatangkan rezeki. Ciri khasnya, bulu berwarna kuning terang di bagian bawah leher hingga bawah ekor.

Sementara itu, bagian atasnya berwarna hijau zaitun dengan iris berwarna putih. Harga kutilang emas dibedakan dari gendernya. Berbeda dengan harga burung merpati balap.

Menurut review salah satu owner, harga kutilang emas jantan lebih mahal daripada betina. Harga burung kutilang emas betina bisa lebih murah, karena suara kicaunya yang kurang merdu.

Burung Kutilang Sutra

Juga termasuk jenis burung lokal, kutilang sutra dikenal mempunyai suara yang merdu. Unggas kicau ini mempunyai ciri khas kepala berwarna hitam.

Sementara itu, leher dan badannya berwarna hijau zaitun dengan bagian ujung sayap berwarna putih. Tak hanya itu, ekornya berwarna kuning terang dengan ujung hitam.

Harga burung kutilang sutra terbilang cukup bersaing dengan kutilang lainnya. Namun, ada yang menawar harga kutilang sutra ratusan ribu rupiah per ekor, untuk yang gacor.

Burung Kutilang Jawa

Termasuk jenis kutilang yang mudah dijumpai, kutilang jawa cenderung bertubuh mungil dibandingkan jenis lainnya. Untuk warna bulunya sendiri cukup beragam.

Baca Juga: Harga Burung Prenjak (Jali, Emas, Kristal, Kepala Merah, dll)

Namun, umumnya kutilang jawa mempunyai bulu berwarna hitam dari kepala hingga punggung. Sementara itu, ekornya berwarna abu-abu dengan perut kecokelatan.

Harga burung kutilang hitam tersebut relatif terjangkau dibandingkan jenis lainnya. Ini karena burung mudah ditemukan dan populasinya yang masih cukup banyak.

Burung Kutilang Wilis

Lebih populer dengan nama cucak gunung atau cucak rengganis, burung kutilang wilis memang banyak ditemukan di pegunungan. Meskipun begitu, populasi burung cucak wilis ini sudah cukup berkurang.

Itu yang menyebabkan harga burung kutilang wilis di beberapa daerah cukup mahal. Nah, ciri khasnya sendiri adalah warna abu-abu di perutnya. 

Sementara itu, bagian kepala hingga ekornya berwarna coklat tua. Ada juga bintik kuning di bagian atas paruhnya.


Harga Burung Kutilang (Anakan, Dewasa, Emas, Jawa, Sutra, dll)


Burung Kutilang Jambul

Seperti namanya, burung ini ciri khasnya adalah bulu yang memanjang di atas kepalanya. Sekilas, itu mirip jambul dan inilah yang menyebabkannya disebut sebagai kutilang jambul.

Bagian depan leher hingga perutnya berwarna putih, sementara kepala, jambul, dan paruhnya berwarna hitam. Sebelumnya, mungkin Anda tertarik dengan harga burung wambi.

Lalu, bagian atas tubuhnya cenderung didominasi dengan warna cokelat. Ada juga bintik merah di bagian bawah matanya yang membuatnya terlihat elok.

Burung Kutilang Gouldian

Nah, bagi Anda yang mencari kutilang dengan warna beragam, kutilang gouldian juaranya. Burung ini mempunyai warna ungu di bagian dada, oranye di bagian perut, dan putih di bagian bawah ekor.

Sementara itu, kepalanya berwarna-warni, ada yang berwarna hitam, oranye, dan merah. Warna paruhnya juga beragam, ada yang bergradasi merah, oranye, dan merah muda.

Lalu, bagian bawah kepalanya berwarna hitam dan biru. Sementara itu, tubuhnya cenderung didominasi warna hijau zaitun.

Burung Kutilang Zebra

Seperti namanya, kutilang yang satu ini mempunyai motif zebra di bagian dada hingga perutnya. Kepalanya sendiri berwarna hitam dengan leher putih.

Sementara itu, bagian atasnya didominasi dengan warna cokelat kehijauan. Ekornya juga berwarna kehijauan dengan ujung hitam.

Mempunyai paruh pendek, burung kutilang zebra mampu berkicau seharian. Tak hanya itu, burung ini termasuk cepat belajar menjadi gacor.

Burung Kutilang Diamond Firetail

Termasuk jenis kutilang bertubuh elok, diamond firetail mempunyai paruh pendek berwarna meah. Selain itu, terdapat corak hitam di sekitar matanya dengan kepala berwarna abu-abu dan putih.

Sayapnya berwarna abu-abu gelap di bagian atas dan bagian bawah berwarna hitam dengan totol putih. Lalu, perutnya berwarna putih cerah hingga ke bagian bawah ekor.

Sementara itu, ekornya berwarna merah cerah dengan ujung hitam. Bukan jenis lokal, burung ini berasal dari daratan Australia. 

Burung Kutilang Cordon-Bleu Pipi Merah

Berasal dari Afrika, burung kutilang cordon-bleu pipi merah mempunyai warna yang cukup menawan. Hampir seluruh bagian tubuhnya didominasi warna biru cerah dan abu-abu.

Ekornya juga panjang berwarna biru toska dengan ujung abu-abu gelap. Nah, pada bagian bawah matanya, terdapat semburat merah.

Sementara itu, paruhnya berwarna ungu kebiruan metalik. Itulah yang membuatnya banyak dicari kolektor burung kicau.

Burung Kutilang Lesser Goldfinch

Sebagai burung kutilang asal Amerika Utara, lesser goldfinch tergolong jenis kutilang terkecil. Tubuhnya hanya mampu tumbuh hingga 4,7 inci.

Baca Juga: Harga Burung Nuri Kepala Hitam (Anakan, Dewasa, per Ekor, & Pasang)

Ciri khasnya adalah bulu yang didominasi dengan warna hijau zaitun dan hijau kekuningan. Sementara itu, sayapnya berwarna hitam dengan semburat putih.

Nah, itulah jenis-jenis burung kutilang yang ada di pasaran. Nah, sebelumnya, berikut adalah tips memeliharanya.


Harga Burung Kutilang (Anakan, Dewasa, Emas, Jawa, Sutra, dll)


Tips Memelihara Burung Kutilang

  • Bersihkan kandang burung setiap hari.
  • Ganti air minumnya setiap pagi.
  • Mandikan dan jemur burung di pagi hari.
  • Berikan pakan secara rutin.

Dengan tips yang cukup mudah, pastinya semua bisa melakukannya. Sementara itu, berapa harga burung kutilang tahun 2022 ini? Tentunya berbeda dengan harga burung kutilang 2021.

Harga Burung kutilang

Jenis Burung Kutilang

Harga per Ekor

Burung Kutilang Emas 

Rp100.000 - Rp150.000

Burung Kutilang Jambul 

Rp100.000 - Rp230.000

Burung Kutilang Wilis 

Rp130.000 - Rp310.000

Burung Kutilang Jawa 

Rp150.000 - Rp300.000

Burung Kutilang Sutra 

Rp200.000 - Rp500.000

Burung Kutilang Gouldian 

Rp200.000 - Rp520.000

Burung Kutilang Zebra 

Rp300.000 - Rp500.000

Burung Kutilang Diamond Firetail 

Rp1.000.000 - Rp2.200.000

Burung Kutilang Lesser Goldfinch 

Rp1.000.000 - Rp3.000.000

Burung Kutilang Cordon-Bleu Pipi Merah 

Rp1.250.000 - Rp3.750.000

Sebagai informasi, harga burung kutilang di atas telah kami rangkum dari forum jual beli burung. Tentunya, harga burung kutilang bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah. Itu sama seperti nilai jual cucak ijo OLX
Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Burung Kutilang (Anakan, Dewasa, Emas, Jawa, Sutra, dll)"